6 Kegiatan Wisata di Anjungan Sumatera Utara TMII, Belajar Seputar Kain Ulos

 

© Disediakan oleh Kompas.com Rumah adat Batak Toba di Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (13/9/2021).

KOMPAS.com – Anjungan Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu anjungan yang bisa dikunjungi saat melancong ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. 

Wahana wisata edukasi dan budaya ini tidak hanya diperuntukkan bagi wisatawan suku Batak yang rindu kampung halaman, namun juga wisatawan pada umumnya yang ingin mempelajari kebudayaan suku Batak.

Lantas, kegiatan wisata apa saja yang bisa dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Anjungan Sumut? Berikut Kompas.com rangkum, Jumat (17/9/2021).

Baca juga:

  • Anjungan Sumtaera Utara di TMII, Obat Rindu Wisatawan Suku Batak
  • Suku Batak di Sumatera Utara, Nenek Moyangnya dari Asia Selatan
  • Mendalami Kehidupan Suku Batak Toba di Desa Wisata Huta Tinggi
  • Hari Ulos Nasional, Mari Telisik Makna di Balik Keindahannya

Perlu dicatat bahwa saat ini Anjungan Sumut sedang ditutup untuk renovasi. Namun, kamu bisa jadikan tulisan ini sebagai referensi saat anjungan dibuka kembali.

1. Foto-foto di halaman anjungan

Anjungan Sumut terbilang cukup luas lantaran memiliki lima replika rumah adat khas suku Batak berukuran cukup besar, yang mengelilingi halaman anjungan.

Wisatawan yang berkunjung bisa berswafoto ria di halaman tersebut untuk menangkap pemandangan gagahnya lima rumah adat sebagai latar belakang.

2. Lihat dan masuk ke rumah adat suku Batak

Wisatawan yang memasuki gerbang Anjungan Sumut akan langsung disambut oleh rumah adat Batak Toba, Pakpak Dairi, Nias, Karo, dan Simalungun.

Pemandu Wisata Anjungan Sumut bernama Gunin mengatakan, rumah adat Batak Toba merupakan yang paling sering dikunjungi wisatawan.

© Disediakan oleh Kompas.com Kalender Batak berbentuk tabung yang dapat dilihat di rumah adat Batak Toba di Anjungan Sumatera Utara, TMII, Jakarta, Senin (13/9/2021).

“Ikonnya Anjungan Sumut. Tapi dikunjungi tidak hanya oleh para suku Batak, tapi juga wisatawan dari suku lain,” jelasnya saat ditemui di rumah adat Batak Toba di Anjungan Sumut TMII, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Wisatawan bisa masuk ke salah satu rumah adat. Jika masuk ke rumah adat Batak Toba, terdapat sejumlah koleksi menarik.

Pada sisi kiri pintu masuk adalah boneka sigale-gale dan koleksi kain ulos. Sedangkan pada sisi kanan ada koleksi pahatan kayu, salah satunya adalah tongkat Tunggal Panaluan yang memiliki cerita rakyat di baliknya.

Ada juga replika rumah adat Batak Toba berukuran kecil, diorama cerita rakyat Sumut, koleksi baju adat suku Batak, dan koleksi alat musik khas Batak Toba seperti sarune.

3. Lihat acara kebudayaan

Sebelum pandemi Covid-19, Gunin mengungkapkan bahwa Anjungan Sumut kerap mengadakan beragam acara kebudayaan seperti pentas tari tradisional khas suku Batak. Terkadang, ada juga pertunjukan tradisi lompat batu khas Nias

Kendati demikian, acara kebudayaan tidak setiap hari dilakukan melainkan pada hari-hari tertentu. Misalnya 17 Agustusan.

© Disediakan oleh Kompas.com Rumah adat Batak Karo atau Siwaluh Jabu di Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (13/9/2021).

“Sigale-gale dan lompat batu Nias suka dipertunjukkan di sini, hari 17 Agustusan. Zaman dulu, orang Nias kalau bisa lompat batu setinggi 2-2,5 meter sudah dianggap dewasa dan bisa menikah,” tutur Gunin.

