Deretan Kasus dengan Kerugian Masyarakat Terbesar di Indonesia, Golden Traders hingga KSP Indosurya

deretan kasus dengan kerugian masyarakat terbesar di indonesia, golden traders hingga ksp indosurya

Kuasa hukum bersama korban kasus TPPU KSP Indosurya menggelar konferensi pers terkait kasus penipuan dan penggelapan dana oleh KSP Indosurya di Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022).

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai total kerugian dalam kasus investasi di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya ditaksir mencapai Rp 106 triliun.

Menurut Kejaksaan Agung (Kejagung), jumlah kerugian itu didapat berdasarkan Hasil Laporan Analisis (HLA) yang dilakukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dari uang yang dikumpulkan KSP Indosurya dari 23.000 nasabah.

“Korbannya kurang lebih 23.000 orang korban,” kata Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum (JAM-Pidum) Kejagung Fadil Zumhana di Kejagung, Jakarta, Rabu (29/9/2022).

Fadil mengatakan, angka kerugian tersebut sangat tinggi.

“Ini kasus yang menarik perhatian nasional karena kerugian sepanjang sejarah belum ada kerugian yang dialami Rp 106 triliun oleh masyrakat Indonesia,” ujar dia.

Saat ini perkara yang melibatkan KSP Indosurya sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Dua terdakwa yang disidang di situ yakni Ketua KSP Indosurya Henry Surya dan Direktur Keuangan KSP Indosurya Cipta June Indria.

Namun, ada satu orang tersangka lainnya, yaitu Suwito Ayub yang masih berstatus buronan atau masuk daftar pencarian orang (DPO) sehingga belum dilimpahkan ke pengadilan.

Fadil juga mengungkapkan, penanganan perkara tersebut sempat tersendat saat prapenuntutan.

“Kami berupaya bagaimana kerugian korban bisa kami selamatkan sehingga berdasarkan berkas perkara bisa disita Rp 2,5 triliun,” kata dia.

Atas perbuatannya, para tersangka didakwa dengan Pasal 46 Undang-Undang Perbankan dengan ancaman pidana 15 tahun dengan kumulatif Undang-Undang Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman pidana 20 tahun.

Kasus wanprestasi atau penipuan yang melibatkan banyak orang dengan jumlah kerugian yang besar, selain KSP Indosurya, sudah beberapa kali terjadi di Indonesia.

Berikut ini deretan kasus penipuan dengan nilai kerugian besar yang dirangkum Kompas.com.

1. Golden Traders Indonesia (GTI) Syariah

Kasus yang melibatkan Golden Traders Indonesia (GTI) dimulai ketika mereka menyatakan sebagai perusahaan investasi emas syariah secara sepihak pada 24 Agustus 2011.

PT GTI Syariah menjanjikan para nasabah mendapat bungan tetap 4,5 persen setiap bulan saat kontrak emas dicairkan kembali ke perusahaan itu.

Akan tetapi, ternyata para nasabah tidak pernah menerima bunga yang dijanjikan. Malah para pendiri PT GTI yang merupakan warga Malaysia dilaporkan menggelapkan uang dan emas nasabah.

Salah satu pendiri PT GTI, Ong Han Chun, disebut membawa lari uang dan emas nasabah sebesar Rp 10 triliun.

2. First Travel

Kasus penipuan biro perjalanan haji dan umrah PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel sempat menghebohkan masyarakat pada 2017 silam.

Awal mula kasus penipuan First Travel terungkap adalah ketika mereka gagal memberangkatkan jemaah umrah pada 28 Maret 2017 dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Saat itu masyarakat banyak yang tertarik karena harga paket perjalanan yang ditawarkan First Travel cukup bersaing dengan menawarkan beragam fasilitas.

Akibat kegagalan pemberangkatan jemaah itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai menyelidiki First Travel pada 21 Juli 2017.

Dari penyelidikan terungkap First Travel tidak memberangkatkan 58.682 calon jemaah umrah pada periode Desember 2016 hingga Mei 2017.

Nilai kerugian dalam kasus itu mencapai Rp 905 miliar. Bahkan diduga uang yang dikumpulkan dari para jemaah itu digunakan untuk keperluan pribadi dan pencucian uang para direktur First Travel, yakni Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan.

Ketiganya divonis bersalah dan dipenjara.

Andika divonis 20 tahun penjara dengan pidana denda Rp 10 miliar subsider 8 bulan kurungan.

