Ganjar Pranowo Kunjungi Istana Bima,Tengok Kamar Bung Karno Hingga Benda Pusaka Kerajaan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Calon presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, mengunjungi kamar presiden pertama Indonesia, Soekarno atau Bung Karno di Museum Asi Mbojo, pada Sabtu (2/12/2023).

Museum tersebut berada di komplek Istana Kesultanan Bima di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tiba di museum sekitar pukul 17.30 Wita seusai rapat terbatas dengan kader dari partai koalisi dan relawan, Ganjar langsung disambut keluarga besar Kesultanan Bima.

Setelah prosesi penyambutan tamu kehormatan yang ditandai pemasangan kopiah kerajaan dan kain tenun, Ganjar diarahkan masuk untuk melihat benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Bima.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengunjungi salah satu kamar tempat Bung Karno  pernah istirahat waktu berkunjung ke Kerajaan Bima.

Kamar tersebut berada di lantai II Museum Asi Mbojo, berdampingan dengan kamar Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

“Kamar ini dulunya tempat Bung Karno istirahat dan tidur saat berkunjung di Kerajaan Bima,” kata salah seorang keturunan Kerajaan Bima, Dewi Ratna Muchlisa Mandyara.

Dewi Ratna Muchlisa Mandyara yang juga menjabat Kepala Museum Samparaja Bima ini menjelaskan awal mula datangnya Bung Karno di Kerajaan Bima.

Menurutnya, beberapa bulan setelah proklamasi kemerdekaan berlangsung, tepatnya 22 November 1945, Sultan Muhammad Salahuddin Bima mengeluarkan maklumat.

Ia menyatakan Kerajaan Bima siap bergabung bersama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Maklumat itu disambut baik Bung Karno bersama wakil presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta.

Dua tokoh pendiri bangsa ini tak lama kemudian berkunjung ke sejumlah kerajaan di Indonesia, salah satunya Kerajaan Bima.

“Bung berterima kasih kepada sultan karena rela bergabung ke NKRI. Bung Karno dulu menetap tidak lama di Bima,” ungkapnya.

Sebagai salah tempat bersejarah, kamar Bung Karno di Museum Asi Mbojo kini dirawat dengan baik oleh keluarga besar Kerajaan Bima.

Di samping tempat tidur dengan kelambu warna putih dan meja, pada dinding kamar tersebut tampak terpajang foto-foto Bung Karno saat berkunjung ke Bima.

Dewi Ratna Muchlisa Mandyara mengungkapkan, keluarga besar Kerajaan Bima masih memiliki dokumen lengkap terkait kedatangan Bung Karno di Bima. Salah satunya notulen hasil rapat bersama Sultan Muhammad Salahuddin Bima. “Datanya bukan di kamar Bung Karno, tapi disimpan di Museum Samparaja,” kata Dewi.

Kunjungannya ke Istana Bima merupakan salah satu rangkaian kegiatan kampanye Ganjar di Indonesia bagian timur. Dalam kampanye politiknya Ganjar sudah menyerap aspirasi dari warga, tokoh agama, tokoh adat, mahasiswa hingga kalangan generasi muda.

Ganjar menyebut curahan hati masyarakat yang disampaikan kepadanya akan menjadi fondasi utama dalam menentukan program dan arah kebijakan pemerintah ke depan.

“Ada isu kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur ini yang menjadi perhatian. Tentu l di dalamnya ada isu soal perempuan, penyandang disabilitas perlu ada perhatian agar ada kesetaraan,” katanya.

Ganjar pun berkomitmen akan memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Indonesia bagian timur. Ganjar dan Mahfud MD telah berbagi tugas menyerap aspirasi masyarakat dari berbagai daerah perbatasan dan terluar di Indonesia.

“Saya mengawali ke Merauke dan Pak Mahfud ke Sabang. Tadi saya ke Rote, pulau terluar di sisi selatan. Nanti kami akan ke Pulau Miangas. Inilah salah satu cara kami mempersatukan Indonesia,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ganjar Kunjungi Kamar Bung Karno di Museum Asi Mbojo NTB”

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World