Apakah varian Omicron memang sangat berbahaya?

Asia's Tech News Daily

Apakah varian Omicron memang sangat berbahaya?
© Getty Images

Penemuan Omicron, varian baru virus corona (SARS-CoV-2) di Afrika Selatan, kembali memicu banyak negara mengambil langkah cepat, antara lain dengan menutup perbatasan, dengan harapan menekan penyebaran varian tersebut.

Sejumlah negara telah melarang perjalanan udara dari dan ke Afrika Selatan dan para pakar mengisyarakatkan bahwa Omicron adalah “varian virus corona yang paling mengkhawatirkan sejauh ini”.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menggolongkannya sebagai variant of concern atau varian yang diwaspadai.

Tetapi, dengan data yang tersedia, apakah kita bisa menyimpulkan bahwa pernyataan-pernyataan tersebut bisa diterima? Apakah pernyataan tersebut didasarkan pada bukti atau opini? Kapan kita bisa menggolongkan varian baru sebagai variant of concern?

Apa konsekuensinya bagi strategi menghadapi pandemi?

Baca juga:

  • Hal-hal yang perlu diketahui tentang varian Omicron
  • Omicron: Gejala-gejala terkena varian baru virus corona menurut dokter yang mendeteksi
  • Varian Covid: Omicron menyebar, apakah kita perlu vaksin baru?

Sekuens gemonik varian Omicron (galur B.1.1.529 dalam sistem PANGO, atau galur 21K pada NextStrain) menunjukkan 55 mutasi jika dibandingkan dengan virus asli yang ditemukan di Wuhan, China.

Dari mutasi-mutasi ini, 32 di antaranya terkait dengan paku protein, yang berperan dalam infeksi sel dan respons kekebalan.

Sebagian besar mutasi ini sebelumnya telah dideteksi pada virus yang digolongkan variants of concern (VOCs) maupun variants of interest (VOIs), misalnya mutasi N501Y yang ditemukan pada varian Alpha, Beta, dan Gamma.

Kemudian mutasi T95I, T478K, dan G142D yang ditemukan di Delta.

Apakah varian Omicron memang sangat berbahaya?
© Getty Images Sampai kita mendapat hasil laboratorium, epidemiologis, dan data pemantauan genomik yang memperlihatkan tingkat penularan lebih tinggi atau kemungkinan lolos dari respons kekebalan lebih besar, tidak beralasan meningkatkan taraf kewaspadaan.

Akumulasi mutasi bersama efek-efeknya yang telah diketahui, sudah menarik perhatian dan kewaspadaan. Namun, beragam eksperimen yang memadai belum dilakukan guna melihat efek-efek mutasi tersebut manakala mereka ditemukan secara bersamaan.

Efek dua mutasi tidak selalu berkaitan dan interaksi keduanya (epistasias dalam istilah teknis) bisa positif (meningkatkan efek satu sama lain) dan bisa pula negatif (mengurangi efeknya).

Sampai kita mendapat hasil laboratorium, epidemiologis,dan data pemantauan genomik yang memperlihatkan tingkat penularan lebih tinggi atau kemungkinan lolos dari respons kekebalan lebih besar, tidak beralasan meningkatkan taraf kewaspadaan.

Alasan WHO mengumumkan varian Omicron menjadi VOC adalah varian itu mungkin berkaitan dengan meningkatnya risiko penularan–meski belum ada informasi publik mengenai data klinis yang menyokong klaim ini.

Baca juga:

  • Covid di Indonesia dapat mencapai 400.000 kasus, varian baru perlu diwaspadai
  • RI larang masuk pendatang dari sejumlah negara Afrika, Presiden Afsel minta larangan dicabut
  • WHO beri nama Omicron untuk varian baru virus corona di Afsel ‘yang bermutasi sangat cepat’

Apakah varian Omicron memang sangat berbahaya?
© BBC

Surveilans genomik Afrika Selatan

Tanda merah langsung dibubuhkan karena cepatnya peningkatan kasus yang disebabkan oleh varian ini di Afrika Selatan.

Sebenarnya tidak mencengangkan varian baru tersebut dideteksi di negara ini, karena Afrika Selatan dikenal sebagai salah satu negara dengan surveilans genomik virus corona terbaik dan juga karena tingkat vaksinasinya lebih baik dibandingkan negara-negara di Afrika.

Berkat surveilans mereka, sekuens virus yang menjadi penyebab wabah Covid-19 di Provinsi Gauteng dengan cepat bisa didapatkan, ketika tingkat infeksinya bisa dikatakan rendah, sekitar 10 kasus per 100.000 orang.

Jika sumber utama kekhawatiran adalah tingkat penyebaran, bukan berarti kita bisa menarik nafas lega.

Sekali lagi, kita harus bertanya, bagaimana virus dengan begitu banyak mutasi bisa muncul. Tidak ada jawaban yang pasti, tapi kecurigaan kita adalah, ia berevolusi pada seorang pasien yang sistem kekebalannya lemah dan terinfeksi dalam jangka waktu lama.

Setelah itu, virus ini menular ke orang-orang lain melalui pola mata rantai yang tidak kita ketahui untuk sementara ini.

Apakah varian Omicron memang sangat berbahaya?
© BBC

Apa yang bisa kita lakukan dalam menghadapi varian baru?

Saat ini, “senjata” yang kita punya tetap sama: vaksinasi, memakai masker, jaga jarak, dan membuka ventilasi pada ruangan tertutup.

Upaya-upaya ini diharapkan mengurangi paparan virus semaksimal mungkin dan secara bersamaan kita menambah jumlah orang yang divaksin di semua negara.

Harapan lain adalah, usaha ini membatasi kemungkinan adanya mutasi-mutasi baru virus corona.

Meski kita berpikiran bahwa setelah varian Delta mungkin sulit bagi virus corona “melahirkan” varian baru yang masuk dalam daftar perhatian (variant of concern, VOC), varian Omicron membuat kita semua terhenyak.

Terlepas dari apakah nantinya Omicron menimbulkan dampak-dampak serius yang menjustifikasi keputusan WHO menggolongkannya sebagai VOC, jelas bahwa evolusi virus corona mungkin akan melahirkan kejutan.

Semakin cepat kita memotong kemungkinan-kemungkinan tersebut, makin baik kita semua.

* Fernando González Candelas adalah Profesor bidang genetika. Dia menjabat Ketua Unit Riset Gabungan “Infeksi dan Kesehatan Masyarakat” FISABIO-Universitat de València. Artikel yang dia tulis diterbitkan The Conversation.

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Belum Banyak yang Tahu Yamaha Pernah Bikin Mobil Imut, Mirip Versi Bantet dari Ferrari F40

Belum Banyak yang Tahu Yamaha Pernah Bikin Mobil Imut, Mirip Versi Bantet dari Ferrari F40 © Disediakan oleh GridOto Yamaha AMI, mobil buatan merek berlogo garpu tala yang bentuknya mirip ... Read more »

Menkes: 65 Hari ke Depan Akan Terjadi Lonjakan Omicron di RI

Jakarta, IDN Times – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, telah melaporkan kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo bahwa sejumlah negara sudah mencapai puncak kasus Omicron. Berkaca dari sejumlah negara, puncak kasus ... Read more »

Mendadak, Puluhan Napi Lapas Semarang Dipindah ke Nusakambangan, Ada Apa?

© JPNN.COM Mendadak, Puluhan Napi Lapas Semarang Dipindah ke Nusakambangan, Ada Apa? jpnn.com, SEMARANG – Sebanyak 41 narapidana kasus penyalahgunaan narkoba dipindahkan dari Lapas Kelas 1 Semarang ke Lapas Kelas ... Read more »

FC Senica Tertarik Gaet Witan Sulaeman, Pelatih Lechia Gdansk Beri Tanggapan

© Disediakan oleh Kompas.com Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman berselebrasi saat Indonesia melawan Singapura pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020. KOMPAS.com – Witan Sulaeman terus dikaitkan ... Read more »

Hasil Liverpool Vs Brentford: Minus Mane-Salah Tak Masalah, The Reds Menang 3-0

© Disediakan oleh Kompas.com Takumi Minamino (tengah) saat mencetak gol dalam pertandingan Liverpool vs Brentford di Stadion Anfield, Minggu (16/1/2022). KOMPAS.com – Liverpool memetik kemenangan saat menjamu Brentford pada pekan ... Read more »

Bappenas-Pansus RUU IKN DPR Tinjau BSD CIty dan Alam Sutera, untuk Apa?

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bersama Panitia Khusus RUU IKN (Ibu Kota Negara) DPR berkunjung ke Kota Mandiri BSD City dan ... Read more »

Pertamina International Shipping Incar Pasar Global

Jakarta, IDN Times – PT Pertamina International Shipping (PIS) menjajaki pasar luar negeri untuk mengembangkan bisnis dan mewujudkan visi menjadi Asian Leading Integrated Marine Logistics Company. PIS tengah melakukan penjajakan untuk ... Read more »

8 Tahun Bangkrut, Negara Ini Akhirnya Mengalami Pertumbuhan Ekonomi

© JPNN.COM 8 Tahun Bangkrut, Negara Ini Akhirnya Mengalami Pertumbuhan Ekonomi jpnn.com, JAKARTA – Presiden Nicolas Maduro memperkirakan ekonomi Venezuela tumbuh lebih dari 4 persen pada 2021, setelah delapan tahun ... Read more »

Everton Resmi Pecat Rafael Benitez

© Disediakan oleh Kumparan Manajer Everton Rafael Benitez pada pertandingan Everton vs Chelsea di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Kamis (16/12). Foto: David Klein/REUTERS Selesai sudah kebersamaan antara Rafael Benitez ... Read more »

Pemerintah Beli 6 Juta Dosis Vaksin Sinovac

© kominfo.go.id Logo Kementerian Kominfo. Pemerintah Indonesia pada Ahad (16/1/2022) telah menerima enam juga dosis vaksin Covid-19 yang dibeli langsung dari Sinovac REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Indonesia pada Ahad (16/1/2022) telah ... Read more »

Sholat Istikharah, Pengertian dan Tata Caranya

© Republika/Yogi Ardhi Sholat (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID,   JAKARTA — Dalam hidup terkadang kita dihadapkan pada beberapa pilihan sulit. Bagi banyak orang, keputusan umumnya diambil ketika itu memiliki konsekuensi jangka panjang yang ... Read more »

Survei WHO: 94% Layanan Kesehatan Terganggu Karena COVID-19

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi rumah sakit Foto: Pxhere Pandemi COVID-19 rupanya turut membuat pelayanan kesehatan terganggu. Siswanto dari WHO Regional Officer for South-East Asia, mengatakan dalam survei cepat yang ... Read more »

Rafael Benitez Dikabarkan sudah Sepakat Tinggalkan Everton

© Kautsar Halim keputusan tersebut diambil setelah Everton kalah 1-2 dari Norwich City. Jakarta: Everton dan pelatih Rafael Benitez dikabarkan telah sepakat untuk berpisah. Menurut laporan 90min, Minggu 16 Januari, ... Read more »

Remaja Pembuat Onar di Bitung Tak Berkutik Saat Diciduk Polisi

© Disediakan oleh Kumparan Remaja pembuat onar di Kota Bitung berhasil diamankan pihak kepolisian. (foto: istimewa) BITUNG – Aksi AFM (17), seorang remaja asal Kelurahan Girian Permai, Kecamatan Girian, Kota ... Read more »

Sekarang Terkenal, 10 Artis Hollywood Ini Dulunya Pemeran Pembantu

Setiap artis memulai kariernya dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang memulainya sebagai bintang iklan, menjadi model, mengikuti audisi musikal, dan masih banyak lagi. Biasanya, sebelum menjadi artis papan atas seperti ... Read more »

5 Rahasia Cantik Alami ala Perempuan Eropa yang Bisa Kamu Tiru, Effortless dan Memesona!

Perempuan Eropa memang memiliki pesona tersendiri. Eropa sudah lama menjadi kiblat segala gaya dan penampilan. Perempuan di benua Eropa terkenal akan kecantikan alami dan effortless, namun tetap memukau. Sama seperti ... Read more »

5 Destinasi Wisata Pantai Indah di Busan, Cocok untuk Healing, nih!

Halo, Chingu! Kamu pastinya sudah tahu, kan, Busan itu berada di wilayah semenanjung Korea Selatan dan punya banyak pantai cakep? Nah, berikut ini beberapa di antaranya. Cocok banget buat healing, ... Read more »

MGPA: Penggunaan Logo MotoGP Harus Seizin Dorna Sports

Jelang penyelenggaraan Grand Prix Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret 2022, ITDC menegaskan ketentuan penggunaan logo MotoGP. Lantaran memiliki copyright atau hak cipta yang harus ditaati ... Read more »

WHO-SEARO: RI on Track Vaksinasi

© Disediakan oleh Kumparan Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 dosis ketiga yang akan disuntikkan kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Booster di Denpasar, Bali, Rabu (12/1/2022). Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO ... Read more »

Live Streaming Pantai Gading vs Sierra Leone di Piala Afrika

© Disediakan oleh Kumparan Timnas Pantai Gading. Foto: Getty Images Pantai Gading akan memainkan laga kedua babak grup Piala Afrika 2021 melawan Sierra Leone. Pertarungan kedua tim ini akan digelar ... Read more »

KPPU Masih Teliti Penyebab Naiknya Harga Minyak Goreng

© MUHAMMAD IQBAL KPPU Masih Teliti Penyebab Naiknya Harga Minyak Goreng KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) masih dalam penelitian dalam mencari penyebab naiknya harga minyak goreng (migor). Selain ... Read more »

Fenomena Seruak Dingin Masuk Indonesia, Ini Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Selama Tujuh Hari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Indonesia. Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah ... Read more »

Teknik ERACS Booming, Sejumlah Dokter Anestesi & Kandungan Beri Penjelasan

© JPNN.COM Teknik ERACS Booming, Sejumlah Dokter Anestesi & Kandungan Beri Penjelasan jpnn.com, JAKARTA – Persalinan dengan metode caesar ERACS atau Enhanced Recovery After Caesarean Surgery sedang menjadi tren di ... Read more »

Everton Akan Umumkan Pemecatan Rafael Benitez Besok

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Everton dikabarkan akan mengumumkan pemecatan Manajer Rafael Benitez pada Senin besok, 17 Januari 2021, waktu setempat. Sejumlah nama pengganti Benitez mulai ... Read more »

Final Piala Super Spanyol: Prediksi Real Madrid Vs Athletic Bilbao

© Disediakan oleh Kompas.com Para pemain Real Madrid merayakan gol mereka ke gawang Barcelona dalam laga Barcelona vs Real Madrid di semifinal Piala Super Spanyol, Kamis (13/1/2022) dini hari WIB ... Read more »

Harapan Besar Iringi Keberangkatan Timnas Indonesia ke Piala Asia Wanita 2022

© Disediakan oleh Kompas.com Mochamad Iriawan saat akan melepas timnas Indonesia putri ke India. KOMPAS.com – Tim nasional putri Indonesia telah dilepas ke India untuk menjalani kompetisi Piala Asia Wanita ... Read more »

Chord Gitar Melepas Masa Lajang - Arvian Dwi ft Tri Suaka: Kan Ku Persunting Dirimu

© Freepik Ilustrasi – Berikut chord gitar dan lirik lagu Melepas Masa Lajang yang dinyanyikan oleh Arvian Dwi ft Tri Suaka. TRIBUNNEWS.COM – Berikut chord gitar dan lirik lagu Melepas ... Read more »

Doddy Sudrajat Ingin Bawa Gala dari Rumah H Faisal, Emma Waroka Menangis

© Disediakan oleh InsertLive Emma Waroka tak kuasa menahan emosinya aaat mengetahuo aksi Doddy Sudrajat mendatangi runah H Faisal untuk membawa Gala Sky Andriansyah. Emma tak habis pikir dengan ayah ... Read more »

Terlalu Fokus Kerja Hingga Overthinker, Capricorn dan 3 Zodiak Ini Gampang Menderita Anhedonia!

