Gus Yahya Jelaskan Alasannya Mencalonkan Ketua Umum PBNU

Asia's Tech News Daily

Gus Yahya Jelaskan Alasannya Mencalonkan Ketua Umum PBNU
© TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN Katib Aam PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di Jakarta, Sabtu (4/12/2021). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Khatib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf menjelaskan alasannya maju dalam bursa calon Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-34 NU yang akan diselenggarakan di Lampung.

Dirinya memang menawarkan diri untuk dipilih sebagai ketua umum PBNU dengan sejumlah hal yang telah diamatinya.

“Karena saya melihat ada sejumlah hal penting yang harus dilakukan NU segera yaitu yang tema besarnya adalah transformasi konstruksi organisasi NU, supaya NU ini bisa lebih optimal di dalam mengaktualisasikan potensi-potensinya,” kata Gus Yahya, sapaan karibnya, dalam wawancara dengan Tribun Network di kediamannya kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga: Gus Yahya Akui Mental Sebagian Besar Pengurus NU Masih Ada Orientasi Politik Tertentu

Dia mengatakan dengan kebesaran NU baik secara nama maupun jumlah anggota maka akan ada citra atau wibawa yang juga terasa di dalam pengurus PBNU

“Cuma persoalannya kemudian wibawa itu hanya aktual di tingkat PBNU dan di daerah-daerah yang komunitas NU-nya tebal,” katanya.

Kemudian, dikatakan Gus Yahya, di daerah yang komunitas NU-nya tipis hal tersebut tidak teraktualisasi kebesarannya.

“Sehingga masih banyak bahkan sebagian besar karena daerah yang komunitas NUnya tebal itu tidak terlalu banyak juga: Jatim, Jateng, jawa keseluruhannya mungkin. Sumatra mungkin Lampung, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, tapi di daerah-daerah lain memang komunitas NUnya tipis, sehingga kepengurusan yang ada di sana terbatasi kemampuannya untuk mengaktualisasi kemampuan NU itu sendiri,” tambahnya.

Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu pun mengusulkan agar program NU di balik orientasinya.

“Kasarnya dijungkir. Jadi pelaksanaan kegiatan janganlah di pusat, tapi di daerah. Tugas dari PBNU nanti mencarikan atau membangun program-program untuk dieksekusi di daerah di cabang-cabang,” katanya.

Dengan begitu, Gus Yahya menambahkan seluruh cabang NU punya peluang untuk terus mengoptimalkan potensinya bekerja sama dengan pihak lain baik dengan pemerintah atau pihak swasta.

Kemudian, dia menyebut, PBNU akan memantau dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tersebut kepada para partnernya.

“Ini akan memicu konsolidasi struktural antara PBNU dengan jaringan PWNU dan PCNU di seluruh Indonesia. Kalau sudah begitu kita bisa melihat suatu agenda nasional betul-betul digerakkan dibawa secara serentak karena NU ini punya sekitar 540 cabang di seluruh Indonesia,” katanya.

“Dan kalau kita berpikir bisnis, ini berarti 540 outlet yang di situ ada orang dan orang yang sebetulnya mampu bekerja, cuma karena keterbatasan resources di sebagian besar daerah mereka kurang mampu mengembangkan kegiatan-kegiatan, nah ini yang kita suplai program-program sehingga mereka jalan dan masyarakat setempat akan melihat peran NU di sana dan seterusnya,” tandas Gus Yahya.

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Cuaca Hari Ini: Jakarta Utara dan Depok Berpotensi Dilanda Hujan

© Disediakan oleh Kumparan Pengendara melintas di jalan saat hujan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Sabtu (20/11). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca hari ini pada Kamis (20/1) ... Read more »

Hasil Leicester Vs Tottenham: Dramatis! Spurs Menang 3-2

© Disediakan oleh Kompas.com Harry Kane coba melakukan sundulan ke arah gawang Kasper Schmeichel dalam laga Leicester City Vs Tottenham Hotspur. Pertandingan tunda pekan ke-17 Premier League 2021-2022 ini digelar ... Read more »

Bupati Langkat Patok Fee 15-16,5% untuk Pengerjaan Proyek

© Candra Yuri Nuralam Terbit dibantu Kepala Desa Balai Kasih Iskandar menarik uang dari calon rekanan. Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin terkait kasus ... Read more »