4. Beli oleh-oleh

Sebelum pandemi, selama acara kebudayaan, biasanya wisatawan juga bisa membeli beragam oleh-oleh khas suku Batak yang dibawa langsung dari Sumut.

“Kita promosikan produk-produk khas Sumut. Kita undang dari sana, yang bikin produk-produk itu, untuk ramaikan pengunjung pada acara tertentu,” jelas Gunin.

Baca juga:

  • Mi Gomak sampai Dali Ni Horbo, Kuliner Khas Batak di Desa Huta Tinggi
  • 5 Oleh-oleh Khas Kawasan Danau Toba, dari Ulos hingga Tipatipa
  • Ayam Napinadar Khas Batak Bisa Diolah Tanpa Darah
  • Sipaha Lima, Ritual Sakral Agama Leluhur Suku Batak

Dahulu, wisatawan bisa membeli kalender Batak berbentuk tabung atau rumah adat suku Batak yang di bawahnya memiliki “rumbai” untuk melambangkan bulan.

© Disediakan oleh Kompas.com Kain ulos yang dapat dilihat di rumah adat Batak Toba di Anjungan Sumatera Utara, TMII, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Namun, kini kalender Batak tidak lagi dijual karena harga pemasok yang mahal. Meski demikian, wisatawan masih bisa membeli oleh-oleh lain.

Beberapa di antaranya adalah baju sablon dengan gambar Anjungan Sumut, dan pahatan kayu yang harganya mulai dari ratusan ribu Rupiah.

5. Belajar budaya dengan pemandu wisata

Wisatawan yang ingin mempelajari suku dan kebudayaan Batak bisa melakukannya dengan memanfaatkan jasa pemandu wisata.

Mereka bisa meminta untuk dipandu mengelilingi rumah adat suku Batak di area anjungan, atau hanya di dalam salah satu rumah adat.

6. Belajar menenun kain ulos

Sebelumnya, dikatakan bahwa para perajin oleh-oleh khas Sumut didatangkan langsung dari sana untuk meramaikan acara kebudayaan di anjungan.

Adapun, salah satu oleh-oleh yang bisa didapat adalah kain ulos. Wisatawan bisa membeli sembari bertanya kepada pengrajin kain ulos seputar teknik menenun kain tersebut.

Jika ingin mengetahui agenda acara kebudayaan, serta apakah akan ada kelas menenun ulos atau tidak untuk mempraktikkan pengetahuan yang didapat dari pengrajin, kamu bisa bertanya kepada pihak Anjungan Sumut saat berkunjung nanti.

Internet Explorer Channel Network
News Related

OTHER NEWS

Langkah Pemerintah Geser Libur Maulid Sudah Bagus

© GALIH PRADIPTA/ANTARA Pemerintah menggeser hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad untuk mengurangi pergerakan massa secara besar di waktu yang sama. Foto calon penumpang menunggu jadwal keberangkatan bus di Terminal ... Read more »

Terkena Corona Setelah Vaksin Covid-19 Pertama, Harus Tetap Ikut Vaksin Dosis 2

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Masih banyak masyarakat yang ogah melanjutkan vaksin Covid-19 kedua, karena terinfeksi Covid-19 setelah vaksin dosis pertama. Padahal studi menyebutkan bahwa kekebalan ... Read more »

Ditawari Udang Lezat, Kucing Ini Malah Ngamuk

© Disediakan oleh Kumparan Kocak, kucing ini disodori bau udang, tapi udangnya tak langsung dilahap. Malah, kucing ini ngamuk karena sepertinya ia tak suka udang. Video ini viral dari akun ... Read more »

Robin Williams Pernah Tertarik Terlibat di Harry Potter

© REUTERS/Fred Prouser/ca Robin Williams gagal bermain di Harry Potter karena bukan berasal dari Inggris. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mendiang aktor Hollywood Robin Williams pernah tertarik bermain di salah satu waralaba terlaris ... Read more »

Ryan Reynolds Pilih Cuti Sejenak dari Dunia Film

© EPA Aktor Ryan Reynolds memilih untuk cuti sejenak dari dunia film. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktor Ryan Reynolds memilih untuk cuti sejenak dari dunia film. Dia mengaku akan mengambil cuti panjang ... Read more »

Macaulay Culkin tak Terlibat di Reboot 'Home Alone'

© EPA Macaulay Culkin memberikan pernyataan dirinya tak terlibat pada reboot ‘Home Alone’. REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Film Home Sweet Home Alone yang merupakan reboot film klasik 1990-an Home Alone telah memulai ... Read more »

Penantian 19 Tahun Terbayar, Indonesia Raih Gelar ke-14 Piala Thomas

© Disediakan oleh Kompas.com Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat merayakan kemenangan atas Anders Antonsen pada semifinal Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (16/10/2021). Jojo menjadi salah ... Read more »

Organisasi Guru: Peserta PPPK Tahap I yang Lulus Passing Grade Langsung Diangkat, Jangan Dites Lagi

© JPNN.COM Organisasi Guru: Peserta PPPK Tahap I yang Lulus Passing Grade Langsung Diangkat, Jangan Dites Lagi jpnn.com, JAKARTA – Koordinator nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim mendesak ... Read more »

Perjalanan Indonesia ke Podium Juara Piala Thomas 2020, Bungkam Juara Bertahan

© Disediakan oleh Kompas.com Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting merayakan kemenangan atas Lu Guang Zu pada final Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB. ... Read more »

Ketua Komisi B DPRD DKI Sebut Formula E Tidak Merugikan

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Komisi B Bidang Perekonmian DPRD DKI Abdul Aziz mengatakan banyak pihak yang menilai Pemprov DKI mengalami kerugian dengan penyelenggaraan Formula ... Read more »

Seken Keren - Bengkel Spesialis Sebut 3 Komponen Kaki-kaki Serena C26 Ini Sering Bermasalah

© Disediakan oleh GridOto Ilustrasi Nissan Serena C26 Dok. OTOMOTIF Seken Keren – Bengkel Spesialis Sebut 3 Komponen Kaki-kaki Serena C26 Ini Sering Bermasalah Nissan Serena C26 sering mengalami masalah ... Read more »

Kronologi Pemerkosaan di Halmahera Tengah, Sangat Memilukan

© JPNN.COM Kronologi Pemerkosaan di Halmahera Tengah, Sangat Memilukan jpnn.com, HALMAHERA TENGAH – Aksi pemerkosaan secara bersama-bersama terjadi di Kecamatan Weda Tengah, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Atas insiden itu seorang ... Read more »

Partai Ummat Kembali Kehilangan Kader dan Pengurus di Daerah

© Republika/Febrianto Adi Saputro Logo Partai Ummat. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Partai Ummat kembali kehilangan kader dan pengurus di daerah. Kader-kader dan pengurus Partai Ummat Kota Batam mendeklarasikan pengunduran diri secara massal ... Read more »

1 Pemotor Luka Parah usai Tabrak Mobil di Cianjur

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Kecelakaan Motor Foto: dok. Istimewa Seorang pengendara sepeda motor mengalami luka parah dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Cugenang-Cipanas, Kampung Cijedil, Desa Cijedil, Kecamatan ... Read more »

Habib Rizieq Dihina Komika McDanny, Novel Bamukmin Bilang Begini

© JPNN.COM Habib Rizieq Dihina Komika McDanny, Novel Bamukmin Bilang Begini jpnn.com, JAKARTA – Eks imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shinab diduga dihina oleh komika McDanny. Hal ... Read more »

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Bakal Bangun Posko Pengungsi

© Media Indonesia.com Selain posko, BPBD DKI telah menyiapkan bantuan mulai dari sembako sampai susu untuk balita. Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengantisipasi musim hujan dan banjir. Ada posko yang ... Read more »

Orang Introvert Ternyata Lebih Cocok Jadi Pemimpin? Ini Penjelasannya Menurut Forbes!

