Alasan Sekjen PBB Antonio Guterres Terapkan Pasal 99 Terkait Perang Israel-Hamas

TRIBUNNEWS.COM – Inilah alasan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres menerapkan Pasal 99 terkait perang Israel-Hamas di Gaza.

Seruan Guterres terkait Pasal 99 diutarakan pada Rabu (6/12/2023) kemarin.

Pernyataan Guterres dinilai mewakili upaya PBB untuk mencegah semakin melebarnya bencana kemanusiaan di Gaza.

Dikutip dari laman resmi PBB, lewat gencatan senjata yang berlaku selama seminggu, 240 sandera yagn ditahan oleh kelompok militan Hamas Palestina ditukar dengan tahanan Palestina.

Tapi setelah jeda pertempuran sementara itu berakhir, peperangan dimulai lagi pada Jumat (1/12/2023).

Guterres pun menyatakan penyesalan mendalam karena konflik Israel-Hamas masih saja berlanjut.

Lalu, apa itu Pasal 99 yang baru saja dsebutkan oleh Sekjen PBB?

Dilansir dari Al Monitor, dalam suratnya kepada Presiden Dewan Keamanan PBB, Jose Javier De la Gasca Lopez Dominguez, Guterres mengutip Pasal 99 Piagam PBB.

Guterres juga menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza.

alasan sekjen pbb antonio guterres terapkan pasal 99 terkait perang israel-hamas

Gambar selebaran yang dirilis oleh kantor pers kepresidenan Kuba menunjukkan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres saat konferensi pers di KTT iklim PBB COP28 di Dubai pada 2 Desember 2023. – Inilah alasan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres menerapkan Pasal 99 terkait perang Israel-Hamas di Gaza .(Alejandro Azcuy/PRESIDENCIA CUBA/AFP)

Dikutip Ap News, De la Gasca adalah perwakilan tetap Ekuador untuk PBB dan presiden dewan tersebut untuk bulan Desember.

“Risiko besar runtuhnya sistem kemanusiaan di Gaza, situasinya dengan cepat memburuk dan menjadi bencana dengan dampak yang berpotensi tidak dapat diubah bagi warga Palestina secara keseluruhan dan bagi perdamaian serta keamanan di wilayah tersebut,” ucap Guterres, dikutip dari Jordan Times.

“Dengan gencatan senjata kemanusiaan, sarana untuk bertahan hidup dapat dipulihkan, dan bantuan kemanusiaan dapat disalurkan dengan aman dan tepat waktu di seluruh Jalur Gaza,” urainya dalam surat tersebut.

Apa isi Pasal 99?

Dalam Pasal 99, Sekjen PBB punya kewenangan untuk menyampaikan kepada Dewan Keamanan mengenai suatu permasalahan yang dinilai “dapat mengancam pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional” sesuai dengan Piagam PBB.

Seruan penggunaan Pasal 99 terakhir kali diajukan pada tahun 1989 oleh Sekretaris Jenderal saat itu Javier Perez de Cuella terkait perang saudara di Lebanon.

Menurut Direktur PBB untuk International Crisis Group, Richard Gowan, penerapan Pasal 99 yang diserukan oleh Guterres tidak akan memiliki dampak praktis.

Mengingat, Dewan Keamanan PBB telah membahas perang Israel-Hamas secara teratur sejak konflik itu dimulai.

Gowan menilai, seruan Guterres menunjukkan kepentingan simbolis.

“Ini dipahami sebagai kode untuk situasi yang sangat mendesak dan suram yang sedang berkembang. Saya pikir itulah semangat yang diterima PBB,” kata Gowan kepada Al-Monitor.

“Guterres secara teratur berbicara mengenai situasi di Gaza, dan menerapkan Pasal 99 adalah cara baginya untuk meningkatkan retorikanya,” menurut Gowan.

alasan sekjen pbb antonio guterres terapkan pasal 99 terkait perang israel-hamas

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menghadiri KTT Keamanan Kecerdasan Buatan (AI) Inggris di Bletchley Park, di Inggris tengah, pada 2 November 2023. – Inilah alasan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres menerapkan Pasal 99 terkait perang Israel-Hamas di Gaza. (Leon Neal/POOL/AFP)

Pemberlakuan Pasal 99 ini muncul ketika Uni Emirat Arab (UEA) mendorong resolusi Dewan Keamanan yang menyerukan gencatan senjata segera.