Nilai Perdagangan Indonesia-Kenya Pertama Kali Tembus US$ 500 Juta

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Nilai perdagangan Indonesia dan Kenya pertama kali dalam sejarah menembus angka US$ 500 juta. Dalam perdagangan ini, Indonesia mengalami surplus lebih ... Read more »

Wanita Arab Saudi Lahirkan Lima Pasang Anak Kembar Secara Alami

© Pexels Ilustrasi Bayi. Wanita Arab Saudi Lahirkan Lima Pasang Anak Kembar Secara Alami REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Dalam peristiwa luar biasa, seorang wanita dari Arab Saudi melahirkan lima pasang anak kembar ... Read more »

9 Potret Mobil Serba Pink Atta Halilintar, Kado Untuk Baby A

Pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah diketahui sedang menanti kehadiran anak pertama mereka, Baby A, yang masih di kandungan. Demi menyambut sang buah hati, Atta telah menyiapkan sebuah kado spesial. ... Read more »

Bupati Langkat Sempat Kabur Saat OTT, KPK Klarifikasi Soal Indikasi Informasi Bocor

© Disediakan oleh Kompas.com Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan uang Rp 786 juta terkait operasi tangkap tangan (OTT) di Langkat, Selasa (18/1/2022). JAKARTA, KOMPAS.com – Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin ... Read more »

Ditangkap KPK, Kekayaan Bupati Langkat Mencapai Rp85,15 M

© Candra Yuri Nuralam Angka itu diketahui dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) terbarunya. Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin dalam operasi senyap pada Selasa, ... Read more »

UNYBar, Camilan Sehat Buatan Mahasiswa UNY

© Boldsky Biskuit (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan camilan sehat. Camilan yang diberi nama UNYbar ini bisa membantu diet. Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama ... Read more »

Mengapa ponsel 5G dapat mengganggu pesawat di AS?

© Getty Images Sebanyak 10 maskapai terkemuka AS memperingatkan bahwa peluncuran layanan ponsel 5G dalam waktu dekat bisa menjadi bencana. Mereka mengatakan teknologi baru itu dapat menyebabkan ribuan penerbangan tertunda, ... Read more »

Dino Patti Djalal Mengaku sebagai Mak Comblang Anies dengan Formula E

Jakarta, IDN Times – Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat 2010-2013, Dino Patti Djalal diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal dugaan korupsi Formula E. Dino mengakui bahwa dirinya yang berperan ... Read more »

5 Mobil Arteria Dahlan Bernopol Sama Parkir di DPR, Ini Kata Polri

© VIVA Arteria Dahlan, di Gedung DPR RI. VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya telah menelusuri lima mobil yang diketahui memiliki pelat nomor serupa ... Read more »

Kasus Omicron Terus Bertambah, Luhut: Kalau Masih Mau Hidup Silakan Ikuti Imbauan...

© Disediakan oleh Kompas.com Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator Penanganan PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan ketika mengikuti rapat terbatas mengenai perkembangan virus varian Omicron beberapa waktu lalu, ... Read more »

Biaya Proyek Membengkak, Tarif LRT Jabodebek Bakal Naik Jadi Rp 15.000

© Disediakan oleh Kumparan Sebuah rangkaian LRT saat akan melaksanakan uji coba lintasan LRT Jabodebek TMII-Cibubur di Stasiun LRT TMII, Jakarta. Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO PT Kereta Api Indonesia ... Read more »

HT Inter Milan Vs Empoli: Alexis Sanchez Antarkan Nerazzurri Unggul 1-0

© Disediakan oleh Kompas.com Matteo Darmian melakukan tekel kepada Giuseppe Pezzella dalam pertandingan Atalanta vs Inter Milan pada pekan ke-22 Serie A 2021-2022. KOMPAS.com – Inter Milan berhasil unggul 1-0 ... Read more »

Bupati Langkat Ditetapkan Sebagai Tersangka Suap

© Candra Yuri Nuralam Terbit terjerat kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Langkat pada 2020-2022. Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin sebagai ... Read more »

