Corona Dunia: China Suntikkan Vaksin ke 1 Miliar Warga; WHO Pantau Corona RI

© Disediakan oleh Kumparan Seorang siswa sekolah menengah menerima vaksin Sinovac di Nanjing di provinsi Jiangsu timur China. Foto: STR/AFP

kumparan merangkum sejumlah kabar penangan virus corona di dunia sepanjang Kamis (16/9).

Mulai dari China berhasil menyuntikkan vaksin COVID-19 ke lebih dari 1 miliar penduduknya hinggga WHO memantau dan melaporkan incidence rate corona di Indonesia terus menurun.

© Disediakan oleh Kumparan

Seperti apa beritanya, berikut rangkumannya:

China Berhasil Suntikkan Vaksin COVID-19 ke 1 Miliar Lebih Warga

China berhasil menyuntikkan vaksin COVID-19 ke lebih dari 1 miliar penduduknya. Jika dipersentase, maka 71 persen populasi China sudah divaksin.

“Per 15 September, sebanyak 2,16 miliar dosis vaksin sudah disuntikkan di seluruh negara,” kata jubir Komisi Kesehatan Nasional China, seperti dikutip dari AFP.

Pada Agustus 2021, jumlah warga China yang sudah menerima vaksin dosis penuh sebanyak 890 juta.

© Disediakan oleh Kumparan Orang-orang menunggu untuk menerima vaksin corona di pusat vaksinasi sementara, Beijing, China, Minggu (3/1). Foto: STR / AFP

China tak pernah secara terbuka menyampaikan target vaksinasi COVID-19. Namun, ahli virologi China Zhong Nanshan mengatakan, kemungkinan besar pada akhir 2021 sebanyak 80 persen populasi China telah divaksin.

Meski virus corona lahir di China, Negeri Tirai Bambu berhasil mencegah meluasnya COVID-19.

Sampai saat ini hanya 95.413 warga China yang terinfeksi corona. Sebanyak 4.636 di antaranya meninggal dunia.

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Vaksin Corona pada Anak. Foto: Shutterstock

Badan Kesehatan Amerika: Anak Kehilangan Banyak Kesempatan Akibat Tak Divaksin

Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) menyebutkan pandemi COVID-19 telah menyebabkan banyak penderitaan bagi anak-anak. Apalagi saat ini anak masih jadi populasi yang belum disetujui untuk menerima vaksin.

Persentase kasus perawatan di rumah sakit maupun kematian akibat infeksi corona pada anak di wilayah Amerika kini semakin membesar. Sepanjang tahun ini saja, lebih dari 1,9 juta kasus infeksi corona terjadi pada anak-anak dan remaja di negara-negara di Amerika.

Salah satu dampak yang paling signifikan adalah hilangnya kesempatan mereka untuk dapat memperoleh pendidikan.

“Anak-anak kita telah melewatkan lebih banyak hari sekolah daripada anak-anak di wilayah lain. Setiap hari anak-anak tak bersekolah tatap muka, semakin tinggi kemungkinan mereka putus sekolah dan tidak pernah kembali ke sekolah,” kata direktur PAHO, Carissa Etienne, Rabu (15/9).

Seperti yang dikutip dari Reuters, penderitaan yang dialami anak dan remaja akibat COVID-19 tak hanya berhenti sampai di situ. Pandemi yang mengharuskan seluruh penduduk menjalani karantina di rumah juga meningkatkan risiko kekerasan dalam rumah tangga yang semakin banyak dilaporkan terjadi pada anak.

Sehingga, Etienne menyebutkan rumah menjadi tempat yang tidak aman bagi mereka.

Belum lagi dengan dampak yang terjadi akibat layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang terganggu di lebih dari setengah negara di Amerika. Hal ini menyebabkan tingginya kasus kehamilan pada remaja dalam satu dekade terakhir.

“Anak-anak dan remaja di seluruh wilayah kami berisiko menjadi generasi yang kehilangan kesempatan kesehatan, pendidikan, dan sosial,” kata Etienne.

Hal ini disebabkan oleh vaksinasi yang saat ini baru diperbolehkan bagi orang dewasa dan juga remaja. Akan tetapi, anak di bawah usia 12 tahun masih belum diizinkan mendapatkan perlindungan dari vaksin ini.

© Disediakan oleh Kumparan Food and Drug Administration/FDA. Foto: Jason Reed/Reuters

FDA: Booster Berikan Perlindungan Tambahan, tapi Belum Terbukti Dibutuhkan

Peneliti dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyampaikan pemberian booster vaksin COVID-19 terbukti meningkatkan respons imun dalam tubuh penerimanya.

Pernyataan ini disampaikan dalam sebuah dokumen bahwa dosis ketiga vaksin Corminarty atau yang lebih sering disebut Pfizer-BioNTech memang terbukti memberikan perlindungan lebih. Kendati demikian, FDA menyatakan bahwa penurunan efikasi atau kemanjuran dari vaksin tersebut lalu dibutuhkan booster masih belum terbukti.

“Sejumlah studi hasil observasi menyarankan penurunan efikasi dari vaksin Comirnaty dari waktu ke waktu terhadap infeksi bergejala atau terhadap varian Delta, sementara yang lain tidak,” tulis dokumen FDA pada Rabu (15/9), dikutip dari Reuters.

Saat ini pemerintah AS tengah mengkaji aturan terkait pemberian booster khususnya pada masyarakat umum. Sehingga dokumen ini merupakan bagian dari salah satu pertimbangan yang nantinya akan diserahkan untuk penentuan pada Jumat mendatang.

Secara tegas FDA menyampaikan bahwa vaksin yang telah tersedia dan diberikan saat ini masih terbukti dapat melawan risiko terburuk dari infeksi corona.

“Namun, secara keseluruhan, data menunjukkan bahwa saat ini vaksin COVID-19 yang dilisensikan atau disahkan AS masih memberikan perlindungan terhadap penyakit COVID-19 yang parah dan kematian di Amerika Serikat,” jelas FDA.

Walau FDA tak menyarankan pemberian booster, Pfizer selaku produsen justru mengatakan sebaliknya. Pfizer menyebutkan bahwa regulator AS harus menyetujuinya untuk diberikan enam bulan setelah dosis kedua karena ditemukan adanya penurunan efektivitas seiring dengan berjalannya waktu.

Berdasarkan data uji klinis yang dilakukan Pfizer, terdapat penurunan efikasi sebesar 6 persen setiap dua bulan setelah dosis kedua. Hal ini juga terbukti terjadi di AS maupun Israel yang kasus konfirmasinya kembali meningkat walau telah lebih dari 50% penduduknya memperoleh mayoritas vaksin Pfizer.

Dari 300 peserta uji klinis, dosis ketiga menghasilkan respons kekebalan yang lebih baik daripada dosis kedua. Hal ini juga terbukti di Israel yang telah memberikan booster dan disebut berhasil meningkatkan perlindungan dari virus corona.

© Disediakan oleh Kumparan who logo Foto: frizal

WHO Pantau Situasi Corona di Kalimantan Utara, Incidence Rate Tertinggi Nasional

WHO memantau dan melaporkan incidence rate corona di Indonesia terus menurun. Hal ini tertuang dalam laporan mingguan WHO tertanggal 15 September.

“Insiden mingguan per 100.000 penduduk secara nasional 21,1, di Wilayah Jawa-Bali 17,1 dan non-Jawa-Bali 26,6a per 12 September. Insiden di Jawa-Bali telah menurun ke level rendah,” ” tulis WHO dikutip kumparan, Kamis (16/9).

Incidence rate merupakan salah satu indikator yang dijadikan Satgas COVID-19 dalam melihat perkembangan situasi corona. Incidence rate adalah jumlah kasus per jumlah penduduk.

