Apa Itu PPN: Definisi, Tarif, Pemungut, dan Objek Pajaknya

Asia's Tech News Daily

© Disediakan oleh Kompas.com PPN adalah singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai. Apa itu PPN?

KOMPAS.com – PPN adalah pajak yang bisa dikatakan paling sering bersentuhan dengan masyarakat. Hampir semua barang terkena pajak PPN. PPN adalah singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai. Apa itu PPN?

PPN adalah

PPN adalah pungutan pemerintah yang dibebankan atas setiap transaksi jual-beli barang maupun jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan yang telah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Regulasi PPN adalah diatur dalam dalam UU Nomor 6 Tahun 1983. Tarif PPN adalah ditetapkan 10 persen. 

Belakangan, pemerintah melakukan revisi UU Nomor 6 Tahun 1983 dengan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang disahkan pada 7 Oktober 2021. 

Baca juga: Mengenal Pajak PPh dan Jenis-jenisnya

Dalam UU terbaru itu, tarif PPN adalah naik menjadi 11 persen, ketentuan ini mulai diberlakukan pada 1 April 2022. Lalu akan kembali naik menjadi 12 persen di 2024. Sedangkan untuk ekspor dikenakan tarif 0 persen.  

Menurut pemerintah, tujuan kebijakan kenaikan PPN adalah untuk optimalisasi penerimaan negara dengan tetap mewujudkan sistem perpajakan yang berkeadilan dan berkepastian hukum

Pemungut PPN

PPN adalah pajak tak langsung. Artinya, yang berkewajiban memungut, menyetor, dan melaporkan PPN adalah para pedagang atau pengecer. Meski sebenarnta, pihak yang berkewajiban membayar atau dikenakan PPN adalah pembeli atau konsumen akhir. 

PPN dikenakan dan disetorkan oleh pengusaha atau perusahaan yang telah dikukuhkan sebagai PKP. PKP dalam PPN adalah pihak yang wajib menyetor dan melaporkan PPN kepada negara. 

Baca juga: Suami Istri Sama-sama Kerja, Lebih Baik Pisah atau Gabung NPWP?

Dengan ditetapkan menjadi PKP, pengusaha atau perusahaan wajib memungut, menyetor dan melaporkan PPN yang terutang. Dalam perhitungan PPN yang dipungut, ada dua skema yakni pajak keluaran dan pajak masukan.

Pajak keluaran ialah PPN yang dipungut ketika PKP menjual produknya. Sedangkan, pajak masukan ialah PPN yang dibayar ketika PKP membeli, memperoleh maupun membuat produknya.

Setiap tanggal di akhir bulan adalah batas akhir waktu penyetoran dan pelaporan PPN oleh PKP. Kementerian Keuangan saat ini mewajibkan PKP  untuk menggunakan faktur pajak elektronik atau e-Faktur untuk menghindari penerbitan faktur pajak fiktif.

© Disediakan oleh Kompas.com PPN adalah singkatan dari pajak pertambahan nilai yang saat ini ditetapkan sebesar 10 persen.

Karakteristtik PPN

Karakteristik Pemungutan PPN adalah sebagai berikut:

1. Pajak objektif

Pemungutan PPN didasarkan pada objek pajak tanpa memperhatikan keadaan diri Wajib Pajak (WP) sebagai subjek pajak

2. Pajak tidak langsung

secara ekonomis beban PPN dapat dialihkan kepada pihak lain, tetapi kewajiban memungut, menyetor, melapor melekat pada pihak yang menyerahkan barang/jasa

3. Multi stage tax

dilakukan secara berjenjang dari pabrikan sampai konsumen akhir

4. Dipungut menggunakan faktur pajak

Sehingga Pengusaha Kena Pajak (PKP) sebagai pemungut pajak harus menerbitkan faktur pajak sebagai bukti pemungutan PPN