Anhedonia adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk menikmati hidup. Penderita anhedonia cenderung merasa hidup yang mereka jalani membosankan. Efek buruknya adalah mereka jadi merasa tertekan dan tidak merasakan ... Read more »

Bahaya Konsumsi Minyak Goreng Bekas atau Jelantah: Bisa Undang 3 Penyakit

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta -Berdasarkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Traction Energi Asia, Deputi Bidang Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Perekonomian Musdhalifah ... Read more »

Ekstrak Teratai Mengandung Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Teratai merupakan tumbuhan yang hidup di air. Di alam, teratai biasanya tumbuh di danau. Tumbuhan itu pun digunakan untuk menghias kolam. ... Read more »

Baru Diresmikan Bupati Karawang, Jembatan Senilai Rp 10 Miliar Amblas

TRIBUNNEWS.COM, KARAWANG – Bupati Karawang Jawa Barat Cellica Nurrachadiana prihatin atas kejadian di akhir pekan ini. Hal ini menyusul amblasnya Jembatan KW6 di Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, ... Read more »

Perti: Moderasi Agama Sudah Ada dalam Islam Sejak Dulu

© Its Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) siap mendukung program moderasi beragama dalam mewujudkan kehidupan beragama yang kondusif dan membangun insan yang madani. “Kami melihat ... Read more »

Ternyata Ini Ubahan Baru Di Motor Custom Kawasaki W175 Jokowi

© Ekawan Raharja Di perjalanan kali ini, ternyata Presiden Jokowi melakukan sejumlah ubahan di Kawasaki W175 kesayangannya tersebut. Tangerang Selatan: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor custom miliknya menuju ... Read more »

Bupati Pasuruan Sebut Terobosan Erick Thohir Konkret

© Deny Irwanto Irsyad juga menyebut sosok Erick Thohir berani membabat oknum yang tak mau berpihak kepada rakyat di BUMN. Pasuruan: Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, menyebut sejumlah program yang digagas ... Read more »

Wajah Baru Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jadi Tempat Mini Golf dan Kafe

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Yogyakarta – PT Angkasa Pura Properti menyediakan area mini golf dan kafe di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Direktur Operasi PT Angkasa Pura Properti, Renny ... Read more »

Mimpi Ricky Kambuaya Bermain bersama Boaz Solossa dan Imanuel Wanggai

© Disediakan oleh Kompas.com Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kiri) berusaha melewati pesepak bola Timnas Malaysia Putera Nadher (kanan) dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, ... Read more »

Wisata Telaga Saat di Puncak Bogor yang Asri Berselimut Kabut

© Disediakan oleh Kompas.com Pemandangan alam di Telaga Saat, Puncak, Bogor KOMPAS.com – Telaga Saat Puncak adalah salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, khususnya bagi ... Read more »

10 Fakta Menarik Peru yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Secara geografis, Peru terletak di sebelah barat Amerika Selatan. Di sebelah barat, Peru berbatasan dengan Samudra Pasifik, Chili di sebelah selatan, Brasil dan Bolivia di sebelah timur, dan di sebelah ... Read more »

Jeroan Fuhrerbunker: Tempat Berlindung Hitler Mulai 16 Januari 1945 di PD II

TEMPO.CO, Berlin -Saat-saat akhir Perang Dunia II, Adolf Hitler berlindung di Führerbunker. Führerbunker adalah sebuah tempat berlindung dari serangan udara yang terletak di dekat Kanseleri Reich di Berlin, Jerman. Tempat ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic