5 Tempat Wisata Ekstrem di Yogyakarta, Cocok untuk Para Pencinta Adrenalin

© Disediakan oleh Kumparan Seorang pengunjung sedang menaiki gondola di Pantai Timang, Gunungkidul, Yogyakarta. Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan

Berbicara tentang keindahan dan daya tarik Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya. Kota Gudeg ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata #DiIndonesiaAja yang menjadi primadona dan selalu banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya.

Bagaimana tidak? Yogyakarta menjadi salah satu destinasi yang menawarkan paket lengkap untuk wisatawan. Mulai dari pegunungan yang indah, pantai yang memesona, hingga kulinernya yang menggoyang lidah bisa kamu temukan semuanya di daerah ini.

Tak hanya itu, Yogyakarta juga menyuguhkan banyak wisata ekstrem yang tentunya tak bisa ditolak oleh para pecinta adrenalin. Kondisi alam yang mendukung untuk menguji keberanian dan memerah adrenalin, menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi wisata ekstrem. Jika kamu ingin memperdalam pengetahuan seputar destinasi wisata yang ada #DiIndonesiaAja serta update seputar produk kreatif lokalnya, yuk follow akun Instagram @pesonaid_travel!

Hal inilah yang membuat wisatawan rindu plesiran di Yogyakarta. Terlebih, saat ini sejumlah destinasi wisata di Kota Pelajar itu masih ditutup selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Namun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memastikan Yogyakarta akan segera siap menyambut wisatawan kembali.

© Disediakan oleh Kumparan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menemui pelaku ekonomi dan kreatif di Yogyakarta. Foto: Dok. Istimewa

Sebab, sebagian besar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta telah melaksanakan vaksinasi yang digelar di sejumlah destinasi wisata. Sandiaga menyebut para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta untuk selalu menebarkan rasa optimisme dan harapan dalam menghadapi pandemi COVID-19 dengan mengikuti program vaksinasi.

© Disediakan oleh Kumparan

“Jika kita sudah divaksin, perlindungan kita terhadap Covid-19 akan lebih baik,” ujar Sandiaga, dalam siaran pers ”Menparekraf Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi Serentak di 3 Destinasi Wisata di D.I Yogyakarta”.

Nah, dalam rangka World Tourism Day (WTD) atau Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September, sebagai bentuk upaya dalam membangkitkan geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, tak ada salahnya menyingkap pesona destinasi wisata ekstrem di Yogyakarta yang cocok untuk pecinta adrenalin.

Berikut lima tempat wisata ekstrem di Yogyakarta untuk pecinta adrenalin. Tapi ingat, ada baiknya liburan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat serta sudah melakukan vaksinasi, ya!

1. Gondola di Pantai Timang

© Disediakan oleh Kumparan Wahana gondola 1997 di Pantai Timang. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan

Nama pantai satu ini sudah amat menggema di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Ya, Pantai Timang merupakan salah satu pantai terfavorit di Gunungkidul. Saking populernya, pantai ini pernah menjadi lokasi syuting pengambilan gambar serial televisi Korea, yaitu Running Man.

Tak hanya panorama pantainya yang eksotis, salah satu keunikan yang dimiliki pantai ini adalah terdapatnya sebuah gondola kayu di tengah lautan ombak yang cukup besar. Gondola di pantai ini biasanya digunakan wisatawan untuk menyeberang ke pulau karang kecil yang ada di seberangnya.

Gondola tradisional ini melintasi laut selatan dengan jalur lintasan sejauh 100 meter. Semilir angin dan terjangan ombak yang tinggi akan membuat jiwa adrenalinmu kian menggebu-gebu.

Meski menggunakan gondola tergolong tradisional, wisatawan tak perlu meragukan keamanan dari atraksi wisata ini karena tali yang digunakan selalu rutin diganti setiap 2 bulan sekali. Selain itu, ada tali yang dijadikan sebagai sabuk pengaman yang dipasang pada pinggang pengunjung lalu dikaitkan dengan gondola. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 150 ribu, kamu bisa menyeberang ke pulau karang kecil di seberang Pantai Timang menggunakan gondola, sambil menyaksikan deburan ombak yang menerpa. Menantang, kan?

