Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah, Persiapan Tahun Depan

cara daftar beasiswa kip kuliah, persiapan tahun depan

foto

TEMPO.CO, Jakarta – Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah adalah salah satu skema bantuan biaya pendidikan dan penunjang pendidikan bagi mahasiswa yang termasuk dalam Program Indonesia Pintar (PIP). PIP diperuntukkan bagi mahasiswa dengan prioritas sasaran pemegang KIP, keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, daerah afirmasi, serta mahasiswa yang terkena bencana, konflik sosial atau kondisi khusus lainnya. PIP juga berlaku bagi mahasiswa penyandang disabilitas.

Besaran bantuan maksimal bagi mahasiswa program studi terakreditasi A adalah Rp12 juta untuk prodi bidang kedokteran dan maksimal Rp 8 juta untuk non-kedokteran. Sedangkan jika akreditasi B, maksimal bantuan adalah sebesar Rp 4 juta dan maksimal Rp2, 4 juta untuk akreditasi C.

PIP meliputi bantuan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin guna membiayai pendidikan mereka. Namun, KIP-Kuliah tidak menanggung biaya jas almamater atau baju praktikum, biaya asrama, biaya pendukung pelaksanaan kuliah kerja nyata, praktik kerja lapangan atau magang, biaya kegiatan pembelajaran dan penelitian yang dilaksanakan secara mandiri, serta biaya wisuda.

Syarat Penerima Beasiswa KIP Kuliah

1. lulusan sekolah menengah atas, kejuruan, atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 tahun sebelumnya.

2. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk perguruan tinggi akademik atau vokasi dan diterima di PTN atau PTS pada program studi yang telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

3. Memiliki potensi akademik baik, tetapi terbatas secara ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, dibuktikan oleh dokumen yang sah.

Cara Daftar Beasiswa KIP-Kuliah

Rangkaian proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara daring melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ untuk seluruh jalur masuk, baik seleksi nasional maupun mandiri. Simak cara mendaftar beasiswa KIP Kuliah.

1. Membuat akun secara mandiri melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

2. Menginput data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

3. Validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah Merdeka. Calon pendaftar harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman nomor pendaftaran serta kode akses. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.

4. Masuk ke laman KIP Kuliah dengan nomor pendaftaran dan kode akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP-Kuliah dan memilih jenis seleksi yang akan diikuti.

5. Selesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih.

6. Jika calon penerima KIP Kuliah telah diterima di perguruan tinggi, maka verifikasi lebih lanjut dilakukan oleh perguruan tinggi. Lalu, diusulkan ke Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Pilihan Editor: Tak Hanya Taylor Swift, Ini Sederet Musisi yang Menginspirasi Jadi Mata Kuliah

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World