5. Bersifat netral

PPN adalah dikenakan baik atas konsumsi barang maupun jasa, dan dipungut menggunakan prinsip tempat tujuan, yaitu bahwa PPN dipungut di tempat barang atau jasa dikonsumsi

6. Non-duplikasi

Karena dalam PPN adalah terdapat mekanisme pengkreditan pajak masukan

Baca juga: Cara Buat NPWP Online dari Handphone

Objek pajak PPN

Dikutip dari laman Kemneterian Keuangan, pengenaan PPN adalah diatur berdasarkan Pasal 4 ayat (1) UU PPN. Dalam regulasi tersebut, disebutkan bahwa Pajak Pertambahan Nilai dikenakan atas:

  1. Penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) di dalam daerah pabean yang dilakukan oleh pengusaha;
  2. Impor BKP
  3. penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP) di dalam daerah pabean yang dilakukan oleh pengusaha
  4. Pemanfaatan BKP tidak berwujud dari luar daerah pabean di dalam daerah pabean;
  5. pemanfaatan JKP dari luar daerah pabean di dalam daerah pabean
  6. Ekspor BKP berwujud oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP)
  7. Ekspor BKP tidak berwujud oleh PKP
  8. Ekspor JKP oleh PKP.

Selain itu, secara khusus PPN adalah juga dikenakan atas:

  1. Kegiatan membangun sendiri yang dilakukan tidak dalam kegiatan usaha atau pekerjaan oleh orang pribadi atau badan yang hasilnya digunakan sendiri atau digunakan pihak lain.
  2. Penyerahan BKP berupa aktiva yang menurut tujuan semula tidak untuk diperjualbelikan oleh PKP, kecuali atas penyerahan aktiva yang Pajak Masukannya tidak dapat dikreditkan karena perolehan BKP atau JKP yang tidak mempunyai hubungan langsung dengan kegiatan usaha dan perolehan dan pemeliharaan kendaraan bermotor sedan, jeep, station wagon, van, dan kombi kecuali merupakan barang dagangan atau disewakan.

Baca juga: Simak Cara Membuat NPWP Online, Mudah dan Cepat

© Disediakan oleh Kompas.com Apa itu PPN atau Pajak Pertambahan Nilai? PPN adalah jenis pajak tak langsung yang dipungut pengusaha PKP

Barang bebas PPN adalah

Berdasarkan aturan yang berlaku saat ini, jenis barang yang tidak dikenai PPN adalah barang tertentu dalam kelompok barang sebagai berikut:

  1. Barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya
  2. Barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak
  3. Makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya, meliputi makanan dan minuman baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang diserahkan oleh usaha jasa boga atau katering; dan
  4. Uang, emas batangan, dan surat berharga.
  5. Berdasarkan ketentuan tersebut, yang termasuk barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya meliputi:

Minyak mentah (crude oil);

  1. gas bumi, tidak termasuk gas bumi seperti elpiji yang siap dikonsumsi langsung oleh masyarakat;
  2. panas bumi;
  3. asbes, batu tulis, batu setengah permata, batu kapur, batu apung, batu permata, bentonit, dolomit, felspar (feldspar), garam batu (halite), grafit, granit/andesit, gips, kalsit, kaolin, leusit, magnesit, mika, marmer, nitrat, opsidien, oker, pasir dan kerikil, pasir kuarsa, perlit, fosfat (phospat), talk, tanah serap (fullers earth), tanah diatome, tanah liat, tawas (alum), tras, yarosif, zeolit, basal, dan trakkit;
  4. batubara sebelum diproses menjadi briket batubara; dan
  5. bijih besi, bijih timah, bijih emas, bijih tembaga, bijih nikel, bijih perak, serta bijih bauksit.

Baca juga: Mengenal Pajak: Definisi, Manfaat, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Adapun yang tergolong barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak meliputi:

  1. beras;
  2. gabah;
  3. jagung;
  4. sagu;
  5. kedelai;
  6. garam, baik yang beryodium maupun yang tidak beryodium;
  7. daging, yaitu daging segar yang tanpa diolah, tetapi telah melalui proses disembelih, dikuliti, dipotong, didinginkan, dibekukan, dikemas atau tidak dikemas, digarami, dikapur, diasamkan, diawetkan dengan cara lain, dan/atau direbus;
  8. telur, yaitu telur yang tidak diolah, termasuk telur yang dibersihkan, diasinkan, atau dikemas;
  9. susu, yaitu susu perah baik yang telah melalui proses didinginkan maupun dipanaskan, tidak mengandung tambahan gula atau bahan lainnya, dan/atau dikemas atau tidak dikemas;
  10. buah-buahan, yaitu buah-buahan segar yang dipetik, baik yang telah melalui proses dicuci, disortasi, dikupas, dipotong, diiris, di-grading, dan/atau dikemas atau tidak dikemas; dan
  11. sayur-sayuran, yaitu sayuran segar yang dipetik, dicuci, ditiriskan, dan/atau disimpan pada suhu rendah, termasuk sayuran segar yang dicacah.

Selanjutnya, jenis jasa yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai atau PPN adalah jasa tertentu dalam kelompok jasa sebagai berikut:

  1. jasa pelayanan kesehatan medik;
  2. jasa pelayanan sosial;
  3. jasa pengiriman surat dengan perangko;
  4. jasa keuangan;
  5. jasa asuransi;
  6. jasa keagamaan;
  7. jasa pendidikan;
  8. jasa kesenian dan hiburan;
  9. jasa penyiaran yang tidak bersifat iklan;
  10. jasa angkutan umum di darat dan di air serta jasa angkutan udara dalam negeri yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari jasa angkutan udara luar negeri;
  11. jasa tenaga kerja;
  12. jasa perhotelan;
  13. jasa yang disediakan oleh pemerintah dalam rangka menjalankan pemerintahan secara umum;
  14. jasa penyediaan tempat parkir;
  15. jasa telepon umum dengan menggunakan uang logam;
  16. jasa pengiriman uang dengan wesel pos; dan
  17. jasa boga atau catering

Itulah penjelasan lengkap terkait apa itu PPN. PPN adalah singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai dengan objek pajak dan pemungutnya sebagaimana yang sudah disebutkan di atas. 

© Disediakan oleh Kompas.com Pajak Pertambahan Nilai atau PPN adalah pajak yang paling sering bersentuhan dengan masyarakat.

Baca juga: Apa Itu PPnBM: Definisi, Tarif, Perhitungan, dan Contohnya

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Gimana Cara Agar Chemical Sunscreen Tidak Perih di Mata?

Chemical sunscreen memang menyenangkan karena teksturnya yang lightweight dan biasanya nggak white cast. Namun sayangnya, chemical sunscreen seringkali bikin mata perih. Nah, ini dia trik untuk mengatasinya! Kalau soal sunscreen, ... Read more »

Aturan Perjalanan Udara Selama Nataru: Anak Wajib Tes PCR

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi anak di pesawat. Foto: Shutter Stock Pemerintah menerapkan sejumlah aturan terkait perjalanan pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang. Salah satunya aturan perjalanan bagi ... Read more »

Kumpulan Penyakit Akibat Letusan Gunung Api dan Langkah Pencegahannya

© suara.com Kumpulan Penyakit Akibat Letusan Gunung Api dan Langkah Pencegahannya – Warga menyelamatkan diri saat abu vulkanik erupsi Gunung Semeru disertai angin kencang menyelimuti kawasan Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, ... Read more »

Gelar Aksi, Serikat Buruh Tuntut Upah Naik Lebih Besar

Serikat buruh menggelar aksi terkait putusan MK tentang uji formil UU Cipta Kerja dan UMK DKI Jakarta. Massa mulai berdatangan di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, ditutup menuju arah ... Read more »

Pencarian Korban Semeru Difokuskan di Tiga Titik

© Republika/Thoudy Badai Pencarian korban erupsi Semeru difokuskan pada tiga titik (foto: ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG — Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Surabaya, I Wayan Suyatna, mengungkapkan pada hari kelima ... Read more »

