Analisis Penyebab Persib Kebobolan 9 Gol dalam Tiga Pertandingan

analisis penyebab persib kebobolan 9 gol dalam tiga pertandingan

Starting eleven Persib jelang melakukan kick off pada pertandingan Persib vs Madura United, Sabtu (30/7/2022), di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dalam laga pekan kedua Liga 1 2022-2023. Jadwal Liga 1 2022-2023 pada pekan ketiga memuat duel Borneo FC vs Persib.

KOMPAS.com – Tren buruk menghantui Persib Bandung dalam mengawali Liga 1 2022-2023.

Tim berjulukan Maung Bandung ini belum pernah menang dalam tiga pekan yang sudah dilakoni.

Lebih tragis lagi, gawang raksasa sepak bola Indonesia tersebut sudah kebobolan sembilan kali.

Ini membuat Persib terperosok di papan bawah klasemen sementara Liga 1 2022-23.

Persib ditahan imbang Bhayangkara FC dengan skor 2-2 pada laga perdana. Lalu, mereka kalah 1-3 ketika menjamu Madura United dan terbaru, Persib dilibas Borneo FC Samarinda 1-4 di Segiri.

Kebobolan sebanyak itu merupakan jumlah terbanyak dalam tiga pekan awal yang dialami Persib dalam mengawali kompetisi sejak era Liga 1.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts pernah memberi penilaian sebab timnya kebobolan. Dalam laga melawan Bhayangkara FC, koordinasi menjadi alasan.

Pada kekalahan melawan Madura United, flank kanan ditambah terlalu tingginya garis pertahanan jadi sebab.

Dalam pertandingan ketiga, kesalahan elementer membuat Maung Bandung dilibas di kandang Pesut Etam.

Dari tiga laga itu, ada tiga pemain yang tidak mendapat rotasi di garis pertahanan. Mereka adalah Nick Kuipers, Rachmat Irianto dan Daisuke Sato.

Awal musim ini, Robert justru lebih mempercayakan Nick Kuipers tandem dengan Rachmat Irianto.

Padahal, Irianto pemain baru. Jelas ini merupakan duet baru yang butuh adaptasi dan chemistry antara dua pemain tersebut.

Mohamad Kusnaeni atau yang karib disapa Bung Kus, memberikan analisis soal permasalahan di lini belakang Persib sehingga mudah dibobol.

Itu tentang pemahaman pelatih kepada kemampuan atau atribut pemain yang dimiliki.

“Menurut saya, pemahaman tentang kemampuan-kemampuan daftar pemain itu juga perlu ditelaah lebih jernih oleh pelatih,” ujar Bung Kus.

Ia memberikan contoh atribut yang dimiliki Rachmat Irianto, rekrutan jenius Persib musim ini. Sosok dengan sapaan Rian ini selalu mengisi pos bek tengah dalam tiga pertandingan Persib.

Atribut terkuat Irianto jika ditelaah adalah melakukan intersep. Itu terbukti dengan catatan 11 intersep dan 9 clearance dalam tiga pertandingan, yang merupakan jumlah tertinggi dibandingkan pemain lain.

analisis penyebab persib kebobolan 9 gol dalam tiga pertandingan

Marc Klok mengemban tugas sebagai kapten di pertandingan Persib kala menghadapi Bhayangkara FC. Laga Bhayangkara FC vs Persib berkesudahan 2-2 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (24/7/2022). Pada pekan kedua Liga 1, Persib akan menjamu Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (30/7/2022).

Ketika ia ditempatkan sebagai bek tengah—walau merupakan posisi natural—tetapi atribut paling menonjol milik Rian menjadi kurang berperan.

“Contoh sederhana begini, Rachmat Irianto atribut terkuatnya itu intersep. Nah itu (intersep) ketika dia sebagai bek tengah, maka atribut dia kurang berperan,” ujar Bung Kus.

Andai Rian dimainkan sebagai gelandang bertahan, berduet dengan Marc Klok, menurut Bung Kus komposisi tersebut bisa menjadi lebih ideal serta efektif.

Padahal, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah berulang kali menjadikan Rian sebagai gelandang bertahan atau bahkan menjadi bek kanan jika terdesak.

Ini dilakukan karena kualitasnya menjadi lebih maksimal. Ia memotong lebih dini serangan lawan.

“Ketika dia (Rian) ditempatkan sebagai gelandang bertahan, itu akan menjadikan dia sangat dominan dan itu sudah ditunjukkan di Timnas Indonesia. Maka Shin Tae-young menjadikan dia gelandang bertahan, atau terkadang menjadi bek kanan,” tutur Bung Kus.

“Sekarang dia dimainkan sebagai bek tengah, atribut dia itu kurang menonjol karena dia lebih banyak harus berduel, tekel, nah itu yang kemudian bersama dengan Nick, peran Rian tidak menonjol dan jumlah kebobolannya juga banyak.”

Keputusan Robert menempatkan Kakang Rudianto di sayap kanan juga menjadi salah satu keputusan keliru.

Kakang bisa menonjol menjadi bek kanan di Timnas U-19 karena lawannya di level sesama usia muda.

Melihat Kakang bermain di sayap kanan dengan level permainan top Liga 1, tentunya ia masih membutuhkan waktu yang tepat dengan pengalamannya.

“Kakang memang berkembang sebagai bek kanan di level Timnas, tapi itu untuk level usia muda, apakah untuk senior seperti itu?” ujarnya.

“Kalau pertimbangan-pertimbangan sudah matang dan sudah tepat, mungkin kekalahan yang di dua laga terakhir itu tidak akan terjadi.”

Menjadi pertanyaan besar mengapa Robert tak menduetkan Kuipers dengan Achmad Jufriyanto sejak laga pertama.

Padahal, Jupe adalah pemain yang terhitung fit, ia tak melewatkan masa pramusim seperti pemain lainnya yang diganggu cedera.

Persib mestinya tidak mengesampingkan pemain senior seperti Jupe—sapaan Jufriyanto. Musim lalu Persib berpredikat sebagai klub dengan kebobolan paling rendah daripada tim lainnya juga berkat kontribusi Jupe.

Komposisi segitiga yang sering dimainkan musim lalu adalah duet Nick Kuipers-Victor Igbonefo, atau Nick Kuipers-Achmad Jufriyanto, atau Achmad Jufriyanto-Victor Igbonefo.

Sesekali Kakang Rudianto sebagai pemain muda diselipkan.

“Kenapa Kakang tidak diduetkan dengan Nick Kuipers dan Rian ditandemkan dengan Klok di tengah, kalau misalnya situasinya darurat. Atau mencoba alternatif seperti sebelumnya, Jupe berduet bersama Nick atau dengan Igbonefo,” tanya Bung Kus.

Ia cukup menyayangkan justru potensi Irianto yang merupakan rekrutan cemerlang Persib musim ini, belum terekspose secara maksimal.

Hal itu terjadi lantaran Rian ditempatkan di bek tengah.

Keputusan Robert merekrut dua bintang timnas sudah tepat. Tetapi memasangkannya di posisi yang berbeda menjadi keputusan yang menimbulkan pertanyaan.

“Sebetulnya mendatangkan Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya itu merupakan operasi transfer yang cemerlang, cukup jenius,” ujar Buing Kus.

“Karena kalau berbasis data, lini tengah Persib musim lalu itu kurang daya gedor atau daya perebutan bolanya kurang dan hanya bergantung pada Marc Klok.“

“Padahal di posisi itu (gelandang), Marc Klok kekurangan duet, Dedi Kusnandar tidak terlalu optimal, Abdul Aziz dianggap tidak memiliki kemampuan yang bagus (dalam merebut bola).”

“Ini ada Rachmat Irianto yang bisa meringankan beban kerja Marc Klok di lini tengah, malah ditempatkan sebagai bek tengah,” bebernya.

News Related

OTHER NEWS

Mau Nginap di Hotel Kekinian? Ini Daftar Hotel di Cirebon untuk Staycation, Cek Sekarang

TRIBUNCIREBON.COM – Berikut ini rekomendasi hotel murah di Cirebon cocok untuk staycation dengan harga mulai dari di bawah Rp 100 ribuan. Staycation menjadi trend di masa kini, seiring dengan perkembangan ... Read more »

Beda dengan Indonesia, di Arab Saudi Rumput Saja Ditanam Biar Menghijau, Begini Potretnya

BANGKAPOS.COM — Indonesia memiliki iklim yang tropis di setiap wilayahnya. Iklim tropis di Indonesia memiliki ciri-ciri di antaranya suhu yang bersifat panas dan hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau ... Read more »

'Menyakitkan' Ayah Meninggal, Dimas Ahmad Hancur, Sang Kakak Pilu: Yah Bercandamu Terlalu Berlebihan

TRIBUNNEWSMAKER.COM – Duka masih menyelimuti keluarga Dimas Ahmad, ‘kembaran’ Raffi Ahmad. Tiga hari sudah, Agus ayahanda Dimas Ahmad meninggal dunia. Meski begitu rasa kehilangan masih begitu dirasakan oleh Dimas Ahmad ... Read more »

Industri Perlu Lakukan Ini Lho Biar Stunting di Indonesia Makin Turun

Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan yang diterbitkan pada 2021 mencatat kasus prevalensi stunting di Indonesia mencapai 24,4 persen. Jakarta: Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (Appnia) terus ... Read more »

Henock Munandar Diangkat Jadi Dirut Bank BTPN, Simak Profilnya

Henock Munandar Diangkat Jadi Dirut Bank BTPN, Simak Profilnya KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. PT Bank BTPN Tbk telah mendapatkan nahkoda baru. Henoch Munandar diangkat menjadi Direktur Utama perseroan lewat  Rapat Umum Pemegang ... Read more »

Jangan Ditiru Gaes! Coki Pardede Ungkap Alasan Pakai Narkoba

Setelah lama menghilang dari dunia hiburan, Coki Pardede kini kembali muncul ke hadapan publik lewat konten podcast bersama Deddy Corbuzier. Jakarta: Setelah lama menghilang dari dunia hiburan, Coki Pardede kini ... Read more »

Pangkat Soeharto Saat G30S PKI Mayor Jenderal, Mengapa Tidak Diculik PKI?

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Banyak yang penasaran dengan pangkat Soeharto saat G30S PKI yang ternyata adalah mayor jenderal, lantas mengapa dia tidak diculik PKI ? Jelang G30S PKI nama Soeharto Trending ... Read more »

Tragedi Madiun 1948: Sejarah Kelam, Narasi Alternatif dan Rekonsiliasi

BBC Suara.com – Ribuan orang diperkirakan meninggal akibat perang saudara, yang menurut sejarah resmi, disebut Pemberontakan Madiun 1948 oleh Partai Komunis Indonesia, PKI. Korban meninggal tidak hanya tokoh Islam, pamong ... Read more »

Cocok Jadi Guru, 4 Zodiak Ini Punya Jiwa Pengajar yang Baik

Ilustrasi guru (pixabay.com) Suara.com – Profesi guru memainkan peran penting dalam hidup. Guru dalam konteks ini tentu tak cuma soal akademik dan mengajar di sekolah saja, tapi juga guru di ... Read more »

Beda Marc Klok dan Rachmat Irianto, Mengapa Kambuaya Latihan Terpisah di Persib Usai Bela Timnas?

TRIBUNKALTARA.COM – Berita BRI Liga 1 2022 terbaru, tiga penggawa Persib Bandung yang sebelumnya bela Timnas Indonesia sudah kembali. Tiga pemain Persib Bandung yang dimaksud adalah Marc Klok, Rachmat Irianto, ... Read more »

Beragam Fakta dan Mitos Unyeng-unyeng, Mulai dari Pertanda Nakal hingga Genius

Ilustrasi kepala anak dengan dua unyeng unyeng. Foto: Shutter Stock Unyeng-unyeng atau pusar rambut di kepala memiliki baragam mitos yang sering kita dengar sehari-hari. Meski begitu, ada juga sederet fakta ... Read more »

Oknum Polisi Viral yang Marah-marah di Tol Bocimi Dimutasi dan Demosi

Oknum Polisi Viral yang Marah-marah di Tol Bocimi Dimutasi dan Demosi jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR – Anggota polisi yang viral di media sosial karena marah-marah saat menilang pemobil di Tol Bocimi, ... Read more »

HUKUM Suami Memukul Istri dalam Islam, Ternyata Begini Tanggapan Tegas Buya Yahya: Bukan Pukul Bogem

SRIPOKU.COM -�Begini tanggapan Buya Yahya terkait suami yang memukul istrinya dalam Islam. Kasus kekerasan dalam rumah tangga alias KDRT menjadi isu yang hangat diperbincangkan. Terlebih lagi mengenai kekerasan yang dianggap ... Read more »

Komisaris Utama Wismilak Willy Walla Tutup Usia

Ilustrasi. JAKARTA, KOMPAS.com – PT Wismilak Inti Makmur Tbk mengumumkan, Komisaris Utama Willy Walla telah meninggal dunia. Direktur Wismilak Inti Makmur Lucas Firman Djajanto mengabarkan hal tersebut melalui keterbukaan informasi ... Read more »

Restui Pernikahan Kedua Aldi Taher dan Dewi Perssik, Salsabilih Beri Satu Syarat

BANJARMASINPOST.CO.ID – Kala pedangdut Dewi Perssik sedang dekat dengan Rian Ibram, Aldi Taher malah berniat untuk kembali menikahinya. Bahkan, keinginan Aldi Taher menikahi janda Angga Wijaya itu diungkap Salsabilih, sang ... Read more »

Nggak Ada Lo Gak Rame, 4 Zodiak Bikin Tongkrongan semakin Asyik

TRIBUNBATAM.id – Sadar gak sih dalam kelompokmu sekarang ada satu orang yang membuat suasana jadi ramai. Istilahnya, ketidakhadirannya dalam setiap pertemuan akan membuat suasana terasa hambar. Orang seperti ini biasanya ... Read more »

Ingat Catherine Wilson? Dulu Berat Badan Naik Lantaran Narkoba, Kini Makin Cantik dan Segera Nikah

TRIBUNMANADO.CO.ID- Artis cantik Catherine Wilson�sungguh berbahagia lantaran segera mengakhiri masa jandanya. Padahal ia sempat bermasalah dengan berat badannya, pasca terkena kasus Narkoba. Namun kini ia sudah banyak berubah, dan tubuhnya ... Read more »

Baru Semalam Berkabar, Reza DA Bereaksi Saat Tahu Lesti Laporkan Dugaan KDRT Rizky Billar, Ucap Doa

TRIBUNJABAR.ID – Baru mengetahu kabar baru Lesti melaporkan Rizky Billar, Reza DA bereaksi mengaku kaget hingga tak menyangka. Reza menceritakan semalam Lesti Kejora, rekan artisnya itu masih berkabar. Kabar Lesti ... Read more »

Daftar Harga Wuling Almaz, Mulai Rp 298 Jutaan

Wuling Almaz JAKARTA, KOMPAS.com – Almaz merupakan flagship SUV dari Wuling Motors (Wuling) yang dibekali beragam inovasi canggih untuk mendukung mobilitas modern dari penggunanya. Saat ini Almaz tipe termurah dibanderol ... Read more »

Putri Imam S Arifin Jadi Otak Kasus Pencurian Motor, Polisi: Ada 17 Laporan

Polisi meringkus 3 orang pelaku pencurian motor di bebarapa wilayah Taman Sari, Jakarta Barat. Pelaku wanita berinisial RDA yang ternyata putri dari pedangdut legendaris, Imam S Arifin. (Suara.com/Faqiih) Suara.com – ... Read more »

