5 Wisata Alam Pangandaran, Indahnya Pantai sampai Serunya Body Rafting

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi Pangandaran – Pantai Pangandaran (SHUTTERSTOCK/raditya).

KOMPAS.com – Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat memiliki sejumlah wisata alam yang menakjubkan.

Kabupaten ini terkenal memiliki beragam wisata pantai karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut. Namun, Pangandaran ternyata juga memiliki tempat wisata alam lain berupa sungai, gua, hingga cagar alam.

Bagi wisatawan yang gemar dengan wisata alam, Pangandaran adalah destinasi wisata yang cocok untuk berlibur dan refreshing. Berikut adalah sejumlah tempat wisata alam di Pangandaran.

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah wisata tepi laut yang berlokasi di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran dan Penanjung, Kabupaten Pangandaran.

Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir hitam dan putihnya. Kondisi kawasan Pantai Pangandaran memiliki keindahan alami beserta lingkungan yang bersih dan terjaga, sehingga nyaman dikunjungi.

© Disediakan oleh Kompas.com Sunset di Pantai Pangandaran

Berbagai macam aktivitas dapat dilakukan di Pantai Pangandaran. Pantai ini landai, sehingga wisatawan bisa bermain air dengan cukup aman.

Pantai Pangandaran juga memiliki beberapa fasilitas untuk aktivitas olahraga air. Wisatawan dapat menaiki wahana Banana Boat dan Jet Ski sebagai sarana menyusuri perairan pantai.

Pada sore hari, wisatawan juga dapat duduk-duduk di pinggiran pantai sembari menikmati pemandangan matahari terbenam.

Baca juga: Cegah Wisatawan Membeludak Seperti di Pantai Pangandaran, akan Ada Ganjil Genap di Tempat Wisata

Fasilitas di pantai ini tergolong lengkap. Ada lahan parkir yang luas, penjaga pantai, pemandu wisata, dan pusat informasi. Ada pula penginapan dan kafe.

Pantai Pangandaran dibuka untuk umum hingga malam hari. Namun, terdapat jam buka yang berlaku hanya untuk kegiatan bermain air, yaitu pukul 06.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 6.000 per orang.

2. Green Canyon Pangandaran

Green Canyon adalah wisata alam berupa aliran sunai yang diapit dua bukit bebatuan yang menembus goa. Wisata ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang.

Nama Green Canyon merupakan sebuah pelesetan dari Grand Canyon di Sungai Colorado, Amerika Serikat. Tempat wisata ini juga dikenal sebagai Cukang Taneuh.

Wisatawan dimanjakan dengan panorama alam yang indah. Dengan tebing-tebing batu yang tinggi dan pepohonan yang lebat di sekitarnya, suasana di Green Canyon kian teduh.

© Disediakan oleh Kompas.com Perahu tambat di obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.

Kebanyakan aktivitas yang dapat dilakukan adalah di sekitar sungai dan basah-basahan. Salah satu aktivitas adalah body rafting, aktivitas olahraga air seperti arung jeram, tetapi tidak menggunakan rakit maupun dayung.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah berperahu menyusuri Sungai Cijulang. Perjalanan di perahu ini berlangsung selama 30-45 menit pulang pergi.

Green canyon menyediakan beberapa sarana pelengkap. Di antaranya adalah area parkir, rumah makan, kamar mandi, dan toko oleh-oleh.

Baca juga: Wisata ke Green Canyon Pangandaran, Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut

Pada hari Senin-Kamis Green Canyon buka pukul 08.00-16.00 WIB. Pada akhir pekan, jam bukanya pukul 7.30-16.00 WIB. Khusus Jumat, Green Canyon buka pukul 13.00-16.00 WIB.

Tiket masuk ke Green Canyon sudah termasuk dalam pembelian paket body rafting, yaitu seharga Rp 225.000 per orang.

Untuk masuk ke kawasan Green Canyon wisatawan cukup membayar parkir seharga Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk transportasi besar seperti bus.

3. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu menawarkan keindahan pemandangan laut lepas Samudera Hindia dari bukit karang. Pantai ini disebut juga sebagai Tanah Lotnya Jawa Barat karena batu karangnya yang menjorok ke tengah laut seperti di Tanah Lot di Bali.