Namun WHO menyoroti ada 1 provinsi yang incidence rate coronanya sangat tinggi. Ia adalah Kalimantan Utara.

“Selama sepekan, dari 6-12 September, Kalimantan Utara tetap berada pada tingkat penularan komunitas tertinggi dengan tingkat kejadian per 100.000 penduduk sebesar 152,7,” kata WHO.

Berdasarkan pedoman sementara WHO, ini berarti ada risiko COVID-19 yang sangat tinggi. Angka penularan masih sangat tinggi dan luas, kasus tersebar di banyak titik, terdeteksi dalam 14 hari terakhir.

Menurut data terakhir total kasus konfirmasi di provinsi ini sebanyak 33.930 orang, yang sembuh 30.535 orang, dan meninggal 749 orang.

Di bawah Kalimantan Utara ada 5 provinsi lainnya dengan incidence rate corona tertinggi:

Kepulauan Bangka Belitung (114.6)

Kalimantan Timur (73,8)

DI Yogyakarta (66,5)

Bali (56,2)

Sulawesi Tengah (55,7)

Internet Explorer Channel Network
News Related

OTHER NEWS

Sinopsis The Expendables 2, Aksi Sylvester Stallone dan Kelompoknya Laksanakan Misi dari CIA

© imdb.com Dolph Lundgren, Sylvester Stallone, Terry Crews, Nan Yu, and Randy Couture dalam film The Expendables 2 (2012) (imdb.com) TRIBUNNEWS.COM – Berikut sinopsis film The Expendables 2, yang akan ... Read more »

Ini Alasan Ammar Zoni dan Irish Bella Buka Tempat Makan Sate Maranggi

© JPNN.COM Ini Alasan Ammar Zoni dan Irish Bella Buka Tempat Makan Sate Maranggi jpnn.com, DEPOK – Pasangan artis Ammar Zoni dan istrinya, Irish Bella menambah daftar panjang selebritas yang ... Read more »

Rachel Vennya Muncul ke Publik, Akui Kabur dari Karantina karena Rindu Anak, Kini Siap Terima Sanksi

TRIBUNNEWS.COM – Selebgram Rachel Vennya akhirnya buka suara terkait polemik dirinya kabur dari karantina setelah bepergian dari Amerika. Setelah menjadi sorotan akhir-akhir ini, Rachel Vennya akhirnya menjelaskan alasannya kabur dari ... Read more »

Rachel Vennya Bantah Minta Sekamar dengan Pacar Saat Hendak Karantina di Wisma Atlet

© Disediakan oleh tribunnews.com Rachel Vennya memberikan klarifikasinya melalui tayangan YouTube channel Boy William Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Masih terkait dengan kasus pelanggaran karantina, Rachel Vennya ... Read more »

Tips Sunmori dengan Tunggangan Motor Matik

© dok. YRA Jateng Atur jumlah peserta sunmori, hindari terlalu banyak yang dapat mengakibatkan kerumunan yang melanggar protokol kesehatan. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sunday Morning Ride atau Sunmori menjadi aktivitas riding ... Read more »

Rekomendasi 7 Tempat Makan di Puncak Bogor, Wajib Dicoba saat Liburan ke Nirvana Valley Resort

© Tribun Jogja/Hamim Thohari Gurame Bakar. TRIBUNTRAVEL.COM – Rekomendasi tempat makan di Puncak Bogor yang wajib dicoba. Kamu yang tengah liburan ke Nirvana Valley Resort, jangan lewatkan kesempatan untuk berburu ... Read more »

10 Rekomendasi Lagu KPop yang Cocok Didengarkan saat Hujan Turun

© Disediakan oleh IDN Times Hujan bisa mewakili bermacam rasa dan emosi yang terkadang suka bikin baper, lho. Entah kisah cinta, sendu ataupun galau. Mulai dari tawa, romantis, bahkan yang ... Read more »