© Disediakan oleh Beautynesia Secara umum, kepribadian introvert adalah kepribadian yang cenderung fokus dengan perasaan serta pikiran dirinya sendiri. Biasanya, orang-orang introvert memiliki ciri-ciri pendiam, lingkungan pertemanan yang kecil, fokus ... Read more »

Menutup Weekend, Lakukan Rangkaian Hal Ini Sebelum Tidur untuk Menyambut Hari Senin Lebih Ceria

© Disediakan oleh Beautynesia Senin menjadi salah satu hari yang dinobatkan oleh banyak orang sebagai hari yang mengesalkan. Sebab, Senin menjadi hari pertama untuk memulai kembali rutinitas selama lima sampai ... Read more »

Kemenag Umumkan Juara Kompetisi Robotik Madrasah Nasional 2021

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Puncak kompetensi robotik madrasah nasional 2021 digelar hari ini, Minggu (17/10/2021). Acara diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten. Dirjen Pendidikan Islam ... Read more »

Lobster Teluk Ekas Binaan BRI Laris di Luar Negeri

© Elba Damhuri Pembudidaya memperlihatkan lobster yang baru dipanen di Teluk Ekas, Lombok Timur, Lombok, akhir pekan lalu. REPUBLIKA.CO.ID, — Teluk Ekas yang terletak di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, NTB, terkenal ... Read more »

Mimpi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Jadi Juara Piala Thomas Terwujud

© Disediakan oleh Kumparan Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO Titel juara Piala Thomas 2020 menjadi pencapaian spesial bagi Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. ... Read more »

Tipe Orang yang Sebaiknya Dilupakan, Bukan Dinikahi

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Jangan lupa untuk berpikir panjang saat akan menikahi seseorang. Ada ciri-ciri tertentu yang harus diwaspadai karena bisa membuat hidup seperti neraka ... Read more »

Alasan Bukan Merah Putih yang Berkibar Tapi Logo PBSI Ketika Indonesia Angkat Trofi Piala Thomas

TRIBUNNEWS.COM – Sorotan diberikan pada prosesi penyerahan gelar juara Piala Thomas 2021 kepada Indonesia, Minggu (17/10/2021) malam WIB. Tersaji di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Indonesia sukses meraih kemenangan di partai ... Read more »

Asal-usul Paulo Dybala Dijuluki "La Joya"

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain depan Juventus Paulo Dybala merayakan setelah Juventus mencetak gol keduanya selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Bologna vs Juventus Turin pada 23 Mei 2021 ... Read more »

Kisah Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Penantian 19 Tahun dan Tak Bisa Kibarkan Merah Putih

© Disediakan oleh Kompas.com Piala Thomas KOMPAS.com – Usai sudah penantian Indonesia untuk kembali mengangkat trofi Piala Thomas. Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas 2020 yang digelar di Denmark. Pada ... Read more »

Ikut Persembahkan Piala Thomas 2020, Ini Kata Fajar / Rian

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia berhasil meraih Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan Cina 3-0 pada partai final. Pasangan ganda Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto ... Read more »

Studi Temukan Bahaya Suplemen Omega-3 bagi Jantung

© Pixnio Konsumsi suplemen omega-3 disebut bisa ganggu irama jantung. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) ... Read more »

Tukul Arwana Sudah Pulang Ke Rumah, 2 Perawat Siaga 24 Jam

© JPNN.COM Tukul Arwana Sudah Pulang Ke Rumah, 2 Perawat Siaga 24 Jam jpnn.com, JAKARTA – Pembawa acara sekaligus pelawak Tukul Arwana sudah pulang ke rumah setelah menjalani perawatan selama ... Read more »

Kezia Warouw, Kisah Ibu Bhayangkari & Kecintaan pada Produk dalam Negeri

© Disediakan oleh InsertLive Artis yang besar di dunia modeling dan berangkat dari ajang kecantikan, Kezia Warouw berkisah tentang dunianya belakangan ini. Masih sibuk mengurus anak dan suami yang seorang polisi, Kezia ... Read more »

Ada Seo In Guk dan Oh Yeon Seo, 10 Fakta Drama Minamdang: Case Note

© Disediakan oleh IDN Times Seo In Guk dan Oh Yeon Seo menjadi dua artis yang baru saja menyelesaikan drama mereka di bulan Juni lalu. Seo In Guk membintangi drama ... Read more »

Bak Pangeran Berkuda, 9 Potret Gagah Irfan Hakim dengan Si Kumbang

© Disediakan oleh IDN Times Irfan Hakim merupakan salah satu artis yang memiliki kecintaan besar terhadap hewan. Di rumahnya yang unik, Irfan memiliki banyak sekali hewan yang ia rawat sepenuh ... Read more »

5 Zat Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Digunakan untuk Kecantikan

© Disediakan oleh Kompas.com Phyllobates terribilis, penghasil Batrachotoxin, zat paling berbahaya di dunia KOMPAS.com – Terdapat banyak sekali zat kimia yang ada di alam. Sebagian besar aman bahkan bermanfaat untuk manusia. ... Read more »

KemenPAN-RB Bongkar Modus Penipuan Calo CPNS dan PPPK

© JPNN.COM KemenPAN-RB Bongkar Modus Penipuan Calo CPNS dan PPPK jpnn.com, JAKARTA – Pelaksanaan rekrutmen CPNS dan PPPK 2021 menjadi ladang empuk para calo. Mereka bahkan gencar mendekati para peserta ... Read more »

PT PP Rampungkan Pengaspalan Jalan Sirkuit Mandalika dengan Kualitas terbaik

© JPNN.COM PT PP Rampungkan Pengaspalan Jalan Sirkuit Mandalika dengan Kualitas terbaik jpnn.com, LOMBOK – Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirdjoatmodjo melakukan kunjungan kerja ke proyek pembangunan Sirkuit Mandalika, yang ... Read more »

PS Tira-Persikabo Hancurkan Borneo FC

© Gregorius Gelino PS Tira-Kabo tampil dominan dengan menghancurkan Borneo dengan skor 3-0. Bantul: PS Tira-Persikabo mengamankan angka penuh ketika menghadapi Borneo FC dalam lanjutan Liga 1 yang digelar Minggu, ... Read more »

Akhirnya Piala Thomas Kembali ke Indonesia

© Gregorius Gelino Penampilan gemilang Ginting, Fajar/Rian, dan Jojo membantu Indonesia melepas dahaga puasa gelar Piala Thomas selama 19 tahun dan mengamankan gelar ke-14. Aarhus: Tim Nasional Bulu tangkis Indonesia ... Read more »

Viktor Axelsen Langsung Kirim Ucapan Selamat Usai RI Juara Piala Thomas

© Disediakan oleh Kumparan Viktor Axelsen, pebulu tangkis asal Denmark. Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed Viktor Axelsen langsung mengirimkan ucapan selamat atas kesuksesan Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020. Atlet asal Denmark ... Read more »

Usai Penantian 19 Tahun, Indonesia Juara Thomas Cup 2020

© Disediakan oleh Katadata Indonesia menjuarai turnamen bulu tangkis Thomas Cup 2020 usai mengalahkan juara bertahan Tiongkok 3-0 dalam laga final di Ceres Arena, Denmark pada Minggu (17/10). Gelar tersebut ... Read more »

Indonesia Kibarkan Bendera PBSI, Bukan Merah Putih, di Podium Juara Piala Thomas

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas setelah mengalahkan Cina dengan skor 3-0 dalam final di Aarhus, Denmark, Ahad ... Read more »

Indonesia Juara Piala Thomas, Tapi Yang Berkibar Bendera Logo PBSI

© Disediakan oleh Jawa Pos Group Indonesia Juara Piala Thomas, Tapi Yang Berkibar Bendera Logo PBSI JawaPos.com – Indonesia akhirnya menjuarai Piala Thomas 2021 setelah menang 3-0 atas Tiongkok, Minggu ... Read more »