Gandeng Bank Mandiri, KAI Commuter Resmi Meluncurkan C-Access

gandeng bank mandiri, kai commuter resmi meluncurkan c-access

foto

TEMPO.CO, Jakarta – Kereta Api Indonesia Commuter (KAI Commuter) resmi meluncurkan aplikasi C-Access di Pracima Tuin atau Taman Pracima di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Ahad sore, 3 Desember 2023. KAI Commuter juga menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam kerja sama dan berkolaborasi untuk layanan aplikasi C-Access dan aplikasi Livin by Mandiri.

Kerja sama bisnis antara kedua pihak itu terkait implementasi digitalisasi sistem pembayaran tiket commuter line juga dituangkan dalam nota kesepahaman atau MoU yang ditandatangani kedua pihak. Dengan kerja sama itu pengguna Commuter Line dapat melakukan transaksi pembayaran tiket di aplikasi C-Access dengan menggunakan aplikasi Livin by Mandiri.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengemukakan MoU tersebut merupakan kolaborasi digitalisasi sebagai langkah meningkatkan layanan Commuter Line.

“Dengan MoU ini para pengguna Commuter Line diberikan kemudahan dalam menggunakan transportasi publik khususnya Commuter Line,” ujar Asdo kepada wartawan dalam konferensi pers di Pracima Tuin Pura Mangkunegaran Solo, Ahad, 3 Desember 2023.

Dengan kerja sama itu, memungkinkan pengguna aplikasi C-Access dapat melakukan isi ulang saldo uang elektronik e-Money dan membuka rekening di Bank Mandiri. Sementara itu pada pengguna aplikasi Livin by Mandiri juga bisa membeli QT tiket Commuter Line Jabodetabek dan Commuter Line Yogya-Solo.

Para pengguna Commuter Line juga bisa melakukan isi ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT) melalui aplikasi Livin by Mandiri. C-Access merupakan super apps rebranding dari Aplikasi KRL Access yang sebelumnya sudah familiar digunakan oleh pengguna Commuter Line.

Terdapat pengembangan dan inovasi fitur-fitur terbaru di antaranya pembelian tiket Commuter Line, Top Up saldo KMT, informasi lokasi stasiun terdekat, pembelian tiket Kereta Bandara, pelayanan PIN Ibu hamil yang seluruhnya memiliki tampilan yang lebih menarik.

“Ke depannya akan dikembangkan pula layanan KRIS sebagai aplikasi pembayaran. Aplikasi ini juga sudah memiliki akses kemudahan dalam pemakaian oleh disabilitas,” kata Asdo.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan langkah kolaborasi ini menjadi bagian dari transformasi digital yang sedang gencar dilakukan oleh KAI Group. Inovasi dari kerja sama tersebut, lanjutnya, ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI Group, sekaligus sebagai wujud nyata sinergi BUMN guna memberikan nilai lebih kepada masyarakat pengguna transportasi kereta api.

“Diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi massal kereta api untuk perjalanan komuter ataupun jarak jauh. Sebab, KAI Group berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” kata Didiek.

Regional CEO VII/Jawa 2 PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Hendra Wahyudi menyampaikan kolaborasi itu merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap industri transportasi di Indonesia, yang menjadi sektor penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan layanan yang terintegrasi tidak hanya dalam sistem pembayaran namun juga lifestyle melalui sinergi antara super app C-Access dan Livin’ by Mandiri,” katanya.

Selain penandatanganan MoU, KAI Commuter dan Bank Mandiri juga berkolaborasi untuk menyosialisasikan aplikasi C-Access dan Livin by Mandiri yang dikemas dengan pergelaran Twilite Orchestra di bawah konduktor ternama Indonesia yaitu Addie MS. Pertunjukan mengusung tema MANGKUNEGARAN Garden Orchestra yang digelar di Pracima Tuin, Ahad malam itu.

Pilihan Editor: Mengenang Doni Monardo, Pernah Mencetuskan Program Citarum Harum Atasi Pencemaran Sungai

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World