Baru Tiba di Jakarta Bisa Wisata Kemana Saja?

baru tiba di jakarta bisa wisata kemana saja?

Wisata pantai di Pulau Payung, Kepulauan Seribu, Senin (27/12/2023).

KOMPAS.com –  Jakarta punya beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi para pendatang.

Bisa mencoba aneka kuliner, mengunjungi tempat yang sarat akan sejarah dan budaya, atau sekadar menikmati pemandangan lampu kota pada malam hari.

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Minggu (26/11/2023) Kompas.com berkesempatan ikut dalam rangkaian kegiatan perjalanan wisata pengenalan atau familiarization trip (famtrip), Jakarta Travel Fair 2023, yang diadakan oleh Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Jakarta.

Pada kegiatan tersebut, Kompas.com menjelajahi beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi bila baru pertama kali datang ke Jakarta. Berikut beberapa destinasi yang bisa dijadikan opsi:

Baru tiba di Jakarta bisa wisata kemana?

1. Monas

Jika baru pertama kali tiba di Jakarta, destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan yaitu Monumen Nasional (Monas). Lokasinya ada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Di sini wisatawan bisa jalan kaki di area Monas, naik ke cawan Monas, atau bisa juga naik ke Tugu Monas.

Menambahkan dari laman Kompas.com (3/8/2023), kawasan Monas dan tugu Monas buka pada hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Khusus area tugu Monas, buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Tidak ada biaya masuk bila masuk kawasan Monas. Wisatawan hanya akan dikenai biaya bila naik ke pelataran cawan dan pelataran puncak Monas.

Tiket masuk pelataran cawan Monas dibanderol mulai dari Rp 2.000 untuk anak-anak, mulai dari Rp 3.000 untuk mahasiswa, dan mulai dari Rp 5.000 untuk dewasa.

Sementara tiket masuk pelataran puncak Monas dibanderol mulai dari Rp 4.000 untuk anak-anak, mulai dari Rp 8.000 untuk mahasiswa, dan mulai dari Rp 15.000 untuk dewasa.

2. Taman Martha Tiahahu dan M Bloc Space

Destinasi berikutnya yang bisa dikunjungi yaitu Taman Martha Tiahahu. Lokasinya ada di kawasan Blok M, Jalan Sisingamangaraja, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Taman Martha Tiahahu atau dikenal dengan nama Taman Literasi ialah ruang terbuka hijau sekaligus kawasan kreatif yang bisa dikunjungi gratis oleh masyarakat umum.

Tidak jauh dari Taman Literasai, juga ada kawasan M Bloc Space, yaitu kawasan kreatif dan kuliner. Dari Taman Literasi, wisatawan cukup menyeberang jalan dan akan tiba di kawasan M Bloc Space.

Kawasan M Bloc Space biasanya ramai dikunjungi pada malam hari, karena tidak terpapar terik matahari.

Lokasi Taman Literasi dan M Bloc Space juga dekat dengan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Blok M BCA. Jadi cukup memudahkan jika hendak berpindah ke destinasi berikutnya naik transportasi umum.

3. Jembatan Phinisi

Jelang sore menuju malam, cobalah berkunjung ke jembatan penyeberangan Phinisi yang ada di Karet Tengsin, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Pusat.

Visual Jembatan Phinisi biasanya tampak lebih bagus pada sore menjelang malam, karena lampu-lampu jembatan mulai menyala.

Jika berkesempatan mampir, jangan lewatkan naik ke deck jembatan untuk bisa melihat pemandangan jalanan Ibu Kota pada malam hari.

4. Deck Halte Bundaran HI

Bundaran HI ialah spot ikonis Ibu Kota, maka tidak heran lokasi ini menjadi spot incaran bagi pendatang yang baru tiba di Jakarta.

 

Saat ini, wisatawan  bisa menikamti pemandangan Bundaran HI dari ketinggian, yakni dari deck Halte Bundaran HI.

Deck di Halte Bundaran HI ini memang dirancang sebagai spot foto dengan lanskap Tugu Selamat Datang.

Wisatawan yang hendak naik ke bagian deck halte harus mengantre terlebih dahulu, karena spot tersebut dibatasi sekitar 20 orang setiap sesi demi keamanan.

5. Pulau Payung

Jakarta tidak hanya punya wisata kota, tetapi juga punya wisata alam berupa pantai dan pulau. Salah satunya yaitu Pulau Payung.

Di Pulau Payung ada kawasan khusus yang dibangun untuk destinasi wisata, namanya Asha Resort. Transportasi menuju Asha di Pulau Payung bisa diakses dari dermaga Baywalk Mall.

Beberapa aktivitas wisata yang bisa dicoba di sini seperti snorkeling, ATV keliling hutan di pulau, main di pantai, hingga naik kano.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World