Harga Emas Hari Ini Stabil Menjelang Rilis Data Tenaga Kerja AS

harga emas hari ini stabil menjelang rilis data tenaga kerja as

Harga emas hari ini menunjukkan sedikit pergerakan dalam perdagangan Asia pada Kamis, 7 Desember 2023 dengan fokus utama trader terhadap isyarat pasar tenaga kerja AS yang mengalami perlambatan.

Jakarta: Harga emas hari ini menunjukkan sedikit pergerakan dalam perdagangan Asia pada Kamis, 7 Desember 2023 dengan fokus utama trader terhadap isyarat pasar tenaga kerja AS yang mengalami perlambatan.

Harga emas spot menunjukkan kestabilan di level USD2.026,30 per ons, sementara emas berjangka yang akan berakhir Februari mengalami penurunan 0,2 persen menjadi USD2.043,05 per ons pada pukul 12.24 WIB.

Meskipun terjadi penurunan, logam mulia ini masih berada dalam rentang yang kuat, mencerminkan ketidakpastian dan ketegangan di pasar keuangan global.

Analisis dari Deu Calion Futures (DCFX) Andrew Fischer mengatakan, beberapa faktor utama yang memengaruhi harga emas saat ini termasuk perubahan ekspektasi pasar terhadap suku bunga AS.

“Sinyal dovish dari Jerome Powell memberikan ekspektasi penurunan suku bunga sebelum Maret 2024, tetapi ketidakpastian seputar ekonomi AS memunculkan ketidakpastian di pasar,” kata Fischer dalam keterangan tertulis, Jumat, 8 Desember 2023.

Selain itu, meningkatnya permintaan safe haven akibat serangan terhadap kapal AS di Laut Merah turut memberikan dukungan terhadap harga emas.

“Meskipun ketegangan di Timur Tengah mereda, sentimen safe haven tetap kuat,” ucap dia.

Dalam analisanya Fischer menekankan bahwa arah tren secara keseluruhan masih menunjukkan kenaikan bagi emas.

Meskipun sempat terjadi fluktuasi harga, logam mulia ini secara garis besar mempertahankan tren positifnya. Ini memberikan keyakinan kepada para trader dan investor untuk melihat potensi kenaikan lebih lanjut dalam sesi perdagangan berikutnya.

Menurutnya, pasar saat ini memusatkan perhatian pada data nonfarm payrolls untuk bulan November, yang akan dirilis pada hari Jumat.

Hasil ini diharapkan memberikan petunjuk definitif mengenai kondisi pasar tenaga kerja AS. Meskipun data awal menunjukkan perlambatan, pasar menantikan sinyal yang lebih jelas dari nonfarm payrolls.

Disamping itu, Federal Reserve juga dihadapkan pada tantangan untuk mengelola suku bunga di tengah ketidakpastian ekonomi. Meskipun Jerome Powell menyatakan sikapnya tentang suku bunga yang lebih tinggi dalam waktu lama, para trader berharap adanya perubahan sikap seiring penurunan inflasi dan perlambatan pasar tenaga kerja.

Logam mulia ini terlihat bertahan dalam kisaran perdagangan USD2.020 hingga USD2.050 per ons setelah mencapai rekor tertinggi di atas USD2.100 pada awal pekan.

Faktor pendorong emas

Faktor-faktor beragam mendorong reli emas, termasuk sinyal dovish dari Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, yang mengarah pada ekspektasi penurunan suku bunga seiring berjalannya waktu.

Meskipun sempat mengalami penurunan ekspektasi selama seminggu, terutama seiring tanda-tanda ketahanan dalam ekonomi AS, emas tetap dalam fokus, terutama dalam konteks kapan Federal Reserve berencana untuk memangkas suku bunga.

“Emas diperkirakan akan terus mendapat dukungan dari sikap Federal Reserve yang tidak terlalu hawkish dan kondisi pasar tenaga kerja yang mendingin,” ujar dia.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World