UEA berupaya untuk melakukan pemungutan suara pada resolusi tersebut pada hari Jumat, menurut Reuters.

Keputusan tersebut memerlukan sembilan dari 15 negara anggota untuk memberikan suara “ya” agar bisa lolos, selain tidak adanya veto dari lima anggota tetap Dewan Keamanan: Amerika Serikat (AS), Inggris, Perancis, Rusia dan Tiongkok.

Gowan mengatakan AS kemungkinan akan memveto resolusi tersebut dan Guterres mungkin akan membuat marah AS jika ia tampak mendukung langkah UEA.

Reaksi Israel terkait seruan Pasal 99 yang disampaikan Guterres

Pemerintah Israel mengkritik tindakan Guterres.

Dalam postingan di X, Menteri Luar Negeri Eli Cohen mengatakan pengaktifan Pasal 99 “merupakan dukungan terhadap Hamas.”

“Siapapun yang mendukung perdamaian dunia harus mendukung pembebasan Gaza dari Hamas” ujarnya.

Rasa frustrasi Israel terhadap Guterres bukanlah hal baru.

Pada bulan Oktober, Israel mengecam Guterres karena mengatakan serangan mematikan Hamas “tidak terjadi dalam ruang hampa”.

Tel Aviv menuduhnya membenarkan ‘terorisme’.

Beberapa Menlu puji Guterres

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri UEA, Abdullah bin Zayed memuji upaya Guterres sehubungan dengan seruan Pasal 99.

Selain UEA, beberapa negara Arab lainnya memuji tindakan Guterres.

alasan sekjen pbb antonio guterres terapkan pasal 99 terkait perang israel-hamas

Peta yang dibuat oleh Peace Now menunjukkan wilayah yangd sietujui Israel untuk dibangun unit pemukiman ilegal tambahan di Yerusalem Timur yang mereka duduki. Persetujuan Israel ini diketok pada 29 November 2023, menghalangi satu-satunya penghubung antarlingkungan di Palestina. – Inilah alasan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres menerapkan Pasal 99 terkait perang Israel-Hamas di Gaza. (Tangkap Layar/Peace Now)

Menteri Luar Negeri Oman Sayyid Badr Albusaidi menyebut langkah tersebut merupakan “langkah proporsional yang mencerminkan gawatnya situasi di Gaza” dalam postingannya di X.

Lalu, Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengatakan dia membahas Pasal 99 dengan Guterres pada hari Rabu (6/12/2023).

Ia mengatakan, dalam sebuah postingan di X bahwa Sekjen PBB menggunakan Pasal 99 karena situasi yang “tidak dapat ditoleransi” di Gaza.

Mengapa penerapan Pasal 99 penting?

Upaya untuk mencapai gencatan senjata dilakukan ketika situasi di Gaza makin memburuk.

Sejak perang pecah pada 7 Oktober 2023, lebih dari 17.000 orang tewas, sebagian besar adalah warga sipil.

Sebelumnya, Israel dan Hamas mencapai kesepakatan gencatan senjata berkat ditengahi oleh Qatar.

alasan sekjen pbb antonio guterres terapkan pasal 99 terkait perang israel-hamas

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres resmi mengaktifkan surat sakti pasal 99 piagam PBB yang merupakan sinyal bahaya terkait keamanan global. – Inilah alasan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres menerapkan Pasal 99 terkait perang Israel-Hamas di Gaza. (AFP)

PBB juga memperingatkan situasi yang semakin mengerikan di Gaza.

Hampir 1,9 juta orang telah mengungsi di wilayah tersebut, atau hampir 85 persen dari populasi sebelum perang.

Listrik hanya tersedia melalui generator dengan tenaga bahan bakar.

Dan hanya 14 dari 36 rumah sakit di Gaza yang berfungsi, menurut laporan terkini dari Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) PBB pada hari Rabu.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World