Pantai Batu Hiu berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Pantai ini cocok sebagai tempat untuk bersantai karena memiliki hamparan rumput hijau yang memberikan nuansa teduh. Semilir angin laut pun menambah nyaman suasana.

Wisatawan tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Ombak Samudera Hindia yang dikenal ganas dan bergelombang tinggi cukup membahayakan. Batu karang yang tajam juga dapat membahayakan keselamatan wisatawan.

© Disediakan oleh Kompas.com Pantai Batu Hiu, Pangandaran

Pantai Batu Hiu memiliki sejumlah spot foto menarik. Salah satu spot foto ada di atas bukit kecil. Wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang panorama lautan yang biru.

Umumnya wisatawan dapat berkunjung dari pada pagi hari untuk menikmati matahari terbit, atau di sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam.

Baca juga: Seharian Wisata Lokal di Pangandaran, Bisa ke Mana Saja?

Fasilitas yang disediakan di Pantai Batu Hiu adalah area parkir, gazebo, dan sejumlah warung penjual makanan dan minuman. Harga tiket masuk Pantai Batu Hiu adalah Rp 6.000 per orang.

4. Sungai Citumang

Tak kalah bagus dengan Green Canyon, Citumang juga memiliki pemandangan alam yang indah dengan aliran sungai jernih dan bebatuan alam.

Wisata Citumang berlokasi di kompleks Obyek Wisata Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Sungai Citumang memiliki aliran air yang jernih berwarna hijau kebiruan. Alirannya tenang dan memiliki beberapa air terjun rendah.

Di kawasan Citumang, wisatawan dapat menikmati pemandangan sekitar atau berenang. Buat kamu yang gemar dengan aktivitas yang lebih menantang, cobalah body rafting.

© Disediakan oleh Kompas.com Citumang Body Rafting, Pangandaran

Saat body rafting, wisatawan akan menyusuri sungai dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Kedua mata akan dimanjakan dengan pemandangan indah selama menyusuri sungai.

Wisatawan akan ditemani dengan seorang pemandu selama body rafting. Pemandu kemudian akan mengajak wisatawan ke sejumlah spot seperti air terjun, bendungan, dan akar gantung.

Kawasan wisata ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum, seperti lahan parkir, toilet, mushala, dan tempat makan. Wisatawan juga dapat menemukan tempat penginapan bagi yang ingin bermalam.

Baca juga: Menyusuri Keindahan Goa Lalay dengan Body Rafting

Wisata Citumang buka setiap harinya pukul 07.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk berkisar dari Rp 19.000-Rp 24. 000 per orang.

Untuk paket body rafting wisatawan akan dikenakan biaya senilai Rp 85.000. Paket tersebut sudah termasuk perlengkapan body rafting, pemandu, asuransi, dokumentasi, dan makan siang.

5. Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandara adalah rumah bagi berbagai flora dan fauna, beberapa diantaranya dilindungi. Wisatawan dapat menjelajahi kawasan cagar alam ini dan bertemu dengan berbagai jenis satwa liar. Di antaranya adalah rusa, kijang, lutung, hingga landak jawa.

Lokasi Cagar Alam Pangandaran adalah di Penanjung. Tempat ini ternyata juga menyimpan jejak sejarah zaman Hindu.

Di kawasan ini wisatawan juga dapat menemukan Batu Kalde yang diduga adalah peninggalan Umat Hindu pada abad ke-15.

© Disediakan oleh Kompas.com West Javan Ebony Langur atau Lutung Jawa (Trachypithecus auratus mauritius) di area Cagar Alam Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (5/5/2013).

Taman wisata ini juga menyimpan sejumlah goa yang tak hanya terbentuk secara alami. Ada pula goa buatan yang merupakan markas perlindungan Jepang di masa Perang Dunia II.

Beberapa goa yang dapat ditemukan di kawasan ini adalah Goa Panggung, Goa Parat, dan Goa Sumur Mudal.

Baca juga: Tujuh Bakal Bunga Raflesia Padma Ditemukan di Cagar Alam Pangandaran

Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran memiliki beberapa fasilitas seperti area parkir, toilet, dan mushola. Mereka juga menyediakan jasa pemandu.

