Bacaan Sujud Sahwi Saat Lupa Rakaat Shalat,Dilakukan 2 Kali,Simak Caranya,Didahului Takbir

BANGKAPOS.COM – Inilah bacaan sujud sahwi yang dibaca ketika lupa rakaat dalam sholat dan dilakukan sebanyak dua kali.

Bacaan sujud sahwi adalah سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو (subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw) yang dibaca 2 kali saat lupa rakaat shalat

Sujud sahwi dilakukan sebanyak 2 kali dan didahului takbir.

Bagaimana cara dan urutannya?

Sujud sahwi adalah sujud yang dilaksanakan ketika seseorang lupa atau ragu-ragu berapa jumlah rakaat yang sedang dikerjakannya.

Dalam salah satu riwayat, dijelaskan Rasulullah SAW pernah tidak melakukan tarsyahud awal dan kemudian melakukan sujud sahwi.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melaksanakan shalat Zhuhur namun tidak melakukan duduk (tasyahud awal). Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali, dan beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk sebelum. Beliau lakukan seperti ini sebelum salam. Maka orang-orang mengikuti sujud bersama beliau sebagai ganti yang terlupa dari duduk (tasyahud awal).” (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)

Selain itu, sujud sahwi juga dilakukan ketika seseorang lupa sunnah ab’ad dalam sholat.

Cara Melakukan Sujud Sahwi

Ada dua cara sujud sahwi yang bisa dilakukan tergantung kondisi orang yang sholat.

Pertama, ketika sedang salat dan kemudian ingat kesalahannya dalam salat (sebelum salam ingat kesalahannya), maka sujud sahwi dilakukan sebelum salam.

Kondisi kedua, ketika sudah selesai shalat (sudah salam), kemudian ada yang mengingatkan tentang kesalahannya dalam sholat, maka sebaiknya langsung berdiri menambah rakaat yang kurang (jika rakaatnya kurang). Kemudian melakukan sujud sahwi.

Sujud sahwi dilaksanakan sebanyak dua kali sujud dan ditutup dengan salam.

Bacaan Sujud Sahwi

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw

Artinya: Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa.

Urutan dan Cara Sujud Sahwi

1. Apabila ingat sebelum selesai sholat:

Maka dilakukan sebelum salam, yakni ketika selesai membaca tasyahud akhir.

Baca takbir dan lakukan sujud sahwi.

Kemudian membaca takbir untuk duduk di antara dua sujud dan membaca bacaan seperti biasa.

Setelah itu takbir lagi untuk sujud yang kedua dengan membaca seperti pada sujud pertama, dan takbir lagi untuk duduk kembali lalu salam.

2. Apabila dilakukan setelah salam (sudah selesai sholat)

Dimulai dengan membaca takbir dan melakukan sujud sahwi sebanyak dua kali.

Jika kesalahannya karena rakaat sholat kurang, maka hendaknya menambah jumlah rakaat yang kurang terlebih dahulu, lalu salam kemudian melakukan sujud sahwi.

Jika meninggalkan tasyahud awal, maka tasyahud awal yang ditinggalkan tidak perlu diganti. Cukup melakukan sujud sahwi.

Demikianlah penjelasa mengenai bacaan sujud sahwi yang dibaca ketika lupa rakaat shalat lengkap dengan jumlah sujud dan cara melakukannya.

(Tribun Jogja/Bangkapos.com/ Dedy Qurniawan)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World