Sedangkan Anniesa divonis 18 tahun penjara dan pidana denda Rp 10 miliar subsider 8 bulan kurungan.

Kiki divonis 15 tahun penjara dan pidana denda Rp 5 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Akan tetapi, para korban menyatakan kecewa dengan putusan pengadilan karena aset milik para terpidana tidak digunakan untuk membayar ganti rugi tetapi malah disita untuk negara.

3. PT Qurnia Subur Alam Raya (QSAR)

Kasus ini bermula ketika Ramly Arabi mendirikan usaha pertanian di Kampung Situgunung, Desa Kadudampit Cisaat, Kabupaten Sukabumi dengan lahan seluas 5 hektare pada 1998.

Dia kemudian mendirikan PT Qurnia Subur Alam Raya (QSAR) dengan bidang usaha agribisnis. Model usahanya adalah menghimpun dana dari masyarakat yang menanamkan modal dan menjadi investor melalui kerja sama di perusahaan itu.

Ramly kemudian menjanjikan keuntungan bagi pada penanam modal. Akan tetapi, pembayaran keuntungan bagi para pemodal tersendat mulai Januari 2002.

Para penanam modal kemudian melaporkan Ramly ke polisi. Dalam penyidikan polisi, PT QSAR tidak mampu membayar utang sebesar Rp 476 miliar kepada 6.480 investor.

Ramly kemudian diadili dan dijatuhi vonis 8 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar.

4. Pandawa Grup

Kasus penipuan investasi Pandawa Grup mulai terungkap pada 2016.

Perusahaan yang berlokasi di Jalan Raya Meruyung, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat itu beroperasi sejak 2015.

Pandawa Grup dipimpin oleh Salman Nuryanto yang dibantu tiga rekannya, yakni Madamine selaku leader dan dua admin Pandawa Group, Tatto dan Subardi.

Mereka menjanjikan bunga 10 persen bagi investor yang menanamkan uangnya di Pandawa Grup. Alhasil tercatat ada 2.900 orang yang menanamkan uang di Pandawa Grup.

Akibat pembayaran keuntungan yang macet, OJK memutuskan menghentikan kegiatan Pandawa Grup dan menyatakan mereka sebagai perusahaan investasi ilegal pada 11 November 2016. Nilai kerugian ditaksir mencapai Rp 400 miliar.

(Penulis : Rahel Narda Chaterine | Editor : Sabrina Asril)

News Related

OTHER NEWS

Ferdy Sambo Akui Pernah Periksa Kabareskrim dan Ismail Bolong Terkait Tambang Ilegal

Ferdy Sambo Akui Pernah Periksa Kabareskrim dan Ismail Bolong Terkait Tambang Ilegal RADARSOLO.ID – Ferdy Sambo mengakui sudah menyelesaikan proses penyelidikan tambang ilegal Kalimantan Timur, saat masih menjabat sebagai Kadiv ... Read more »

Iriana Jokowi Cicipi Menu dan Cek Venue Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina di Solo

Ibu Iriana Jokowi mengenakan atasan merah marun dan celana hitam, berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Solo, untuk melakukan food test dan mengecek venue acara ngunduh mantu, Selasa (29/11/2022). FOTO: Fernando Fitusia ... Read more »

Curi Motor di 14 Lokasi, Pemuda Ini Ditangkap Tim Anti Bandit Polsek Gubeng Surabaya

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Satu dari empat maling motor yang beraksi di 14 lokasi Kota Surabaya, ditangkap Tim Antibandit Polsek Gubeng Polrestabes Surabaya. Tersangka, MS (27) warga Surabaya. Saat beraksi MS ... Read more »

Foto: Meski Tercemar, Ribuan Buaya Mampu Bertahan di Sungai Tarcoles, Amerika

Seekor buaya terlihat di Sungai Tarcoles, sungai paling tercemar di Amerika Tengah, San Jose, Kosta Rika, Senin, (21/11/2022). Foto: Ezequiel Becerra/AFP Seekor buaya berenang di samping sampah di Sungai Tarcoles, ... Read more »

Berperan dalam Film Qorin, Zulfa Maharani Alami Pengalaman Mistis Ketempelan Makhluk Astral

Berperan dalam Film Qorin, Zulfa Maharani Alami Pengalaman Mistis Ketempelan Makhluk Astral Para pemain film Qorin. Grid.ID/Rissa Indrasty Berperan dalam Film Qorin, Zulfa Maharani Alami Pengalaman Mistis Ketempelan Makhluk Astral ... Read more »

Nia Ramadhani Gandeng Pidi Baiq Garap Novel Cerita Ade, Begini Isinya

Nia Ramadhani Gandeng Pidi Baiq Garap Novel Cerita Ade, Begini Isinya jpnn.com, JAKARTA – Selebritas Nia Ramadhani menggandeng penulis Pidi Baiq, menggarap novel berjudul Cerita Ade. Novel tersebut berisikan kisah ... Read more »

Bupati Lombok Barat Resmikan Gedung Lumbung Pangan, Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat Desa

Laporan Wartawan Tribunlombok.com Lalu M Gitan Prahana TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK BARAT – Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, resmikan gedung Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) yang berada Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, pada ... Read more »

Relawan Sebut Kata 'Tempur' di Depan Jokowi, Gerindra: Kepala Harus Dingin

Viral perbincangan relawan dan Presiden Jokowi. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Relawan Jokowi, Benny Rhamdani, membuat heboh usai videonya bersama Presiden Jokowi viral. Pasalnya, dalam video pendek itu terdengar percakapan yang membuat ... Read more »

Ajak Gaya Hidup Berbagi, Baznas Dorong Mahasiswa Jadi Duta Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mengajak agar penerima Beasiswa Cendekia Baznas menjadikan aksi berbagi sebagai gaya hidup, serta mendorong mahasiswa menjadi duta zakat. Pasalnya, zakat merupakan ... Read more »

Coba Yuk! 9 Resep Makanan Anak 1 Tahun yang Susah Makan

Memasuki usia 1 tahun, tak sedikit anak yang susah makan atau picky eater. Ini bisa menjadi kekhawatiran sendiri bagi orangtua.Sebab makanan sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi harian anak untuk mengoptimalkan tumbuh ... Read more »

Luhut, Kasad, dan Pangkostrad Pastikan Program Ketahanan Pangan Lancar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan ketahanan pangan kostrad dengan meninjau Gudang pengeringan Pipil Jagung yang berlokasi di Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. ... Read more »

Kami. Rilis Koleksi Terbaru Bermotif Batik Khas Jakarta

Menjelang pergantian tahun 2023, Kami. meluncurkan koleksi terbarunya yaitu Sloka Jakarta yang berkolaborasi dengan Sarah Sofyan. Sloka Collection hadir dengan berbagai motif Batik Jakarta yang dikemas dalam modern look namun ... Read more »

Survei: 69,5% Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin

Sebanyak 10,9 persen responden sangat puas dengan hasil kerja Jokowi-Ma’ruf. Kemudian, 58,6 persen responden menjawab cukup puas. Jakarta: Publik disebut puas dengan kinerja pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil ... Read more »

Sinopsis Drakor Reborn Rich, Song Jong Ki Balik ke Masa Lalu Jadi Anak Chaebol, Simak Juga Jadwal Tayang dan Link Nontonnya!

Sinopsis Drakor Reborn Rich, Song Jong Ki Balik ke Masa Lalu Jadi Anak Chaebol, Simak Juga Jadwal Tayang dan Link Nontonnya! Sinopsis drakor Reborn Rich Soompi.com Sinopsis Drakor Reborn Rich, ... Read more »

Daftar Weton Dipercaya Makin Tua Makin Kaya Menurut Primbon Jawa

TRIBUNJATENG.COM – Berikut daftar weton dipercaya makin tua makin kaya enurut primbon Jawa. Weton masih menjadi kepercayaan yang dipegang oleh masyarakat Jawa. Weton bisa meramal seseorang dari segi jodoh, rezeki ... Read more »

Sosok Dhio, Anak yang Tega Racuni Ayah, Ibu, dan Kakak Kandung di Magelang, Suka Hamburkan Uang

TRIBUSUMSEL.COM – Seorang pemuda di Magelang berinisial DDS atau Dhio (22), tega membunuh keluarganya sendiri. Dhio tega membunuh ayah, ibu, dan kakak kandungnya dengan cara mencampuri minuman teh hangat dan ... Read more »

7 Fakta Pembunuhan Keluarga di Magelang, Pelaku Ternyata Gemar Hambur-Hamburkan Uang

Tribun-Bali.com – Sederet fakta terkait pembunuhan yang dilakukan oleh DDS yang membunuh keluarganya di Magelang. Sebelumnya ramai diberitakan jika satu kelurga di Desa Prajenan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Senin (28/11/2022) meregang ... Read more »

Dongeng Sebelum Tidur Kisah Pohon Apel Cerita Kaya Pesan Moral

Dongeng Sebelum Tidur Kisah Pohon Apel Cerita Kaya Pesan Moral TRIBUNJATENG.COM – Inilah dongeng yang cocok dibacakan untuk anak sebelum tidur tentang kisah sebuah pohon apel. Pada suatu hari hiduplah ... Read more »

Kalender Bali Selasa 29 November 2022: Bersifat Panas, Hindari Membangun Rumah, Mudah Terbakar

Kalender Bali Selasa 29 November 2022: Bersifat Panas, Hindari Membangun Rumah, Mudah Terbakar bali.jpnn.com, DENPASAR – Selasa hari ini (29/11) berdasarkan kalender Bali masuk Anggara Wage Gumbreg. Sama seperti kalender ... Read more »

In Picture: Pelestari Anggrek Asli Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Pelestari Anggrek Merapi, Musimin merawat tanaman anggrek asli Merapi di Turgo, Pakem, Yogyakarta, Selasa (29/11/2022). Sejak 1996 Musimin telah melestarikan dan membudidayakan sedikitnya 110 spesies anggrek asli ... Read more »

Empat Hari Bazar Pujaya, Pelaku UMKM Belitung Raup Transaksi Hingga Rp161 Juta

POSBELITUNG.CO, BELITUNG – Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung telah mengadakan Bazar Pusat Jajanan Sriwijaya (Pujaya) di Eks SMEP Tanjungpandan, 24-27 November 2022. Dalam kurun empat ... Read more »

Foto: Jokowi Hadiri Temu Akbar Pasukan Merah TBBR Suku Dayak di Pontianak

Presiden Jokowi menghadiri acara temu akbar Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11). Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden Dalam kesempatan tersebut ... Read more »

Terkuak Harta Kekayaan Erna Normawati, Jaksa yang Terkenal Tegas Tangani Kasus Kematian Brigadir J

BANGKAPOS.COM – Jaksa Erna Normawati menuai sorotan usai sikap tegasnya dalam menangani sidang kasus�pembunuhan�Brigadir�J�atau�Nofriansyah Yosua Hutabarat. Pasalnya Erna Normawati dikenal memiliki suara yang begitu lantang hingga semakin menambah ketegangan ruang ... Read more »

Menuju Bondowoso Republik Banana, Lahan Disediakan Pengelolaan Jangan Asal

Menuju Bondowoso Republik Banana, Lahan Disediakan Pengelolaan Jangan Asal BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Bunyi terdengar jelas ketika Bupati Bondowoso Salwa Arifin memotong pohon pisang. Ribuan pohon tersebut merupakan demplot penanaman pisang ... Read more »

Nasdem: Deklarasi Koalisi dengan Demokrat dan Nasdem Tunggu Hilal

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan bahwa partainya menghormati mekanisme yang terjadi di Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia ... Read more »

Pedagang Pernak Pernik Natal di Halmahera Utara Sepi Pembeli

TRIBUNTERNATE.COM,TOBELO-  Jelang natal, pedagang pernak pernik di Halmahera Utara, sepi pedagang. Pantauan Tribunternate.com, di salah satu toko yang menjual aksesoris Natal cenderung sepi. Menurut Sin salah satu karyawan di Toko ... Read more »

2 Kru Heli Jatuh di Babel Belum Ditemukan, Polri Pakai 3 Metode Pencarian

Personel Sat Polair Polres Belitung Timur bersiap melakukan pencarian dan evakuasi helikopter milik Polri NBO-105 yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (28/11/2022). Foto: Apriliansyah/ANTARA FOTO ... Read more »

Diproyeksikan Selesai Akhir Tahun, Ruas Tol Tebingtinggi-Indrapura Bakal Bisa Dilalui saat Nataru

TRIBUN-MEDAN.com, TEBINGTINGGI – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah memproyeksikan 8 ruas tol baru, sudah mulai bisa digunakan pada akhir tahun 2022. Salah satu ruas tol tersebut adalah ... Read more »

Sopir Truk asal Pasuruan Nakal, Beli Solar 877 Liter Dijual Kembali, Ya Ampun

Sopir Truk asal Pasuruan Nakal, Beli Solar 877 Liter Dijual Kembali, Ya Ampun jatim.jpnn.com, SIDOARJO – Pelaku penyalahgunaan BBM bersubsidi yang memodifikasi kendaraan pengangkutan ditangkap petugas Sat Reskrim Polresta Sidoarjo. ... Read more »