5 Tips Belanja Hadiah Mendekati Waktu Liburan

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Banyak dari kita memiliki kebiasaan buruk terburu-buru untuk berbelanja di menit-menit terakhir di hari libur. Ada apa dengan musim liburan yang ... Read more »

Cerita Awal Mula Dejan/Serena Diundang ke Kejuaraan Dunia BWF

© Disediakan oleh Kumparan Atlet bulu tangkis PB Djarum Dejan Ferdinansyah/Serena Kani. Foto: Dok. PB Djarum Dejan Ferdinansyah/Serena Kani akhirnya menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam Kejuaraan Dunia BWF 2021 (BWF ... Read more »

Dinas Pendidikan Kota Depok Geser Libur Sekolah ke Januari 2022

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Depok – Dinas Pendidikan Kota Depok menggeser pembagian rapor ke 7 Januari 2022 untuk menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat. Libur sekolah pada semester ... Read more »

Gaga Muhammad Tersangka! Laura Anna Lumpuh dan Mengalami Spinal Cord Injury, Ini Penyebab sampai Cara Perawatannya

© Disediakan oleh Beautynesia Pengikut Selebgram Laura Anna tentunya tahu mengenai kecelakaan yang dialaminya pada 8 Desember 2019 lalu. Akibat kecelakaan ini, Laura mengalami kelumpuhan lebih tepatnya spinal cord injury. ... Read more »

Warga Siap Menyongsong Kehidupan Baru Bersama Jakarta International Stadium

© Disediakan oleh Kumparan Warga Jakarta tengah menanti rampungnya ikon baru ibu kota. Sebuah bangunan yang akan menjadi stadion termegah di Indonesia: Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan stadion yang terletak ... Read more »

Ini Efek Samping yang Mungkin Muncul Usai Konsumsi Postinor: Pil Kontrasepsi Darurat

© suara.com Ilustrasi Obat. (istockphoto.com) Suara.com – Kasus Bunuh diri mahasiswa asal Mojokerto, Jawa Timur belum lama ini jadi sorotan. Belakangan terungkap bahwa mahasiswi tersebut diduga depresi setelah menjadi korban ... Read more »

Menag Usulkan 4 Strategi Pendidikan Antikorupsi di Sekolah dan Madrasah

© Disediakan oleh Kompas.com Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pemaparan saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021). Rapat kerja tersebut membahas ... Read more »

Peneliti Ingin Rekrut Relawan Untuk Hisap Ganja Sambil Olahraga Dibayar Rp1,4 Juta, Mau?

© suara.com Ilustrasi ganja. (Pixabay) Suara.com – Para peneliti University of Colorado berencana merekrut partisipan penelitian untuk olahraga sambil mengonsumsi ganja. Partisipan yang berminat dan mendaftar harus tinggal di Boulder, ... Read more »

Kepedulian Pertamina untuk Korban Erupsi Semeru, Patut Dicontoh BUMN Lainnya

© JPNN.COM Kepedulian Pertamina untuk Korban Erupsi Semeru, Patut Dicontoh BUMN Lainnya jpnn.com, LUMAJANG – Langkah cepat PT Pertamina dalam membantu korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, mendapat apresiasi. Salah ... Read more »

Deretan SUV Eropa Termurah, Berkelas Banget!