Saat ini, Pemerintah masih menutup destinasi wisata Pantai Timang selama penerapan PPKM Level 3 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi, bagi kamu yang ingin menjajal atraksi wisata ini harus bersabar dulu hingga seluruh destinasi wisata di Yogyakarta dibuka kembali.

2. Cave Tubing Goa Pindul

© Disediakan oleh Kumparan Obyek wisata Goa Pindul, Gunungkidul yang dibina BCA Foto: Resya Firmansyah/kumparan

Gua Pindul adalah objek wisata gua yang berada di kawasan Gunung Pindul, tepatnya di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Gua Pindul menyajikan cave tubing aliran sungai bawah tanah berwarna kehijauan dengan pemandangan stalaktit terbesar ke-4 di dunia.

Saat cave tubing di Gua Pindul, kamu akan dibuat terpesona dengan keeksotisan gua yang dihiasi stalaktit dan stalagmit ini. Dengan panjang 350 meter, kamu akan diajak menyusuri gua selama kurang lebih 45 menit.

Pemandu akan menjelaskan area, sejarah, hingga hewan-hewan seperti kelelawar yang ada di dalam gua ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa menantang adrenalin dengan terjun dari atas tebing yang ada di salah satu bagian di dalam Gua Pindul.

Di balik eksotiknya destinasi wisata Yogyakarta ini, konon air yang menetes dari stalaktit Gua Pindul dipercaya memiliki khasiat dapat membuat awet muda.

Destinasi wisata Gua Pindul tidak masuk ke dalam daftar tempat wisata yang dibuka dalam tahap uji coba. Jadi, bagi kamu yang berencana menghabiskan waktu libur bersama keluarga dengan mengunjungi wisata ekstrem di Gua Pindul, bersabar dulu ya!

3. Paralayang di Watugupit

© Disediakan oleh Kumparan Destinasi wisata Paralayang di Watugupit. Foto: Shutter Stock

Bukit Gupit atau yang biasa disebut Watugupit oleh warga setempat adalah spot paralayang terbaik di wilayah Yogyakarta. Tempat ini sudah terkenal di kalangan komunitas paralayang Indonesia maupun internasional.

Area Bukit Watugupit menjadi lokasi ideal untuk melakukan olahraga ekstrem paralayang. Sebab, semilir angin dan luasnya area bukit membuatmu bebas terbang tanpa terhalang pohon-pohon tinggi. Dengan terbang di atas ketinggian 900 mdpl, kamu akan melihat pemandangan Pantai Parangtritis dari udara.

Jangan khawatir, saat terbang kamu akan dipandu oleh pilot paralayang profesional. Jika tak ingin terbang dengan paralayang, kamu juga bisa menikmati pemandangan lautan di atas bukit tempat memulai paralayang.

Watugupit dikenal sebagai spot paling indah untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Untuk masuk ke kawasan Bukit Paralayang Watugupit, kamu hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 5.000, sementara untuk parkirnya, mobil dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dan sepeda motor hanya Rp 3.000 saja.

Destinasi wisata di Buktit Gupit termasuk atraksi wisata paralayangnya, hingga kini masih menutup diri untuk wisatawan guna menekan penyebaran Covid-19 dan perpanjangan penerapan PPKM Level 3 di Jawa dan Bali.

4. Rafting di Sungai Progo

© Disediakan oleh Kumparan Rafting di Sungai Progo. Foto: Shutter Stock

Selain terbang di atas lautan Parangtritis, kamu juga bisa mengarungi sungai Progo di atas perahu karet untuk memacu adrenalin selama liburan di Yogyakarta. Sungai Progo memiliki tingkat jeram yang cukup ekstrem, yakni kelas II hingga V dari enam kelas jeram yang ada.

Saat mengarungi Sungai Progo, kamu akan menempuh jarak sepanjang 15 kilometer yang bisa menghabiskan waktu selama 1,5 hingga 2 jam. Dalam pengarungan itu sesekali kamu akan melihat riakan-riakan air yang tentunya bisa mengguncang adrenalinmu.