Petugas KSKP Bakauheni Lampung Selatan Mengamankan Ratusan Ekor Burung Dilindungi

Petugas KSKP Bakauheni Lampung Selatan Mengamankan Ratusan Ekor Burung Dilindungi lampung.jpnn.com, LAMPUNG SELATAN – Kepolisian sektor kawasan pelabuhan (KSKP) Bakauheni menangkap pelaku penyelundupan kurang lebih 288 ekor burung yang dilindungi. ... Read more »

Office Boy Jatuh Cinta dengan KW Thailand, Nekat Mencuri di SD untuk Penuhi Permintaan Pacar

SURYAMALANG.COM lLAMONGAN -� Laki-laki 34 tahun ini tidak tahu diuntung. Namanya Solechan warga jalan Suwoko Desa Sidorejo, Kecamatan Deket Lamongan nekad melalukan aksi pencurian di tempat kerjanya. Pelaku Solechan adalah ... Read more »

BKAD Kota Malang Susun Strategi Kejar Target Pendapatan 2023

SURYAMALANG.COM|MALANG – Dampak kenaikan target Pendatapan Asli Daerah (PAD) Kota Malang mengakibatkan sejumlah target pendapatan di masing-masing dinas juga naik. Tidak terkecuali di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota ... Read more »

Jokowi Ajukan KSAL Yudo Margono karena Rotasi Matra

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima Tentara Nasional Indonesia untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa. ... Read more »

Basis Slank Ivanka Temui Ganjar Pranowo, Undang Konser Smile Indonesia

SURYA.CO.ID, SURAKARTA – Punggawa band Slank, Ivanka menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Hotel Alila, Senin (28/11/2022). Ivanka berniat mengundang Ganjar dalam Konser Slank yang bertajuk Smile Indonesia pada ... Read more »

Berita Populer: Sosok Bos WhatsApp Indonesia, Kondisi Tukul Arwana, Gempa Kembali Guncang Cianjur

TRIBUNMANADO.CO.ID – Berikut ini berita-berita populer di portal Tribunmanado.co.id untuk hari ini Selasa 29 November 2022. Berita populer seperti Sosok Calvin Kizana, Kini Jadi Bos WhatsApp di Indonesia, Sejak SMA ... Read more »

Lukas Enembe Izin Berobat ke Singapura, Pattyona Ungkap Fakta Haru: Kesehatannya Kini Makin Memburuk

POS-KUPANG.COM � Lukas Enembe, Gubernur Papua yang jadi tersangka dugaan kasus suap dan gratifikasi Rp 1 miliar kembali meminta izin ke KPK ( Komisi Pembarantasan Korupsi ), untuk berobat ke ... Read more »

Kisruh Impor Beras: Sektor Pangan Nasional Alami Kemunduran

Pemerintah menugaskan Perum Bulog untuk mengimpor beras. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dilema impor beras di tengah klaim surplus produksi beras nasional dinilai menjadi kemunduran kebijakan pangan Indonesia. Pasalnya, pemerintah dinilai tidak memiliki ... Read more »

HARGA SPESIAL, Promo Tupperware 30 November - 31 Desember 2022, Banyak Potongan Produk Lunch Set

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – HARGA SPESIAL, Promo Tupperware 30 November – 31 Desember 2022, Banyak Potongan Produk Lunch Set Tribunners, Tupperware selalu hadir dengan desain menarik dan tampilan warna yang cantik. ... Read more »

Chord Kunci Gitar Kau Rumahku Raissa Anggiani, Gemar Sekali Kau Lukis Kan Bintang Untukku

TRIBUNJATENG.COM – Chord kunci gitar dan lirik Kau Rumahku Raissa Anggiani, gemas sekali kau lukis kan bintang untukku. Berikut chord kunci gitar dan lirik Kau Rumahku Raissa Anggiani. Capo fret ... Read more »

Masitoh, Penyanyi Asal Lampung Raih Juara 2 di Ajang Koplo Superstar

Masitoh juara 2 di ajang Koplo Superstar. | Foto: Instagram @Masitoh_koplosuperstar Lampung Geh, Jakarta – Masitoh penyanyi asal Lampung baru saja dinobatkan menjadi juara 2 pada ajang Koplo Superstar yang ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network