Apa arti penurunan populasi penduduk China bagi dunia?

apa arti penurunan populasi penduduk china bagi dunia?

Apa arti penurunan populasi penduduk China bagi dunia?

BBC Future menjawab lima pertanyaan utama mengapa populasi China berkurang dan apa dampaknya bagi tren demografi global?

Pada tengah malam tanggal 1 Juli 1982, China memulai usaha besar-besaran untuk mengetahui berapa banyak orang yang ada di negara itu pada saat yang tepat.

Tidak ada yang memeriksa sejak 1964, jadi tidak ada yang bisa menebak apa yang akan mereka temukan.

Setelah persiapan bertahun-tahun, lima juta personel terlatih diterjunkan. Mereka akan menghabiskan waktu beberapa bulan untuk menghitung anggota setiap rumah tangga di negara tersebut.

Pendataan itu dilakukan dengan menggunakan 29 komputer yang dibeli khusus untuk melakukan tugas itu – termasuk 21 komputer yang diimpor dari AS dengan pengecualian khusus.

Pada bulan Oktober di tahun yang sama, hasilnya: New York Times memuat tajuk utama “POPULASI CHINA 1.008.175.288: SATU PEREMPAT DUNIA”.

Pertumbuhan selama beberapa dekade telah meningkatkan populasi negara itu ke ambang batas baru yang mengejutkan, yaitu satu miliar orang. Seorang bayi lahir di sana setiap dua detik.

Kebijakan satu anak di China diperkenalkan pada 1980, dengan tujuan eksplisit untuk mengurangi pertumbuhan populasi menjadi nol.

Namun, meskipun kebijakan itu berjalan selama 36 tahun, hingga 2016, baru sekarang China memasuki “pertumbuhan negatif”.

Jumlah populasinya mulai menyusut untuk pertama kalinya dalam 60 tahun terakhir.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Biro Statistik Nasional China, negara ini adalah rumah bagi 1,4118 miliar orang pada 2022, berkurang 850.000 dari 2021.

Ini mencerminkan penurunan tingkat kelahiran di China, yang telah turun selama enam tahun terakhir, mencapai rekor terendah 6,77 kelahiran per 1.000 orang.

Perubahan tersebut disambut dengan kekhawatiran dan optimisme – termasuk kekhawatiran tentang apa artinya ini bagi ekonomi global, dan harapan bahwa kemakmuran yang berkelanjutan mungkin tidak bergantung pada pertumbuhan populasi seperti yang diasumsikan secara historis.

Badan amal Population Matters meyakini bahwa angka stabil China harus dirayakan untuk potensi manfaat lingkungan dan kesejahteraan warga negara.

Namun, pergeseran demografis yang mencolok di negara terpadat di dunia ini menimbulkan banyak ketidakpastian dan implikasi untuk masa depan.

Apakah populasi China yang baru menurun benar-benar mengejutkan? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap planet ini? BBC Future melihat lima pertanyaan besar untuk memahami cerita ini.

Mengapa butuh waktu lama bagi populasi China untuk menyusut?

Pada 1991, hanya beberapa tahun sejak kebijakan satu anak diberlakukan, tingkat kelahiran di China turun sampai di bawah tingkat fertilitas total.

Setiap perempuan memiliki anak lebih sedikit dari jumlah yang dibutuhkan untuk mempertahankan ukuran populasi dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Di sebagian besar negara, nilainya biasanya sekitar 2,1. Itu berarti seorang perempuan dan pasangannya akan digantikan oleh satu anak setelah kematian mereka, yang menyiratkan tidak ada perubahan keseluruhan dalam populasi.

apa arti penurunan populasi penduduk china bagi dunia?

China adalah konsumen sumber daya alam terbesar di dunia, seperti bahan bakar fosil, meskipun AS memiliki penggunaan per kapita tertinggi.

Di tahun-tahun berikutnya, pertumbuhan China yang berlanjut bukan karena inisiatif kontroversialnya telah gagal, melainkan karena efek dari tindakan sebaliknya, yang dikenal sebagai “momentum demografis”.

Ini menjelaskan bagaimana populasi dengan tingkat kematian yang konstan dan nol migrasi dapat terus meningkat selama beberapa dekade, bahkan ketika perempuan memiliki kurang dari 2,1 anak.

Semuanya tergantung pada penundaan waktu antara kelahiran dan kematian.

Sampai saat ini, penduduk China relatif muda, dengan usia rata-rata 35 tahun pada 2010, dibandingkan dengan 44,3 di Jerman (sekarang menjadi 38,4).

Di saat yang sama, orang hidup lebih lama – pada 2021, harapan hidup negaranya melampaui AS.

Jadi, meski jumlah bayi yang lahir per perempuan menurun drastis, masih ada lebih banyak bayi yang lahir daripada jumlah kematian.

Namun, sekarang kondisinya telah berubah. Penurunan tingkat kesuburan dan peningkatan kecil pada kematian yang dilaporkan selama pandemi Covid-19, diduga berperan dalam mempercepat penurunan angka absolut di China, meskipun hal itu telah lama diantisipasi.

Akankah penurunan jumlah populasi China memengaruhi prediksi total populasi global?

Menurut laporan Prospek Populasi Dunia PBB untuk 2022, populasi China diperkirakan akan menurun pada tahun 2023 – pengurangan yang baru-baru ini diungkapkan oleh badan sensus negara sudah diperkirakan selama beberapa waktu.

Nyatanya, pergeseran itu hanya terjadi sedikit lebih awal.

Tonggak penting dalam demografi China ini telah diperhitungkan dalam banyak proyeksi pertumbuhan populasi global.

Berdasarkan perkiraan bahwa populasi  China akan mulai menyusut pada 2023, bersama dengan prediksi untuk negara-negara lain, PBB memperkirakan jumlah manusia di planet ini akan terus meningkat, mencapai 8,5 miliar pada 2030, dan mencapai puncaknya pada 10,4 miliar pada 2086.

Ini adalah skenario “sedang”, di mana tingkat kelahiran negara-negara dengan tingkat kesuburan tinggi akan menurun, sedangkan negara-negara dengan tingkat kesuburan rendah akan mengalami peningkatan tipis.

apa arti penurunan populasi penduduk china bagi dunia?

India akan menjadi negara terpadat di dunia tahun ini.

“Ini terjadi di China sekarang, tetapi tidak terjadi di seluruh dunia. Ini tidak akan terjadi di tingkat global selama 63 tahun lagi,” kata Alistair Currie, kepala kampanye dan komunikasi di Population Matters.

Sebagian besar pertumbuhan akan terjadi di Afrika sub-Sahara, yang diproyeksikan berkontribusi pada lebih dari separuh peningkatan populasi antara periode sekarang hingga 2050.

Jumlah penduduk di wilayah tersebut diproyeksikan berlipat ganda dalam periode itu, dengan Nigeria mengambil tempat sebagai negara terpadat keempat di planet ini.

Menurut Shuang Chen, asisten profesor di departemen kebijakan sosial di London School of Economics, berfokus pada jumlah populasi China yang banyak akan membuat kita tidak bisa memahami hal penting.

Meskipun dia mengakui bahwa dari perspektif ini, penurunan tersebut mungkin bermanfaat bagi perubahan iklim.

China bertanggung jawab atas 27% emisi karbon dioksida ke atmosfer pada 2022.

Saat ini, China juga sedang membangun lebih dari separuh pembangkit listrik tenaga batu bara baru di planet ini.

“Tapi yang benar-benar menimbulkan kekhawatiran secara sosial adalah apa yang dimaksud dengan struktur. Karena banyak hal berubah sangat cepat… masyarakat mungkin tidak punya waktu untuk beradaptasi,” kata Chen.

Negara mana yang siap menyalip China sebagai negara dengan penduduk terpadat?