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Mobil-mobil Sport Utility Vehicle (SUV) memang tengah naik daun. Tren ini bisa dilihat dari banyaknya mobil SUV yang diluncurkan dalam beberapa ... Read more »

Yamaha Rilis Motor Replika Toprak Razgatlioglu saat Juarai WSBK 2021

© Disediakan oleh 100kpj.com 100kpj – Yamaha tak berhenti merayakan keberhasilan Toprak Razgatlioglu dalam menjuarai World Superbike (WSBK) 2021. Pabrikan asal Jepang itu kini merilis motor replika Yamaha R1 yang ... Read more »

Dapat Ubahan Istimewa, Yamaha MX King 150 Ini Tampil Makin Mempesona

Dapat Ubahan Istimewa, Yamaha MX King 150 Ini Tampil Makin Mempesona © Disediakan oleh GridOto Modifikasi simpel Yamaha MX King 150 2banh.vn Dapat Ubahan Istimewa, Yamaha MX King 150 Ini ... Read more »

Cegah Balap Liar di Titik-titik Rawan

© Disediakan oleh Kompas.com Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada ... Read more »

Yamaha MX King 150 Jadi Istimewa, Tampilan Jadi Makin Sporty dan Keren

Yamaha MX King 150 Jadi Istimewa, Tampilan Jadi Makin Sporty dan Keren © Disediakan oleh GridOto Modifikasi Yamaha MX King 150 Nguyen Dinh Hien Yamaha MX King 150 Jadi Istimewa, ... Read more »

Lihat Langsung Eksterior Avante D1 Milik PO Harapan Jaya

© Disediakan oleh Kompas.com Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1 BOGOR, KOMPAS.com – PO Harapan Jaya baru saja menambah armada baru dari Karoseri Tentrem. Bodi bus ... Read more »

Cegah Balap Liar, Dishub Kota Bekasi Pasang Speed Trap di Jalan Ini

© Disediakan oleh Kompas.com Speed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar. BEKASI, KOMPAS.com – Ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai, ... Read more »

Honda Supra GTR 150 Siap Touring, Kakinya Maksimal dan Pasang Breket Box

Honda Supra GTR 150 Siap Touring, Kakinya Maksimal dan Pasang Breket Box © Disediakan oleh GridOto Modifikasi Honda Winner 150 alias Supra GTR 150 yang istimewa Thien Phuc Honda Supra ... Read more »

5 SUV Bekas di Bawah Rp150 Juta

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Mobil-mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) masih akan menjadi tren beberapa tahun ke depan. Gejala ini bisa dilihat antrean SUV yang ... Read more »

Ada-ada Saja, Jok Suzuki Jimny Dimodifikasi Ganti Pakai Ban Serep

© suara.com Suzuki Jimny dalam pergelaran GIIAS 2019. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan] Suara.com – Polisi di negara bagian Queensland, Australia, menangkap pengendara mobil Suzuki Jimny yang melakukan modifikasi tidak ... Read more »

Libur Natal dan Tahun Baru, Sistem Ganjil Genap akan Diterapkan di Jalur Puncak

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Kebijakan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap akan diterapkan di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama masa libur Natal ... Read more »

Demi Dinikahi, Penyanyi Ini Dituding Paksa Suaminya Ceraikan Istri Pertama

© Disediakan oleh InsertLive Pernikahan Datuk Nora Arifin penyanyi asal Malaysia menuai kontroversi usai beredarnya rumor dirinya telah menjadi pelakor demi merebut suaminya, Rushdi Ramli. Penyanyi berusia 49 tahun itu ... Read more »

Prilly Latuconsina: Ada yang Bilang Jangan Kerja Mulu Nanti Susah Jodoh

© Disediakan oleh InsertLive Prilly Latuconsina kerap dicecar pertanyaan terkait kapan dirinya akan menikah, padahal usianya masih 25 tahun terbilang muda untuk wanita zaman sekarang membina rumah tangga.  Prilly Latuconsina mengaku ... Read more »

9 Potret Akrab Jerome Polin Bersama Rekan Seleb, Akhirnya Bertemu!

© Disediakan oleh IDN Times Sosok Jerome Polin kini tak lepas dari sorotan warganet. YouTuber asal Indonesia yang menempuh pendidikan sarjananya di Jepang ini terkenal dengan berbagai konten menarik yang ... Read more »

Chord dan Lirik Lagu Christmas Eve - Celine Dion

© Disediakan oleh IDN Times Celine Dion merupakan salah satu musisi berkebangsaan Kanada yang aktif di dunia tarik suara sejak tahun 1980. Karya-karya lawasnya tak lekang oleh waktu dan masih ... Read more »

Raffi Ahmad Beber Pendapatan Anak Keduanya, Jumlahnya Fantastis

© JPNN.COM Raffi Ahmad Beber Pendapatan Anak Keduanya, Jumlahnya Fantastis jpnn.com, JAKARTA – Anak kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik disebut sudah bisa menghasilkan uang sejak dilahirkan pada 26 ... Read more »

Presiden Bolsonaro Tolak Bukti Vaksin Jadi Syarat Masuk ke Brasil

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Brasil Jair Bolsonaro memberikan keterangan pers saat meninggalkan Rumah Sakit Vila Nova Star, di Sao Paulo, Brasil. Foto: Miguel SCHINCARIOL / AFP Presiden Brasil, Jair ... Read more »

Polda Metro Jaya Tetapkan 6 Pelaku Balap Liar Jadi Tersangka Kasus Pengeroyokan Polisi di Pondok Indah

© Disediakan oleh Kompas.com Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah (kiri) bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat pengungkapan kasus pengeroyokan anggota kepolisian yang terjadi di ... Read more »

Optimisme konsumen makin menguat pada November 2021

© Fransiskus Simbolon Optimisme konsumen makin menguat pada November 2021 KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Optimisme konsumen makin menguat pada November 2021. Bank Indonesia menyebut, ini terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang ... Read more »

Raffi Ahmad Bongkar Penghasilan Endorse Rayyanza, Wow!

© JPNN.COM Raffi Ahmad Bongkar Penghasilan Endorse Rayyanza, Wow! jpnn.com, JAKARTA – Kehadiran Rayyanza Malik Ahmad, membawa berkah tersendiri bagi orang tuanya Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pasalnya, baru hadir ... Read more »

5 Film Action dengan Tokoh Utama Perempuan, Aktingnya Juara!

© Disediakan oleh IDN Times Film action biasanya menampilkan banyak adegan menegangkan yang memacu adrenalin. Ada aksi kejar-kejaran di jalanan, baku tembak, hingga perkelahian yang brutal. Kerap menampilkan banyak adegan ... Read more »

Tulis Nama Gala Sky, Fuji Sindir Doddy Sudrajat?

© JPNN.COM Tulis Nama Gala Sky, Fuji Sindir Doddy Sudrajat? jpnn.com, JAKARTA – Adik Bibi Ardiansyah, Fuji mengunggah potret Gala Sky melalui akun miliknya di Instagram. Pada foto tersebut, dia ... Read more »

Komjak: RUU Kejaksaan dapat Perkuat Tugas Jaksa Agar Lebih Terukur

© TRIBUN/DANY PERMANA Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak memberikan pandangannya terkait kasus Djoko Tjandra saat mengunjungi redaksi Tribun Network di Palmerah, Jakarta, Jumat (4/9/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Laporan Wartawan Tribunnews.com, ... Read more »

Indonesia Tambah 1.000 Personel Pasukan Penjaga Perdamaian PBB

© Fajar Nugraha Indonesia berkomitmen untuk terlibat aktif dalam pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Jakarta: Indonesia berkomitmen untuk terlibat aktif dalam pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Untuk itu, ... Read more »

Blackpink The Movie Tayang Eksklusif di Disney+ Hotstar 15 Desember 2021

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Blackpink The Movie akan tayang eksklusif di Disney+ Hotstar mulai Rabu, 15 Desember 2021. Untuk merayakan lima tahun sejak debut pertamanya, ... Read more »

Terobos Penutup Jalan Medan Merdeka Barat, Massa Buruh Berupaya Dekati Gedung MK

© Disediakan oleh Kompas.com Massa buruh yang semula menggelar aksi unjuk rasa di Monas mulai bergeser memasuki Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (8/12/2021) pukul 12.10 WIB. Mereka memaksa terobos ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic