6 Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Operasi Caesar, Apa Saja?

6 ikan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar, apa saja?

Ilustrasi ikan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar.

KOMPAS.com – Setelah operasi caesar, seorang ibu harus mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh cepat pulih.

Konsumsi ikan pascaoperasi sangat dianjurkan, terutama ikan laut kaya asam lemak omega 3, seperti salmon, sarden, haring, dan makerel.

Selain membantu memulihkan tubuh, makanan kaya omega 3 baik untuk perkembangan sistem saraf, otak, mata, dan pertumbuhan bayi yang nantinya disalurkan ibu melalui ASI.

Sayangnya, tidak semua jenis ikan laut dapat dimakan oleh ibu yang baru saja melahirkan, terutama jika menjalani prosedur pembedahan.

Lantas, apa saja ikan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar?

Ikan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar

Pantangan makan jenis ikan tertentu setelah operasi caesar bukan karena kandungan nutrisi yang buruk untuk ibu dan bayi.

Dilansir dari Verywell Family, pantangan ini lebih dikarenakan potensi cemaran logam berat merkuri yang berdampak buruk bagi ibu dan anaknya.

Merkuri adalah unsur kimia alami yang terbawa ke udara melalui pembakaran batu bara, minyak, dan kayu sebagai bahan bakar.

Merkuri yang ada di udara dapat jatuh ke tanah dan laut melalui tetesan air hujan,debu, atau akibat gravitasi.

Bersifat racun bagi sistem saraf, merkuri yang tersebar di lingkungan dapat masuk dan menumpuk pada tubuh ikan.

Saat ikan tersebut dimakan oleh ikan yang lebih besar, kandungan merkuri pada ikan berukuran besar tersebut pun akan bertambah.

Paparan merkuri selama dan pasca-kehamilan sangat berbahaya lantaran berpotensi memengaruhi perkembangan otak serta sistem saraf bayi yang sedang tumbuh.

Berikut jenis ikan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar karena tingginya paparan merkuri:

1. Makerel raja

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengungkapkan, king mackerel atau makerel raja adalah pilihan ikan yang perlu dihindari karena tinggi merkuri.

Spesies subtropis di Pantai Atlantik Amerika ini mudah ditemukan kawasan Amerika hingga pantai barat India.

Ikan dengan berat rata-rata mulai dari 5 kilogram hingga 14 kilogram ini menawarkan banyak daging kaya nutrisi.

Namun, orang-orang terutama ibu yang sedang pemulihan pascaoperasi caesar perlu menghindari makerel raja karena berpotensi berbahaya bagi otak dan sistem saraf.

2. Marlin

Marlin merupakan ikan yang hidup di perairan tropis dan tersebar di seluruh dunia. Jenis ikan dengan ciri mulut runcing ini juga mudah berpindah, sehingga mudah ditemukan di hampir semua lautan.

Sayangnya, penyebaran yang luas justru menjadi salah satu kekurangan marlin. Ikan ini pun termasuk salah satu pemegang puncak rantai makanan.

Oleh karena itu, potensi kadar merkuri di dalam tubuhnya cenderung lebih tinggi dari ikan lain dan tidak boleh dimakan ibu pasca-melahirkan.

3. Ikan jabad

Dikutip dari laman WebMD, ikan jabad atau tilefish adalah salah satu ikan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar karena potensi merkurinya.

Tidak seperti ikan tinggi merkuri lain, ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan kulit warna-warni yang cantik.

Kendati demikian, rata-rata ikan dengan habitat daerah berpasir dan dekat terumbu karang tersebut berumur panjang hingga puluhan tahun.

Durasi hidup lebih lama dibandingkan ikan kecil lainnya itulah yang meningkatkan risiko pencemaran merkuri pada ikan jabad.

4. Tuna mata besar

Ikan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar berikutnya adalah bigeye tuna atau ikan tuna mata besar.

Pantangan makan ikan ini masih disebabkan potensi kandungan merkurinya yang tinggi dan berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai penggantinya, masyarakat dapat memilih jenis ikan tuna lain dengan kandungan merkuri yang lebih rendah, seperti albakora, tuna cakalang, dan tuna kalengan.

5. Hiu

Potensi bahaya ikan hiu tidak hanya datang dari gigitannya, tetapi juga daging dan siripnya yang dikonsumsi.

Sebagai predator laut, daging hiu mengandung logam beracun seperti merkuri dalam kadar yang jauh melebihi batas.

Kandungan merkuri yang tinggi dapat memicu berbagai dampak buruk pada ibu dan bayinya, seperti penyakit kardiovaskular, merusak sistem saraf pusat, hingga menurunnya fungsi otak.

Tidak sampai di situ, jenis ikan ini juga berpotensi membawa racun laut bernama ciguatoksin yang berbahaya dan sering kali berakibat fatal.

6. Ikan todak

Sama seperti marlin, ikan todak atau disebut swordfish memiliki ciri khas mulut panjang menyerupai pedang.

Jenis ikan yang hidup di perairan tropis dan iklim sedang tersebut dapat tumbuh hingga bobot ratusan kilogram.

Namun, FDA melarang ibu yang baru menjalani operasi caesar untuk mengonsumsi todak karena merkurinya yang cukup tinggi.

Bahkan, kandungan merkuri pada todak jauh lebih tinggi dibanding ikan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi ikan ini, terutama ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World