Dalam laporan PBB tahun 2022, juga diramalkan bahwa 2023 akan menjadi tahun di mana India melampaui tetangganya dan menjadi negara terpadat di dunia.

Mengingat hasil sensus, beberapa pihak bahkan berspekulasi bahwa ini mungkin sudah terjadi.

Populasi India diperkirakan akan terus meningkat, dari 1,417 miliar pada 2022 menjadi 1,515 miliar pada 2030.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh dua faktor: tingkat kesuburan tetap tinggi, sementara tingkat kematian menurun karena perbaikan dalam pengobatan.

Lalu ada faktor umur penduduk. Populasi India sekitar satu dekade lebih muda dari rata-rata China, jadi secara total ada lebih banyak orang usia subur.

Bagaimana tingkat kesuburan China dibandingkan dengan negara lain?

Tingkat kesuburan China terus menurun sejak 1990-an, ke level terendah sepanjang masa dengan tingkat kesuburan 1,28 pada 2020.

Sebagai perbandingan, ada 2,05 kelahiran per perempuan di India pada tahun yang sama, dan 1,64 di AS.

Bahkan Jepang, dengan tingkat kelahiran dan penduduk berusia tua yang terkenal rendah, memiliki tingkat kesuburan 1,34.

apa arti penurunan populasi penduduk china bagi dunia?

China memiliki beberapa kota terpadat di Bumi.

Penurunan yang tajam dari kekuatan reproduksi China diperkirakan disebabkan oleh sejumlah faktor.

Untuk satu hal, ada ketidakseimbangan antara laki-laki dan perempuan di China.

Kebijakan satu anak membuat China memiliki rasio jenis kelamin yang miring: ada preferensi tradisional untuk anak laki-laki, dengan banyak anak perempuan yang diaborsi, ditinggalkan, atau bahkan dibunuh.

Di beberapa kelompok umur, sekarang ada lebih dari 11 laki-laki untuk setiap 10 perempuan – menunjukkan bahwa satu dari setiap 11 laki-laki akan berjuang untuk menemukan pasangan pada usia yang sama.

Faktor lainnya diduga termasuk meningkatnya biaya hidup, dan kecenderungan menikah di kemudian hari.

Namun, ada juga yang mengalami pergeseran nilai. Survei demi survei mengungkapkan para perempuan China sekarang memandang jumlah anak ideal adalah satu, dua, atau nol, meskipun kebijakan dua anak diperkenalkan pada 2015 lalu.

Masalah ini diperparah selama pandemi Covid-19, ketika kebencian terhadap kebijakan lockdown dan pembatasan lainnya menyebabkan tagar #wearethelastgeneration menjadi trending di media sosial.

Akankah populasi China terus menyusut?

Selama kira-kira 200 tahun terakhir, banyak negara-negara industri telah mengalami “transisi demografis”.

Setelah awalnya tumbuh dengan pesat, populasi mereka akhirnya bertransisi dari tingkat kelahiran dan kematian yang tinggi menjadi tingkat kelahiran dan kematian yang rendah.

China dianggap sebagai masyarakat “pasca-transisi”, yang telah menyelesaikan siklus ini.

Namun, kurang jelas apa yang akan terjadi selanjutnya. Tingkat kesuburan China diperkirakan akan terus menurun, terutama karena populasi usia tua dan jumlah perempuan usia subur secara keseluruhan lebih sedikit.

Namun, ada dua hal besar yang tidak diketahui.

Salah satunya adalah migrasi. Tingkat imigrasi China saat ini sangat rendah, tetapi Currie menjelaskan bahwa hal ini dapat berubah karena negara tersebut berupaya untuk menumbuhkan ekonominya.

Lalu ada kemungkinan dampak dari langkah-langkah yang diambil pemerintah untuk mendorong warga bereproduksi.

Saat ini, langkah-langkah itu tidak terbukti efektif, tetapi beberapa ahli khawatir itu dapat mengadopsi taktik yang lebih koersif.

