9 Jenis Permintaan Maaf dalam Bahasa Korea, Formal dan Informal

© Disediakan oleh IntipSeleb.com

IntipSeleb – Maaf dalam bahasa Korea harus diketahui oleh kamu yang sedang belajar bahasa atau akan berlibur ke Negeri Ginseng tersebut. Sikap hormat dan sopan sangat penting dalam budaya Korea.

Ada berbagai cara untuk mengungkapkan permintaan maaf kamu dalam bahasa Korea, tetapi cara terpenting yang harus kamu pelajari adalah cara formal untuk meminta maaf. Ini bisa sangat membantu, dan itu akan menghindari kesalahpahaman.

Selain itu, dalam bahasa Korea juga terdapat permintaan maaf dalam konteks informal. Namun, hanya disarankan untuk penduduk setempat dan penutur asli. Ini digunakan ketika berbicara dengan teman dekat, keluarga, atau seseorang dengan usia yang sama. Nah, berikut ulasan mengenai maaf dalam bahasa Korea yang disadur dari ling-app.com.

Lalu, Bagaimana Mengucapkan Maaf dalam Bahasa Korea?

Cara Formal Untuk Mengatakan Maaf dalam Bahasa Korea

© Disediakan oleh IntipSeleb.com img_title Foto : Tangkapan Layar

1. 죄송합니다 (joe song ham ni da) – Saya minta maaf

Misalkan Anda baru saja mulai belajar bahasa Korea, 죄송합니다. (joe song ham ni da) adalah salah satu frasa terpenting yang perlu kamu ketahui. 죄송합니다 (joe song ham ni da) adalah cara formal yang paling umum digunakan untuk meminta maaf dalam bahasa Korea.

Kamu akan sering menggunakannya saat bepergian melintasi Korea, mulai dari naik kereta bawah tanah, berbelanja di toko-toko lokal, berjalan di jalanan, dan makan di restoran. Kamu bisa mengatakan 죄송합니다 (joe song ham ni da) dalam kebanyakan situasi karena kedengarannya sopan dan hormat.

2. 죄송해요 (joe lagu hae yo) – Saya minta maaf

Ungkapan 죄송해요 (joesonghaeyo) hampir sama dengan 죄송합니다 (joe lagu ham ni da). Mereka memiliki arti yang sama tetapi 죄송합니다 (joesonghaeyo) terdengar sedikit kurang formal dari 죄송합니다 (joe lagu ham ni da).

Frasa ini dapat digunakan ketika berbicara dengan para profesional seperti profesor atau seseorang yang jauh lebih tua dari kamu. Tetapi sekali lagi, jika kamu bukan penutur asli, selalu lebih baik menggunakan yang paling formal.

3. 미안합니다 (mi an ham ni da) – Maaf

미안합니다 (mi an ham ni da) adalah cara lain untuk meminta maaf dalam bahasa Korea. Ketika kamu menambahkan 합니다 (ham-ni-da) ke kata Korea, itu menjadi formal. Kamu juga akan mendengar banyak hal ini di antara penduduk setempat ketika mengunjungi Korea atau menonton serial dan film mereka.

4. 잘못했습니다 (jalmothaetseumnida) –  Ini salahku

Mengakui kesalahan bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang. Dibutuhkan banyak kerendahan hati dan keberanian untuk melakukan ini. Jadi, jika kamu tahu kamu melakukan kesalahan dan ingin meminta maaf secara formal, kamu bisa mengucapkan 잘못했습니다 (jalmothaetseumnida).

5. 실례합니다 (sillye ham nida) – Permisi / Maaf mengganggu

Ungkapan 실례합니다 (sillye ham nida) juga merupakan cara formal untuk meminta maaf dalam bahasa Korea. Tidak sopan untuk menyela atau menyela orang ketika mereka sedang berbicara atau melakukan sesuatu, terutama kepada orang asing. Jika kamu mengunjungi Korea, akan ada saatnya kamu perlu bertanya-tanya dan 실례합니다 (sillye ham nida) adalah ungkapan yang tepat untuk digunakan.

6. 진심으로 사과드립니다 (jinsimeuro sagwadeurimnida) – Saya ingin meminta maaf dengan tulus

Cara formal lain untuk meminta maaf dalam bahasa Korea adalah 진심으로 사과드립니다 (jinsimeuro sagwadeurimnida). Jika kamu merasa benar-benar menyesal telah berbuat salah kepada orang lain, kamu dapat menggunakan ungkapan ini. Kamu mungkin juga melihat banyak frasa ini ketika bekerja di Korea. Biasanya dalam bentuk tertulis, seperti surat atau email.

7. 용서해주세요 (yongseohaejuseyo) – Ini salahku

Frase 용서해주세요 (yongseohaejuseyo) dan 잘못했습니다 (jalmothaetseumnida) memiliki arti yang sama. Perbedaannya adalah 용서해주세요 (jalmothaetseumnida) digunakan untuk meminta maaf secara tidak langsung dan 잘못했습니다 (yongseohaejuseyo) digunakan untuk meminta maaf secara langsung.

Cara Informal Untuk Mengatakan Maaf dalam Bahasa Korea

© Disediakan oleh IntipSeleb.com img_title Foto :

1. 미안해 (mi anhae) – Maaf

Jika kamu ingin meminta maaf kepada teman dekat, kamu bisa mengucapkan 미안해 (mi anhae). Frasa ini adalah cara informal yang paling umum digunakan untuk mengatakan maaf dalam bahasa Korea. Kamu dapat menggunakan ini dalam percakapan santai dengan teman atau orang penting lainnya.

미안해요 (mi an hae yo)

Di sisi lain, 미안해요 (mi an hae yo) adalah cara lain yang paling tidak formal untuk meminta maaf dalam bahasa Korea. Ini tidak umum digunakan, tetapi kamu juga dapat mendengar ini di drama dan film Korea, jadi tidak ada salahnya kamu mempelajarinya.

2. 미안 (mian) – Maaf

Anda mungkin bingung antara frasa 미안해 (mi anhae) dan 미안 (mian). Frasa Korea ini digunakan secara bergantian, tetapi memiliki perbedaan. Ungkapan 미안해 (mianhae) menunjukkan lebih banyak perhatian pada perasaan orang lain daripada 미안 (mian).

3. 저기요 (jeogiyo) – Permisi atau Maaf mengganggu

Ini adalah cara lain untuk mengatakan maaf dalam bahasa Korea. Ungkapan ini memiliki dua arti yang harus kamu perhatikan untuk menghindari kesalahpahaman. Kamu dapat menggunakannya untuk menarik perhatian seseorang untuk mengeluh tentang sesuatu kepada orang lain.

Hati-hati menggunakan ini karena ini dapat berdampak negatif pada seseorang, jadi cobalah untuk memikirkan situasinya terlebih dahulu sebelum mengatakan 저기요 (jeogiyo). Cara lain yang bisa digunakan adalah saat menelepon seseorang seperti di restoran. Tapi, ingat,  저기요 (jeogiyo) bersifat informal.

Cara Menanggapi

© Disediakan oleh IntipSeleb.com img_title Foto : Tangkapan Layar

1. 괜찮습니다 (gwaenchanseumnida) – Tidak apa-apa

Respon yang paling umum untuk permintaan maaf adalah 괜찮습니다 (gwaenchanseumnida). Saat kamu mengatakannya kepada seseorang, pastikan untuk menggunakan nada yang menenangkan untuk menyiratkan bahwa kamu benar-benar baik-baik saja dengan apa yang terjadi.

2. 아니요, 괜찮습니다 (aniyo, gwaenchanseumnida) – Tidak apa-apa, tidak apa-apa

Ekspresi 아니요, 괜찮습니다 (aniyo, gwaenchanseumnida) seperti mengatakan, “Jangan pedulikan itu.” Ini akan membuat kesan bahwa apa yang terjadi tidak mengganggu kamu sama sekali.

4. 알았어. 이번 한번만 용서해줄께 (arasseo. ibeon hanbeonman yongseohaejulkke) – Baiklah. Aku akan memaafkanmu kali ini

Ekspresi 알았어. 이번 한번만 용서해줄께 (arasseo. ibeon hanbeonman yongseohaejulkke) memiliki arti yang hampir sama dengan yang pertama. Satu-satunya perbedaan adalah kamu membiarkan orang lain tahu bahwa itu adalah kesempatan terakhirnya, dan jika itu terjadi lagi, akan ada kemungkinan besar dia tidak akan diampuni.