Tidak hanya kegiatan paralayang di Buktit Gupit yang hingga kini masih menutup diri untuk wisatawan, kegiatan rafting di Sungai Progo pun masih belum dibuka selama perpanjangan penerapan PPKM Level 3 di Jawa dan Bali. Baiknya, saat ini susun bucket list kamu dulu, ya!

5. Sandboarding di Parangkusumo

© Disediakan oleh Kumparan Seorang pria melakukan sandboarding di Gumuk Pasir. Foto: Shutter Stock

Parangkusumo dikenal sebagai Gurun Sahara Afrika mini ala Yogyakarta. Barisan gundukan pasir alami itu terletak di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Dengan ketinggiannya yang mencapai 5 meter hingga 15 meter, gumuk pasir Parangkusumo biasanya dijadikan sebagai tempat sandboarding bagi wisatawan yang berkunjung. Tidak hanya pemain sandboarding profesional saja, olahraga ini juga bisa dinikmati oleh pemula yang hanya ingin menikmati gundukan pasir alami di Parangkusumo. Jadi kamu tak perlu khawatir jika tak jago dalam bidang sandboarding.

Di sana kamu bisa melihat banyak pengunjung yang membawa sandboard. Bahkan, anak kecil setempat juga suka seluncuran di gumuk pasir itu. Karena sudah banyak penggiat sandboarding ‘mangkal’ di sana, kamu bisa sekalian belajar dari mereka.

© Disediakan oleh Kumparan Sandboarding di gumuk pasir Parangkusumo, Yogyakarta. Foto: Shutter Stock

Untuk menjajal berselancar di Gumuk Pasir, harga tiket yang ditawarkan sekitar Rp 100 ribu. Harga tersebut sudah termasuk dengan perlengkapan sandboarding tanpa batas waktu. Akan tetapi saat ini, destinasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo masih ditutup untuk wisatawan selama penerapan PPKM Level 3 di Yogyakarta.

Bagaimana? Sudah memilih destinasi wisata adrenalin yang akan dikunjungi saat liburan di Yogyakarta? Tapi ingat, ada baiknya merencanakan liburan jika dirasa keadaan telah membaik, ya!

Jangan lupa juga tetap mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M di mana pun kamu berada. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Selain itu, segera lakukan vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar.

Selain itu, bagi kamu yang saat ini masih #DiRumahAja, sambil menyusun bucket list liburan, kamu juga bisa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis setiap hari Selasa di setiap pekannya. Caranya? Pasti gampang dong! Follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan terbaru PUKIS pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar, ya! Agar kesempatan menang semakin besar, mention juga 3 temanmu untuk ikutan kuis ini. Raih beragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia. Yuk buruan!

Internet Explorer Channel Network
News Related

OTHER NEWS

Hasil Man United Vs Liverpool - Gol Ronaldo Dianulir, Pogba Diusir, MU Hancur 0-5!

© Disediakan oleh Kompas.com Ekspresi kecewa Cristiano Ronaldo (kanan) dan Bruno Fernandes (kiri) pada laga pekan ke-9 Liga Inggris yang mempertemukan Man United vs Liverpool di Stadion Old Trafford, Minggu ... Read more »

Hasil Liga Inggris: Mo Salah Hattrick, Liverpool Hajar MU 5-0

© Disediakan oleh Kumparan Pemain Liverpool Mohamed Salah merayakan mencetak gol kelima mereka saat hadapi Manchester United di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (24/10). Foto: Phil Noble/REUTERS Liverpool menghancurkan ... Read more »

Tekuk Barcelona di Camp Nou, Real Madrid Rajai 4 El Clasico Beruntun

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain Barcelona asal Amerika Serikat, Sergino Dest, dibayangi oleh dua personel Real Madrid, Vinicius Junior dan Ferland Mendy dalam partai Liga Spanyol bertajuk El Clasico pada ... Read more »

Polda Gorontalo Buka Layanan Pengaduan Pinjol Ilegal, Korban Silakan Merapat

© JPNN.COM Polda Gorontalo Buka Layanan Pengaduan Pinjol Ilegal, Korban Silakan Merapat jpnn.com, GORONTALO – Polda Gorontalo membuka layanan pengaduan masyarakat bagi korban pinjaman online alias pinjol ilegal di nomor ... Read more »

