6 Tradisi Unik yang Ada di Indramayu, Menambah Wawasan Budaya

© Disediakan oleh IDN Times

Hampir di seluruh wilayah di Indonesia memiliki tradisi beragam dan unik yang merupakan ciri khas dari daerah tersebut. Tak terkecuali di Indramayu juga memiliki banyak sekali tardisi unik yang merupakan akulturasi dari budaya Jawa dan Sunda bagian wilayah Utara.

Tradisi sendiri merupakan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang, yang terjadi selama turun temurun dari nenek moyang terdahulu dan masih dijalankan hingga sekarang oleh masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, yuk cari tahu tradisi apa saja sih yang ada di Kota Mangga ini!

1. Nadran

© Disediakan oleh IDN Times 6 Tradisi Unik yang Ada di Indramayu, Menambah Wawasan Budaya

Nadran merupakan sebuah cerminan dari sebuah hubungan manusia dengan sang pencipta yang berupa ungkapan rasa syukur akan hasil tangkapan ikan dan mengharapkan akan meningkatnya hasil tangkapan di masa mendatang, serta dijauhkan dari bencana dan bahaya dalam mencari nafkah di laut.

Nadran sendiri berasal dari kata nazar yang artinya janji. Nadran diselenggarakan antara bulan Oktober sampai Desember di daerah Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, dan Bugel.

Warga biasanya patungan untuk membeli seekor kerbau. Kepalanya untuk dilarungkan Ke laut, sementara dagingnya dimasak untuk makan bersama warga. Tetapi ada pula yang melarungkan miniatur perahu ke lautan.

Para pemilik kapal biasanya menghiasi kapalnya dengan berbagai makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh warga setelah melarungkan kepala kerbau dan miniatur perahu. Melarungkan kepala kerbau memiliki makna membuang kebodohan.

Nadran sendiri merupakan hasil akulturasi budaya Islam dan Hindu yang diwariskan sejak ratusan tahun lalu secara turun temurun. Kemudian inti upacara nadran adalah mempersembahkan sesajen (yang merupakan ritual dalam agama Hindu untuk menghormati roh leluhurnya) kepada penguasa laut agar diberi limpahan hasil laut sekaligus merupakan ritual untuk tolak bala (keselamatan).

2. Ngarot

© Disediakan oleh IDN Times 6 Tradisi Unik yang Ada di Indramayu, Menambah Wawasan Budaya

Ngarot adalah tradisi turun-temurun dari nenek moyang yang diadakan sekali dalam setahun, yaitu pada saat menjelang musim tanam padi biasanya sekitar bulan Oktober, November atau Desember. Tradisi ini rutin diadakan di desa Lelea, Jambak dan Tugu.

Uniknya lagi acara ini diadakan setiap hari Rabu, bukan hari yang lainnya. Pesta Ngarot diawali dengan prosesi arak-arakan keliling desa yang dilakukan oleh para gadis dan pemuda dari daerah tersebut.

Acara ini dianggap penting oleh masyarakat setempat karena, sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat. Di dalam arak-arakan para gadis dan pemuda Ngarot menggunakan simbol-simbol tertentu seperti penggunaan baju adat, mahkota, bunga, keprabon, payung tiga lapis dengan warna kuning emas dan aneka musik pengiring arak-arakan.

Berdasarkan sejarah, ngarot bertujuan untuk mengumpulkan para remaja untuk bertani dan bergotong royong.

3. Mapag Sri

© Disediakan oleh IDN Times 6 Tradisi Unik yang Ada di Indramayu, Menambah Wawasan Budaya

Tradisi mapag sri ini dilakukan saat hendak memasuki musim panen pertama (rendengan) tiba. Tradisi ini merupakan wujud syukur kepada Sang Pencipta karena tanaman padi milik petani mulus mujur hingga saat panen tiba.

Mapag sri sendiri berasal dari kata mapag artinya menjemput, sedangkan sri dimaksudkan kepada Dewi Sri (padi). Masyarakat biasanya diminta patungan untuk mengadakan hiburan wayang kulit dengan lakon Dewi Sri.

Pada zaman dahulu semangat untuk mewujudkan rasa syukur kepada sang pencipta selalu ada walupun sudah menghadapi musim paceklik. Namun untuk menyambut musim panen masyarakat menyambutnya dengan suka cita dan mau berbagi satu sama lain.

Masyarakat membawa tumpeng yang mereka sajikan itu untuk makan bersama dan saling berbagi.

4. Ngunjung

© Disediakan oleh IDN Times 6 Tradisi Unik yang Ada di Indramayu, Menambah Wawasan Budaya

Ngunjung atau munjung  yaitu upacara syukuran yang dilaksanakan di kuburan yang dianggap keramat, biasanya diadakan pada bulan Syuro dan Maulud.

Ngunjung atau munjung berasal dari kata kunjung yang artinya mengunjungi makam leluhur sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh-tokoh yang terdahulu dengan segala jasa yang telah diberikannya.

Sebenarnya tradisi ini selain syukuran dan berdoa, juga sebagai proses pembelajaran bagi para generasi muda untuk selalu mengingat jasa-jasa leluhurnya. Masyarakat bisanya dimintai patungan untuk mengadakan hiburan seperti pagelaran seni sandiwara.

Prosesi ngunjung diawali dengan arak-arakan tumpeng yang dihias sedemikian rupa dan mengelilingi desa dengan diiringi musik pengiring, singa Depok, dan berbagai tarian. Kemudian setelah sampai di kuburan, dilanjut dengan doa bersama setelah selesai tumpeng tadi untuk makan bersama dan saling berbagi.

5. Sedekah Bumi

© Disediakan oleh IDN Times 6 Tradisi Unik yang Ada di Indramayu, Menambah Wawasan Budaya

Sedekah Bumi adalah tradisi yang dilaksanakan oleh para petani pada saat akan turun menggarap sawahnya. Biasanya diadakan pada awal musim hujan yaitu sekitar bulan Oktober sampai Desember. Acara ini biasanya digelar di sawah atau bisa juga di balai desa.

Prosesi tradisi ini biasanya dimulai dari berkumpulnya masyarakat di tempat dilakukannya acara sembari membawa tumpeng yang kemudian dilanjut dengan doa bersama dan setelah itu dilakukan upacara adat. Tradisi ini tujuannya, yaitu sebagai ritual doa agar mendapat hasil padi yang berlimpah dan padi jauh dari serangan hama.

Untuk hiburannya, biasanya diadakan pagelaran wayang kulit Purwa yang juga sebagai salah satu isyarat bagi para petani agar bersiap-siap untuk menggarap sawahnya.

6. Mapag Tamba

© Disediakan oleh IDN Times 6 Tradisi Unik yang Ada di Indramayu, Menambah Wawasan Budaya

Mapag Tamba merupakan sebuah tradisi yang dilaksanakan pada masa tanam padi dengan tujuan untuk mengusir segala penyakit (hama) yang dapat merusak tanaman padi. Dengan membawa air suci yang telah didoakan ke dalam bambu, para petani menyiramkan air ke perbatasan sawah-sawah ke seluruh desa.

Tradisi ini sendiri sudah ada sejak dulu yang turun temurun dilanjutkan hingga saat ini dengan harapan para masyarakat terutama kaum muda dapat melanjutkannya.

Sebagai warga negara Indonesia yang kaya akan keragaman adat dan budayanya, kita semua wajib untuk terus melestarikan adat dan budaya yang sudah diwariskan oleh nenek moyang terdahulu sebagi bentuk penghormatan.

Dari tradisi asal Indramayu di atas, apakah ada tradisi yang mirip dengan daerah asal kamu?

Internet Explorer Channel Network
News Related

OTHER NEWS

Taman Margasatwa Ragunan Kembali Dibuka pada Sabtu, 23 Oktober

© Disediakan oleh Kompas.com Wisatawan di Taman Margasatwa Ragunan saat libur Hari Raya Waisak pada Rabu (26/5/2021). JAKARTA, KOMPAS.com – Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Jakarta Selatan menurut rencana akan kembali dibuka ... Read more »

Selain Kim Seon Ho, 10 Artis Korea Ini Pernah Diterpa Rumor Tak Sedap

© Disediakan oleh IDN Times Tengah digandrungi oleh penggemar dari seluruh dunia, dunia hiburan Korea Selatan tak luput dari berbagai rumor tak mengenakkan yang menerpa para artis di sana. Seperti halnya ... Read more »

Karier Keaktoran Kim Seon Ho Tamat Menyusul Kontroversi Paksa Pacar Aborsi

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Karier keaktoran Kim Seon Ho dipastikan tamat setelah semua kru produksi di proyek-proyek film, drama, dan variety show yang dibintanginya mencoret ... Read more »

Ahli: Perlu Studi untuk Memahami Mengapa Beberapa Orang Kebal Covid-19

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah penelitian sedang berlangsung untuk memahami mengapa beberapa orang kebal terhadap infeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19. Hal itu terungkap dalam artikel ... Read more »

Petenis Muda Inspiratif Emma Raducanu Jadi Ambassador Rumah Mode Dior

© Disediakan oleh Kumparan Emma Raducanu, Global Ambassador Dior. Foto: Dok. Christian Dior Buat kamu yang menggeluti dunia olahraga, terutama tenis, pasti tidak asing lagi dengan Emma Raducanu. Ya, petenis ... Read more »

Analis: Tahun depan, bank digital masih berpotensi bertumbuh

© Carolus Agus Waluyo Analis: Tahun depan, bank digital masih berpotensi bertumbuh KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Sejak awal tahun, IDX Sector Technology masih mencatatkan kenaikan 698,19% hingga Selasa (19/10). Kendati begitu, sejak ... Read more »

Ramai Diperbincangan, Apakah Sistem Pembayaran PayLater itu?

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Perkembangan teknologi memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perihal sistem pembayaran, perkembangan teknologi semakin mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ... Read more »

Keperkasaan rupiah terhadap dolar AS diproyeksi terus berlanjut

© Disediakan oleh Kontan Keperkasaan rupiah terhadap dolar AS diproyeksi terus berlanjut KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Nilai tukar rupiah menguat paling tinggi diantara mata uang negara tetangga terhadap dolar Amerika Serikat ... Read more »

Liga Inggris: Newcastle United Resmi Depak Steve Bruce dari Posisi Pelatih

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Newcastle United secara resmi memutus kontrak pelatih Steve Bruce melalui kesepakatan bersama. Pemutusan itu dilakukan hanya 13 hari setelah klub tersebut ... Read more »

Persebaya Vs Persela, Aji Santoso Sebut Iwan Setiawan Jadi Sosok Pembeda

© Disediakan oleh Kompas.com Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. SLEMAN, KOMPAS.com – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso mengakui sosok Iwan Setiawan bakal menjadi pembeda besar pada laga melawan Persela Lamongan ... Read more »

Komdis PSSI Hukum 3 Pemain AHHA PS Pati: Pukul Wasit, Sikut & Tendang Lawan

© Disediakan oleh Kumparan AHHA PS Pati FC, meluncurkan jersey baru. Foto: Dok. AHHA PS Pati FC Komisi Disiplin (Komdis) PSSI telah menjatuhkan hukuman terhadap tiga pemain AHHA PS Pati ... Read more »

Quartararo Berpeluang Kunci Gelar Juara Dunia Pekan Ini di Misano

© Disediakan oleh Baliexpress Quartararo Berpeluang Kunci Gelar Juara Dunia Pekan Ini di Misano ROMAGNA, BALI EXPRESS – Fabio Quartararo memiliki kesempatan pertamanya untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP akhir ... Read more »

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk TMII dengan Syarat Ini

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Jakarta kini berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 2. Pada tingkatan ini, destinasi wisata boleh buka dan menerima pengunjung ... Read more »

Atasi Penuaan di Usia 40an dengan Minuman Ini!

© Disediakan oleh Beautynesia Bertambahnya usia memiliki beberapa dampak bagi tubuh khususnya bagian kulit. Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi elastisitas kulit akan semakin berkurang. Produksi lemak dan kolagen pun ikut ... Read more »

Krisdayanti Nyeker Naik Sampai Puncak Candi Jago di Malang

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Krisdayanti berkunjung ke Candi Jago di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu, 17 Oktober 2021. ... Read more »

Wisata Gunungkidul Buka, Ribuan Wisatawan Kunjungi Pantai Baron

© Disediakan oleh Kompas.com Pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai hari ini resmi mengizinkan 27 tempat wisata untuk beroperasi kembali dengan sejumlah syarat. ... Read more »

Kenali Jenis-Jenis Marka Jalan dan Fungsinya

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Marka jalan atau yang biasa disebut dengan rambu-rambu lalu lintas merupakan gambar yang berbentuk garis melintang, membujur, lurus, serta serong yang ... Read more »

Hobi Self-Care dengan Mempercantik Diri, Nggak Heran 4 Zodiak Ini Selalu Tampil Menawan

© Disediakan oleh Beautynesia Memberi ruang dan kesempatan peduli pada diri sendiri adalah hal penting. Dengan begitu, kita bisa memberi waktu pada diri sendiri untuk beristirahat dari rutinitas yang melelahkan. Setiap cara ... Read more »

Betulkah Minum Susu Membantu Cepat Tidur Malam?

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Tidur lebih awal atau tepat waktu merupakan hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Selain insomnia, beberapa faktor lain mungkin mempengaruhi ... Read more »

Irfan Bachdim Cerita Memori di J League dan Pemain Muda Kita

© Dok J league Irfan Bachdim (kiri) saat berlaga di Liga Jepang. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Irfan Bachdim merupakan salah satu pemain Indonesia yang pernah berlaga di J League. Irfan pertama kali menginjakkan ... Read more »

Survei: Perempuan Kini Nilai Kecantikan Tak Hanya dari Fisik

LIFESTYLE Survei: Perempuan Kini Nilai Kecantikan Tak Hanya dari Fisik Survei ZAP Beauty Index 2021 menemukan bahwa perempuan saat ini tak hanya melihat fisik sebagai satu-satunya standar kecantikan. October 20th, ... Read more »

Pelatih Malmo Waspadai Ketangguhan Christensen

© EPA-EFE/Claus Bech Bek Chelsea Andreas Christensen. REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Pelatih Malmo FF, Jon Dahl Tomasson tak gentar menghadapi Chelsea di laga ketiga babak penyisihan Grup H Liga Champions, Kamis (21/10) ... Read more »

Dipecat Newcastle, Bruce: Terimakasih atas Kesempatannya

© AP/John Walton/Pool PA Pelatih kepala Newcastle Steve Bruce. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Newcastle United secara resmi memutus kontrak pelatih Steve Bruce melalui kesepakatan bersama hanya 13 hari setelah klub tersebut diakusisi ... Read more »

Tempat Bermain Anak dan Tempat Hiburan di Mal di Jakarta Boleh Beroperasi Selama PPKM Level 2

© Disediakan oleh Kompas.com Orangtua dan anaknya yang bermain di tempat bermain anak di TangCity Mall, Kota Tangerang, Rabu (20/10/2021). JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyesuaikan sejumlah aturan ... Read more »

Jack Ma Belajar Pertanian di Spanyol, Kunjungan Pertama Sejak Kritik China

© Disediakan oleh Tempo.co foto TEMPO.CO, Jakarta – Jack Ma, pendiri Alibaba Group Holding Ltd dikabarkan sedang berada di Eropa untuk studi wisata. Menurut laporan South China Morning Post yang ... Read more »

Kerupuk Ikan Jadi Andalan Wisata Budaya Jambi

© Antara Kerupuk ikan khas hasil produk rumahan ibu rumah tangga di Kelurahan Mudung Laut, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, menjadi salah satu andalan untuk mendukung kawasan wisata budaya di kawasan ... Read more »

McDanny Minta Maaf ke Pengacara Rizieq Shihab

© Sunnaholomi Halakrispen Jakarta: Komedian McDanny dipolisikan dengan tuduhan penghinaan, akibat ucapan McDanny yang menyeret nama Rizieq Shihab dalam tayangan video. Jakarta: Komedian McDanny dipolisikan dengan tuduhan penghinaan, akibat ucapannya ... Read more »

7 Potret Rachel Vennya, Selebgram yang Kabur saat Karantina

© Disediakan oleh Kumparan Nama selebgram Rachel Vennya akhir-akhir ini memang tengah ramai diperbincangkan oleh para netizen. Hal ini lantaran Rachel Vennya diduga kabur saat karantina beberapa waktu yang lalu. ... Read more »

[UPDATE] 1.207 Orang Sembuh dari COVID-19 Hari Ini, 28 Meninggal

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Satgas Penanganan COVID-19 kembali melaporkan penambahan jumlah kasus dalam 24 jam terakhir. Per Rabu (20/10/2021), jumlah pasien sembuh hari ini 1.207 ... Read more »

PPKM Level 2 Jakarta, Kapasitas Pasar yang Jual Non-kebutuhan Sehari-hari Jadi 75 Persen

© Disediakan oleh Kompas.com Suasana Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat terlihat sepi karena masih tutup libur lebaran, Jumat (24/7/2015). Pasar Tanah Abang Blok A dan B akan kembali ... Read more »

RMI PBNU: Perayaan Hari Santri Digelar dengan Keterbatasan

© Antara RMI PBNU: Perayaan Hari Santri Digelar dengan Keterbatasan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sekretaris Rabithah Ma’ahid al Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU), Habib Sholeh mengatakan, perayaan hari santri yang ... Read more »

Serapan Bantuan Tunai di Polda NTB Lewati 100 Persen, Airlangga Beri Pujian

© JPNN.COM Serapan Bantuan Tunai di Polda NTB Lewati 100 Persen, Airlangga Beri Pujian jpnn.com, JAKARTA – Angka penyaluran bantuan tunai bagi pedagang kaki lima dan warung (PKLW) di Polresta ... Read more »

9 Potret Anak Mantan Artis Cilik, Lucu dan Menggemaskan!

© Disediakan oleh IDN Times Mengawali karier di dunia hiburan sebagai artis cilik, sembilan mantan artis cilik di bawah kini sudah berkeluarga dan memiliki buah hati. Mereka ada yang masih ... Read more »

Kecewa Pada Rachel Vennya, Ratu Rizky Nabila Tuai Hujatan Netizen

© Disediakan oleh InsertLive Ratu Rizky Nabila mendadak turut terseret dalam kasus Rachel Vennya. Mantan istri Alfath Fathier itu dibully oleh para netizen. Hal itu terjadi setelah dirinya mengunggah potret kebersamaannya ... Read more »

Hengky Kurniawan Bikin Gebrakan, Sahrul Gunawan: Keren!

© JPNN.COM Hengky Kurniawan Bikin Gebrakan, Sahrul Gunawan: Keren! jpnn.com, BANDUNG BARAT – Pelaksana tugas Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan kembali membuat gebrakan baru. Pemeran Arnold di Film Me Versus ... Read more »

10 Fakta Serial Netflix 'Maid' yang Angkat Isu Kekerasan Perempuan

© Disediakan oleh IDN Times Maid merupakan serial Netflix yang baru dirilis 1 Oktober lalu. Bergenre comedy dan life, serial ini rupanya mampu menyedot perhatian penonton dengan alur ceritanya yang ... Read more »

2 Tahun Jokowi - Ma'ruf, Laporan KSP: Pemerintah Hormati Kemerdekaan Berpendapat

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Kantor Staf Presiden (KSP) merilis laporan berjudul Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh 2021, bertepatan dengan dua tahun masa kerja Presiden Joko Widodo ... Read more »

PPKM Level 2 di Jakarta, Kapasitas Gym Naik Jadi Maksimal 50 Persen

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi gym, pusat kebugaran, kelas olahraga JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyesuaikan sejumlah aturan kegiatan dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 ... Read more »

Jokowi Dijadwalkan ke Banjarmasin Besok, Wali Kota Siapkan Lis Permintaan

© JPNN.COM Jokowi Dijadwalkan ke Banjarmasin Besok, Wali Kota Siapkan Lis Permintaan jpnn.com, BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina sudah menyiapkan sejumlah permintaan ketika nanti bertemu Presiden Joko Widodo ... Read more »

Eks Timnas Dilarang Main 6 Laga karena Perilaku Rasialis ke Wasit

© Disediakan oleh Kumparan TA Musafri (tengah). Foto: Instagram/@badaklampungfc Pemain Badak Lampung FC, Talaohu Abdul Musafri, dijatuhi hukuman larangan bermain enam pertandingan oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Hal itu menyusul ... Read more »