Gaji Tinggi Tak Menjamin, Ini 5 Cara Menabung 30 Juta yang Optimal dan Ideal

gaji tinggi tak menjamin, ini 5 cara menabung 30 juta yang optimal dan ideal

Gaji Tinggi Tak Menjamin, Ini 5 Cara Menabung 30 Juta yang Optimal dan Ideal

Ada banyak sekali hal yang kerap membuat seseorang lupa atau bahkan enggan untuk mulai menabung. Padahal, penghasilan yang dimiliki terbilang besar dan jauh lebih cukup jika sekadar digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Hanya saja, karena godaan membeli barang konsumtif ataupun kebiasaan hangout di tempat bergengsi tak terbendung, tabungan tak kunjung terisi padahal ada banyak tujuan finansial yang harus tercapai.

Salah satu contoh tujuan keuangan yang mungkin dimiliki oleh beberapa orang adalah memiliki tabungan dengan nominal 30 juta. Entah apa pun tujuannya, mempunyai tabungan dengan nominal tertentu memang penting bagi kebanyakan orang. Dengan tabungan tersebut, kamu bisa menggunakannya sebagai dana darurat, simpanan DP beli rumah via KPR, maupun kebutuhan lain yang sifatnya penting dan mendesak.

Akan tetapi, hal tersebut tentu terasa mustahil bagi orang yang tergolong sulit menabung dan tak terbiasa menyisihkan sebagian pendapatannya untuk disimpan. Padahal, asal mengetahui metode yang tepat dan sesuai dengan kemampuan serta kepribadiannya, menabung dapat menjadi aktivitas yang berjalan lancar hingga tujuan finansial tercapai.

Nah, bagi yang ingin tahu bagaimana cara menabung 30 juta yang optimal dan ideal untuk diikuti, simak penjelasan 5 langkahnya berikut ini.

 

Cara Menabung Hingga 30 Juta

  1. Alokasikan Dana Tabungan Setidaknya 30 Persen Gaji Bulanan

    Agar bisa lekas mencapai tujuan finansial, kebiasaan menabung sebaiknya tak dilakukan dengan tanggung atau setengah-setengah. Terutama, jika tujuan finansial berkaitan dengan nominal tabungan yang besar dan memiliki tenggat waktu terbatas untuk mengumpulkannya. Dalam kondisi tersebut, sebaiknya kamu mampu mengalokasikan pendapatan dengan rasio tertentu yang telah disiapkan di awal untuk kebutuhan tersebut.

    Hal ini berarti nominal dana yang ditabung bukan berasal dari dana yang tersisa setelah kebutuhan pokok dan sekunder terpenuhi semuanya. Melainkan, alokasikan dana tabungan di awal atau ketika hari gajian tiba sesuai dengan rasio yang telah ditentukan sebelumnya.

    Agar lebih optimal dan lekas mencapai target keuangan, sisihkan setidaknya 30 persen gaji bulanan untuk ditabung. Sebagai contoh, saat ini kamu memiliki gaji bulanan sebesar 10 juta. Jika mengalokasikan sekitar 30 persen untuk ditabung, setiap bulannya dana yang bisa disisihkan mencapai 3 juta.

    Jika ingin mencapai total tabungan dengan nominal 30 juta, artinya waktu yang dibutuhkan hanyalah 10 bulan saja alias kurang dari 1 tahun. Tentunya, saat mampu mengalokasikan dana tabungan dengan jumlah yang lebih besar, jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target keuangan tersebut akan menjadi lebih ringkas.

    Sebaliknya, jika belum mampu menyisihkan gaji dengan jumlah tersebut sebagai tabungan, durasi pengumpulannya akan menjadi lebih lama. Namun, yang terpenting, usahakan untuk menyisihkan lebih dulu dana yang akan dialokasikan sebagai tabungan ini di awal agar kebiasaan tersebut berjalan lebih lancar dan optimal mencapai tujuan finansial.

  2. Simpan Dana Tabungan pada Rekening Khusus yang Ringan Biaya

    Kebanyakan orang pasti menyimpan dana tabungannya di rekening perbankan. Padahal, saat menyimpan dana tabungan pada produk keuangan tersebut, kamu akan dibebani dengan biaya administrasi setiap bulannya. Walaupun tarifnya tidak terlalu signifikan, tapi jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, sedikit banyak biaya administrasi tersebut bisa memperlambat prosesmu mencapai tujuan finansial.

    Sebagai alternatifnya, kamu bisa memilih produk tabungan atau rekening dari layanan perbankan digital atau digital banking. Hal ini dikarenakan layanan perbankan digital kebanyakan tak memberlakukan tarif atau biaya administrasi kepada para nasabahnya. Jadi, dana tabungan pun menjadi lebih aman dan tak tergerus oleh beban biaya tersebut setiap bulannya.

    Melengkapi keuntungan tersebut, saat ini tidak jarang layanan perbankan digital yang berani memberikan tingkat bunga lebih tinggi ketimbang tabungan konvensional. Jika tepat dimanfaatkan, hal tersebut tentu bisa membuat penyimpanan dana pada rekening digital banking jauh lebih menguntungkan ketimbang perusahaan bank biasa.

    Sebagai contoh, pada kebanyakan layanan perbankan digital, bunga tabungan yang diberikan biasanya kurang dari 1 persen. Padahal, di layanan perbankan digital di Indonesia, tingkat bunga tabungan yang diberikan bisa mencapai lebih dari 3 persen.

    Artinya, nilai tabungan yang tersimpan pada rekening bank digital bisa terus bertambah, bahkan dengan tingkat yang mengimbangi atau lebih tinggi ketimbang inflasi. Dengan beragam keunggulan tersebut, sudah pasti memanfaatkan rekening dari bank digital sebagai wadah menabung lebih menguntungkan, bukan?

  3. Manfaatkan Deposito untuk Mengoptimalkan Dana Tabungan

    Cara menabung 30 juta dengan lebih optimal lainnya adalah memanfaatkan deposito. Mudah saja, kamu hanya perlu menyimpan sebagian dana tabungan pada instrumen tersebut. Seperti yang telah dipahami oleh banyak orang, bunga yang diberikan bisa mencapai lebih dari 5 persen tiap tahunnya.

    Persentase tersebut melebihi bunga yang diberikan oleh bank digital, lebih lagi perbankan konvensional. Karenanya, menabung menggunakan deposito kerap dijadikan sebagai rekomendasi karena bisa meningkatkan nominal dana yang tersimpan di dalamnya seiring berjalannya waktu.

    Agar lebih memahami tentang keuntungan menabung pada rekening deposito, simak contohnya berikut ini dengan anggapan dana tersimpan sebesar 15 juta dan bunga 6 persen.

    Bunga Deposito: Dana Pokok Tersimpan X Bunga X 30 Hari X 80 Persen Beban Pajak : 365 Hari

    Bunga Deposito: 15 Juta X 6 persen X 30 X 80% : 365

    Bunga Deposito: Rp59.200

    Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut, bisa diketahui jika menabung di deposito bisa memberikan bunga sekitar Rp59.200 per bulannya. Sehingga, menabung pada instrumen tersebut akan menjadi lebih menguntungkan ketimbang rekening bank biasa ataupun bank digital.

  4. Lebih Maksimal Kumpulkan Dana Tabungan dengan Reksa Dana

    Jika ingin mendapatkan keuntungan bunga yang lebih menjanjikan lagi, kamu bisa menyimpan dana tabungan di reksa dana atau RD yang memiliki tingkat risiko rendah. Beberapa contoh produk reksa dana yang cocok digunakan sebagai sarana menabung adalah RD pendapatan tetap dan RD pasar uang.

    Alasannya karena dana yang tersimpan pada produk tersebut tidak terlalu berisiko mengalami fluktuasi yang mampu menurunkan nilai dananya secara signifikan. Di samping itu, tingkat bunga yang dijanjikan cenderung lebih tinggi ketimbang deposito ataupun bank sehingga mampu memberikan keuntungan menggiurkan.

    Pada reksa dana pasar uang, 100 persen dananya dialokasikan pada beragam instrumen yang terbilang aman, seperti, deposito, obligasi swasta dan negara, serta sukuk. Sementara pada RD pendapatan tetap, setidaknya 80 persen dana investasi dialokasikan pada obligasi negara, dan sisanya pada obligasi perusahaan serta pasar uang atau deposito. Dijamin dengan memanfaatkan produk keuangan ini, target keuangan yang telah kamu tetapkan akan tercapai dengan lebih lancar dan tepat waktu.

  5. Perbaiki Arus Kas Finansial dan Rem Pengeluaran Tak Perlu

    Terakhir, agar memiliki lebih banyak dana yang bisa dialokasikan sebagai cara menabung 30 juta, kamu juga perlu mengecek dan memperbaiki arus kas keuangan. Jika ada pengeluaran tak perlu atau bersifat konsumtif, jangan ragu untuk menghilangkannya agar finansial menjadi lebih prima.

    Hal ini penting untuk diperhatikan karena pengelolaan keuangan yang buruk kerap menjadi penghalang seseorang untuk bisa menabung. Tidak sedikit kasus orang yang sebenarnya memiliki gaji besar, tapi tak memiliki tabungan sama sekali karena gaya hidupnya yang salah dan terlampau boros.

    Untuk itu, pastikan mengerem segala pengeluaran tak perlu agar memiliki dana yang bisa disisihkan sebagai tabungan. Bila perlu, siapkan dulu dana tabungan dengan nominal tertentu di awal, baru menggunakan sisanya untuk mencukupi kebutuhan hidup dan keinginan.

    Kalaupun sedang memiliki beban cicilan atau utang, fokuskan dulu keuangan untuk melunasinya dan tak mengajukan kredit yang baru lagi. Apabila hal ini berhasil dilakukan dengan disiplin dan konsisten, sudah pasti target menabung 30 juta, bahkan di atasnya, bisa lebih lekas tercapai.

Bukan Sekadar Mimpi, Capai Target Keuangan dengan Cara Menabung yang Tepat

Itulah 5 cara menabung 30 juta yang bisa kamu canangkan agar bisa mencapai target keuangan tersebut tepat waktu. Yang perlu digarisbawahi adalah aktivitas menabung harus dilakukan dengan konsisten dan disiplin, juga sabar. Tanpa sikap tersebut, menabung hanya akan menjadi wacana saja dan rentan terhenti di tengah jalan hingga tujuan finansial tak bisa terwujud secara optimal dan ideal sesuai rencana.

News Related

OTHER NEWS

Taklukkan Hati, Ini 10 Cara Bikin Laki-Laki Baper Lewat Chat

Membuat baper seorang laki-laki itu memang susah-susah gampang, Bela. Terlebih, laki-laki terkenal dengan sisi misteriusnya yang bikin perempuan jadi makin penasaran dan menggebu-gebu saat menerima chat dari laki-laki yang disukai. ... Read more »

Apa Jabatan Suharso Saat Ini di PPP? Ini Kata Mardiono

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa menyampaikan pidato sebelum menyerahkan berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 di gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA ... Read more »

Hiu Misterius dengan Senyum Mirip Manusia Ditemukan di Australia

Seorang pemancing laut dalam baru-baru ini menangkap hiu misterius dengan mata melotot, kulit kasar, dan senyum mirip manusia yang menakutkan. KOMPAS.com – Hiu dengan penampakan aneh baru-baru ini ditemukan di ... Read more »

BEDA Usia 16 Tahun, Ternyata Ini Alasan Ashanty Mau Dinikahi Anang Hermansyah, Singgung Soal Doa

TRIBUN-MEDAN.com – Memiliki usia yang terpaut 16 tahun, terungkap sudah alasan Ashanty mau menerima pinangan Anang Hermansyah.� Sebagaimana diketahui bahwa Ashanty masih berumur 27 tahun saat diajak nikah oleh Anang ... Read more »

Legenda Road Race Ahmad Jayadi Apresiasi Kehadiran FIM MiniGP Indonesia, Tapi Mengaku Kesal Juga Karena Ini

Legenda Road Race Ahmad Jayadi Apresiasi Kehadiran FIM MiniGP Indonesia, Tapi Mengaku Kesal Juga Karena Ini FIM MiniGP Indonesia resmi dimulai dengan bergulirnya musim 2022, Ahmad Jayadi senang sekaligus kesal ... Read more »

Hari-hari Ini Menjadi Penderitaan Bagi Kebanyakan Petani Tomat di Magetan

Ilustrasi tomat (Freepik) SuaraJawaTengah.id – Hari-hari ini menjadi penderitaan bagi kebanyakan petani tomat di Magetan. Betapa tidak menderita, hasil panen mereka melimpah ruah, tetapi harga tomat menurun sehingga para petani ... Read more »

Dilema Ingin Buka Chat WhatsApp Tanpa Membuka Aplikasi? Jangan Khawatir, Yuk Simak Tipsnya

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Kerap kali pengguna WhatsApp (WA) tidak ingin terganggu aktivitasnya oleh seseorang. Tak perlu khawatir, WA kali ini memiliki tips baca chat tanpa ketahuan online dan sudah di-read. Ingin ... Read more »

Detik-detik Kecelakaan Kereta Api Versus Avanza di Cireunghas Sukabumi, Warga Tak Dengar Ada Tanda

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Sukabumi, Dian Herdiansyah TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI – Warga Kampung Cikaso RT 06, RW 05 Desa Bencoy Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, mengungkap detik-detik kecelakaan yang melibatkan mobil Avanza F ... Read more »

Berseteru dengan Billy Syahputra, Robby Shine Curhat ke Nikita Mirzani, Nyai: Gak Ada Mau Pansos

TRIBUN-MEDAN.com � Perseteruan antara Robby Shine dan Billy Syahputra hingga kini masih terus berlanjut. Robby Shine yang tak terima istrinya mendapat perlakuan tak menyenangkan, akhirnya melaporkan Billy Syahputra ke pihak ... Read more »

Penampakan Tempat Peristirahatan Terakhir Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor

TRIBUNNEWS.COM – Keluarga kerajaan Inggris berbagi foto tempat peristirahatan terakhir Ratu Elizabeth II, Sabtu (24/9/2022). Terlihat batu besar yang menandai tempat peristirahatan terakhir Ratu Elizabeth II, yang meninggal dua minggu ... Read more »

RM BTS Masuk Majalah Apollo '40 Under 40 Asia Pacific', Simak Biodata Sang Leader Bangtan Boys

TRIBUNTRENDS.COM – Wow, RM BTS cetak prestasi baru. Sang leader masuk majalah Apollo ’40 Under 40 Asia Pasicif’. Kejutan ini tentu bikin bangga ARMY. Berikut biodata RM BTS, leader global ... Read more »

Esteh Indonesia Somasi Pelanggan, Isi Suratnya Malah Balik Dikritik Warganet

Es Teh Indonesia (Official) Suara.com – Baru-baru ini, nama Esteh Indonesia menjadi trending usai kandungan gula pada produknya dikritik oleh salah seorang pelanggan. Mulanya pemilik akun Twitter @Gandhoyy tersebut mengatakan ... Read more »

HEBOH Warga Temukan Ular 7 Meter Saat Bersihkan Kebun, Saat Ditebas Keluar Ratusan Telur

TRIBUNPALU.COM -�Warga heboh dengan penemuan seekor Ular Piton dengan panjang tujuh meter dan berat 130 kilogram. Ular Piton itu ditemukan warga saat menebas rumput di kebun miliknya di Desa Latompe, ... Read more »

Viral Koleksi Merchandise K-Pop Anak Ludes Dibakar Orangtua, Netizen: Sakit Tak Berdarah

Suara.com – Selebtek.suara.com – Bagi seorang penggemar K-pop merchandise dan album yang dirilis oleh idol favorit menjadi item yang sering dikoleksi meski harus merogoh kocek yang cukup dalam. Karenanya kehilangan ... Read more »

Resmi Ditunda, Program Konversi Kompor Listrik Tidak Dilaksanakan Tahun 2022

Airlangga Hartarto. [Foto: Lukas – Biro Pers Sekretariat Presiden] Suara.com – Program konversi kompr gas ke kompor listrik yang digagas oleh pemerintah resmi ditunda dan tidak akan dilaksanakan pada tahun ... Read more »

Kritik Produk Es Teh dan Dapat Somasi. Netizen: Memang Benar Bisa Memicu Diabetes

Suara.com – SuaraSoreang.id – Media sosial Twitter sedang ramai membincangkan salah satu cuitan yang membahas produk Es Teh. Akun itu adalah @gandhoyy atau Ghandi yang melayangkan kritik pada PT Es ... Read more »

Apakah Sholat Magrib bisa Diqodho ? Cara Mengqodho Sholat Fardu Dzuhur Ashar Magrib Isya andamp Subuh

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Cara mengqodho Sholat dalam harus dilakukan apabila tidak sengaja ditinggalkan. Seperti akibat tertidur dan ketinggalan waktu untuk Sholat, sehingga harus diqodho atau diganti sesegera mungkin ketika sudah bangun. ... Read more »

Mahfud soal Pemeriksaan Lukas Enembe: Dipanggil Dulu, Belum Tentu Tak Datang

Menkopolhukam Mahfud MD bersama dengan anggota tim penyelesaian non yudisial pelanggaran HAM berat masa lalu di Hotel JW Marriott Jalan Embong Malang, Surabaya, Minggu (25/9). Foto: Farusma Okta Verdian/kumparan Menteri ... Read more »

Momen Duka Ratu Elizabeth II Belum Bisa Menyatukan Pangeran William dan Pangeran Harry

Momen kebersamaan Pangeran William dan Pangeran Harry saat Ratu Elizabeth II meninggal hingga proses pemakaman menjadi sorotan publik. Pasalnya, hubungan mereka diketahui memburuk sejak lama. Penulis buku The New Royals ... Read more »

Resep Sop Brokoli Sosis, Sajian Nikmat yang Tak Mungkin Bisa Ditolak saat Makan Malam

TRIBUNKALTIM.CO – Sajian enak resep sop brokoli sosis ini merupakan salah satu menu serba sayur dengan bahan tambahan sosis yang sedap. Dengan begitu, resep sop brokoli sosis ini tak mungkin ... Read more »

DPRD Kritisi Tarif Mahal Konser Pesona Kulminasi yang Hadirkan Keisya Levronka

Keisya Levronka tampil di konser Pesona Kulminasi Pontianak. Foto: Dok Hi!Pontianak Hi!Pontianak – Penyanyi sekaligus pemain sinetron Keisya Levronka, baru saja tampil pada konser Pesona Kulminasi di Alun-alun Kapuas, Sabtu, ... Read more »

Melihat Kejanggalan Jalur Sepeda di Kota Bogor, Dilintasi Kendaraan Hingga Jadi Tempat PKL Berjualan

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH – Sepeda listrik di Kota Bogor kini bisa dijumpai di sejumlah titik dan penggunaannya bisa disewa oleh masyarakat umum. Melalui aplikasi yang ... Read more »

Pembeli Kritik Esteh Indonesia Terlalu Manis, Berapa Batas Konsumsi Gula Per Hari yang Disarankan?

Esteh Indonesia (Official) Suara.com – Brand Esteh Indonesia menjadi trending Twitter setelah seorang pelanggan mengkritik kandungan gula yang digunakan. Mulanya, secara blak-blakan pemilik akun Twitter @Gandhoyy mengatakan bahwa kandungan gula ... Read more »

Tragedi Malam Mencekam di Cengkareng,Tamu Indekos Jadi Korbannya: Polisi Gercep Kejar Pelaku

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas TRIBUNJAKARTA.COM, CENGKARENG – Polisi dari Kepolisian Sektor Cengkareng, Jakarta Barat, tengah memburu pelaku pembacokan yang menyasar tamu indekos di Jalan Fajar Baru Selatan RT ... Read more »

Reaksi Soutgate Saat Muncul Tekanan Pemecatan dari Timnas Inggris Jelang Piala Dunia 2022

BANJARMASINPOST.CO.ID – Manager Timnas Inggris, Gareth Southgate dibawah tekanan pemecatan dari Timnas Inggris jelang Piala Dunia 2022 di Qatar. Timnas Inggris terdegradasi dari grup Liga Bangsa-Bangsa, setelah Inggris alami kekalahan ... Read more »

Tokyo Verdy Puji Pratama Arhan yang Cetak 2 Assist saat Lawan Curacao

Pratama Arhan saat menjalani debut bersama Tokyo Verdy. Foto: Tokyo Verdy Tokyo Verdy memberikan pujian kepada Pratama Arhan yang tampil apik bersama Timnas Indonesia dalam laga melawan Curacao di Stadion ... Read more »

Deretan Model Kacamata Gentle Monster yang Paling Populer

Mulai merintis di tahun 2011, Gentle Monster menawarkan koleksi kacamata dengan desain modern classic sekaligus retro-futuristic. Sentuhan bingkai yang cenderung eksperimental namun tetap dengan siluet yang timeless jadi ciri khas produk rilisan brand asal Korea ... Read more »

Kompor Listrik VS Kompor Gas, Mana yang Lebih Baik?

Kompor Listrik VS Kompor Gas – Ilustrasi kompor (Photo by Dane Deaner/Unsplash) Suara.com – Agenda nasional kembali muncul dan menarik perhatian publik, manakala rencana peralihan kompor gas ke kompor listrik ... Read more »

Profil Ramadhan Sananta yang Menangis Usai Diganti Shin Tae-yong di Laga Timnas Indonesia vs Curacao

TRIBUNSUMSEL.COM – Ramadhan Sananta menjadi korban dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao. Seperti diketahui, Ramadhan Sananta masuk sebagai pemain pengganti dalam laga Timnas Indonesia vs Curacao. Pertandingan Timnas Indonesia vs Curaco ... Read more »

Resep Asinan Buah dan Sayur, Siapkan Bengkuang dan Wortel

TRIBUNJAMBI.COM – Simak resep asinan buah dan sayur yang cocok dijadikan camilan sehat. Sajian asinan buah dan sayur ini bisa disajikan saat cuaca sedang panas. Asinan buah dan sayur bisa ... Read more »

Terbuai Rayuan Maut Buruh Bangunan, Sepupu Wanitanya Kini Jadi Merana, Jadi Korban Asusila

TRIBUNTRENDS.COM – Akibat terbuai rayuan gombal pelaku, wanita ini menjadi korban pelecehan asusila oleh pria yang bekerja sebagai buruh bangunan. Wanita ini dijanjikan akan dinikahi setelah mereka melakukan perbuatan asusila. ... Read more »

Arti Gerd Dalam Medis dan Seberapa Bahaya Dibandingkan dengan Penyakit Maag

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Maag dan GERD merupakan dua penyakit yang sangat identik baik dari gejala dan sumbernya. Kedua penyakit ini sama-sama muncul dari lambung akibat asam lambung. Tapi bagaimanapun keduanya tetap ... Read more »

14 Hari Hilang, Nenek Sinem Ditemukan Mengambang di Sungai Gandong Magetan

Lokasi penemuan jenazah nenek Sinem di Sungai Magetan [Foto: Beritajatim] SuaraJatim.id – Teka-teki penemuan mayat seorang nenek-nenek di Sungai Gandong Desa Sugihrejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Mahetan Jawa Timur ( Jatim ... Read more »

Riski Apes, Main ke Kos Sepupu Pulangnya Dibacok Pria Misterius, Muka Sobek Nyaris Kena Mata

Riski Apes, Main ke Kos Sepupu Pulangnya Dibacok Pria Misterius, Muka Sobek Nyaris Kena Mata. (tangkapan layar) SuaraJakarta.id – Seorang pemuda bernama Riski Setiawan (24) dibacok pria misterius dengan menggunakan ... Read more »

Calon Santri yang Daftar Hanya 10 Orang, Benarkah Pesantren Az-Zikra Diambang Kehancuran?

Suara.com – Depok.suara.com – Kabar Pondok Pesantren Az-Zikra yang berada diambang kehancuran setelah dipimpin oleh Alvin Faiz terlihat semakin nyata. Kini dikabarkan, pesantren yang dibangun oleh sang ayah, Ustadz Arifin ... Read more »

Viral Nyanyian Ambu Anne, Bupati, Lirik Lagu Chrisye Diganti Kejarlah Selingkuhanmu, Ini Faktanya

TRIBUNNEWS.COM – Saat masih hangat kabar politisi Dedi Mulyadi digigat istrinya Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dunia maya dihebohkan dengan nyanyian Ambu Anne–sapaan Bupati Anne. Beredar video nyanyian Ambu Anne ... Read more »

Menlu Rusia: AS Bermain Api di Taiwan, Mereka Janjikan Dukungan Militer

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menghadiri pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Myanmar Wunna Maung Lwin di Naypyidaw, Myanmar, Rabu (3/8/2022). Foto: Kementerian Luar Negeri Rusia/Handout via REUTERS Rusia menyebut, ... Read more »

Peluang Dapat Beasiswa hingga Rp 200 Juta, Berikut Link Daftar dan Persyaratannya

TRIBUNJAKARTA.COM – Peluang emas bisa dapat Beasiswa Juara 2022 hingga Rp 200 Juta, hanya dengan menjawab 15 soal dari Kemendikbud dan Lotte. Ini syarat daftar dan benefit yang didapat. Kemendikbudristek ... Read more »

Daul Ulang Lagu Sang Dewi, Lyodra Ginting Ngaku Awalny Belum Izin ke Titi DJ

Remake Lagu Suara.com – Lyodra Ginting membongkar salah satu fakta tentang lagu “Sang Dewi” yang tidak diketahui banyak orang. Penyanyi asli, Titi DJ rupanya tidak tahu bahwa lagunya dibuat ulang. ... Read more »

Sejarah Munculnya Es Teh di Dunia, Hingga Jadi Trending di Twitter

TRIBUN-TIMUR.COM – Jagad maya, khususnya twitter, saat ini sedang ramai memperbincangkan Es Teh. Awal mula Es Teh tiba-tiba trending karena adanya somasi sebuah perusahaan yang memproduksi Esteh Indonesia ke seorang ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network