Link Live Streaming Inter Milan Vs Juventus, Kick-off 01.45 WIB

© Disediakan oleh Kompas.com Gelandang Welsh Juventus Aaron Ramsey bersaing dengan pemain depan Inter Milan Argentina Lautaro Martinez selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus vs Inter Milan, di ... Read more »

Red Bull Bersiap Start Ketat Max Verstappen dan Lewis Hamilton

© Steve Etherington / Motorsport Images Max Verstappen, Red Bull Racing, 2nd position, and Lewis Hamilton, Mercedes, 1st position, congratulate each other in Parc Ferme Max Verstappen berhasil mengamankan pole ... Read more »

Liverpool Permalukan MU 5-0 di Old Trafford

© EPA-EFE/PETER POWELL Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) bersama Naby Keita merayakan gol ke gawang Manchester United. Salah mencetak hattrick dalam kemenangan Liverpool 5-0 atas MU di Old Trafford. REPUBLIKA.CO.ID, ... Read more »

Siloam Beri Penghargaan Dokter Sebagai Pejuang Kemanusiaan

© https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup Logo Siloam Hospitals Group REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Dalam rangka peringatan Hari Dokter Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Oktober, Siloam Hospitals Grup menggelar seremoni perayaan pada Sabtu (23/10) yang ... Read more »

Nasabah Diminta Tak Usah Bayar Utang ke Pinjol Ilegal, Ada Risikonya?

© Disediakan oleh Kompas.com Pegawai PT Ant Information Consulting (AIC) duduk di depan komputer saat penggerebekan kantor pinjaman online ilegal di Kelapa Gading, Jakarta, Senin (18/10/2021). Direktorat Reserse Kriminal Khusus ... Read more »

Demi Peran Ibu Hamil, Amanda Manopo Gemukkan Badan, Berbuah Tiga Kemenangan

© Disediakan oleh Tempo.co foto TEMPO.CO, Jakarta – Amanda Manopo mencatat sukses besar sejak memerankan karakter Andini Karisma Putri di sinetron Ikatan Cinta. Proses transformasinya dari perempuan teraniaya dan terhinakan, ... Read more »

Kebobolan 4 Gol di Babak Pertama Jadi Catatan Buruk MU di Liga Inggris

© Disediakan oleh Kumparan Pemain Manchester United Fred bentrok dengan pemain Liverpool Ibrahima Konate di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (24/10). Foto: Phil Noble/REUTERS Manchester United (MU) mencatat rekor ... Read more »

Rano Karno Raih Lifetime Achievement pada Ajang Ini, Selamat

© JPNN.COM Rano Karno Raih Lifetime Achievement pada Ajang Ini, Selamat jpnn.com, JAKARTA – Rano Karno meraih penghargaan Lifetime Achievement pada ajang Festival Film Bandung, Sabtu (23/10/2021) malam. Penghargaan ini ... Read more »

Penanganan Covid-19 Diapresiasi, Kebebasan Sipil Dikritisi

© Theofilus Ifan Sucipto Apresiasi datang dari responden survei anyar SMRC. Sebanyak 68,5 persen responden mengaku puas dengan kinerja dua tahun Jokowi-Ma’ruf. Jakarta: Penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi dari Presiden ... Read more »

Sekjen Kementerian Dalam Negeri Meninggal Dunia

© Yogi Bayu Aji Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori mengembuskan napas terakhir dalam perawatan di Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta. Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad ... Read more »

Epidemiolog: PCR Bisa Jadi Syarat Semua Moda Transportasi

© ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo Tes PCR (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Epidemiolog menilai kewajiban tes polymerase chain reaction (PCR) sebagai syarat wajib penumpang pesawat adalah kebijakan yang bagus. Ia pun berharap ... Read more »

Hasil La Liga: Real Madrid Kalahkan Barcelona di Camp Nou, Skor 2-1

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Real Madrid berhasil mengalahkan Barcelona pada lanjutan La Liga Spanyol bertajuk laga El Clasico pada Ahad, 24 Oktober 2021. Berhadapan di ... Read more »

10 Aktris Jepang yang Debut Jadi Model Majalah, Ada Nana Komatsu!

© Disediakan oleh IDN Times Drama dan film Jepang biasanya terkenal dengan ceritanya yang menarik dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Selain ceritanya, kemampuan akting para aktor dan aktrisnya juga menjadi ... Read more »

Tak Main-main, Anak Buah Bang Zul dan Irjen Iqbal Sampai Utus Perwakilan ke Italia

© JPNN.COM Tak Main-main, Anak Buah Bang Zul dan Irjen Iqbal Sampai Utus Perwakilan ke Italia jpnn.com, JAKARTA – Polda NTB tengah mempersiapkan diri untuk mengawal sejumlah agenda global di ... Read more »

Bakal Dilaporkan Gegara Bacaan Salat, Nikita Mirzani Merespons Begini

© JPNN.COM Bakal Dilaporkan Gegara Bacaan Salat, Nikita Mirzani Merespons Begini jpnn.com, JAKARTA – Artis Nikita Mirzani menanggapi kabar dirinya akan dilaporkan ke polisi terkait tuduhan melecehkan Islam melalui bacaan ... Read more »

Akhiri Tren Kekalahan dari Momota, Axelsen Juara Denmark Open 2021

© Disediakan oleh Kompas.com Viktor Axelsen (Denmark) saat berhadapan dengan Chen Long (China) pada final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021) malam WIB. KOMPAS.com – Pebulu ... Read more »

Seken Keren - Anjuran Perawatan Lengkap Kawasaki Z250 Biar Aman Dipakai Harian dan Touring, Biaya Mulai Rp 120 Ribu

© Disediakan oleh GridOto Ilustrasi Kawasaki Z250 Kawasaki Seken Keren – Anjuran Perawatan Lengkap Kawasaki Z250 Biar Aman Dipakai Harian dan Touring, Biaya Mulai Rp 120 Ribu Biar enggak salah ... Read more »

Cristiano Ronaldo Emosi, Langgar Pemain Liverpool Berujung Kartu Kuning

© Disediakan oleh Kumparan Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo beraksi dengan pemain Liverpool Curtis Jones di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (24/10). Foto: Phil Noble/REUTERS Cristiano Ronaldo nampak frustrasi ... Read more »

Barcelona Vs Real Madrid: Pos Messi Diisi Bek, Barca Catat Rekor Jelek

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain Barcelona asal Amerika Serikat, Sergino Dest, dibayangi oleh dua personel Real Madrid, Vinicius Junior dan Ferland Mendy dalam partai Liga Spanyol bertajuk El Clasico pada ... Read more »

Suzuki Sebut akan Luncurkan Dua Mobil Baru di GIIAS 2021, Bau-baunya S-Presso dan Vitara Brezza Nih...

© Disediakan oleh GridOto Suzuki S-Presso autodeal.com.ph Suzuki Sebut akan Luncurkan Dua Mobil Baru di GIIAS 2021, Bau-baunya S-Presso dan Vitara Brezza Nih… PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan akan ... Read more »

Ramai Dibicarakan, 10 Potret Awet Muda Sahrul Gunawan di Usia 45 Tahun

© Disediakan oleh IDN Times Belum lama ini, nama Sahrul Gunawan banyak diperbincangkan. Adalah perihal isu kedekatannya dengan pedangdut Ayu Ting Ting. Kabar ini semakin menguat setelah presenter Ruben Onsu ... Read more »

Perlu Dukungan Semua Pihak dalam Merealisasikan RUU Masyarakat Adat

© Kautsar Widya Prabowo Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Masyarakat Adat tengah diperjuangkan agar menjadi undang-undang (UU). Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan Rancangan Undang-Undang ... Read more »

Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori Meninggal Dunia karena Sakit

© Disediakan oleh Kumparan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori. Foto: Kemendagri Kabar duka datang dari Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri. Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori meninggal dunia dalam usia 53 ... Read more »

Ganjar Berencana Menghadirkan Bus Listrik di Perkotaan

© JPNN.COM Ganjar Berencana Menghadirkan Bus Listrik di Perkotaan jpnn.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pabrik dan serah terima kendaraan listrik buatan Viar Jawa Tengah, di Kawasan ... Read more »

Santri di Jateng Dapat Pelatihan Pengembangan Usaha

© ANTARA/Reno Esnir Sahabat Ganjar (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kelompok relawan Sahabat Ganjar mengadakan pelatihan sekaligus lomba untuk para santri Pondok Pesantren di Jawa Tengah (Jateng). Seminar berfokus pada menggali ... Read more »

Hasil El Clasico: Drama Gol Menit Akhir! Real Madrid Berjaya di Markas Barcelona

© Disediakan oleh Kumparan Pemain Real Madrid Eder Militao beraksi dengan pemain FC Barcelona Memphis Depay di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Minggu (24/10). Foto: Nacho Doce/REUTERS Barcelona dikalahkan Real ... Read more »

Pesan Gus Kikin Tebuireng untuk Umat dan Partai Politik

© Dok Istimewa Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan rombongan berziarah ke Makam KH Hasyim Asyari usai bersilaturahim ke kediaman Gus Kikin. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur ... Read more »

Dari Australia, Denny Kritisi Pertemuan Jokowi dan Haji Isam

© JPNN.COM Dari Australia, Denny Kritisi Pertemuan Jokowi dan Haji Isam jpnn.com, JAKARTA – Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menyatakan ada dua kejadian di Kalimantan Selatan yang ... Read more »

Kemiskinan Ekstrem di Karawang Tersebar di Pedesaan dan Pertanian

© Antara Penanganan kemiskinan ekstrem difokuskan di 25 desa yang masuk kategori pedesaan dan pertanian Karawang: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan penduduk yang berkategori miskin ... Read more »

5 Kastil yang Bisa Dikunjungi di Denmark, Megah dan Bersejarah

© Disediakan oleh IDN Times Denmark adalah negara yang memiliki berbagai destinasi wisata memukau dan seru untuk dikunjungi. Beberapa destinasi wisata, sebut saja Tivoli Gardens, The Little Mermaid, dan berbagai ... Read more »

PLN Catat Rekor Beban Puncak Tertinggi Listrik Di Jawa-Bali

© PLN PLN berupaya keras turut andil memulihkan perekonomian. Petugas PLN memeriksa jaringan listrik. (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA— PT PLN (Persero) mencatatkan rekor beban puncak listrik tertinggi sejak 2019-2021, yakni terjadi pada ... Read more »

Sudah menguat 0,16%, simak proyeksi pergerakan IHSG besok Senin

© Hafidz Mubarak A Sudah menguat 0,16%, simak proyeksi pergerakan IHSG besok Senin KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada penutupan perdagangan Jumat (22/10). IHSG ... Read more »

Tidak Kompatibel Secara Astrologi, Akankah Hubungan Kourtney Kardashian dan Travis Barker Bertahan Lama?

© Disediakan oleh Beautynesia Kabar bahagia datang dari pasangan Kourtney Kardashian dan Travis Barker. Dua sejoli ini telah melakukan prosesi pertunangan yang berlangsung di California, Amerika Serikat. Kourtney dan Travis ... Read more »

Luhut dan Haris Azhar-Fatia Dijadwalkan Mediasi Besok

© Kautsar Widya Prabowo Luhut merupakan pelapor dalam kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia. Jakarta: Polda Metro Jaya kembali menjadwalkan mediasi antara Menteri Koordinator Bidang ... Read more »

Pengamat Sesalkan Pernyataan 'Kemenag Hadiah Khusus NU'

© Disediakan oleh Republika.co.id Menteri Agama Yaqut Kholil Qoumas REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengamat sosial Keagamaan dan Politik, Sudarto Abdul Hakim menyesalkan pernyataan Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholis Qoumas yang ... Read more »

Kaltim Terbebas dari Zona Merah Covid-19

© Antara Wilayah zona merah terakhir yakni Kota Balikpapan telah berubah status dalam zona oranye pada update kasus harian, Minggu, 24 Oktober 2021. Samarinda: Wilayah Provinsi Kalimantan Timur telah terbebas ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic