BI Sebut 5 Gejolak yang Berdampak ke Ekonomi RI, Ini Kata Ketua OJK

bi sebut 5 gejolak yang berdampak ke ekonomi ri, ini kata ketua ojk

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menyampaikan pandangannya dalam Risk and Governance Summit 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menanggapi adanya lima gejolak yang akan menghantam Indonesia di tahun 2024 hingga 2025. Sebelumnya, pernyataan tersebut disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.

Lima gejolak tersebut antara lain perlambatan ekonomi global, penurunan inflasi yang lambat, tren suku bunga higher for longer, dolar AS yang masih kuat, dan pelarian modal dalam jumlah besar (cash is the king).

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar menegaskan, pihaknya secara masif terus memantau risiko-risiko tersebut. Lima gejolak tersebut dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi global dan menyeret pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dalam assesment kami, memang lima gejolak tadi merupakan faktor yang terus kami pantau risiko ke bawahnya dan downside risk karena kami juga merasa bahwa hal-hal tadi merupakan perkembangan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global dan pada gilirannya risiko kepada pertumbuhan nasional,” ujar Mahendra dalam konferensi pers hasil rapat Dewan Komisioner bulanan November 2023, Kamis (4/12).

Berdasarkan assessment, OJK berpandangan bahwa kondisi sektor jasa keuangan terlihat terjaga stabil yang didukung dengan permodalan yang solid dan tingkat modalitas yang baik dalam menghadapi berbagai risiko ketidakpastian di masa mendatang.

bi sebut 5 gejolak yang berdampak ke ekonomi ri, ini kata ketua ojk

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menyampaikan pandangannya dalam Risk and Governance Summit 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

“Sehingga kami optimis sektor jasa keuangan mampu menyerap risiko terkait guncangan di tingkat global,” tutur Mahendra.

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri itu mencontohkan, rasio kecukupan modal (capital equity ratio) atau CAR di Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain yang sebagian besar tidak mencapai 20 persen. OJK mencatat CAR perbankan mencapai 27,48 persen per Oktober 2023.

Untuk menjalankan strategi mitigasi risiko, OJK mengambil langkah kebijakan yang mengutamakan stabilitas sektor jasa keuangan agar sektor tersebut dapat memberikan kontribusi optimal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Langkah tersebut antara lain, OJK dan lembaga-lembaga jasa keuangan secara berkala melakukan stress test untuk mengetahui tingkat ketahanan permodalan dan tingkat ketahanan likuiditas.

“OJK lakukan upaya penguatan tata kelola dan manajemen risiko yang terus diperkuat dan penataan sektor jasa keuangan melalui penyempurnaan berbagai ketentuan terkait, serta penerbitan roadmap untuk masing-masing industri yang telah diluncurkan pada tahun ini,” imbuh Mahendra.

Dalam memitigasi risiko, pengembangan masing-masing industri jasa keuangan dilakukan secara konsisten sesuai peta jalan yang ada, sehingga kontribusi sektor jasa keuangan tidak hanya menjaga stabilitas dari risiko global, namun justru memberikan kontribusi lebih optimal pada pertumbuhan ekonomi Indonesia 2024.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World