“Untuk kebijakan membalikkan penurunan kesuburan itu sendiri sangat menantang,” kata Chen.

“Dalam beberapa tahun terakhir China telah membuat banyak langkah baru, termasuk menghapus kebijakan satu anak, beberapa jenis subsidi pada tingkat yang berbeda.

Tapi cara-cara itu belum benar-benar bekerja dengan baik, fertilitas belum berbalik. Saya yakin penurunan ini akan terus berlanjut.”

Versi bahasa Inggris artikel ini dengan judul What will China’s population drop mean for the world? dapat Anda baca di BBC Future.

News Related

OTHER NEWS

Kecelakaan Beruntun 9 Kendaraan di Jalur Padang-Bukittinggi, 3 Orang Tewas

Kecelakaan beruntun 9 kendaraan di Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis (26/1). Foto: Dok. Istimewa Sembilan kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Jalur Padang-Bukittinggi, di Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah ... Read more »

Update Harga HP Samsung Bulan Januari 2023, A Series, M Series, S Series hingga Z Series

TRIBUNKALTIM.CO – Berikut ini harga HP Samsung bulan Januari 2023. Samsung menawarkan berbagai tipe HP di antaranya, Samsung Galaxy A Series, Samsung Galaxy M Series, Samsung Galaxy S Series, Samsung ... Read more »

Daftar Harga iPhone Terbaru Januari 2023: iPhone 11 Mulai Rp 7,2 Juta, iPhone 14 Mulai Rp 14,9 Juta

TRIBUNPALU.COM – Daftar harga iPhone terbaru Januari 2023 di iBox, iPhone 14 dijual mulai Rp 14,9 juta. Ponsel terbaru dari Apple, iPhone 14 saat ini dijual mulai dari harga Rp ... Read more »

Cristiano Ronaldo Terancam Hukuman Berat Usai Diduga Terlibat Skandal Juventus

Penyerang Portugal Nassr Cristiano Ronaldo bereaksi selama pertandingan sepak bola semifinal Piala Super Saudi antara Al-Ittihad dan Al-Nassr di Stadion Raja Fahd di Riyadh pada 26 Januari 2023. Foto: Fayez ... Read more »

Bisa Redakan Gejala, Ini Daftar Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

SRIPOKU.COM — Asam lambung menjadi salah satu masalah kesehatan yang membuat penderitanya tak bleh sembarangan mengkonsumsi makanan Konsumsi makanan yang tak boleh sembarangan ini bahkan berlaku untuk buah-buahan, dimana penderita ... Read more »

29 Januari Jadi Hari Arak, Pemprov Bali Gelar Perayaan Khusus

Produk arak Bali yang sudah dilegalisasi – IST DENPASAR, Kanalbali.com – Gubernur Bali I Wayan Koster bakal mengundang pimpinan daerah, bupati, pengusaha dan GM hotel di Bali untuk merayakan Hari ... Read more »

Ancaman Resesi Ekonomi, Mobil Dinas Bupati Mamuju Seharga Rp 1,6 M Disorot

Mobil dinas baru Bupati Mamuju jenis Toyota Vellfire dengan nilai anggaran Rp 1,6 miliar. Foto: Istimewa Mobil dinas baru Bupati Mamuju mendapat sorotan dari pegiat anti korupsi, Muhaimin Faisal. Dia ... Read more »

Tinggalkan Baby Izz selama 3 Hari, Nikita Willy Tulis 7 Aturan Penting

Untuk pertama kalinya, Nikita Willy harus meninggalkan Baby Izz dalam waktu tiga hari. Istri dari Indra Priawan ini mengaku sedih karena harus meninggalkan buah hatinya. “First time leaving my baby for ... Read more »

Indonesia Masters: Sengit di Gim Penentuan, Jonatan Christie Tembus Semifinal

Pebulu tangkis tunggal putra Indoneia Jonatan Christie saat melawan pebulu tangkis tunggal putra Irlandia Nhat Nguyen pada babak 32 besar turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2023 di Istora Gelora Bung Karno, ... Read more »

5 Tips Diet Sehat bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Diet sendiri bukan berarti mengurangi penuh asupan makanan hingga hanya mengonsumsi porsi sedikit. Jakarta: Menjaga berat badan untuk tetap ideal adalah salah satu pola hidup sehat yang perlu diterapkan oleh ... Read more »

Harga Tiket Masuk, Jam Operasional Kebun Binatang Solo Safari, Dilengkapi Jadwal Pertunjukan

TRIBUNKALTIM.CO – Berikut harga tiket masuk, Jam operasional kebun binatang Solo Safari. Lokasinya dekat hotel dan tempat sewa motor, sebelum berganti nama menjadi Kebun Binatang Solo Safari dulunya yaitu Taman ... Read more »

Sunrise Wedding Fair 2023, Diikuti Vendor Weding Ternama sampai Promo Menarik

SUNRISE mall Mojokerto kembali menghadirkan pameran wedding yang spektakuler di awal tahun kelinci ini. Pameran yang berkolaborasi dengan 96 Enterprise ini di ikuti banyak vendor ternama. ’’Ada sekitar 30 vendor ... Read more »

Mahasiswa UI yang Kecelakaan dengan Pensiunan Polisi Jadi Tersangka

Ilustrasi kecelakaan motor. Foto: osobystist/Shutterstock Polisi menetapkan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah sebagai tersangka atas kasus kecelakaan yang melibatkan dirinya dengan salah satu pensiunan Polri, AKBP (Purn) Eko Setia Budi ... Read more »

Daftar Harga HP Oppo dan Vivo, Mulai dari Rp 1 Jutaan - Rp 2 Jutaan di Januari 2023

TRIBUNMANADO.CO.ID – Simak daftar Harga hp Oppo dan Vivo, mulai dari Rp 1 Jutaan-Rp 2 Jutaan di bulan Januari 2023 berikut ini. Diketahui hp Oppo dan Vivo merupakan dua merek ... Read more »

Harga Mobil Baru Wuling 2023, Vairan Terendah Wuling Air ev Rp 243 Juta, Wuling Almaz Rp 385,8 Juta

POS-KUPANG.COM – Manajemen Wuling Motor, produsen mobil, menginformasikan kepada konsumen perihal kenaikan harga mobil baru Wuling.� Berdasarkan pricelist di situs resmi Wuling.id, kenaikan harga mobil baru Wuling terjadi pada akhir ... Read more »

Ini Manfaat Penting Vaksin Booster Covid-19 Kedua Menurut IDI

Ini Manfaat Penting Vaksin Booster Covid-19 Kedua Menurut IDI KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah merilis program vaksin booster Covid-19 kedua sejak 24 Januari 2023 lalu. Vaksin booster kedua ... Read more »

Promo J.CO Hari ini Jumat 27 Januari 2023, Minum Kopi Beli 1 Gratis 1 Mulai dari Rp 40.000

TRIBUNKALTIM.CO – ingin tahu Promo J.CO hari ini Jumat 27 Januari 2023? Pada Promo J.CO kali ini tersedia penawaran menu terjangkau berupa: 1 box Jpops + 1 Jcoll To Go ... Read more »

Promo AW Restoran Januari 2023, Dapatkan 6 Potong Ayam dan Gratis 2 Burger hanya Rp 112.000

TRIBUNKALTIM.CO – Ingin tahu promo AW Restoran terbaru di minggu ke 4 bulan Januari 2023? promo AW Restoran Januari 2023 tawarkan Paket MonDeal (Monday Deal). Persis seperti namanya, paket ini ... Read more »

Video Inspirasi Modifikasi Hyundai Creta Serba Gelap Tapi Mantap

Video Inspirasi Modifikasi Hyundai Creta Serba Gelap Tapi Mantap Video Inspirasi Modifikasi Hyundai Creta Serba Gelap Tapi Mantap Bagi Anda pemilik Hyundai Creta, berikut kami hadirkan referensi modif Hyundai Creta ... Read more »

Full Aksesoris, Motor Baru Honda Dax 125 Edisi Spesial Resmi Hadir

Full Aksesoris, Motor Baru Honda Dax 125 Edisi Spesial Resmi Hadir Honda Dax Nippon Vibes by Kitaco Honda Full Aksesoris, Motor Baru Honda Dax 125 Edisi Spesial Resmi Hadir Full ... Read more »

Polisi: 1 Orang Terluka dalam Insiden Penyerangan Bus Arema di Sleman

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan di Polda DIY, Kamis (22/12/2022). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan mengatakan, satu orang luka dalam insiden penyerangan bus Arema FC ... Read more »

Plat Nomor Kendaraan RF Tak Berlaku Mulai Oktober 2023, Cek Biaya Nopol Cantik

Plat Nomor Kendaraan RF Tak Berlaku Mulai Oktober 2023, Cek Biaya Nopol Cantik KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Info penting bagi pemilik mobil dengan plat nomor kendaraan RF. Cek juga biaya untuk ... Read more »

China Sukses Turunkan Populasi, India Kini Punya Penduduk Terbanyak di Dunia

Jalan-jalan di kota China yang dipadati oleh penduduk. Foto: REUTERS/STR Hampir seabad China tercatat sebagai negara dengan penduduk terbanyak, kini posisi itu disalip India. Program-program penurunan jumlah penduduk China sukses ... Read more »

Kekesalannya Sudah di Ubun-ubun, Venna Melinda Ogah Dipertemukan dengan Ferry Irawan, Ingin Perceraian Segera Diproses

Kekesalannya Sudah di Ubun-ubun, Venna Melinda Ogah Dipertemukan dengan Ferry Irawan, Ingin Perceraian Segera Diproses Venna Melinda ogah temui Ferry Irawan di Polda Jatim, Kamis (26/1/2023). Tak mau mediasi dan ... Read more »

Mau Bangun Rumah Minimalis? Ini Dia Perkiraan Biayanya

Memiliki rumah yang aman dan nyaman adalah impian semua orang. Selain kedua faktor tersebut, hal yang selalu menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah rumah adalah harga dari rumah tersebut. Seiring ... Read more »

Ada Handle Di Dalam Mobil, Sudah Tahu Fungsinya?

Hand grip di interior mobil memiliki fungsi menjaga posisi tubuh dari gaya sentrifugal saat berkendara. Jakarta: Hampir di setiap mobil yang ditumpangi ditemukan handle/hand grip yang ada di atas kaca ... Read more »

Bangun Jam 5 Pagi Ternyata Banyak Manfaatnya

Manfaat bangun jam 5 pagi. (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mencoba bangun pagi bukan hal mudah bagi sebagian orang. Apalagi, jika dia mengalami kesulitan tidur malam. Dalam buku berjudul 5 am ... Read more »

5 Pejabat Pemprov Banten Dipecat Gegara Ini

5 Pejabat Pemprov Banten Dipecat Gegara Ini banten.jpnn.com, SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah memecat lima pejabat aparatur sipil negara (ASN) sepanjang 2022. Para pejabat ASN yang diberhentikan tersebut ... Read more »

Proyek Jalan Tol Rengat-Jambi di Riau Masih Belum Digarap, Lahan Jadi Akar Masalahnya

Proyek Jalan Tol Rengat-Jambi di Riau Masih Belum Digarap, Lahan Jadi Akar Masalahnya Ilustrasi. Pembangunan Jalan Tol Rengat-Jambi masih terkendala masalah lahan. Dok. Kementerian PUPR Proyek Jalan Tol Rengat-Jambi di ... Read more »

Polisi Haiti Lumpuhkan Negara, Serbu Rumah PM hingga Terobos Bandara

Seorang demonstran mengangkat poster bertuliskan: “Terlalu banyak darah polisi yang ditumpahkan. Kami tidak tahan lagi” selama protes atas pembunuhan polisi baru-baru ini oleh geng bersenjata, di Port-au-Prince, Haiti 26 Januari, ... Read more »

Milisi Gaza Tembakkan Dua Rudal ke Selatan Israel

Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel mencegat roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza, di atas kota Sderot, Israel, Sabtu (6/8/2022). Foto: Jack Guez/AFP Milisi Palestina di Gaza menembakkan dua rudal ... Read more »

Sadap WA Terbaru 2023: Inilah Sadap WA dengan Nomor HP Pacar, Bobol Chat Pacar Pakai Sadap WhatsApp

TRIBUNKALTIM.CO – Simak informasi seputar aplikasi whatsApp terkini. Berikut sadap WA terbaru 2023 terbaru. Inilah sadap WA dengan nomor HP pacar. Bobol chat pacar pakai sadap WhatsApp. Simak cara sadap ... Read more »

Polisi Beberkan Alasan Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI vs Pensiunan Polisi Disetop

Ilustrasi tabrak lari. Foto: Jan H Andersen/Shutterstock Polda Metro Jaya mengungkapkan alasan penghentian penyidikan kasus kecelakaan antara mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah dengan AKBP (Purn) Eko Setio BW. Dirlantas Polda ... Read more »

Viral Babinsa Terima Amplop Berlogo Kemenhan Berisi Uang Rp 1 Juta

Viral video Babinsa menerima amplop berisi uang Rp 1 juta saat mengikuti pengarahan Menhan Prabowo Subianto. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jagat Twitter dihebohkan dengan video viral Bintara Pembina Desa (Babinsa), yang ... Read more »

Soal Kevin/Marcus Harus Mundur dari Indonesia Masters, Coach Herry Ungkap Fakta Sebenarnya

Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) mengundurkan diri dari pertandingan saat melawan pasangan China Liu Yu Chen-Ou Xuan Yi dalam babak 16 besar Daihatsu Indonesia Master ... Read more »

Catat Harga Komponen Fast Moving Suzuki Ignis, Dibanderol Mulai Rp 20 Ribuan

Catat Harga Komponen Fast Moving Suzuki Ignis, Dibanderol Mulai Rp 20 Ribuan Harga komponen fast moving Suzuki Ignis Trybowo Laksono Catat Harga Komponen Fast Moving Suzuki Ignis, Dibanderol Mulai Rp ... Read more »

RESMI: Asnawi Mangkualam Gabung Jeonnam Dragons

Asnawi Mangkualam Bahar – Timnas Indonesia U-23 Asnawi Mangkualam telah resmi diperkenalkan sebagai pemain baru dari klub kasta kedua Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Melalui saluran media sosial klub, Asnawi diperkenalkan ... Read more »

Niat dan Doa Lengkap Sholat Dhuha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi atau waktu Dhuha, yakni ketika matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah. Jika diukur menggunakan jam, maka ... Read more »

Hotel Whiz Prime Padang Hadir dengan Promo Menarik Periode Januari-Maret 2023

Hotel Whiz Prime Padang Hadir dengan Promo Menarik Periode Januari-Maret 2023 Memasuki tahun 2023 Hotel Whiz Prime yang beralamatkan di Jalan Khatib Sulaiman No. 48A Padang memberikan promo-promo menarik. Sebelumnya ... Read more »

Cerita Ibu Korban Penculikan Sempat Diminta Pinjamkan Anak

Cerita Ibu Korban Penculikan Sempat Diminta Pinjamkan Anak BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Senyuman itu tidak dapat disembunyikan oleh Jumani, orang tua korban penculikan. Saat kembali bersama anak kesayangannya yang masih berusia ... Read more »
Kênh kiến thức kỹ năng, phát triển bản thân, hướng nghiệp, blog nhân sự