Dulu Berlawanan Nasdem di Pilkada 2017, Anies Baswedan: Lewatkan Itu Semua untuk Republik

dulu berlawanan nasdem di pilkada 2017, anies baswedan: lewatkan itu semua untuk republik

TRIBUN-TIMUR.COM — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang perjalanan dengan Partai Nasdem.

Anies pernah bersaing dengan Nasdem pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

Ketika itu Anies diusung Partai Gerindra dan PKS, maju berpasangan Sandiaga Uno.

Sementara Nasdem gabungan barisanan petahana; Basuki Thahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Pilkada DKI Jakarta dimenangkan Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno.

Anies Baswedan menyampaikan apreasi kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mendeklarasikan namanya calon presiden atau capres 2024.

“Sikap yang luar biasa bagaimana beliau (Paloh) mengundang saya yang saat ini non-partisan (parpol), yang saat ini bekerja di Jakarta, diundang untuk ikut bersama-sama di tingkat nasional (diusung capres),” kata Anies di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2022).

Secara tersirat, Anies mengungkit masa ketika NasDem berseberangan dengan dirinya saat Pilkada DKI 2017.

Untuk diketahui, pada Pilkada DKI 2017, NasDem mengusung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang sama-sama mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Saat itu, Anies berada di pihak oposisi.

“Kalau kita lihat sejarahnya, ada masa kita bersandingan, ada masa kita (Anies dengan NasDem) tidak bersama,” tutur dia.

Ia kemudian meminta agar masa-masa tersebut biar lah berlalu.

Sebab, kata Anies, momen NasDem mengusung dirinya bertujuan untuk masa depan Tanah Air.

“Lewatkan itu semua, ini adalah untuk republik, ini untuk masa depan,” imbuh dia.

Nasdem Deklarasikan Anies Baswedan

Partai Nasdem akhirnya mendeklarasikan figur jagoan calon presiden 2024.

Nasdem memilih nama Anies Baswedan dari sebelumnya tiga nama.

Nasdem memutuskan tidak memilih nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

dulu berlawanan nasdem di pilkada 2017, anies baswedan: lewatkan itu semua untuk republik

Ketua Nasdem Surya Paloh dan Anies Baswedan saat deklarasi maju pemilihan presiden 2024. Nasdem memiliki modal 12.661.792 suara saat Pileg 2019. (Tribunnews)

Deklarasi nama capres 2024 Nasdem berlangsung di Kantor DPP Nasdem Jalan RP Soeroso Gondangdia Jakarta Pusat Senin (3/10/2022).

Pengumuman nama disampaikan langsung Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut hadir dalam deklarasi itu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memakai setelan jas biru, warna kebesaran Nasdem.

“NasDem mencari yang terbaik dari yang terbaik, NasDem akhirnya melihat sosok Anies Baswedan. Kami mempunyai keyakinan dalam prespektif dalam secara makro dan mikro sejalan dengan apa yang kami (NasDem) yakini,” kata Surya Paloh.

“Kami menitipkan bangsa Indonesia jika Anies Baswedan terpilih pimpinlah bangsa indonesia menjadi bangsa yang lebih bermartabat bangsa yang mampu membentuk karakter,” kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, dalam tayangan Breaking News KompasTv, Senin (3/10/2022).

“Kami meminta saudara untuk mengawal pencalonan partai Nasdem terhadap Anies Baswedan,” lanjutnya.

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas), NasDem sudah mengumumkan tiga kandidat capres.

Ketiganya yakni Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa; dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Surya Paloh, menilai dari ketiga kandidat capres merupakan pilihan kader-kader NasDem di Rakernas.

“Saya akan bacakan, penetapan rekomendasi bakal capres pada Pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan.”

“Kedua, Muhammad Andika Perkasa. Ketiga, Ganjar Pranowo,” kata Surya Paloh, Jumat (17/6/2022) lalu sebagaimana dilansir Tribunnews sebelumnya.

Surya Paloh mengatakan, ketiga kandidat tersebut, memiliki kualifikasi yang sama.

Lebih lanjut, Surya Paloh menyampaikan yang diputuskan semoga bisa menjadi hal baik untuk masyarakat.

“Seandainya apa pun yang terbaik bagi bangsa ini sang calon yang kita dukung terpilih, kemudian juga lupa pada NasDem, ah itu sudah nasib kita.”

“Kita boleh terus menerus membangun kemampuan dan kekuatan yang ada pada diri kita, yaitu dengan dua aspek sekaligus.”

“Yang pertama, berharap ada yang terbaik. Yang kedua, mempersiapkan diri ada hal yang terjelek,” katanya.

Deklarator Ormas Nasional Demokrat

Anies Baswedan adalah bagian dari deklarator ormas Nasional Demokrat pada 2010 lalu.

Ormas Nasional Demokrat menjadi cikal bakal berdirinya Partai Nasdem.

Pada pembukaan Kongres Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) lalu, Anies Baswedan diundang membawakan sambutan di hadapan kader.

Ketika itu, Anies Baswedan mengingat kembali masa-masa saat ia menjadi salah satu deklarator yang mendeklarasikan ormas Nasional Demokrat.

“Saya ingat di dalam deklarasi waktu itu ketika kami bacakan. Bang Surya saya boleh ambil kutipan?” kata Anies meminta izin kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat memberikan sambutan pada pembukaan kongres itu, Jumat (8/11/2019) lalu.

Anies kemudian membacakan bunyi deklarasi Nasional Demokrat pada 2010. Menurut dia, bunyi deklarasi itu sangat relevan dengan kondisi saat ini.

“Gerakan Nasional Demokrat mencita-citakan demokrasi yang matang, yang menjadi tempat persandingan keberagaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, kebebasan dengan kesejahteraan. Keseimbangan seperti itulah yang harus dituntaskan di Indonesia,” kata Anies.

Anies berujar, kalimat dalam deklarasi itu harus diperjuangkan.

Semangat deklarasi 9 tahun lalu itu harus terus dijaga. Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya sebelumnya mengatakan, Anies diundang ke Kongres Nasdem selaku gubernur DKI Jakarta dan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta kongres.

Willy menyebut Anies diundang dalam kongres karena ia “orang dalam” yang tidak asing untuk Nasdem.

(Sumber: Kompas.com/Muhammad Naufal)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Diusung Jadi Capres, Anies Singgung saat Jadi Oposisi Nasdem di Pilkada DKI 2017”

News Related

OTHER NEWS

Bacaan Sholawat Tausi'ul Arzad, Lengkap Latin dan Artinya, Amalan Melancarkan Rezeki

TRIBUNSUMSEL.COM – Banyak keutamaan yang dapat diperoleh ketika kita membaca sholawat Tausi’ul Arzad, mulai dari pahala yang berlimpah hingga terbukanya pintu rezeki jika diamalkan hampir setiap hari. Berikut bacaan sholawat ... Read more »

Coba Pertahankan Rumah Tangganya, Muzdalifah Akui Tidak Takut Kehilangan Suami

TRIBUNJAMBI.COM – Rumah tangga Muzdalifah kini tengah diuji. Diketahui Rumah tangga Mantan istri Nassar tersebut sempat tidak baik-baik saja. Muzdalifah pun mengakui bahwa dirinya dengan Fadel sempat bersitegang. Ia mengatakan ... Read more »

Terkena Sentimen Lock Up, Harga GOTO Jauh di Bawah Konsensus Analis

Terkena Sentimen Lock Up, Harga GOTO Jauh di Bawah Konsensus Analis KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang mengalami tekanan jual setelah berakhirnya masa lock up period pada ... Read more »

Rian D'Masiv Senang Voting Indonesian Music Awards 2022 Tembus 50 Juta

Konferensi Pers Indonesian Music Awards 2022. Foto: Dok. Istimewa Ajang penghargaan musik Indonesian Music Awards (IMA) 2022 sudah memasuki masa voting sejak 16 November lalu. Proses voting yang tengah berjalan ... Read more »

Jadi Pembuka Pertama, Ini Momen Haru Stephanie Poetry Bersama Titi DJ

Festival musik dari 88Rising yakni Head In The Clouds diselenggarakan hari ini di Community Park PIK, Sabtu (3/12/2022). Festival yang diselenggarakan dua hari ini juga menampilkan beberapa artis dari 88Rising, ... Read more »

Kerasnya Guncangan Gempa Garut Terasa Sampai Pangandaran, Warga Kaget Sebut Seperti Mau Tsunami 2006

SRIPOKU.COM, PANGANDARAN – Kerasnya guncangan gempa Garut, membuat kaget sejumlah warga di Kabupaten Pangandaran. Seperti diungkapkan Wayhu, salah seorang warga setempat. Dia mengaku kaget merasakan getaran gempa yang terjadi. “Kaget, ... Read more »