Internet Explorer Channel Network
News Related

OTHER NEWS

Zakat Bisa Bantu Korban Pinjol, Begini Syaratnya

© Wihdan Hidayat / Republika Zakat Bisa Bantu Korban Pinjol, Begini Syaratnya. Polisi berjaga saat penggerebekan kantor pinjaman online ilegal di Samirono, Yogyakarta, Jumat (15/10) dini hari. Tim siber Ditreskrimsus ... Read more »

Dijual Rp21 Jutaan, Simak Spek Motor Baru Hero yang Bertampang Garang

© Disediakan oleh 100kpj.com 100kpj – Baru-baru ini, pabrikan roda dua asal India, Hero MotorCorp resmi meluncurkan Hero Xtreme 160R Stealth Edition untuk konsumen domestik. Kendaraan yang berasal dari segmen naked dengan status ... Read more »

Suparji Ahmad: Pinjol Ilegal Kian Meresahkan, Harus Diberantas

© JPNN.COM Suparji Ahmad: Pinjol Ilegal Kian Meresahkan, Harus Diberantas jpnn.com, JAKARTA – Pakar hukum pidana dari Universitas Al Azhar Suparji Ahmad mengatakan bahwa pinjaman online (pinjol) ilegal harus diberantas ... Read more »

Beli Yamaha Gear 125 Bisa Modifikasi Desain Sendiri

© Disediakan oleh Kompas.com Yamaha Gear Modification JAKARTA, KOMPAS.com – Melihat perkembangan konsumen yang makin tertarik dengan tema personalisasi, diler Yamaha membuat program Yamaha Gear Modification untuk Gear 125. Konsumen ... Read more »

Prabowo Subianto Ulang Tahun ke-70

© Disediakan oleh Kumparan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta. Foto: ADEK BERRY / AFP Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hari ini ... Read more »

Wika Manufaktur Ekspor Perdana Skuter Listrik Gesits ke Senegal

© dok. PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) resmimelakukan ekspor perdana sepeda motor listrik Gesits ke Senegal,  Sabtu (16/10/2021). TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) resmi melakukan ekspor perdana ... Read more »

Intip Interior Toyota Veloz Anyar, Aplikasikan Floating Head Unit dan Dasbor Three Tone Color

© Gridoto Interior Toyota Veloz. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Foto-foto terbaru Toyota Veloz saat ini sudah bertebaran di internet menjelang peluncurannya yang diperkirakan akan dilakukan awal November 2021 ini atau menjelang ... Read more »

Berita Terpopuler Ekonomi Sepekan: Perhatian Jokowi terhadap Pinjol Ilegal

© Arif Wicaksono Penipuan pinjaman online (pinjol) digital yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo menjadi berita terpopuler Medcom.id dalam sepekan. Jakarta: Penipuan pinjaman online (pinjol) digital yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo menjadi berita ... Read more »

5 Pertanyaan Seru Seputar Otomotif

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Banyak fakta menakjubkan di dunia otomotif yang mungkin gak kamu sadari. Sebab otomotif memang penuh kejutan. Ini berkat Inovasi yang terus ... Read more »

Sandiaga Resmikan Toilet Wisata di Lembah Indah: Kebersihan Sebagian dari Iman

© Disediakan oleh Kumparan Menparekraf Sandiaga Uno resmikan toilet wisata di Lembah Indah, Malang, Minggu (17/10) Foto: Dok. Istimewa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, meminta setiap destinasi ... Read more »

Mengapa Tak Semua Mobil Pakai Electronic Parking Brake?

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi tombol Electronic Parking Brake (EPB) JAKARTA, KOMPAS.com – Fitur Electronic Parking Brake (EPB) memang bukan barang baru di dunia otomotif roda empat. Fitur rem parkir elektrik ... Read more »

Respons Aziz Yanuar Sikapi Akun FPI dan Rizieq Shihab Masuk Daftar Hitam Facebook

© Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra Anggota kuasa hukum Muhammad Rizieq Shihab (MRS), Aziz Yanuar memberikan respons terkait nama akun FPI dan Muhammad Rizieq Shihab (MRS) masuk dalam daftar hitam Facebook. ... Read more »

Juara WorldSBK Jonathan Rea Menyesal Tak Pernah Balapan Full di MotoGP

© Disediakan oleh Kompas.com Jonathan Rea AUSTIN, KOMPAS.com – Juara dunia enam kali WorldSBK Jonathan Rea sedikit menyesal karena tidak pernah membalap penuh di MotoGP untuk membuktikan dirinya sendiri. Rea ... Read more »

Harga Emas Stagnan pada Level Rp914 Ribu per Gram

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Harga emas produksi PT Aneka Tambang atau Antam pada Minggu (17/10/2021) masih bertahan di level Rp914 ribu per gram atau mengalami ... Read more »

Ini Minuman Sultan yang Didapuk Paling Mahal di Dunia, Harganya Rp842 Juta

© Disediakan oleh Kumparan Viral minuman Acqua di Cristallo Tributo a Modiglian merupakan air botol paling mahal di dunia dengan harga Rp843 juta. (Foto: Twitter/@UgNerd) Pasti kamu tidak akan memercayai ... Read more »

Tak bergerak, harga emas Antam tetap ada di Rp 914.000 per gram pada Minggu (17/10)

© Nyoman Hendra Wibowo Tak bergerak, harga emas Antam tetap ada di Rp 914.000 per gram pada Minggu (17/10) KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT ... Read more »

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Terjerat OTT KPK, Golkar Hargai Semua Proses Hukum

© Disediakan oleh tribunnews.com Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin bersama tiga orang lainnya yaitu Kadis PUPR Muba Herman Mayori, Kabid SDA / PPK Dinas PUPR Muba Eddi ... Read more »

JakPro: FEO Akan Survei Lokasi Sirkuit Formula E Akhir Oktober Ini

© Disediakan oleh Kompas.com Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto saat ditemui di ruang rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/10/2021). JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Jakarta Propertindo ... Read more »

Ucapan Terima Kasih Wapres Ma'ruf Amin atas Kesuksesan PON Papua

© Kautsar Halim PON Papua secara resmi berlangsung di empat klaster, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke pada 2-15 Oktober lalu. Jakarta: Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin ... Read more »

UNJ Disebut Akan Ubah Aturan demi Beri Gelar untuk Ma'ruf Amin dan Erick Thohir

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi perguruan tinggi JAKARTA, KOMPAS.com – Aliansi Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengkritisi rencana Senat UNJ mengubah aturan pemberian gelar doktor honoris causa. Sebab, rencana perubahan aturan ... Read more »

Mahasiswa Ini Tunjukkan Asrama Tempatnya Tinggal Mirip Rumah Hantu

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi rumah angker. Foto: Dok. kumparan Memasuki masa-masa kuliah, beberapa mahasiswa yang merantau atau jauh dari rumah terpaksa mencari tempat tinggal di dekat kampus berupa indekos ... Read more »

Tak Capai Ekspektasi, Alpine Kian Fokus Jalankan Proyek 100 Balapan

© Jerry Andre / Motorsport Images Fernando Alonso, Alpine A521, in the gravel Sejak memutuskan untuk terjun ke kancah Formula 1, Alpine memiliki visi jangka panjang. Mereka mengakuisisi melakukan rebranding ... Read more »

Warga Arab Saudi Bahagia Aturan Pembatasan Dilonggarkan

© Reuters Warga Arab Saudi Bahagia Aturan Pembatasan Dilonggarkan. Warga Arab Saudi menikmati waktu dengan memakai masker. Kini, Arab Saudi telah mencabut aturan penggunaan masker di tempat umum bagi mereka yang ... Read more »

Alasan OJK Hapus Kreditcepat dari Pinjaman Online Terdaftar

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghapus PT Alfa Fintech Indonesia (Kreditcepat) dari perusahaan financial technology lending alias pinjaman online terdaftar. Penghapusan dilakukan ... Read more »

Amerika Serikat Sambut Kembali Turis Asing Mulai November 2021

  © Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat. KOMPAS.com – Amerika Serikat (AS) akan melonggarkan aturan perbatasan dan mengizinkan kembali turis asing ... Read more »

Meksiko Temukan Hampir 2.000 Imigran Gelap dalam Satu Hari

© AP Imigran gelap Meksiko REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY — Pemerintah Meksiko mengatakan negara itu mengidentifikasi hampir 2.000 imigran ilegal dalam satu hari. Operasi pengendalian Institut Imigrasi Nasional (INM) Meksiko menemukan ... Read more »

Daftar Top Skor Ahad 17 Oktober: Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Persaingan berebut posisi teratas dalam daftar top skor Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Spanyol kembali memanas pada Sabtu malam, 17 ... Read more »

Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs China di Final Piala Thomas 2020

© Disediakan oleh Kompas.com Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting beraksi pada tPiala Thomas 2020 yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. KOMPAS.com – Final Piala Thomas 2020 mempertemukan Indonesia ... Read more »

Bakar Sate Bareng Ammar Zoni, Irish Bella Tak Takut Badannya Bau Asap

© Tribunnews.com/Fauzi Nur Alamsyah Ammar Zoni dan Irish Bella saat ditemui di kawasan Margonda, Depok, Sabtu (16/10/2021). Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah TRIBUBNEWS.COM, JAKARTA – Aktris cantik Irish Bella baru-baru ... Read more »

10 Perjalanan Cinta Ridho DA-Syifa, Taaruf hingga Sah Menikah

© Disediakan oleh IDN Times Ridho Syafaruddin Hasibuan alias Ridho D’Academy resmi menikahi kekasihya, Syifa Aisyah Fauziah pada Minggu (17/10/21). Padahal belum lama mantan kekasih anak Iis Dahlia ini go ... Read more »

POPULER Seleb: Rachel Vennya akan Diperiksa 21 Oktober | Nathalie Holscher Tak Undang Oma Hetty

© Kolase Tribunnews Buntut kabur saat karantina, Rachel Vennya akan diperiksa polisi | Hetty Holscher mengaku tidak diundang di acara 7 bulanan Nathalie Holscher. TRIBUNNEWS.COM – Simak kumpulan berita populer ... Read more »

Panitia Pemilu Jepang Tak akan Umumkan Jenis Kelamin Calon Anggota Parlemen

© Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo Poster pemilu berbagai calon mulai ditempel di berbagai tempat termasuk di dinding sebuah toko di Tokyo, Sabtu (16/10/2021). Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang TRIBUNNEWS.COM, ... Read more »

Gagal Tangani Covid-19, Jair Bolsonaro Bakal Hadapi 11 Dakwaan Pidana

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Jair Bolsonaro akan menghadapi 11 dakwaan pidana berdasarkan rekomendasi hasil penyelidikan Senat Brasil atas kegagalan pemerintah menangani pandemi Covid-19 dan ... Read more »

Manfaat Menyendawakan Bayi setelah Menyusu

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi ibu menyendawakan bayi setelah menyusu. Foto: Shutter Stock Menyusui punya beragam manfaat untuk ibu dan bayi. Selain memberikan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi, ... Read more »

Lihat, Begini Cara Prajurit Satlinlamil 3 Menjaga Imunitas Tubuh

© JPNN.COM Lihat, Begini Cara Prajurit Satlinlamil 3 Menjaga Imunitas Tubuh jpnn.com, MAKASSAR – Untuk menjaga sistem imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19, prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 ... Read more »

Sholat Jumat di Masjid Kashmir Kembali Ditangguhkan

© AP Photo/Mukhtar Khan Sholat Jumat di Masjid Kashmir Kembali Ditangguhkan. Seorang Muslim Kashmir berwudhu di Masjid Jamia, Kashmir di Srinagar. REPUBLIKA.CO.ID, SRINAGAR — Pengelola Masjid Anjuman Awqaf Jamia, Kashmir mengumumkan sholat Jumat kembali ... Read more »

Apresiasi PON XX Sukses, Mahfud MD: Lahirkan Bukti Papua Cinta NKRI

© Tim Humas Kemenko Polhukam RI Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD saat menyaksikan rangkaian acara PON XX di Papua. TRIBUNNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum ... Read more »

Berkaca Kasus Rachel Vennya, Kemenkes: Aturan Karantina Harus Ditegakkan

© Antara Kogasgabpad sudah melakukan evaluasi terkait kasus kaburnya Rachel Vennya dari karantina. Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta aturan masa karantina ditegakkan. Tujuannya, agar kasus selebgram Rachel Vennya yang kabur ... Read more »

Asosiasi Sumo Jepang Sosialisasikan Bahayanya Obat Terlarang Bagi Para Pesumo

© Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo Ritual Shinto penobatan para pesumo. Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Sebuah sosialisasi berupa lokakarya dari Asosiasi Sumo Jepang diadakan untuk mempelajari ... Read more »

Obat, Kosmetik, dan Barang Gunaan Kini Wajib Bersertifikat Halal

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi kosmetik. Foto: Shutterstock Penyelenggaraan Sertifikasi Halal di Indonesia memasuki babak baru. Bersamaan ulang tahun ke-4 Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag, 17 Oktober 2021, ... Read more »