Ciri & Penyebab Bayi Kuning, Apakah Menjemur Bayi Bisa Jadi Perawatan Alami?

ciri & penyebab bayi kuning, apakah menjemur bayi bisa jadi perawatan alami?

Ciri & Penyebab Bayi Kuning, Apakah Menjemur Bayi Bisa Jadi Perawatan Alami?

Bayi terlahir sehat tanpa kurang apapun adalah harapan semua orang tua. Namun kadangkala ketika dilahirkan, kulit bayi dan sklera matanya nampak terlihat kekuningan. Apabila Ayah dan Bunda mendapati kondisi bayi seperti itu, janganlah panik. Kasus bayi kuning atau penyakit kuning adalah hal yang biasa terjadi.

Apakah penyakit ini berbahaya atau tidak, serta membutuhkan perawatan di rumah sakit? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyakit kuning pada bayi baru lahir dan bagaimana penanganannya.

Apa itu bayi kuning?

Bayu kuning atau penyakit kuning merupakan kondisi yang terjadi ketika bayi baru pada bagian putih mata (sklera) dan kulitnya menguning. Penyakit kuning pada bayi baru lahir merupakan hal yang umum terjadi karena disebabkan bayi memiliki kadar bilirubin yang tinggi. Bilirubin merupakan pigmen kuning yang dihasilkan selama proses pemecahan sel darah merah secara normal.

Pada anak-anak dan orang dewasa, hati akan memproses bilirubin yang kemudian melewati saluran usus. Sementara hati bayi yang baru lahir masih berkembang sehingga belum cukup matang untuk mengeluarkan bilirubin. Inilah yang membuat bayi baru lahir cenderung memiliki kadar bilirubin tinggi.

Maka dari itu, ketika bayi baru dilahirkan, ia akan diperiksa untuk mendeteksi adanya penyakit kuning atau tidak. Tes akan diulangi sekali lagi ketika bayi berusia 3-5 hari untuk memastikannya kembali. Jika kadar bilirubin rendah dan tidak tampak gejala, maka sang ibu dan bayinya dapat pulang ke rumah. Meski sudah di rumah, namun kondisi bayi masih harus terus dipantau setidaknya selama 2-3 minggu untuk benar-benar memastikan tidak timbul penyakit kuning.

Gejala atau ciri-ciri penyakit kuning pada bayi baru lahir

Penyakit kuning pada bayi baru lahir dapat diamati gejala atau ciri-ciri yang tampak, misalnya:

  1. Mata dan kulit menguning. Biasanya perubahan ini dimulai dalam 2-4 hari setelah bayi dilahirkan dan akan mulai menyebar dari wajah hingga ke seluruh tubuh.
  2. Jika kulit bayi ditekan dengan pelan menggunakan jari, maka area tersebut akan menguning. Hal tersebut dapat menjadi kemungkinan terjadinya penyakit kuning.
  3. Pemeriksaan media menunjukkan tingkat bilirubin dalam tubuh bayi memuncak antara 3-7 hari setelah ia dilahirkan. 

Penyebab bayi menjadi kuning

Ada beberapa penyebab mengapa bayi baru lahir memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit kuning, di antaranya adalah:

  • Bayi prematur (lahir sebelum usia kandungan memasuki 37 minggu).
  • Bayi yang tidak mendapatkan cukup ASI atau susu formula dikarenakan sulit menyusu atau ASI ibu yang sukar keluar.
  • Bayi ternyata memiliki golongan darah yang berbeda dengan ibunya. Perbedaan golongan darah ini dapat menyebabkan penumpukan antibodi di dalam tubuh bayi yang mampu menghancurkan sel darah merah dan menyebabkan peningkatan kadar bilirubin secara mendadak. 

Selain itu, penyakit kuning dapat juga disebabkan oleh faktor lain, meliputi:

  • Terjadi memar saat persalinan atau pendarahan internal
  • Masalah pada organ hati
  • Infeksi 
  • Kelainan pada sel darah merah bayi
  • Kekurangan enzim 
  • Tingkat oksigen yang rendah

Cara menangani bayi kuning secara tepat

Penanganan pada bayi yang mengalami penyakit kulit menyesuaikan dengan parah atau tidaknya kondisi mereka. Apabila penyakit kuning dikategorikan ringan atau rendah, maka penanganan dan penyembuhan dapat dilakukan di rumah. Sementara jika dideteksi penyakit kuning yang parah, bayi harus segera mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

Penanganan bayi kuning di rumah sakit

Umumnya saat bayi dilahirkan di rumah sakit, sangat penting bagi Ayah dan Bunda untuk segera memeriksakan bayi mereka setelah lahir untuk mengecek kadar bilirubin dalam tubuh bayi melalui tes darah dan tes kulit. Biasanya kadar bilirubin akan meningkat antara 3-7 hari pasca kelahiran.

Selain itu akan dilakukan tes tambahan untuk mengecek seberapa tingkat keparahan penyakit kuning tersebut. Apabila tes menunjukkan kondisi yang parah maka bayi memerlukan perawatan tambahan.

Dokter akan melakukan metode fototerapi untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi. Metode ini bekerja dengan cara bayi akan ditempatkan di tempat tidur khusus di bawah sinar spektrum biru khusus, dengan hanya mengenakan popok dan kacamata pelindung. Sinar ini berfungsi untuk memecah bilirubin dalam tubuh bayi. Metode ini sangat efektif digunakan untuk mengobati sakit kuning pada bayi.

Namun, apabila ditemui kasus dengan kondisi yang sangat parah, maka dokter akan melakukan transfusi darah. Hal ini untuk menggantikan sel darah bayi yang sudah rusak dengan sel darah merah yang sehat, sehingga mampu mengurangi kadar bilirubin.

Cara merawat bayi kuning di rumah 

Apabila bayi baru lahir mengalami penyakit kuning ringan, maka akan sembuh dengan sendirinya ketika organ hati bayi mulai dapat bekerja secara penuh. Sangat disarankan untuk para ibu yang bayinya mengalami penyakit kuning untuk terus menyusui sebanyak 8-12 kali dalam sehari untuk membantu sang bayi mengeluarkan bilirubin dari tubuhnya.

Cara menjemur bayi untuk mengatasi sakit kuning

Cara lain yang dapat dilakukan ialah dengan rutin menjemur bayi baru lahir setiap pagi di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari akan membantu memecah bilirubin dalam darah bayi, sehingga kadarnya akan menurun dan kembali normal.

Selain itu, cahaya matahari ternyata mengandung spektrum biru yang bermanfaat untuk mengurangi kadar bilirubin yang tinggi di dalam tubuh. Waktu yang tepat untuk menjemur bayi ialah sebelum pukul 10 pagi selama 15-30 menit selama 2-3 kali dalam seminggu.

Namun banyak pendapat mengenai efektivitas menjemur bayi untuk atasi bayi kuning. Menurut Dokter Yaulia Yanrismet, Sp.A, menjemur bayi di bawah sinar matahari memang bisa membantu menurunkan bilirubin bayi baru lahir secara tidak langsung. Namun, prosesnya tidak akan terasa secara langsung, Bunda.

Dijelaskan Yaulia, bayi yang dijemur bisa merasa kehausan, sehingga akan lebih banyak menyusu. Nah, saat kebutuhan ASI tercukupi akan mendorong penyembuhan lebih cepat.

“Seperti diketahui, minum banyak cairan adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar bilirubin yang tinggi,” tuturnya.

Namun tetap ingat, tidak dianjurkan untuk menjemur bayi dalam waktu lama. Selain sinar biru, matahari juga terdiri dari sinar ultraviolet (UV) A, UV B, dan inframerah.

“Bilirubin dalam tubuh dapat pecah dengan sinar biru. Sinar biru ini terdapat di matahari, tapi dalam jumlah kecil atau tidak efektif untuk mengatasi kuning,” kata Dokter Spesialis Anak Paruh Waktu di RS Hermina Jatinegara ini.

Bahaya penyakit kuning pada bayi

Pada umumnya, kondisi bayi yang menguning  tidaklah berbahaya, karena hal ini normal terjadi ketika bayi baru dilahirkan.  Pada sebagian kasus, penyakit bilirubin memang akan hilang dalam waktu 2-3 minggu dengan sendirinya. Tapi di sisi lain apabila kadar bilirubin yang terlalu tinggi dapat beresiko menyebabkan bayi mengalami tuli, lumpuh otak, atau kerusakan otak lainnya.

Namun Bunda perlu mewaspadai jika Si Kecil menunjukkan tanda akut atau parah yang beresiko meningkatkan kerusakan otak permanen. Jadi, segeralah hubungi dokter atau membawa anak ke rumah sakit, apabila Bunda melihat gejala-gejala pada bayi yang sakit kuning berikut ini:

  • Penyakit kuning menyebar lebih intens.
  • Bayi mengalami demam 38 derajat celcius.
  • Warna kuning yang semakin jelas terlihat.
  • Saat menyusu, bayi tampak lemas, letih, dan terus menangis kencang.

Cek fakta seputar penyakit kuning pada bayi

Masih banyak hal yang mungkin saja menjadi pertanyaan atau Bunda mengenai penyakit kuning pada bayi. Meski begitu belum tentu semua hal tersebut benar adanya. Bisa saja hanya mitos tak berdasar. Berikut rangkuman beberapa beberapa penjelasan disertai dengan fakta sebenarnya.

Bayi kuning karena ASI, benarkah?

Bayi kuning dikarenakan ASI adalah hal yang salah. Penyebab bayi mengalami penyakit kuning adalah kadar bilirubin dalam darah yang tinggi. Kadar bilirubin ini bukanlah berasal dari ASI, melainkan pigmen berwarna kuning yang dihasilkan dari proses pemecahan sel darah merah.

Sebaliknya, apabila Bunda terus menyusui Si Kecil yang terdeteksi mengalami penyakit kuning, maka kadar bilirubin dalam tubuh mereka akan menurun. Hal ini karena ASI membantu bayi untuk mengeluarkan kadar bilirubin ke luar tubuh.

Berapa lama bayi terkena penyakit kuning? 

Penyakit kuning biasanya terjadi selama 2-3 minggu setelah bayi dilahirkan. Dalam kurun waktu tersebut, Bunda dapat memantau perkembangan kulit dan sklera mata Si Kecil yang menguning dengan terus menyusuinya dan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Apabila warna kuningnya tidak kunjung menghilang disertai dengan gejala akut seperti yang sudah disebutkan di atas, maka segeralah pergi ke rumah sakit agar Si Kecil mendapatkan penanganan lanjutan.

Penyakit kuning membuat bayi kurang aktif, benarkah?

Apabila bayi yang mengalami sakit kuning tampak letih dan lesu ketika menyusui sehingga kurang aktif memang perlu diwaspadai. Karena bisa saja hal tersebut menunjukkan respon bahwa penyakit kuning sudah parah.

Meski begitu, agar lebih pasti dan tepat diagnosisnya, maka Bunda dapat pergi ke rumah sakit untuk mengecek kondisi Si Kecil dan kadar bilirubin di dalam tubuhnya. Sehingga jika didapati kadar bilirubin yang tinggi maka akan mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat dari tim dokter.

News Related

OTHER NEWS

Harga HP Xiaomi 13 Pro 5G, Punya Spesifikasi yang Kalahkan iPhone 14 Pro Max?

TRIBUNMANADO.CO.ID�- iPhone 14 Pro Max kini miliki saingan baru dengan Harga HP yang lebih murah. Kini Xiaomi dikabarkan hadir menggebrak pasar gadget. Xiaomi hadir dengan meluncurkan hp terbaru mereka, yakni ... Read more »

Song Joong Ki Umumkan Sudah Menikah, Istrinya Sedang Hamil

Aktor Korea pemeran Vincenzo baru saja membagikan kabar bahagia. Melalui fancafe miliknya, Song Joong Ki mengungkapkan bahwa ia telah menikah dengan kekasih hatinya, Katy Louise Saunders. Tak hanya itu, Song Joong ... Read more »

JD.ID Umumkan Tutup Semua Layanan Per 31 Maret 2023, Begini Kata Manajemen

JD.ID Umumkan Tutup Semua Layanan Per 31 Maret 2023, Begini Kata Manajemen KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kabar buruk kembali datang dari Perusahaan e-commerce JD.ID, setelah sebelumnya dihebohkan dengan kabar pemutusan hubungan kerja ... Read more »

Sejarah Perjalanan Suzuki Vitara Generasi Pertama di Indonesia

Sejarah Perjalanan Suzuki Vitara Generasi Pertama di Indonesia Sejarah Perjalanan Suzuki Vitara Generasi Pertama di Indonesia. Dok. Otomotif Sejarah Perjalanan Suzuki Vitara Generasi Pertama di Indonesia Berikut ini sejarah perjalanan ... Read more »