Wisata Papua: Melihat Jejak Sejarah Perang Dunia II di Biak Numfor

TRIBUN-PAPUA.COM -�Kabupaten Biak Numfor, Papua, memiliki sejumah destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Termasuk destinasi wisata sejarah Perang Dunia II. Wisatawan bisa melihat jejak sejarah Perang Dunia II di ... Read more »

BSI Jadi BUMN, Stafsus Erick Thohir: Tinggal Finalisasi

Bank Syariah Indonesia(BSI) bakal jadi BUMN. JAKARTA, KOMPAS.com – Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, saat ini proses Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi BUMN sudah dalam proses finalisasi. Menurut ... Read more »

Wawancara: Presiden Perhimpunan Persahabatan Selandia Baru China sebut "pelayanan" kata terbaik untuk gambarkan CPC

Wawancara: Presiden Perhimpunan Persahabatan Selandia Baru China sebut “pelayanan” kata terbaik untuk gambarkan CPC Presiden Perhimpunan Persahabatan Selandia Baru China (New Zealand China Friendship Society/NZCFS) Dave Bromwich berbicara pada konferensi ... Read more »

Beli Tomyum Rating Terburuk Seharga Rp120 Ribu, Warna Kuah Bikin Publik Gagal Fokus

Ilustrasi makanan pedas (Unsplash/Nick Karvounis) Suara.com – Rating merupakan tolok ukur bagi konsumen untuk mengetahui kualitas dari restoran secara online. Tak heran banyak orang memutuskan untuk membeli makanan dari restoran ... Read more »

Bisa Untuk Usah Rental Mobil, Suzuki APV Bekas Dijual Mulai Rp 50 Juta Aja

Bisa Untuk Usah Rental Mobil, Suzuki APV Bekas Dijual Mulai Rp 50 Juta Aja Ilustrasi Suzuki APV Bekas harganya mulai Rp 50 jutaan Dok. OTOMOTIF Bisa Untuk Usah Rental Mobil, ... Read more »

Sapi Australia Seperti Ini Dianggap Seksi, Harganya Sama dengan Mobil Mewah

Ilustrasi sapi (unsplash.com/ @mrmrs) Suara.com – Sejumlah peternak di Australia berburu sapi jantan karena harganya bisa menyamai harga mobil mewah. Dalam sebulan terakhir, dua ekor sapi jantan bisa terjual dengan ... Read more »

Menolak Diajak Berhubungan Badan, Perempuan Asal Kediri Dicekik Hingga Tewas di Sungai

SURYAMALANG.COM|KEDIRI – Polres Kediri bersama Kejari Kabupaten Kediri menggelar rekonstruksi dugaan pembunuhan terhadap MD (24) warga Desa Karangrejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Kamis (29/9/2022) siang. Tersangka dalam kasus ini yakni ... Read more »

Terlibat dalam Skenario Pembunuhan Berencana Brigadir J, Mantan Kabag Renmin Propam Polri Didemosi Satu Tahun

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, Jumat (8/7/2022). (ANTARA/Laily Rahmawaty) SuaraJogja.id – Pimpinan Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) menjatuhkan saksi mutasi bersifat demosi ... Read more »

Desa Huaxi Terkaya di China, Tiap Warganya Punya Tabungan Rp3,6 M dan Kemana-mana Naik Helikopter

BANGKAPOS.COM – Inilah Huaxi, yang didapuk sebagai desa terkaya di negeri Tiongkok, China. Umumnya sebuah desa identik dengan pemandangannya yang asri, berisi hamparan perkebunan atau persawahan. Sayangnya pemandangan seperti itu ... Read more »

Siaran TV Analog Dihentikan Per 5 Oktober 2022, Cara Pindah ke TV Digital Pakai STB Baru

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Pemerintah memastikan per tanggal 5 Oktober 2022 akan melakukan penghentian siaran Televisi analog atau Analog Swtich Off ( Aso ). Kebijakan akan diberlakukan untuk wilayah Jabodebetabek seluruhnya. Sebab ... Read more »