Gara-gara Hal Ini, Orang Korea Selatan Hanya Boleh Beli Tas Chanel Sekali dalam Setahun

Chanel berlakukan peraturan baru untuk para penggemarnya di Korea Selatan, yakni hanya boleh membeli satu tas saja dalam setahun. Khususnya untuk model Chanel Classic Flap dan Coco Handle. Bahkan agar ... Read more »

Ungkap Alasan Kabur dari Karantina, Rachel Vennya: Aku Siap Terima Sanksi

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Selebgram, Rachel Vennya akhirnya mengakui telah kabur dari kewajibannya menjalankan karantina setelah melakukan perjalanan dari Amerika Serikat. Hal ini diungkapkannya setelah ... Read more »

Face Mist Saffron yang Affordable? Ini Beberapa Rekomendasi dari Brand Lokal!

Tren saffron untuk kecantikan dan kesehatan masih sangat tinggi, pasalnya punya beragam manfaat yang sangat bagus! Saffron punya berbagai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan dan kulit, seperti menangkal radikal ... Read more »

Dituduh Cepu Penangkapan Jennifer Jill, Celine: Mami Tahu yang Sebenarnya

© Disediakan oleh InsertLive Kasus penangkapan Jennifer Jill Supit istri Ajun Perwira ternyata sempat menyeret nama Celine Evangelista. Nama istri Stefan William itu ternyata sempat disebut sebagai cepu atau orang ... Read more »

10 Adu Pesona Nadya Mustika Vs Syifa Aisyah, Saudara Ipar Nih

© Disediakan oleh IDN Times Ridho D’Academy dan Syifa Aisyah Fauziah resmi menikah pada Minggu, (17/10/2021). Pernikahan mereka dilangsungkan di Garut dengan mengusung adat Sunda. Pernikahan ini membuat Syifa menjadi ... Read more »

Chord Gitar dan Lirik Lagu Miss Independent - Ne-Yo, Viral di Tiktok: She Got Her Own Thing

© Freepik Ilustrasi chord gitar – Berikut ini chord gitar dan lirik lagu viral di TikTok Miss Independent yang dipopulerkan oleh Ne-Yo, lengkap dengan video klipnya. TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini ... Read more »

Sudah Pernah Debut, Anggota VIVIZ Tetap Anggap ITZY 'Senior'

© Big Planet Made VIVIZ. Meski sudah pernah debut bersama GFRIEND, SinB, Umji dan Eunha tetap menganggap ITZY sebagai sunbae mereka. TRIBUNNEWS.COM – Mantan personel GFRIEND, SinB, Umji dan Eunha ... Read more »

5 Manfaat Tidur Telentang, Termasuk untuk Cegah Penuaan Dini

LIFESTYLE 5 Manfaat Tidur Telentang, Termasuk untuk Cegah Penuaan Dini Tidur telentang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kondisi kecantikan kulit termasuk mencegah penuaan dini October 18th, 4:01 ... Read more »

Posisi Cuddling dan Maknanya Soal Hubungan dengan Pasangan

LIFESTYLE Posisi Cuddling dan Maknanya Soal Hubungan dengan Pasangan Posisi cuddling yang kerap dilakukan bisa mendeskripsikan lebih jauh soal hubungan kita dan pasangan. Seperti apa maknanya? October 18th, 4:00 PM ... Read more »

Bali Jadi Tuan Rumah 3 Kejuaraan Badminton Internasional

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi bulu tangkis. Foto: Getty Images Denpasar – Pada bulan November hingga Desember 2021, Bali akan menjadi venue penyelenggaraan ajang olahraga internasional bertajuk Indonesia Festival Badminton. ... Read more »