Carok Pecah Subuh Itu, Klakah Mencekam, 2 Pria Terluka Parah

Carok Pecah Subuh Itu, Klakah Mencekam, 2 Pria Terluka Parah jatim.jpnn.com, LUMAJANG – Pertikaian dengan senjata tajam (carok) terjadi antara dua lelaki paruh baya di Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten ... Read more »

Buntut Bentrok Dua Kelompok Warga di Mamuju Tengah, 14 Orang Jadi Tersangka

Polisi kembali menetapkan tersangka baru dalam kasus bentrok antara dua kelompok warga di Kabupaten Mamuju Tengah. Foto: Dokumentasi Polda Sulbar Direktorat Kriminal Umum Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) kembali ... Read more »

/rif Obati Kerinduan Penggemar di Acara Get Closer

Band /rif memberikan sajian berbeda ketika tampil di program Get Closer yang dibuat Didi Music Records. Grup musik asal Bandung ini memadukan musik rock mereka dengan srting section. Jakarta: Band ... Read more »

Motif Eks Walkot Blitar Rampok Rumah Walkot Blitar: Sakit Hati dan Dendam

KPK tahan Wali Kota Blitar Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A Polda Jatim mengungkap alasan mantan Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar, menjadi otak perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar, Santoso. ... Read more »

Warga Depok Harap Hati-hati, Pakai Vape di Tempat Umum Bisa Kena Sanksi

Warga Depok Harap Hati-hati, Pakai Vape di Tempat Umum Bisa Kena Sanksi jabar.jpnn.com, DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang penggunaan rokok elektrik (vape) di tempat umum. Wali Kota Depok, ... Read more »

Jejak Berdarah Wowon si Dukun Pembunuh (1)

Kamis pagi, 12 Januari 2023, terdengar erangan dari rumah bernomor 18 di Kampung Ciketing Udik, Bantar Gebang, Bekasi. Rintihan itu membuat tetangga di sampingnya, Anton, datang mengetuk pintu untuk mengecek ... Read more »

Underpass Dewi Sartika Dijadikan Tempat Menongkrong Warga, HTA: Norak dan Kampungan!

Underpass Dewi Sartika Dijadikan Tempat Menongkrong Warga, HTA: Norak dan Kampungan! jabar.jpnn.com, DEPOK – Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo angkat bicara terkait Underpass Dewi Sartika yang dijadikan ... Read more »

Paludan Akan Bakar Al-Quran Setiap Jumat Sampai Turki Dukung Swedia Gabung NATO

Politisi sayap kanan Rasmus Paludan memegang salinan Al-quran saat protes di depan sebuah masjid di Noerrebro, di Kopenhagen, Denmark, Jumat (27/1/2023). Foto: Sergei Gapon/AFP Politikus sayap kanan Swedia Rasmus Paludan ... Read more »

Seribu Wajah Wowon, Dukun Jagal dari Cianjur (2)

Lewat tengah malam, Selasa pukul 01.00 dini hari, pintu rumah Ketua RT 05 RW 02 Kampung Babakan Mande Desa Gunungsari, Ciranjang, Cianjur, diketuk. Saat Ketua RT Ajay Saepudin dan istrinya ... Read more »

Gerhana Matahari Hibrida akan Terjadi di Indonesia, Catat Tanggalnya

Gerhana matahari hibrida menjadi sangat spesial disaksikan karena jarang terjadi di Indonesia. (Foto: ilustrasi gerhana matahari) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan, pada 2023 Indonesia akan mengalami ... Read more »

Baru Punya? Begini Cara Aktifkan Hotspot di iPhone, Ingat!

Cara aktifkan hotspot di iPhone, Jakarta: Apakah kamu baru pertama kali memiliki iPhone? Selamat, kamu akhirnya merasakan sebuah pengalaman baru menggunakan gadget, sebab hape Android dan iPhone memiliki tampilan yang ... Read more »

Di Jepang Ada Hotel yang Bisa Check In Pakai Kartu Elektronik Kereta

Hotel B4T Iwaki di Jepang. Foto: Instagram/@hotel_b4t_iwaki Jepang dikenal sebagai negara yang banyak melakukan inovasi dalam hal teknologi, salah satunya di industri perhotelan. Tengok saja bagaimana sekarang hotel-hotel di Jepang ... Read more »

Tulus Tur Manusia Singgah 11 Kota, Ini Jadwal Lengkap dan Harga Tiket

Tulus Tur Manusia Singgah 11 Kota, Ini Jadwal Lengkap dan Harga Tiket jpnn.com, JAKARTA – Penyanyi Tulus akan menggelar tur konser bertajuk Tur Manusia pada 1 Februari hingga 3 Maret ... Read more »

Aktor Song Joong-ki Umumkan Pernikahan dengan Katy Louise Saunders

Aktor Song Joong-ki mengumumkan rencana pernikahan dengan kekasihnya Katy Louise Saunders. (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Aktor Song Joong-ki mengumumkan rencana pernikahan dengan kekasihnya Katy Louise Saunders. Aktor tersebut berbagi kabar ... Read more »

Intip 5 Kelenteng Besar dan Bersejarah di Indonesia

Bangunan kelenteng menjadi sangat ikonis di suatu daerah karena memiliki corak dan nuansa tersendiri. Jakarta: Pekan lalu, masyarakat Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek. Biasanya, mereka berbondong-bondong ke kelenteng untuk beribadah. ... Read more »

BPKH: Pengelolaan Dana Haji Murni Syariah

Jamaah haji berjalan mengelilingi Kabah, bangunan kubik di Masjidil Haram, selama ibadah haji tahunan, di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (10/7/2022). Ibadah haji tahunan Islam di Arab Saudi akan kembali ke ... Read more »

AC Mobil Tiba-tiba Enggak Mau Hidup, Cek Dulu Komponen Kecik Ini

AC Mobil Tiba-tiba Enggak Mau Hidup, Cek Dulu Komponen Kecik Ini Fitur AC Mobil di Hyundai IONIQ 5 Hyundai AC Mobil Tiba-tiba Enggak Mau Hidup, Cek Dulu Komponen Kecik Ini ... Read more »

Tempat Wisata Bogor: Kunjungi Curug Batu Gede Cisuren yang Masih Alami, Harga Tiket Cuma Rp 10 Ribu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Rekomendasi tempat wisata kali ini berada di kawasan Puncak Bogor. Tak melulu soal kebun teh, sebab masih ada banyak tempat wisata di Puncak Bogor yang masih alami, di ... Read more »

Honda Virtual Exhibition, Ada Diskon Uang Muka 15 Persen untuk Pembelian Motor Matik

TRIBUNMANADO.CO.ID � Sebagai upaya untuk lebih dekat dengan masyarakat PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) kembali menggelar Virtual Exhibition. Event virtual ini berlangsung hingga tanggal 31 Januari 2023. Lalu, bagaimana caranya ... Read more »

Hampir 10 Tahun Menikah, Surya Insomnia Ngaku Gunakan Bahasa Ini Saat Bertengkar dengan Istri

Hampir 10 Tahun Menikah, Surya Insomnia Ngaku Gunakan Bahasa Ini Saat Bertengkar dengan Istri Surya Insomnia dan Tyara Renata Instagram.com/suryainsomnia Hampir 10 Tahun Menikah, Surya Insomnia Ngaku Gunakan Bahasa Ini ... Read more »

Sempat Viral, Begini Lho Cara Bangun Franchise Holland Bakery

Toko roti Holland Bakery sempat viral pada akhir pekan lalu pada 28 Januari 2023. Pasalnya, dihari ulang tahun Holland Bakery ke-45, toko roti itu mengadakan promo diskon 45 persen untuk ... Read more »

Dilawan Malah Jadi Ganas, Ayah di Aceh Perkosa Putrinya

Ilustrasi Pemerkosaan. Foto: Shutterstock Seorang ayah di Aceh Tamiang berinisial MR (35 tahun) warga Kecamatan Rantau, memperkosa anak tirinya sendiri yang masih berusia 15 tahun. Akibat kejadian itu, kini korban ... Read more »

Gerindra-PKB Bentuk Tim Ahli, Bertugas Menyusun Desain Politik dan Pemerintahan 2024

Ini dilakukan guna menghadapi Pemilu 2024. Jakarta: Koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus melakukan berbagai persiapan menyambut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Beberapa langkah dipersiapkan dalam waktu dekat, ... Read more »

Mencuci Sendiri Mobil di Rumah, Ini Urutannya yang Benar

Mencuci mobil mandiri. REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Mencuci mobil di rumah menjadi aktivitas yang sering dilakukan pemilik kendaraan roda empat. Selain bisa menghemat waktu karena tidak perlu mendatangi lokasi tempat pencucian, mencuci ... Read more »

Mana yang Lebih Baik untuk Ibu Hamil, Buah Naga Merah atau Putih?

Buah naga baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama kehamilan. Megutip dari Parenting FirstCry, buah naga ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan janin di ... Read more »

Polisi Ungkap Sumber Dana Pencucian Uang Napi Lapas Petobo Senilai Rp 42 M

Polisi Ungkap Sumber Dana Pencucian Uang Napi Lapas Petobo Senilai Rp 42 M. Foto: Istimewa Polisi Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengungkap kasus tindak pidana pencucian uang dari hasil jual ... Read more »

Megawati Hadiri Pelantikan Plt Walkot Semarang, Ganjar Ungkap Kebahagiaan

Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri duduk diapit Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Foto: Intan Alliva Khansa/kumparan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita) resmi ... Read more »

Plt Ketum PPP Mardiono Dipanggil Jokowi Pekan Lalu, Bahas Reshuffle?

Utusan khusus presiden bidang kerja sama pengentasan kemiskinan dan ketahanan pangan sekaligus Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/1/2023). Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan Plt Ketum PPP Muhammad ... Read more »

JPU Mengajari Putri Candrawathi Cara Mudah Mencari Simpati, Oh Menohok Banget

JPU Mengajari Putri Candrawathi Cara Mudah Mencari Simpati, Oh Menohok Banget jpnn.com – JAKARTA – Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) memohon majelis hakim yang menyidangkan perkara pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah ... Read more »

8 Pelaku Bakar Hidup-hidup Wanita di Sorong Ditangkap, 5 Orang di Bawah Umur

Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto, foto: Yanti/BalleoNEWS Sebanyak 8 pelaku pembakaran hidup-hidup wanita paruh baya di Sorong, Papua Barat Daya, berhasil ditangkap oleh tim gabungan Polresta Sorong ... Read more »

Lowongan Kerja Paling Dicari Startup di RI, Singapura, Amerika 2023

LinkedIn merilis laporan lowongan kerja atau pekerjaan paling dicari oleh perusahaan konvensional dan startup di sejumlah negara, termasuk Indonesia, Singapura, dan Amerika pada 2023. Di Tanah Air, pembuat konten atau content creator ... Read more »

Cristiano Ronaldo Diklaim Akan Kembali Berkarier di Eropa

Anderson Talisca dari Al Nassr merayakan gol pertama mereka dengan Cristiano Ronaldo di Mrsool Park, Riyadh, Saudi Arabia. Foto: Ahmed Yosri/Reuters Manajer Al Nassr, Rudi Garcia, mengeklaim karier Cristiano Ronaldo ... Read more »

Setelah 40 Tahun di Golkar, Pindah ke Nasdem karena Mencintai Anies Baswedan

Setelah 40 Tahun di Golkar, Pindah ke Nasdem karena Mencintai Anies Baswedan jpnn.com – LOMBOK TENGAH – Kedatangan bakal calon presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan di Pulau Lombok disambut ... Read more »

Arahan Pelatih dan Dukungan Istora Bantu An Se Young Juara

An Se Young mengakui bahwa dirinya sempat kelelahan, tapi motivasi dari pelatih dan dukungan publik Istora membantunya mengatasi itu untuk meraih juara. Jakarta: Pebulu tangkis Korea Selatan, An Se Young, ... Read more »

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka ATF 2024 di Candi Prambanan 3 Februari

Presiden Jokowi saat mengunjungi Candi Prambanan beberapa waktu lalu. Foto: Dok. Dinas Pariwisata DIY. Presiden Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan membuka gelaran ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 dalam sebuah ceremony khusus ... Read more »

Anies Baswedan Datang ke Lombok, Warga Histeris

Anies Baswedan Datang ke Lombok, Warga Histeris ntb.jpnn.com, MATARAM – Kedatangan Anies Rasyid Baswedan di Pulau Lombok disambut histeris oleh relawan dan partisan, Senin (30/1). Seperti yang diketahui, mantan Gubernur ... Read more »
Kênh kiến thức kỹ năng, phát triển bản thân, hướng nghiệp, blog nhân sự