Wisatawan yang ingin menikmati alam sembari belajar mengenai sejarah di kawasan ini akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 16.000 – Rp 21.000 per orang.

Internet Explorer Channel Network
News Related

OTHER NEWS

[UPDATE] Kasus Baru COVID-19 Tambah 723, DKI Jakarta Tertinggi

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan per Kamis (28/10/2021), kasus positif virus corona bertambah 723. Dengan demikian, total kasus positif di Indonesia menjadi ... Read more »

BRGM dorong peranan pemuda dalam menjaga gambut dan mangrove

© Oky Lukmansyah BRGM dorong peranan pemuda dalam menjaga gambut dan mangrove KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Hari Sumpah Pemuda yang diperingati pada 28 Oktober 2021, seakan menjadi momentum penting bagi generasi muda ... Read more »

Masuk Nominasi AMI Awards 2021, Shaggydog Rilis Video Di Sayidan versi Keroncong

© JPNN.COM Masuk Nominasi AMI Awards 2021, Shaggydog Rilis Video Di Sayidan versi Keroncong jpnn.com, JAKARTA – Grup musik Shaggydog merilis interpretasi ulang atas hit single berjudul, Di Sayidan pada ... Read more »

1,000 Years of Joys and Sorrows by Ai Weiwei review: a rebel walking in his father's footsteps

Ai Weiwei – Laura Lezza/Getty Images “I gather you’re a celebrity.” So began the interrogation of Ai Weiwei by a Chinese state security official, file open on the table before ... Read more »

Kementerian PPPA: Pelayanan bagi Korban Kekerasan Harus Terus Dilakukan

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi kekerasan seksual. JAKARTA, KOMPAS.com – Asisten Deputi Bidang Pelayanan Perempuan Korban Kekerasan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Margareth Robin menekankan, pemberian pelayanan bagi ... Read more »

Bandara Purbalingga dan Kertajati Sunyi Sepi, Total Biaya Pembangunannya Rp 3 T

© Disediakan oleh Kumparan Pembangunan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman Wirasaba di Purbalingga. Foto: Dok. BUMN Tak ada lagi penerbangan yang singgah di Bandara Purbalingga. Dari pengecekan di travel online, ... Read more »

Hits Banget! 9 Lagu Khalid yang Melampaui 500 Juta Streams di Spotify

© Disediakan oleh IDN Times Khalid merupakan salah satu musisi Amerika Serikat yang karyanya paling dinantikan. Pria bernama lengkap Khalid Donnel Robinson ini berhasil mencetak banyak lagu hits di antaranya ... Read more »

Jabar Kirim 244 Atlet ke Peparnas Papua

© Roni Kurniawan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melepas 244 atlet untuk mengikuti ajang Peparnas XVI Papua 2021. Para atlet tersebut dipastikan mendapatkan fasilitas yang layak selama berjuang di tanah ... Read more »

Party like a Russian: Moscow goes wild on final night out before Putin's lockdown

‘Feast in a time of plague’: Moscow parties like there’s no tomorrow as coronavirus lockdown begins – Valery Sharifulin /TASS Russians hurried to bars for a final taste of freedom, ... Read more »

Pakar Ekspresi Soroti Pertemuan Keluarga Anang Hermansyah dan Raul Lemos: Seperti Nggak Ada Beban

© Instagram @azriel_hermansyah Pakar mikro ekspresi menyoroti pertemuan keluarga Anang Hermansyah dengan Krisdayanti. TRIBUNNEWS.COM – Momen pertemuan keluarga Anang Hermansyah dengan Krisdayanti baru-baru ini berhasil mencuri perhatian. Pasalnya, hubungan keluarga ... Read more »

Live Score French Open 2021: Fajar/Rian Tanding Pertama, Popov Bersaudara Jadi Lawan

© AFP/CLAUS FISKER Pemain Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (kanan) bereaksi setelah memenangkan satu poin dalam pertandingan ganda putra mereka melawan pemain China He Ji Ting dan Zhou ... Read more »

Pengunjuk Rasa Disambut Spanduk Peringatan Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19

© Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra Spanduk Peringatan Gelombang 3 Covid-19 terpasang di lokasi aksi kritisi 2 Tahun kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, Kamis (28/10/2021). [Rizki Sandi Saputra] Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra TRIBUNNEWS.COM, ... Read more »

Perjuangan Nikita Willy Mendapatkan Keturunan, Berawal dari Cibiran Netizen

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Aktris Nikita Willy kini sedang berbahagia menanti buah hatinya. Rupanya Niki, begitu ia dipanggil pernah ikut program inseminasi buatan di enam ... Read more »

Jumpa Pemain Non-Unggulan di French Open 2021, Ahsan/Hendra Ogah Lengah

© JPNN.COM Jumpa Pemain Non-Unggulan di French Open 2021, Ahsan/Hendra Ogah Lengah jpnn.com, PARIS – Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan a.k.a The Daddies menargetkan bisa menembus semifinal French Open 2021. ... Read more »

Bukan Bagnaia, Quartararo Dianggap Lebih Layak Jadi Penerus Valentino Rossi di MotoGP

TRIBUNKALTIM.CO – Keberhasilan Fabio Quartararo merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2021, membuat banyak pihak teringat terhadap Valentino Rossi muda. Bahkan, Fabio Quartararo dianggap lebih layak jadi titisan Valentino Rossi dibandingkan ... Read more »

Foto: Polisi Dibekali Action Camera Amankan Demo di Sekitar Istana

Polisi dibekali action camera yang diletakan di helm saat unjuk rasa memperingati Sumpah pemuda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (28/10). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan Tuntutan aksi tersebut berupa evaluasi ... Read more »

Polda Aceh Turunkan Tim Memburu OTK Pelaku Penembakan Pos Polisi

© JPNN.COM Polda Aceh Turunkan Tim Memburu OTK Pelaku Penembakan Pos Polisi jpnn.com, BANDA ACEH – Kepolisian Daerah Aceh menurunkan tim untuk memburu orang tak dikenal (OTK) yang diduga memberondong ... Read more »

Inspirasi AS Roma Bangkit, Mourinho Selebrasi Makan di Emperan

© Disediakan oleh Kompas.com Pelatih AS Roma Jose Mourinho berjalan di lapangan sebelum pertandingan Serie A Italia antara Juventus vs AS Roma pada 17 Oktober 2021 di Stadion Juventus di ... Read more »

Pesepak Bola Dunia Turut Ucapkan Selamat Sumpah Pemuda

© EPA-EFE/Paul Childs Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, Kamis (28/10), tidak saja mendapat perhatian oleh para pemuda Indonesia. Sejumlah ... Read more »

11 Kabar Pemain Kabhi Khushi Kabhie Gham, Ada yang Sudah Meninggal

© Disediakan oleh IDN Times Kabhi Khushi Kabhie Gham… adalah film India bergenre drama keluarga yang rilis pada 14 Desember 2001. Film ini tentang keluarga Yashvardhan Raichand, seorang miliader yang ... Read more »

Mengenal Machine Learning Sebagai Tren Teknologi 2021

© Universitas Bina Sarana Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah melangsungkan seminar online bertajuk ‘Pengenalan Machine Learning Sebagai Core Aplikasi’, Rabu (27/10). REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Machine learning atau pembelajaran ... Read more »

Jampidsus Sita Rp 11 Miliar Terkait Korupsi Askrindo

© Republika/Thoudy Badai Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Nezer Simanjuntak (kiri) menyempaikan konferensi pers terkait pemulangan DPO Adelin Lis di Aula Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Jakarta, Sabtu (19/6). ... Read more »

Makanan Cepat Saji 8 Resto Terkenal AS Mengandung Phthalates

© Republika/Umi Nur Fadhilah Burger. Makanan cepat saji di restoran terkenal di Amerika Serikat terpantau mengandung phthalates, bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bahan kimia ... Read more »

TikTok Luncurkan Konferensi Virtual TikTok Talk+

© Pixabay Platform distribusi video singkat TikTok meluncurkan program konferensi virtual bertajuk TikTok Talk+ yang ditayangkan dengan fitur TikTok LIVE. (Foto: ilustrasi aplikasi TikTok) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Platform distribusi video singkat ... Read more »

Beralih ke Gaya Hidup Cerdas, Ini Deretan Gadget Multiperangkat Canggih yang Wajib Dimiliki