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Anak SMA di Lahat, Mayat Korban Ditemukan Gorong-gorong

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT – Polisi menangkap P (17) pelaku pembunuhan pelajar SMA di Lahat inisial AF yang tewas dan mayatnya ditemukan di gorong-gorong Jalan Microwave Kelurahan Gunung Gajah Kecamatan Lahat, Rabu ... Read more »

Gempa Garut Dirasakan Warga Sukabumi yang Berhamburan Keluar Ruangan, BPBD Belum Ada Info Kerusakan

Laporan kontributor Tribunjabar.id Sukabumi Dian Herdiansyah TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI – Warga Sukabumi berhamburan dari luar rumah akibat guncangan gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang terjadi di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu ... Read more »

6 Cara Menjadi Populer dan Disukai Banyak Orang

com-Ilustrasi wanita yang bahagia karena menjaga kesehatan mental. Foto: Shutterstock Menjadi orang yang populer di antara semua orang bukanlah hal yang mudah. Kamu harus bisa mempertahankan status sosialmu, membuat lelucon ... Read more »

7 Pelaku Tawuuran Geng di Pakuwon CIty Ditangkap, Miris Ada yang Masih di Bawah Umur

7 Pelaku Tawuuran Geng di Pakuwon CIty Ditangkap, Miris Ada yang Masih di Bawah Umur jatim.jpnn.com, SURABAYA – Sebanyak tujuh orang pelaku tawuran antargeng di Surabaya ditangkap Polres Pelabuhan Tanjung ... Read more »

Dua Copet di HUT PGRI 2022 saat Kunjungan Presiden Jokowi di Semarang, Menyamar Pakai Seragam Guru

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG – Dua pencopet di peringatan HUT PGRI 2022 tertangkap basah di acara kunjungan presiden Jokowi di Gedung MCC Marina Tawangsari, Semarang Barat ,kota Semarang, Sabtu (3/12/2022) sekira pukul 07.30 ... Read more »

Minuman yang Berkhasiat dalam Mengatasi Asam Lambung

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Mengatasi asam lambung biasanya hanya diobati dengan obat-obatan. Namun, asam lambung sebenarnya bisa hilang meski tidak seutuhnya dengan pola hidup sehat. Asam lambung naik bisa menyebabkan ketidaknyamanan hingga sensasi ... Read more »

DENDAM Lama yang Memicu Keberanian DDS Meracuni Ayah, Ibu dan Kakak Baru Terungkap oleh Penyidik

TRIBUNBANYUMAS.COM, MAGELANG – Kenekatan Dhio Daffa Syahdilla alias DDS (22) untuk berani meracun hingga tewas semua anggota keluarganya rupanya karena dipicu dendam lama. DDS mencampur racun yang mematikan ayah, ibu ... Read more »

Pengakuan Teddy yang Rahasiakan Utang Lina pada Anak-anak Sule

Tribunlampung.co.id, Jakarta � Teddy Pardiyana ungkap mendiang Lina Jubaedah punya utang di bank. Namun, Teddy Pardiyana merahasikan utang di bank tersebut pada anak-anak Sule. Sehingga hanya Teddy Pardiana dan Lina ... Read more »

Bersyukurlah 10 Arti Mimpi Pilot, Diramalkan Anda Mungkin Akan Dapat Kenaikan Jabatan

TRIBUN-BALI.COM � Pernah mengalami mimpi menjadi seorang pilot pesawat? penasaran dengan arti di dalamnya? simaklah berikut ini penjelasan 10 arti mimpi pilot yang perlu Anda ketahui. Secara umum, mimpi pilot ... Read more »

Sultan Hamengku Buwono X Belum Siapkan Kado untuk Erina Gudono - Kaesang Pangarep, Gubernur DIY Singgung Soal Undangan

Sultan Hamengku Buwono X Belum Siapkan Kado untuk Erina Gudono – Kaesang Pangarep, Gubernur DIY Singgung Soal Undangan Kolase foto Kaesang Pangarep – Erina Gudono dan Sultan Hamengku Buwono X ... Read more »

Garut Diguncang Gempat, Kekuatan 6,4 Magnitudo, Warga Rasakan Guncangan Kuat

TRIBUNPEKANBARU.COM – Gempa kembali melanda salah satu daerah di Jawa Barat. Yakni Kabupaten Garut yang diguncang gempa berkekuatan 6,5 Magnitudo. Gempat tersebut terjadi pada pukul 16.49 WIB. Warga merasakan getaran ... Read more »

Media Asing Sebut Talenta Indonesia Patut Dicontoh, Terutama Mencari Bakat Diluar Negeri

TRIBUN-BALI.COM – Timnas Indonesia menjadi hal yang mulai diperhatikan, bahkan media asing asal Malaysia menyebut skuad Timnas Indonesia memiliki kebijakkan yang bagus khususnya para pemainnya. Dalam hal ini, Timnas Indonesia ... Read more »

Gaya Hidup 'Selangit' Pembunuh Sekeluarga di Magelang, Ngakunya Iri ke Kakak Ternyata Dimanja Ortu

TRIBUNJATIM.COM – Terungkap gaya hidup tinggi pembunuh sekeluarga di Magelang, Dhio Daffa Syahdilla (22). Fakta tentang pria Magelang yang tega membunuh ayah, ibu dan kakak kandungnya itu diungkap oleh orang-orang ... Read more »

Gempa Bumi 6,4 SR di Garut Hari Ini Terasa hingga Jogja, Jateng, Bandung, Kaesang: Asem Gempa

TRIBUN-TIMUR.COM – Peristiwa gempa bumi 6,4 SR terjadi di Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) sore. Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, gempa bumi di Garut tercatat terjadi ... Read more »

Nggak Hanya untuk Pesta, Ini Tips Pakai Tulle untuk Sehari-hari

Outfit bahan tulle memang akan memberikan look yang semakin chic! Biasa jadi pilihan untuk pesta, tulle juga oke sebagai pilihan fashion item sehari-hari lho. Pasangkan saja dengan boots, tank top ... Read more »

30 Quotes Hari Minggu Aesthetic Terbaik 2022, Untuk Dibagikan ke Media Sosial

TRIBUNSUMSEL.COM- Membagikan quotes hari Minggu di media sosial termasuk aktivitas positif yang bisa dilakukan. Sebab, hari Minggu merupakan salah satu hari yang ditunggu-tunggu kebanyakan orang, terutama para pekerja yang memiliki ... Read more »

Harga Beras Naik, BPS Sebut Akibat Kenaikan BBM hingga Produksi Turun

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Kenaikan harga beras dilaporkan� oleh Badan Pusat Statistik atau BPS terjadi pada peridoe November 2022. Adapun kenaikan ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kenaikan harga Bahan Bakar ... Read more »

Info Harga Sembako Kabupaten Banyumas Selama Sepekan, 28 November - 2 Desember 2022

TRIBUNBANYUMAS.COM- Informasi harga sembako di dua pasar Kabupaten Banyumas selama sepekan Senin (28/11/2022) sampai Jumat (2/12/2022) harga cabai melonjak. Harga�daging�ayam�ras segar di�Pasar�Manis�selama sepekan tidak mengalami perubahan harga, pedagang masih menjual ... Read more »

BMKG Sebut Gempa Magnitudo 6.4 Wilayah Garut Tak Berpotensi Tsunami

TRIBUN-TIMUR.COM –�Gempa mengguncang Garut Sabtu sore ini (3/12/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan update perkembangan tentang�Gempa magnitudo yang mengguncang Garut Sabtu sore ini (3/12/2022). Melalui�kicauan di akun Twitter, ... Read more »

Selalu Dipercaya Jokowi, Elektabilitas Erick Thohir Diprediksi Terus Terkerek

Pengamat Politik Usep S Achyar menilai faktor kedekatan ini memengaruhi elektabilitas Erick Thohir di Pilpres 2024 mendatang. Jakarta: Menteri BUMN Ercik Thohir beberapa kali dipercaya oleh Presiden Joko Widodo mengemban ... Read more »

Derajat Diangkat Allah Sebab Amalan Ini, Buya Yahya Imbau Ramaikan Masjid

BANJARMASINPOST.CO.ID – Penceramah Buya Yahya menjelaskan amalan yang bisa mengangkat derajat seorang hamba jika dikerjakan rutin atau istiqomah. Dituturkan Buya Yahya, salah satu amalan tersebut adalah meramaikan masjid bagi kaum ... Read more »

Tercebur ke Sungai di Kupang Nunding Kabupaten Tabalong, Pria Ini Ditemukan Meninggal

BANJARMASINPOST.CO.ID,�TANJUNG – Warga di seputaran Desa Nunding, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), digegerkan dengan peristiwa orang tenggelam, Sabtu (3/12/2022). Dari informasi beredar, korban diduga tercebur di ... Read more »

