Bayi Hidrosefalus Terdeteksi sejak dalam Kandungan,Ini Cerita Ibunya di Desa Katikan,Ngawi

SURYAMALANG.COM, NGAWI – Bayi penderita hidrosefalus asal Dusun Pohjenggel, Desa Katikan Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Elvano Kanzie, hanya bisa berbaring di atas tempat tidurnya, Minggu (3/12/2023).

Bayi berumur 4 tahun jenis kelamin laki laki tersebut menderita sejak berada di dalam kandungan usia 7 bulan.

“Waktu itu pemeriksaan USG saya telat terhalang biaya. Dokter saat itu menyayangkan bahwa harus melahirkan dengan caesar,” ujar Ibunda Elvano Yulie Fatmawati Azizah.

 

Mendengar hal itu, perempuan berusia 29 tahun ini mengaku ketakutan. Pasalnya selama mengandung ia tidak merasakan keluhan apapun.

   

Hingga, ketika usia kandungan menginjak 9 bulan, akhirnya dilakukanlah operasi cesar.

   

“Lahir dengan berat sudah 5 kilo dan kepalanya besar pada 9 Desember 2019 Waktu itu melahirkan di RSUD Sogaten Madiun. Sedangkan operasinya di RSUD Dr Soedono. Bahkan sempat rawat inap,” tuturnya.

   

Menurutnya, sudah dua kali dilakukan operasi penanaman selang di kepala. Banyak perubahan yang dirasakan. Seperti bisa tengkurap, sampai aktif bergerak.

   

“Dari lahir tidak pernah kejang, tidak sakit, tidak pernah rewel. Dokter optimis kalau bisa disembuhkan. Ini masih terus dimonitor perkembangannya,” ucapnya.

   

“Pertama ukuran kepalanya berdiameter 66 centimeter. Sekarang sudah berkurang menjadi 60 centimeter. Rutin kontrol aja mengecek selang di kepala sisi kanan kiri,” imbuhnya.

 

Sembari rutin kontrol di Ngawi, Yulie juga memastikan kebutuhan nutrisi dan pola makan bayi pertamanya terpenuhi di rumah.

   

“Tanggal 12 kontrol di Ngawi, kalau rekomendasinya dibawa ke Solo maka dirujuk kesana. Dilihat terus perkembangannya,” pungkasnya.

bayi hidrosefalus terdeteksi sejak dalam kandungan,ini cerita ibunya di desa katikan,ngawi

Menteri Sosial Tri Rismaharini, menengok bayi penderita Hidrosefalus Elvano Kanzie (4), asal Dusun Pohjenggel, Desa Katikan Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Minggu (3/12/2023). (febrianto ramadani)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World