  © Disediakan oleh Kompas.com Perangkat teknologi yang terkoneksi dalam satu ekosistem smartphone memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai fitur dalam satu genggaman, mulai dari informasi kesehatan, email, musik, cuaca, telepon ... Read more »

Masuk Daftar 58 Ilmuwan Paling Berpengaruh, Dosen Unej: Jadi Penyemangat

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jember – Dosen Universitas Jember (Unej) yang juga Wakil Rektor III kampus itu, Prof. Bambang Kuswandi, masuk dalam daftar 58 ilmuwan asal Indonesia ... Read more »

Ahli Ungkap Dugaan Hubungan Kecanduan TikTok dan Sindrom Tourette

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah makalah di British Medical Journal (BMJ) mengungkapkan dugaan kemungkinan penggunaan media sosial TikTok dapat menyebabkan lonjakan kasus diagnosis sindrom Tourette ... Read more »

Kolaborasi Triumph-Bajaj Bakal Lahirkan Motor 250cc

© Disediakan oleh Kompas.com 2021 Triumph Bonneville T100 NEW DELHI, KOMPAS.com – Pabrikan sepeda motor asal Inggris, Triumph, dan merek asal India, Bajaj, sudah mengumumkan bahwa keduanya akan kolaborasi sejak ... Read more »

Selain Madrid, Ini 9 Daerah yang Pernah Menjadi Ibu Kota Spanyol

© Disediakan oleh IDN Times Apa kamu pernah berpikir bahwa Madrid menjadi ibu kota Spanyol sejak dulu? Ternyata terdapat fakta negara tersebut beberapa kali memindahkan ibu kotanya. Adanya perang dan ... Read more »

Rute Tercepat Menuju Desa Wisata Nusa Aceh Besar dari Bandara

© Disediakan oleh Kompas.com Desa Wisata Nusa, Aceh Besar, Aceh DOK. Instagram.com/gampongnusaku KOMPAS.com – Desa Wisata Nusa di Aceh Besar menawarkan daya tarik berupa edukasi kebencanaan. Desa wisata ini juga ... Read more »

Mendag Waspadai Gelombang COVID-19 Selanjutnya ke Daya Beli Masyarakat

© Disediakan oleh Kumparan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat konferensi pers, Rabu (29/9). Foto: Kemendag RI Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengaku resah dengan kemungkinan terjadinya gelombang COVID-19 selanjutnya. Menurutnya, ... Read more »

Polda Jatim Tangkap 72 Anggota Perguruan Silat Terlibat Kekerasan di 8 WIlayah

© Amaluddin Penangkapan ini karena tindak kekerasan yang dilakukan para oknum tersebut, selama di beberapa wilayah sepanjang September-Oktober 2021. Surabaya: Timsus Opsnal Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, dan Tim ... Read more »

Spurs Tekuk Burnley, Nuno: Kami Tunjukkan Karakter

© EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA Pelatih Tottenham Hotspur, Nuno Espirito Santo. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih Tottenham Hotspur Nuno Espirito Santo mengatakan, anak asuhnya telah menunjukkan karakter sesungguhnya. Spurs memainkan laga yang bagus ... Read more »

Bahlil Pasang Target Pengusaha Indonesia Naik jadi 6 Persen

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta -Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia berharap jumlah pengusaha Indonesia bisa naik menjadi 6 persen dari saat ini yang ... Read more »

Guardiola: Selamat untuk West Ham United

© EPA-EFE/PETER POWELL Manajer Manchester City Pep Guardiola bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Burnley di Manchester, Inggris, 16 Oktober 2021. REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — ... Read more »

PLN Kucurkan Bantuan Senilai Rp 100 Juta untuk Percantik Taman Entuyut Sintang

© Disediakan oleh Kumparan Taman Entuyut Sintang. Foto: Dok. PLN Hi!Pontianak – PLN mengucurkan bantuan senilai Rp 100 juta untuk mempercantik Taman Entuyut Sintang. Bantuan tersebut diserahkan melalui program Tanggung ... Read more »

Lewat Platform Ini Produk Lokal Bisa Mendunia

© Disediakan oleh Kompas.com Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Coffee Talk MenkopUKM dan Lewi’s Organics sekaligus Pengukuhan 200 Master Mentor SIGAP UMKM, Kamis, (11/3/2021). JAKARTA, KOMPAS.com – ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic