Harus Tahu, Segini Jarak Aman Nyalakan Lampu Sein Sebelum Belok

harus tahu, segini jarak aman nyalakan lampu sein sebelum belok

Ilustrasi lampu sein

Otomania.com – Jangan bikin pengendara lain emosi di jalan, segini jarak ideal menyalakan lampu sein sebelum belok.

Fungsi dari lampu sein kendaraan adalah sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain ketika kendaraan akan berbelok, atau sebelum berpindah jalur.

Meski begitu, masih sering ditemui pengendara yang salah dalam menggunakan lampu sein ini.

Seperti contohnya, menyalakan lampu sein secara tiba-tiba atau mendadak tanpa memerhatikan jarak saat hendak berbelok.

Karena hal tersebut, tidak jarang bikin pengendara lain emosi karena manuver yang dilakukan terlalu mendadak dan menyebabkan konsentrasi terganggu.

Andry Berlianto, Instruktur Defensive Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC), mengatakan, menyalakan lampu sein kendaraan tidak boleh sembarangan dan hal tersebut ada prosedurnya.

“Kode lampu sein idealnya dilakukan 50 meter sebelum berbelok atau pindah lajur,” kata Andry.

Andry Beranto menjelaskan, tujuannya untuk memberikan waktu agar pengendara lain dapat memahami.

Selain itu pengendara lain lebih waspada terhadap kendaraan yang menyalakan lampu sein.

Sedangkan, Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengungkapkan, ketika sudah menyalakan lampu sein sebaiknya tidak perlu melambaikan tangan atau kaki sebagai isyarat.

Menurutnya, pengendara yang mengubah arah atau berbelok dengan menggunakan anggota tubuh termasuk sebagai ketegori agressive rider.

“Motor kan sudah dilengkapi lampu sein ketika hendak mengubah arah, gunakan sesuai dengan peruntukannya, lampu sein sudah lebih dari cukup untuk berkomunikasi,” beber Sony.

Ia menambahkan, anggota tubuh sebaiknya tidak boleh keluar dari lebar setang motor karena dapat berpengaruh terhadap keseimbangan motor.

“Kaki wajib ada di dek bawah untuk menjaga center of gravity motor, sehingga tidak mudah oleng,” pungkas Sony.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World