Garut Jawa Barat Diguncang Gempa Besar, Potensi Gempa Susulan Harus Diwaspadai

TRIBUNLOMBOK.COM, JAKARTA – Gempa bumi dengan kekuatan besar kembali mengguncang wilayah Indonesia. Setelah gempa Cianjur, Jawa Barat, hari ini gempa bumi dengan magnitudo 6,4 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada ... Read more »

Kelakuan Dhio Dibongkar Sahabat, Standar Hidup Tinggi dan Royal, Tega Membunuh Padahal Dimanja

TRIBUNSUMSEL.COM – Kelakuan�Dhio�Daffa�Syahdilla (22) yang membunuh keluarganya di Magelang dibongkar oleh sahabatnya. Bahkan sang sahabat tak mempercayai jika Dhio setega itu meracuni keluarganya hingga tewas. Keluarga Dhio pun selama ini ... Read more »

Gempa Bumi di Garut Dirasakan sampai Yogyakarta, Benda Ringan yang Digantung Bergoyang

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Wilayah selatan Garut diguncang gempa tektonik, Sabtu (3/12/2022) pukul 16.49.41 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update ... Read more »

Gempa Bumi 6,4 SR di Garut Hari Ini Terasa hingga Jakarta, Kaesang Pangarep Putra Jokowi: Asem Gempa

TRIBUN-TIMUR.COM – Terjadi peristiwa gempa bumi dengan magnitudo 6,4 SR yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat atau Jabar, Sabtu (3/12/2022) sore. Tepatnya terjadi pada pukul�16.49 WIB atau 17.49 Wita atau ... Read more »

Lansia di Maros Pingsan saat Antre BLT Ternyata Punya Riwayat Sesak Napas

TRIBUNMAROS.COM, MAROS – Seorang lansia di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Dg Labbi (67), terpaksa dilarikan ke puskesmas karena pingsan saat mengantre Bantuan Langsung Tunai (BLT), Sabtu (3/12/2022). �Dg ... Read more »

Gempa Garut Terasa hingga Yogyakarta selama 3 Detik

Getaran tidak begitu kuat. Yogyakarta: Gempa yang berpusat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terasa hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Warga di Kabupaten Kulon Progo dan Bantul turut merasakan. Endrawijaya, warga ... Read more »

Makin Besar dan Megah, Intip Perbedaan Female Daily Best of Beauty Awards 2022 dibanding dengan Tahun Sebelumnya!

Sebenter lagi, awarding night Female Daily Best of Beauty Awards 2022 bakal hadir! Penasaran kan, seperti apa kemegahannya? Acara penghargaan tahunan milik Female Daily yaitu Female Daily Best of Beauty ... Read more »

Breaking News, Baru Saja Gempa M 5,6 Guncang Bandung, Pusatnya di Tasikmalaya

TRIBUNCIREBON.COM – Baru saja gempa yang cukup besar mengguncang Bandung dan sejumlah daerah lainnya, Sabtu (3/12/2022) sore. Sejumlah warga merasakan guncangannya yang cukup besar di awal. Kemudian berlanjut dengan goyangan ... Read more »

Banyak Warga Mengeluh Tak Bisa Menonton TV, KPID Jabar Merespons

Banyak Warga Mengeluh Tak Bisa Menonton TV, KPID Jabar Merespons jabar.jpnn.com, BANDUNG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menyarankan agar masyarakat segera beralih menggunakan Set Top Box (STB) ... Read more »

Pria Asal Kulon Progo Ini Gondol Baterai PLTS untuk Beli Rokok

Pria Asal Kulon Progo Ini Gondol Baterai PLTS untuk Beli Rokok jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA – Polsek Sanden mengungkap kasus pencurian baterai hybrid Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pantai Goa Cemara. ... Read more »

Motif Pinkan Mambo Senggol Artis, Mulai Raffi Ahmad hingga Lesti Kejora

Tribunlampung.co.id, Jakarta – Pinkan Mambo akhirnya ungkap motif dirinya menyenggol� artis seperti Maia Estianty, Raffi Ahmad, Rizky Billar, hingga Lesti Kejora. Pinkan Mambo mengaku menyenggol rekan artis tersebut karena ingin ... Read more »

Kehidupan yang Sederhana

Umat Islam (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Sholahuddin Al Aiyub memaparkan, Islam mengajarkan untuk senantiasa menghindari perilaku berlebihan (israf). Dalam Islam, seorang Muslim diajarkan untuk ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network