AP I Umumkan Syarat untuk Turis Asing yang Ingin Wisata ke Bali dan Kepri

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi terminal internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. KOMPAS.com – PT Angkasa Pura I atau AP I (Persero) mengumumkan syarat untuk wisatawan mancanegara (wisman) ... Read more »

Tips dan Panduan Wisata ke Setu Babakan, Jangan Lupa Check-in

© Disediakan oleh Kompas.com Museum Setu Babakan di Jakarta, Minggu (17/10/2021). KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah membuka kembali beberapa tempat wisata di Ibu Kota sejak awal September ... Read more »

Hal-hal yang Bikin Persahabatan Semakin Erat

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Memiliki teman sejawat yang bisa berbagi banyak hal terkait suka dan duka kehidupan merupakan hal yang sangat istimewa. Persahabatan adalah soal ... Read more »

Inilah Sirkuit Drag Blackstone Otomotif Superblock Surabaya Kelas Internasional

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia sebentar lagi akan memiliki sirkuit drag bertaraf internasional di Surabaya, Jawa Timur, yakni Sirkuit Blackstone Otomotif Superblock Surabaya. Sirkuit Blackstone ... Read more »

John Terry Panutan Pelatih Bayern Muenchen

© AP/Matthias Schrader Pelatih Bayern Muenchen Julian Nagelsmann. REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN — Pelatih Bayern Muenchen, Julian Nagelsmann, mengungkapkan bahwa legenda Chelsea, John Terry, adalah panutannya saat tumbuh dewasa. Itu ia ungkapkan ... Read more »

Pimpin Tim Kerja Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA, Ketua KOI Sigap Petakan Solusi

© Disediakan oleh Kompas.com Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, ditunjuk sebagai Ketua Tim Kerja Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA oleh Menpora Zainudin Amali. KOMPAS.com – Ketua Komite ... Read more »

Bruno Fernandes Janji Man United akan Bangkit

© AP/Dave Thompson Reaksi pemain Manchester United Bruno Fernandes pada akhir pertandingan sepak bola Piala Liga Primer Inggris. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bintang asal Portugal, Bruno Fernandes, telah berjanji kepada pendukung ... Read more »

Sadar Membahayakan Banyak Orang, Rachel Vennya Tetap Kabur Karantina

© Disediakan oleh InsertLive Rachel Vennya membeberkan alasannya menghindar tidak menjalani karantina di Wisma Atlet. Rachel menjelaskan panjang lebar lewat video di kanal YouTube Boy William. Ia mengaku tidak karantina lantaran ... Read more »

Rachel Vennya Ngaku Kabur Karantina, Polisi Akhirnya Buka Suara

© Disediakan oleh InsertLive Pihak kepolisian buka suara soal kasus Rachel Vennya yang kabur dari Wisma Atlet untuk melakukan karantina usai bepergian dari Amerika Serikat. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya ... Read more »

Luka Modric Tunggu Kontrak Baru Real Madrid

© AP Photo/Bernat Armangue Luka Modric dari Real Madrid. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Luka Modric sangat ingin mendengar pernyataan dari Real Madrid tentang kontrak baru. Kontrak gelandang veteran itu saat ini ... Read more »

Prediksi Arsenal vs Crystal Palace di Liga Inggris Senin 18 Oktober

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Pertandingan Arsenal vs Crystal Palace pada pekan kedelapan Liga Inggris akan mempertemukan kedua mantan gelandang The Gunners, Mikel Arteta dan Patrick ... Read more »

Sebelum Beli Panci Presto, Perhatikan Dulu Hal Penting ini

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Panci presto adalah alat yang biasa digunakan untuk mematangkan makanan yang dimasak dalam jangka waktu lebih cepat. Selain melihat dari bahannya, ... Read more »

Paket Hot Wheels Mercedes-Benz Gullwing dan Arloji IWC, Cuma 50 Set

LIFESTYLE Paket Hot Wheels Mercedes-Benz Gullwing dan Arloji IWC, Cuma 50 Set Dalam satu set edisi terbatas ini, kita akan mendapatkan satu jam tangan IWC berlogo Hot Wheels dan miniatur ... Read more »

Aktor Drakor K yang Sedang Naik Daun Dituding Menghamili Kekasihnya dan Menyuruh Aborsi

© via KBIZoom/Allkpop Ilustrasi aktor. Aktor Korea Selatan berinisial K dituding telah menghamili kekasihnya dan menyuruh aborsi. Tudingan ini ditulis oleh mantan kekasih K. TRIBUNNEWS.COM – Pada 17 Oktober 2021, ... Read more »

Ini Reaksi Anders Antonsen Saat Dijadikan Meme oleh Netizen Indonesia

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Pemain bulu tangkis asal Denmark, Anders Antonsen, tertawa menanggapi banyaknya meme yang bermunculan di internet. Meme yang dibuat netizen Indonesia ini ... Read more »

10 Kabar Terbaru Devin Ratray, Pemeran Buzz McCallister 'Home Alone'

© Disediakan oleh IDN Times Beberapa hari lalu, rumah produksi 20th Century Studios merilis trailer perdana seri keenam waralaba film Home Alone. Tak mendapat sambutan hangat, film komedi yang diberi ... Read more »

Polda Metro Jaya Usut Pelanggaran Aturan Karantina, Sanksi Pidana Menanti Rachel Vennya

© Tangkap layar Youtube Boy William, BW Rachel Vennya akhirnya muncul ke publik, akui kabur dari karantina karena rindu anak-anaknya, kini siap terima sanksi. Laporan Wartawan Wartakotauve.com, Arie Puji Waluyo ... Read more »

Pisah dengan Agensi Debut, 10 Idol ini Masuk Agensi 'Spesialis' Aktor

© Disediakan oleh IDN Times Perjalanan karir seorang idol memang tidak bisa diprediksi, entah akan tetap menjadi idol setelah tahun berjalan atau mencoba hal baru. Para idol mungkin akan terbuka ... Read more »

Soal Video Stefan William Bareng Wanita Lain, Celine: Mungkin Salah Aku, Nggak Bisa Buat Dia Bahagia

© Disediakan oleh tribunnews.com Celine Evangelista dan Stefan William saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2017). TRIBUNNEWS.COM – Aktris Celine Evangelista menanggapi soal video viral sang suami, Stefan ... Read more »

Viral! Dokter Tirta Mirip dengan Torontotokyo Pemain Pro Player Dota 2

© Disediakan oleh IntipSeleb.com IntipSeleb –  Beberapa waktu lalu, dokter Tirta Mandira Hudhi tengah dihebohkan dengan sosok gamer terkenal Torontotokyo. Dokter Tirta terseret, karena dianggap mirip dengan pemain pro player Dota.  ... Read more »

Unggulan 3 Genre Film di Festival Film Wartawan Indonesia XI Diumumkan, Siapa Saja Nominatornya?

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Nominasi Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XI diumumkan, Senin (18/10/2021). Dimas Anggara, Ge Pamungkas dan Vino Bastian bersaing memperebutkan predikat Aktor Utama Terbaik di FFWI XI ini. ... Read more »

Hadiahi Rumah 20 Miliar ke Orang Tua, 9 Sumber Kekayaan Rossa

© Disediakan oleh IDN Times Rossa memberi rumah mewah seharga Rp20 miliar untuk orang tuanya. Hal ini membuat pelantun lagu Tegar mencuri perhatian publik. Banyak netizen yang mendoakan Rossa agar ... Read more »

Baskara Mahendra Kesulitan Pakai Kain Jarik dan Bicara Logat Jawa Selama Syuting Losmen Bu Broto

© Disediakan oleh tribunnews.com Baskara Mahendra dalam pemutaran perdana serial Gossip Girl Indonesia, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (5/2/2020). Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Baskara ... Read more »