Bupati Langkat Sempat Kabur Saat OTT

© Candra Yuri Nuralam Terbit diduga sudah mengetahu OTT sehingga kabur saat didatangi ke rumah pribadi. Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengungkapkan Bupati Langkat Terbit Rencana ... Read more »

KSAL Indonesia dan Korsel Membahas Kerja Sama, Nih Penjelasannnya

© JPNN.COM KSAL Indonesia dan Korsel Membahas Kerja Sama, Nih Penjelasannnya jpnn.com, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan pertemuan secara on-line dengan KSAL Korea ... Read more »

Street Race Ancol Murni Untuk Rekreasi, Begini Sistemnya Kalau Jadi Kejuaraan

Street Race Ancol Murni Untuk Rekreasi, Begini Sistemnya Kalau Jadi Kejuaraan © Disediakan oleh GridOto Ajang latihan bersama Street Race Polda Metro Jaya Indra/MOTOR Plus Street Race Ancol Murni Untuk ... Read more »

Tips Beli Mobil Bekas, Cara Cek Kondisi Karet Boot Sokbreker

Tips Beli Mobil Bekas, Cara Cek Kondisi Karet Boot Sokbreker © Disediakan oleh GridOto Sokbreker mobil yang mulai bocor Tips Beli Mobil Bekas, Cara Cek Kondisi Karet Boot Sokbreker Tips ... Read more »

Simpel, Ternyata Ini Fungsi Lubang Angin Unik di Motor Baru KTM RC16

Simpel, Ternyata Ini Fungsi Lubang Angin Unik di Motor Baru KTM RC16 © Disediakan oleh GridOto Air intake motor baru KTM Paddock-GP.com Simpel, Ternyata Ini Fungsi Lubang Angin Unik di ... Read more »

Bukan Untuk Kaum Mendang-mending, Mercedes-Benz AMG G 63 Bakal Dilelang Pekan Depan

Bukan Untuk Kaum Mendang-mending, Mercedes-Benz AMG G 63 Bakal Dilelang Pekan Depan © Disediakan oleh GridOto Mercedes-Benz AMG G 63 yang dilelang KPKNL Jakarta IV lelang.go.id Bukan Untuk Kaum Mendang-mending, ... Read more »

Amien Rais: Saya Sudah 78 Tahun, tidak Mungkin jadi Capres

© Tangkapan layar Youtube Amien Rais Official Amien Rais REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, mengaku sudah tidak mau lagi ikut menjadi calon presiden. Amien merasa ... Read more »

Cafe Racer Sangar Berbasis Honda CB750, Kaki Ngotot Triumph Daytona

Cafe Racer Sangar Berbasis Honda CB750, Kaki Ngotot Triumph Daytona © Disediakan oleh GridOto Honda CB750 Nighthawk cafe racer Pretty Sweet Studios Cafe Racer Sangar Berbasis Honda CB750, Kaki Ngotot ... Read more »

Waduh! Rp 2,7 Triliun Anggaran Bansos 2021 Tertahan di Bank

© ANTARA/Aprillio Akbar/foc. Menteri Sosial Tri Rismaharini mengikuti rapat kerja dengan Komite II DPD dan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/10/2021). Rapat kerja tersebut membahas tindak ... Read more »

Mitsubishi Pajero Sport Ada Varian GSR di Australia, Tampil Sangar!

Mitsubishi Pajero Sport Ada Varian GSR di Australia, Tampil Sangar! © Disediakan oleh GridOto Mitsubishi Pajero Sport GSR. Mitsubishi Australia Mitsubishi Pajero Sport Ada Varian GSR di Australia, Tampil Sangar! ... Read more »

Hasil Piala Afrika: Mohamed Salah Tumpul, Mesir Tetap Bisa Tekuk Sudan

© Disediakan oleh Kumparan Pemain Mesir Mohamed Salah berusaha melewati pemain Nigeria pada pertandingan Grup C Piala Afrika di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Kamerun. Foto: Daniel BELOUMOU OLOMO / AFP ... Read more »

Presiden Turki Ingatkan Ukraina Bukan Negara Biasa

© Disediakan oleh Republika.co.id Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan. ANKARA — Presiden Turki, ... Read more »

