Apa Kelebihan Sertifikat Tanah Elektronik? Begini Cara Mengurusnya

apa kelebihan sertifikat tanah elektronik? begini cara mengurusnya

foto

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, secara resmi meluncurkan sertifikat tanah elektronik di seluruh Indonesia pada 4 Desember 2023, dengan acara simbolis di Istana Negara, Jakarta.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya sertifikat tanah elektronik sebagai langkah untuk mengurangi risiko kehilangan dan kerusakan, serta mempermudah pengelolaan data.

Pemerintah menegaskan bahwa keamanan penyimpanan sertifikat tanah elektronik, yang diatur mulai tahun ini, dijamin mumpuni, meskipun muncul keraguan dari sebagian warga terkait potensi kebocoran data, mengingat kasus e-KTP yang pernah menggemparkan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menuturkan sertifikat tanah elektronik yang kini digencarkan pemerintah memiliki sejumlah keunggulan dibanding sertifikat tanah konvesional atau yang dicetak atau di kertas.

“Keuntungan sertifikat tanah elektronik itu meminimalisir risiko,” kata Hadi di sela pemberian sertifikat tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Yogyakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Di sisi lain, Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) menyatakan pandangan bahwa digitalisasi sertifikat tanah seharusnya dianggap sebagai dokumen cadangan yang tetap dapat digunakan ketika surat tanah fisik rusak atau hilang.

Sertifikat elektronik, menurut Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional RI No 1/2021, memiliki ciri khas, tahapan, dan syarat penerbitan tertentu.

Dalam konteks lain, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) berusaha untuk menghadirkan layanan yang lebih modern dengan memunculkan layanan berbasis elektronik, termasuk sertifikat elektronik.

Sertifikat ini diperlukan oleh wajib pajak PKP untuk menggunakan layanan pajak elektronik, seperti pembuatan e-Faktur, e-Bupot, e-Objection, dan lainnya. Proses penerbitan sertifikat elektronik dapat dilakukan secara online melalui aplikasi yang disediakan oleh DJP atau penyedia jasa aplikasi perpajakan.

Wajib pajak pribadi dapat mengajukan permintaan secara elektronik dengan melengkapi formulir dan persyaratan tertentu, baik secara online maupun dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Melalui regulasi terbaru, Ditjen Pajak mewajibkan memiliki Sertifikat Digital pajak bukan hanya untuk PKP, tapi juga Non-PKP yang memiliki aktivitas perpajakan harus punya Sertifikat Elektronik pajak.Namun, tidak semua wajib pajak Non-PKP harus memiliki Sertifikat Elektronik pajak. Hanya WP NonPKP yang melakukan aktivitas perpajakan tertentu saja yang diwajibkan mempunya Sertifikat Digital pajak

Syarat Membuat Sertifikat Tanah Via Online

Berikut adalah persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk membuat sertifikat tanah:

– Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

– Surat Pelunasan Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan Tahunan (SPPT PBB)

– Bukti IMB (Izin Mendirikan Bangunan) untuk tanah dan bangunannya

– Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHBG)

– Akta Jual Beli (AJB) untuk tanah yang diperoleh dari hasil jual beli

– Fotokopi Girik atau Letter C yang dimiliki

– Surat pernyataan kepemilikan lahan

– Surat Pernyataan tidak sengketa

Selanjutnya, untuk membuat sertifikat tanah secara online, langkah-langkahnya sebagai berikut:

– Instal Aplikasi Sentuh Tanahku di Play Store atau App Store

– Buat akun baru dengan mendaftarkan username dan password

– Aktivasi akun di kantor BPN terdekat

– Beli formulir pendaftaran di kantor BPN untuk pengajuan penerbitan sertifikat tanah

– Serahkan semua dokumen persyaratan yang lengkap

– Buat janji dengan petugas BPN untuk mengukur tanah

– Setelah tanah diukur, pembuatan sertifikat tanah akan segera diproses

– Bayar Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB)

– Cek status pembuatan sertifikat tanah langsung melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

ANGELINA TIARA PUSPITALOVA I ALI AKHMAD NOOR HIDYAT I PRIBADI WICAKSONO

Pilihan Editor: Kepala BPN Sebut 2 Keunggulan Sertifikat Tanah Elektronik: Minim Risiko dan Cegah Mafia Tanah

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World