Rizky Billar Murka Disebut Numpang Hidup pada Lesti Kejora, Ungkap Beri Uang Bulanan 3 Digit

TRIBUNKALTIM.CO – Rizky Billar murka disebut numpang hidup pada Lesti Kejora, ungkap beri uang bulanan hingga tiga digit dan kartu kredit. Rizky Billar menyebut Lesti Kejora bebas menggunakan kartu kreditnya ... Read more »

Pak Mahfud MD, Tolong Kami..! Korban DNA Pro Akademi di Bali Rugi Rp 6,8 Miliar

Suara.com – Suara Denpasar – Tidak hanya menyurati Komisi III DPR RI. Korban investasi bodong apMenkopolhukamlikasi robot trading DNA Pro Akademi di Bali juga meminta tolong kepada  Mahfud MD untuk ... Read more »

Uang BSU Belum Cair? Simple, ini Cara Lapor Dana BSU Rp 600.000 Tidak dicairkan Lewat Rekening

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker ) Memberikan Bantuan Subsidi Upah ( BSU ) Kepada karyawan yang menerima Gaji paling tinggi Rp 3.500.000 dan terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. ... Read more »

TransNusa Kembali Terbang Lagi, Tiket Jakarta-Bali Mulai Rp 800 Ribu

Ilustrasi pesawat TransNusa. Foto: Dok. TransNusa Maskapai penerbangan berbiaya hemat (low-cost carrier) TransNusa kembali mengumumkan operasional penerbangannya ke sejumlah destinasi di Indonesia. Menyambut kembali kehadirannya di langit Indonesia, TransNusa mengumumkan ... Read more »

Sejarah Lubang Buaya G30S 1965, Tempat Pembuangan Jasad 7 Pahlawan Revolusi Indonesia

TRIBUNJOJA.COM – Peristiwa keji Gerakan 30 September (G30S) pada 1965 masih menyisakan luka mendalam bagi Bangsa Indonesia. Bukan hanya menewaskan para pahlawan revolusi, tapi juga warga lainnya, bahkan jumlah korban ... Read more »

BUMN Rugi Dipastikan Tidak Akan Dapat Kucuran PMN

PEMANGKASAN ESELON I KEMENTERIAN BUMN Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan perusahaan negara yang masih membukukan kerugian tidak akan memperoleh Penyertaan Modal Negara (PMN). Pada tahun anggaran 2023, alokasi ... Read more »

Mantan Plt Gubernur DKI Ini Ungkap Kriteria Sosok yang Pantas Gantikan Anies

Mantan Plt Gubernur DKI Ini Ungkap Kriteria Sosok yang Pantas Gantikan Anies jakarta.jpnn.com, KEBAYORAN LAMA – Mantan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono mengungkapkan kriteria sosok yang pantas menggantikan ... Read more »

Berikut 5 Rekomendasi Alternatif Tujuan Wisata Jogja Bersama Keluarga

TRIBUNJOGJA.COM – Wisata Jogja seakan menjadi magnet bagi setiap orang. Hadirnya beragam Wisata Jogja menjadi alasan untuk selalu kembali ke kota istimewa ini. Tak heran peminat Wisata Jogja mencakup semua ... Read more »

Niat Healing di Danau, Malah Karam Bareng Perahu Bebek

Kapal Bebek Karam (Instagram/@ngakaksehat) SuaraJogja.id – Danau adalah salah satu tempat healing yang menarik, apalagi sambil menaiki perahu bebek. Meski begitu, ada saja insiden yang menarik terjadi ketika orang-orang naik ... Read more »

Kriss Hatta Pacari Anak 14 Tahun Langsung Dicap Pedofil, KPAI Geram Beri Ultimatum: Jangan Dianggap Wajar!

Kriss Hatta Pacari Anak 14 Tahun Langsung Dicap Pedofil, KPAI Geram Beri Ultimatum: Jangan Dianggap Wajar! Kriss Hatta pacari anak 14 tahun (Instagram.com/krisshatta07) Kriss Hatta Pacari Anak 14 Tahun Langsung ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network