80,63 Persen Wilayah Target ASO Sudah Punya Infrastruktur Multipleksing

© Disediakan oleh Republika.co.id TV Digital (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memastikan kesiapan infrastruktur multipleksing untuk penghentian siaran TV analog dan beralih ke TV digital (AS) di ... Read more »

Epson Luncurkan Printer Pencetakan Tekstil Digital Berkualitas Tinggi

© istimewa Epson menghadirkan Monna Lisa ML-64000 sebagai printer pencetakan tekstil digital berkualitas tinggi. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Perkembangan teknologi digital telah membawa banyak perubahan dalam bisnis pencetakan tekstil. Berkat kecanggihan yang dimilikinya, ... Read more »

Australia Bersiap Hadapi Lebih Banyak Kematian Akibat Covid-19

© EPA-EFE/BIANCA DE MARCHI Pandangan umum Westfield Parramatta, di mana lima toko telah dianggap sebagai situs paparan untuk varian Omicron COVID-19, di Sydney, New South Wales, Australia, 01 Desember 2021. ... Read more »

Napoli Terdepan untuk Dapatkan Nicolas Tagliafico

© EPA-EFE/OLAF KRAAK Pemain belakang Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico. Napoli dilaporkan berada di posisi terdepan untuk mendapatkan Nicolas Tagliafico pada bursa transfer Januari 2022 ini. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Napoli dilaporkan ... Read more »

Luis Suarez Pertimbangkan Reuni dengan Steven Gerrard di Aston Villa

© AP Photo Luis Suarez dan Steven Gerrard (kanan) saat masih bersama di Liverpool. Suarez dan Gerrard kemungkinan akan reuni di Aston Villa musim depan. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyerang Atletico ... Read more »

Prancis Laporkan 400 Ribu Kasus Baru COVID-19 dan 231 Kematian dalam 24 Jam

© Disediakan oleh Kumparan Anak-anak sekolah bermain di sebuah sekolah swasta di Saint-Sebastien-sur-Loire dekat Nantes ketika Prancis. Foto: Stephane Mahe/REUTERS Prancis harus menghadapi ledakan kasus harian COVID-19 di awal tahun ... Read more »

Dibidik Everton, Jose Mourinho Diyakini akan Bertahan di AS Roma

© Spada/LaPresse via AP Pelatih AS Roma Jose Mourinho. Klub Inggris Everton dikabarkan tertarik menggaet Mourinho sebagai pelatih. Namun Mourinho menolaknya. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih AS Roma Jose Mourinho diyakini ... Read more »

Di Hadapan Kader PDIP Boyolali, Puan: Jangan Jeruk Makan Jeruk

© Antara/Fikri Yusuf Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) dan Prananda Prabowo (kanan) meninggalkan ruangan usai konferensi pers tentang pengukuhan dirinya sebagai ... Read more »

Jadi Tersangka, Bupati Langkat Terlibat Kasus Suap Proyek Lelang di 2 Dinas

© Disediakan oleh Kompas.com Bupati Langkat Sumatera Utara Terbit Rencana Perangin Angin JAKARTA, KOMPAS.com – Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin (TRP) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi. Kasus yang menjerat ... Read more »

Omicron Bikin Sistem Kesehatan Australia Babak Belur

© Pixabay Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Adanya varian omicron telah membuat sistem kesehatan Australia babak belur. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengakui, vaksin Covid-19 tambahan (booster) urgen ... Read more »

Model yang Tahun Lalu Dapat Insentif PPnBM, Penjualannya Naik Hingga 113 Persen

Model yang Tahun Lalu Dapat Insentif PPnBM, Penjualannya Naik Hingga 113 Persen © Disediakan oleh GridOto Ilustrasi. Pemerintah berencana memperpanjang insentif PPnBM 100 persen Naufal/GridOto.com Model yang Tahun Lalu Dapat ... Read more »

Diam-diam Bagian Mobil Ini Rawan Muncul Karat Saat Musim Hujan

Diam-diam Bagian Mobil Ini Rawan Muncul Karat Saat Musim Hujan © Disediakan oleh GridOto Ilustrasi mobil melewati genangan Naufal Shafly/GridOto.com Diam-diam Bagian Mobil Ini Rawan Muncul Karat Saat Musim Hujan ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic