Bisakah Penderita Diabetes Mengonsumsi Stroberi?

bisakah penderita diabetes mengonsumsi stroberi?

Penjelasan ahli mengenai stroberi bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

KOMPAS.com – Stroberi adalah salah satu buah yang banyak digemari dengan rasanya yang manis dan sedikit asam.

Buah berwarna merah cerah, bertekstur berair, dan bercita rasa segar ini bisa dimakan langsung, dijadikan jus, atau dicampurkan ke dalam salad.

Stroberi diketahui mengandung vitamin C, serat, dan potasium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengingat mengandung karbohidrat yang bisa memicu lonjakan kadar gula darah, bisakah penderita diabetes mengonsumsi stroberi?

Penjelasan ahli gizi

Dikutip dari HealthShots, ahli gizi Rohini Patil mengatakan bahwa seorang penderita diabetes masih bisa mengonsumsi stroberi.

Meski begitu, penderita diabetes perlu memperhatikan porsi konsumsi stroberi, yakni dalam jumlah sedang yang tidak berlebihan.

Oleh karena itu, stroberi sebaiknya dikonsumsi sebagai camilan yang merupakan salah satu cara paling sederhana.

Buah stroberi juga bisa dimasukkan ke dalam salad, yoghurt, atau sereal untuk menambah rasa dan nutrisi yang ingin didapatkan.

Selain itu, stroberi bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan berprotein untuk meminimalkan dampak lonjakan kadar gula darah.

“Memadankan stroberi dengan makanan yang kaya protein atau mengandung lemak sehat dapat membantu meminimalkan dampak pada kadar gula darah. Misalnya, nikmati stroberi dengan segenggam kacang-kacangan atau biji-bijian, atau pasangkan dengan keju cottage atau yoghurt Yunani untuk camilan yang mengenyangkan dan seimbang,” ucap Patil.

Manfaat konsumsi stroberi bagi penderita diabetes

Selain aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, stroberi juga memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi penderita diabetes karena kandungan nutrisinya.

Dilansir dari MedicalNewsToday, berikut sejumlah manfaat konsumsi stroberi bagi penderita diabetes:

1. Mencegah hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering terjadi pada mereka yang menderita diabetes. Nah mengonsumsi stroberi, bisa menjadi salah satu cara mencegahnya.

Pasalnya, stroberi memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi untuk mengontrol tekanan darah seseorang.

Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin B yang disebut folat yang mampu membantu mengontrol tekanan darah terutama bagi ibu hamil.

2. Mencegah radikal bebas

Stroberi diketahui menjadi sumber vitamin C yang tinggi dan mempunyai sifat antioksidan.

Antioksidan tersebut membantu tubuh agar tercegah dari radikal bebas dari lingkungan sekitar yang menjadi penyebab stres oksidatif tubuh.

Stroberi juga mengandung antioksidan lain, seperti antosianin, yang mungkin juga bersifat antikanker, antiinflamasi, dan antimikroba.

3. Bantu kontrol gula darah

Stroberi diketahui memiliki indeks glikemik rendah, sekaligus kaya akan kandungan serat.

Asupan serat yang cukup tinggi memyebabkan seseorang lebih cepat merasa kenyang, membuatnya tidak makan berlebihan sehingga terhindar dari asupan kalori tinggi pemicu lonjakan gula darah.

Stroberi juga diketahui mengandung magnesium yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World