5 Obyek Wisata Favorit Turis Asing di Gorontalo, Bisa Lihat Hiu Paus

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

Ilustrasi Taman Laut Olele di Gorontalo.

GORONTALO, KOMPAS.com – Gorontalo yang terletak di kawasan biogeografi Wallacea memiliki beragam tempat wisata, mulai dari alam hingga cagar budaya bersejarah.

“Informasi obyek wisata ini belum banyak namun saat wisatawan mancanegara (wisman) datang dan menikmatinya, mereka sangat menyukai keunikan Gorontalo,” kata pemandu wisata dan penyedia penginapan untuk wisman di Gorontalo, Mukmin Badu, Kamis (22/9/2022).

Ia melanjutkan bahwa Gorontalo berlokasi cukup strategis di antara Manado, Sulawesi Utara, dan Togean, Sulawesi Tengah. Sehingga wisman yang bepergian dari Manado ke Togean dan sebaliknya bisa singgah di Gorontalo selama beberapa waktu.

“Setidaknya ada lima obyek wisata yang selalu menjadi kunjungan wisatawan asing, belum lagi wisatawan nusantara dan lokal,” ujar salah satu pelopor ekowisata di Gorontalo ini.

Kelima tempat wisata tersebut juga dibenarkan oleh salah satu koleganya, Fajar.

“Wisatawan asing menyukai kekhasan daerah ini yang bersifat alami, seperti kunjungan ke nesting ground burung maleo atau ke hiu paus,” ujar Fajar.

5 wisata Gorontalo yang digemari wisatawan mancanegara

1. Wisata Hiu Paus

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

Dua anak nelayan bercanda dengan seekor hiu paus di belakang rumah mereka, Wisata hiu paus ini menjadi favorit wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Gorontalo.

Obyek wisata ini berjarak sekitar 11,5 km dari Kota Gorontalo, serta dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua hingga roda empat.

Jalan yang mengular di perbukitan tepi pantai ini sangat mulus, sehingga waktu tempuhnya sekitar 22 menit.

Sepanjang jalan, wisatawan dapat menikmati birunya perairan Teluk Tomini di sisi kanan, serta perbukitan kapur putih dengan semak-semak di sisi kiri.

Bukit-bukit ini, jika dilihat dengan teliti, tersusun dari batu karang, bahkan fosil hewan laut juga dapat terlihat jelas. Ini membuktikan wilayah daratan Gorontalo terjadi dari pengangkatan dasar samudra.

Sesampainya di Desa Botubarani, wisatawan bisa menemukan pantai karang yang menjadi lokasi favorit hiu paus atau whale shark (Rhincodon typus).

Wisatawan cukup nyemplung dengan peralatan snorkeling atau menyelam agar bisa berdekatan dengan ikan raksasa ini.

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

Wisata Bahari Hiu Paus

Bagi wisatawan yang tidak bisa menyelam atau snorkeling, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Botubarani sudah menyediakan perahu tradisional dari kayu. Dari atas perahu ini, wisatawan dapat melihat hiu paus.

“Ada standar prosedur dalam menikmati hiu paus ini, tidak boleh berdekatan dalam jarak tertentu apalagi menyentuh ikan ini,” ujar Mukmin.

Bila wisatawan beruntung, mereka bisa menyaksikan peristiwa langka ketika ikan-ikan tersebut berkerumun.

Kemunculan hiu paus di Gorontalo terjadi pada bulan-bulan tertentu. Biasanya tidak hanya satu-dua ekor, namun bisa mencapai hingga lebih dari lima ekor.

Adapun para nelayan Botubarani mendapatkan keuntungan dari penyewaan perahu secara bergantian kepada wisatawan. Banyaknya perahu yang beroperasi pun dibatasi agar tidak mengganggu satwa ini.

2. Hungayono

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

Burung celepuk sulawesi (Otus menadensis) suguhan safari malam di kawasan Hungayono.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) menjadi kawasan yang sering dikunjungi wisman, selain obyek wisata hiu paus.

Di kawasan konservasi ini, para pengunjung dapat mengikuti jungle trekking dari batas Desa Tulabolo ke Hungayono, sebuah lokasi seluas 8,6 hektar yang menjadi nesting ground (tempat peneluran) burung maleo senkawor (Macrocephalon maleo).

Jika sudah sampai di Desa Tulabolo, wisatawan akan disuguhi suasana kampung yang rapi dengan rumah warga terletak di sisi kanan kiri jalan beton kecil.

Desa ini menjadi pintu masuk taman nasional. Beberapa rumah warga selama ini sudah dijadikan penginapan wisatawan yang datang, dan Pokdarwis sudah lama terbentuk dengan fasilitasi Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Pagi adalah waktu yang tepat untuk menysuri desa ini, dengan ditemani kicau burung dari belakang rumah warga.

Ini adalah alternatif wisata pengamatan burung, antara lain kadalan Sulawesi (Phaenicophaeus calyorhynchus), jalan tunggir merah (Scissirostrum dubium). Bahkan saat malam pun ada tiyombu, sebutan orang Suwawa untuk burung celepuk Sulawesi (Otus menadensis).

Saat menyusuri jalan setapak ke arah Hungayono, wisatawan bisa menikmati suara burung dan serangga serta melihat aneka flora dan fauna.

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

Anakan burung maleo (Macrocephalon maleo) di hatchery Hungayono menyapa dunia. Telur maleo membutuhkan waktu 60 hari untuk menetas di dalam timbunan tanah panas (geotermal) hingga kedalaman 80 cm, setelah menetas ia berjuang keluar dari dalam tanah.

Jika beruntung, mereka bisa menjumpai kawanan monyet Gorontalo (Macaca nigrescens), apalagi jika musim langsat. Sering juga dijumpai tupai yang asyik bermain di cabang-cabang pohon, dan alo atau julang Sulawesi (Aceros cassidix) atau kangkareng Sulawesi (Penelopides exarhatus).

“Banyak burung di kawasan TNBNW, maskotnya adalah burung maleo senkawor,” ujar staf Perkumpulan Biodiversitas Gorontalo (Biota), Hanom Bashari.

Di laman Balai TNBNW disebutkan, sampai tahun 2020, sedikitnya telah tercatat 206 jenis burung, 36 jenis mamalia, 40 jenis reptilia, dan 13 jenis amfibia di kawasan konservasi ini.

Salah satu daya tarik utama di Hungayono adalah burung maleo. Wisatawan biasanya diajak mencari telur burung tersebut di dalam tanah, kemudian memindahkannya ke hatchery (kandang penetasan).

“Wisatawan bisa menjadi orang tua asuh maleo, telur yang ditemukan didokumentasikan dan dipindahkan oleh wisatawan, sekitar dua bulan kemudian telur ini akan menetas, wisatawan bisa datang kembali untuk melepas anakan maleo ini dan akan mendapat sertifikat,” ujar Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) 1 Limboto Balai TNBNW, Bagus Tri Nugroho.

Jarak obyek wisata ini dari Kota Gorontalo sekitar 30 kilometer yang dapat ditempuh dengan motor atau mobil.

Biasanya mobil akan diparkir di sisi luar desa sebelum menyeberangi jembatan gantung yang hanya bisa dilewati motor. Dari jembatan ini ke batas taman nasional bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek dengan tarif mulai Rp 10.000.

3. Taman Laut Olele

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

Seorang penyelam menikmati taman laut Olele. Obyek wisata bahari ini menawarkan sejumlah spot menarik dalam satu kawasan yang relatif terjangkau.

Olele merupakan taman laut di Gorontalo. Lokasinya tepat di tepi permukiman warga, sehingga mudah dijangkau dengan perahu.

Taman laut ini masuk wilayah Desa Olele yang berjarak 30 kilometer dari Kota Gorontalo, sehingga bisa dicapai dengan kendaraan bermotor atau perahu.

Pemandu umumnya akan mengajak wisatawan ke sejumlah titik penyelaman, salah satunya adalah koral Salvador Dali (Salvador Dali sponge), bahkan pernah ada yang berukuran raksasa.

Ada juga gua bawah laut yang tidak jauh dari pantai dan dikenal sebagai gua jin.

Olele juga menjadi daerah tujuan utama wisatawan nusantara dan lokal. Mereka biasanya snorkeling sambil memberi makan ratusan ikan di laut.

Karakteristik peraiaran Olele adalah adanya batuan bekas lava beku di pantai dan perairan.

Tersedia penyewaan alat selamm atau snorkeling, serta perahu catamaran yang bisa dinaiki untuk melihat pemandangan bawah air tanpa harus basah-basahan. Semua fasilitas ini bisa disewa di Pokdarwis Olele.

Jarak Olele dari Kota Gorontalo adalah 25 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu 50 menit dengan menggunakan motor dan mobil, serta speedboat dari Pelabuhan Gorontalo.

4. Pantai Kurenai

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

Pantai Kurenai

Pantai Kurenai cukup unik karena merupakan tempat yang lama tidak digunakan. Dulunya terdapat perusahaan ikan yang dilengkapi beberapa gedung pemrosesan ikan dan pelabuhan kecil buat kapal.

Karena tidak terurus lama, pantai ini kemudian menjadi tempat favorit untuk sesi pemotretan. Hasil bidikan kamera para fotografer inilah yang kemudian viral dan menjadikan pantai ini terkenal.

“Sore adalah waktu yang paling romantis jika berlama-lama di pantai ini,” ujar Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Bone Bolango, Fuad Pantoiyo.

Karakteristik Pantai Kurenai adalah dataran yang luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, misalnya outbound. 

Perairan di Pantai Kurenai juga tidak kalah menarik karena terdapat terumbu karang yang indah. Aktivitas inilah yang kerap ditawarkan ke wisman, apalagi letak pantai ini berdekatan dengan pelabuhan penyeberangan yang melayani moda transportasi wisman dari dan ke Togean-Gorontalo.

Jarak ke pusat Kota Gorontalo sekitar 10 kilometer, dengan waktu tempuh kira-kira 20 menit.

5. Benteng Otanaha

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

komplek perbentengan Otanaha di Kota Gorontalo. Ada 3 buah benteng yang tersusun dari batu karang, Otanaha, Otahiya dan Ulupahu.

Di kawasan bukit kapur Gorontalo, terdapat tiga benteng bulat yang tersusun dari batu karang.

Belum ada catatan resmi terkait keberadaan benteng tua ini, namun sumber lisan masyarakat menyebut benteng ini dibangun oleh pemimpin lokal Gorontalo.

Ketiga benteng bulat ini adalah Benteng Otanaha, Otahiya, dan Ulupahu. Ketiganya berada di puncak bukit kapur yang tandus.

Benteng Otanaha ini dikenal sebagai satu-satunya benteng di Indonesia yang berada di pinggir danau, karena lazimnya benteng berada di tepi laut. Inilah uniknya Otanaha, Otahiya dan Ulupahu yang menjadikan Danau Limboto sebagai obyek yang penting dan strategis.

Menurut penuturan turun-temurun masyarakat soal benteng tersebut, konon, struktur batu ini dibangun dengan melekatkan bongkahan batu karang menggunakan kuning telur burung maleo.

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

Benteng Otanaha, bekas peninggalan Portugis.

Dari ketinggian benteng di atas bukit ini, para pengunjung bisa melihat pemandangan seluruh tepi Danau Limboto dan perkampungannya sambil merasakan udara yang lembap. Angin yang menyapu kulit terasa sejuk meski berada di atas bukit kapur yang kering.

Mukmin Badu mengatakan, wisman sangat menikmati bentang alam yang ada, termasuk perbukitan, danau, dan langit.

“Kami akan menemani pengunjung yang datang, yang ingin berdendang bisa bersama kami,” ucap salah seorang juru pelihara benteng sekaligus musisi tradisional Gorontalo, Idris Katili.

Benteng Otanaha masih masuk wilayah Kota Gorontalo, jadi hanya butuh hitungan belasan menit untuk sampai di tempat ini.

Tiket masuk ke benteng ini mulai dari Rp 25.000 untuk wisman, dan Rp 10.000 untuk wisatawan nusantara.

5 obyek wisata favorit turis asing di gorontalo, bisa lihat hiu paus

News Related

OTHER NEWS

Hetty Koes Endang Tangkap Kode Tak Biasa dari Lesti Kejora Sebelum Menikah : Dulu Mama Enggak Peka

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Penyanyi kondang Hetty Koes Endang menangkap sinyal tak biasa dari Lesti Kejora. Sebelum Lesti Kejora menikah dengan Rizky Billar, Hetty Koes Endang ternyata merasa diberikan kode. Kode tersebut ... Read more »

Pesona Tamara Dai di Paris Fashion Week Spring Summer 2023 dan Berita Terpopuler Lainnya

Profil dan Biodata Tamara Dai (Instagram/@tamaradai) Suara.com – Fashion content creator, Tamara Dai menjadi perempuan yang mewakili Indonesia dalam acara bergengsi Le Defile L’Oreal Paris di Paris Fashion Week Spring ... Read more »

Trending Topic di Twitter, Pandji Pragiwaksono Sebut Presiden Pasang Badan Untuk Kepolisian

Pandji Pragiwaksono [Instagram @pandji.pragiwaksono] SuaraBogor.id – Nama Komika Pandji Pragiwaksono saat ini tengah menjadi perbincangan publik, bahkan kini menjadi trending topic di Twitter, Kamis (6/10/2022). Usut punya usut, Pandji Pragiwaksono ... Read more »

Sejumlah Tokoh Bakal Maju di Pilkada Padang,Pengamat: Mereka Sanggup Menantang Petahana

Suara.com – RanahSuara.id – Sejumlah tokoh mengisyaratkan bakal maju menjadi calon wali kota Padang di pemilihan kepada daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Di antaranya yaitu Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar. Banyaknya ... Read more »

Ledakan Bom Rakitan di Riau, Densus 88 Dalami Motif Pelaku

Ledakan Bom Rakitan di Riau, Densus 88 Dalami Motif Pelaku jpnn.com, INDRAGIRI HULU – Tim Datasemen Khusus (Densus) Antiteror Polri telah bergerak ke lokasi guna mengusut ledakan akibat bom rakitan ... Read more »

Lafaz Niat Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2022 Lengkap Beserta Keutamaan Bagi yang Melaksanakannya

TRIBUNSUMSEL.COM- Simak lafaz niat puasa Ayyamul Bidh Oktober 2022 lengkap dengan keutamaan bagi yang melaksanakannya. Umat muslim yang akan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh bulan Oktober 2022 perlu memahami lafaz niat ... Read more »

Jokowi Teken Keppres 19/2022 tentang TGIPF, Begini Sederet Tugasnya Mengungkap Penyebab Tragedi Kanjuruhan Malang

Presiden Jokowi menjenguk korban tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar pada Rabu (5/10/2022). [Foto: Rusman – Biro Pers Sekretariat Presiden] Suara.com – ... Read more »

Pertama di Indonesia, Kampus ITB Diwujudkan dalam Dunia Metaverse

Langkah ini sekaligus menjadi terobosan ITB sebagai kampus Indonesia pertama di metaverse. Jakarta: Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) Emir Mauludi Husni mendefinisikan metaverse sebagai ... Read more »

6 Hal yang Harus Dilakukan Jika Kartu E Money/Flazz Terblokir Saat akan Naik Kendaraan Umum

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Sehubungan dengan diberlakukannya one man one card dan kewajiban tap in dan tap out, PT JakLingko Indonesia menyadari bahwa terdapat beberapa kendala di lapangan yang terjadi. Direktur ... Read more »

Palembang Alami Hujan Ekstrem Picu Banjir Dimana-mana, BMKG: Tertinggi Dalam 30 Tahun Terakhir

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG — Hujan deras yang mengguyur Palembang 5 Oktober 2022, mulai sore hingga malam hari yang terakumulasi pada Kamis pagi 6 Oktober 2022 mencapai 188.7 mm, merupakan curah hujan ... Read more »

Anggota TNI yang Videonya Viral Tendang Aremania di Tragedi Kanjuruhan Minta Maaf ke Keluarga: Kulo Khilaf...!

Anggota TNI yang videonya viral tendang Aremania minta maaf ke keluarga [Foto: Tangkapan layar TikTok] SuaraMalang.id – Video yang memperlihatkan dua orang berseragam TNI menemui keluarga aremania yang ditendang saat ... Read more »

Bertemu Joe Biden di White House, Jimin BTS Gugup Hingga Tak Menyangka Reaksi dari Presiden AS

BANGKAPOS.COM -�Beberapa bulan yang lalu, boyband hit asal Korea Selatan, BTS mengunjungi White House, Amerika Serikat. Diantara member yang hadir ialah RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook Keenam ... Read more »

Suporter Ricuh Usai Champions League Liverpool vs Rangers, 7 Orang Ditangkap karena Mabuk dan Ribut

Striker Liverpool asal Mesir Mohamed Salah (kiri) menembak dari titik penalti untuk mencetak gol kedua timnya selama matchday ketiga Grup A Liga Champions antara Liverpool vs Rangers di Anfield di ... Read more »

TAK Perlu Panik Jika Digigit Kelabang, Segera Lakukan Pertolongan Pertama

SRIPOKU.COM–Banyak orang yang mengira hewan yang satu ini mematikan. Jika sudah tergigit akan fatal akibatnya. Benarkah demikian? Digigit kelabang bisa menimbulkan sensasi menyakitkan. Meski cenderung tidak berbahaya, namun rasa sakit ... Read more »

Awas Spoiler, Ini Bocoran Episode Terakhir Drama Korea Little Women

Little woman [youtube] SuaraBatam.id – Berikut spoilers tentang drama Korea Little Women episode 11. Cerita dalam drama yang diperankan oleh Kim Go Eun, Nam Ji Hyun dan Park Ji Hoo ... Read more »

RESMI, Syahrin Harahap Lengser dari Jabatan Rektor UINSU, Kini Digantikan Abu Rokhmad

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-�Syahrin Harahap resmi dicopot dari jabatannya sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) hari ini, Rabu (5/10/2022). Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah memberikan hukuman disiplin (hukdis) kepada ... Read more »

TIDUR Pulas, Pencuri Motor Ini Kaget saat Dinyanyikan Lagu Selamat Ulang Tahun, Syok saat Buka Mata

TRIBUNNEWSMAKER.COM – Betapa terkejutnya pelaku pencurian sepeda motor ketika terbangun dari tidur. Ia terbangun setelah mendengar nyanyian lagu selamat ulang tahun. Ketika membuka mata, ia syok lantaran di depannya ada ... Read more »

4 Tanda Seseorang Alami Impostor Syndrome, Kenali Segera!

Ilustrasi impostor syndrome (Freepik/tatoenjoy) Suara.com – Impostor syndrome atau sindrom menipu ini merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan penderitanya mengalami keraguan terhadap dirinya sendiri dan pencapaian yang berhasil diraihnya. Orang yang ... Read more »

Daftar Makanan Penguat Tulang Agar Tak Keropos, Mudah Didapatkan di Sekitar Kita

TRIBUNMANADO.CO.ID – Tulang merupakan bagian penting dalam tubuh manusia. Sebab tanpa tulang kita tidak bisa berdiri tegak seperti saat ini. Tulang bisa keropos jika tak dijaga. Ada beberapa makanan yang ... Read more »

Pak Holili Tak Gubris Saran Temannya Tiba-tiba Ikan Marlin Menyerang Hingga Moncong Tembus Lehernya

TRIBUNJOGJA.COM, SITUBONDO – Tragis dialami oleh seorang nelayan asal Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Nelayan bernama Holili (40) tersebut tewas setelah diserang ikan marlin yang dipancingnya saat ... Read more »

'Ngontrak di Kalibata' Sosok Ini Bongkar Seluk-beluk Hidup Rizky Billar Heran Cepat Tenar: Kok Bisa

SRIPOKU.COM -�Begini kehidupan masa lalu Rizky Billar diungkap keluarganya sendiri ternyata pernah susah. Nama Rizky Billar hingga kini menjadi topik perbincangan hangat setelah diduga melakukan KDRT kepada Lesty Kejora. Tindakan ... Read more »

5 Inspirasi Ide Video Pendek, Dijamin Jadi Sering Trending!

Seorang content creator video dituntut untuk selalu memiliki ide kreatif agar konten miliknya dapat terus menarik minat penonton. Kadang kala, ada masanya kita merasa kehabisan ide atau muncul perasaan hopeless ... Read more »

Tes Kepribadian: Bagaimana Cara Anda Mengelola Emosi? Apakah Anda Termasuk Orang yang Bisa Menahan Marah

Suara.com – Selebtek.suara.com – Kami akan memberi Anda tantangan visual baru yang dengannya Anda dapat menemukan aspek tersembunyi dari cara keberadaan Anda, seperti pikiran terdalam Anda. Pilih salah satu kemungkinan ... Read more »

Ganjar Pranowo Hujan Sentilan Rekan Partai Sendiri, Kontribusi Ganjar Untuk PDI-P Dipertanyakan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR � Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali dapatkan banyak sendirian dari rekan di partai sendiri di PDI Perjuangan. Ganjar Pranowo yang sebelumnya sudah sempat diusung oleh PSI untuk ... Read more »

Harga Motor Bekas Honda Scoopy di Oktober 2022 Dijual Mulai Rp 10 Jutaan

Harga Motor Bekas Honda Scoopy di Oktober 2022 Dijual Mulai Rp 10 Jutaan Motor bekas Honda Scoopy dijual Rp 10 jutaan Dok.Motorplus Harga Motor Bekas Honda Scoopy di Oktober 2022 ... Read more »

Duh! Gaji Segini Belum Bisa Beli Rumah Rp500 Jutaan

Penghasilan kelas menengah di Jabodetabek berada pada rentang Rp7 juta hingga Rp15 juta.  Idealnya mereka mencicil rumah dengan harga Rp500 jutaan. Jakarta: Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan 7-Day Reverse Repo Rate ... Read more »

Tayang Perdana, Episode Pertama Drama Korea 'Bad Prosecutor' Disambut Antusias

Doh Kyung Soo ‘Bad Prosecutor’ (Twitter/@SMTOWNGLOBAL) Suara.com – Drama Korea ‘Bad Prosecutor’ tayang perdana pada 5 Oktober 2022. Episode pertama drama yang dibintangi oleh Doh Kyung Soo EXO tersebut berhasil ... Read more »

Rayakan Ulang Tahun ke-26, XL Axiata Tebar Promo Serba 26 untuk Seluruh Produk

Rayakan Ulang Tahun ke-26, XL Axiata Tebar Promo Serba 26 untuk Seluruh Produk MANADOPOST.ID— Memasuki usia 26 tahun melayani masyarakat Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berkomitmen untuk memberikan ... Read more »

Apakah Janda Tetap Mendapatkan Pahala Pernikahan, Begini Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

PROHABA.CO – Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan apakah janda tetap mendapatkan pahala pernikahan. Hal itu ketika dia mendapati pertanyaan dari seorang jemaah perempuan. Berikut penjelasan Ustaz Khalid Basalamah dalam kanal YouTube ... Read more »

Harga Minyak Mentah Anjlok, Pemerintah Diminta Bersikap Adil dengan Turunkan Harga BBM Subsidi

Pengendara roda dua antre mengisi motornya dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya pemerintah nekat menaikkan harga BBM bersubsidi karena harga ... Read more »

Video: Dalam Setahun 4 Direksi Mundur, Ada Apa dengan Unilever?

Direksi Unilever Kerap Mundur, Ada Apa? PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengumumkan pengunduran diri direktur sekaligus sekretaris perusahaan, Reski Damayanti. Ia mundur karena alasan pribadi. Ini bukan pertama kalinya direksi ... Read more »

Sosok Wanita Diduga Selingkuhan Rizky Billar Dibocorkan Kim Hawt: Usianya Lebih Tua dan Sosialita

TRIBUNCIREBON.COM – Dugaan Rizky Billar selingkuh yang menjadi biang masalah terjadinya KDRT terhadap Lesti Kejora makin tersingkap. Baru-baru ini, seorang manajer artis,�Kim Hawt ikut angkat bicara terkait sosok yang diduga ... Read more »

NasDem Sentil Kader Keluar Partai Gegara Anies Baswedan, Sindir Ni Luh Djelantik?

NasDem Sentil Kader Keluar Partai Gegara Anies Baswedan, Sindir Ni Luh Djelantik? bali.jpnn.com, JAKARTA – DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) merespons keputusan sejumlah kader yang memutuskan hengkang setelah pencapresan Gubernur ... Read more »

Zikir Pendek Penggugur Dosa, Termasuk Amalan Bertaubat : Hapus Dosa Sebanyak Buih di Lautan

TRIBUN-MEDAN.com – Umat Islam sangat dianjurkan tetap mengingat Allah SWT setiap waktu.� Dimana pun kita berada dianjurkan menyebut dan mengingat Sang Pencipta agar diberi perlindungan dan pertolongan.� Cara untuk mengingat ... Read more »

Raja Charles III Kirim Ucapan Duka Cita atas Tragedi Kanjuruhan, Ini Reaksi Netizen Indonesia!

Tragedi Kanjuruhan di Malang pada 1 Oktober 2022 juga turut menarik atensi dunia internasional termasuk Raja Charles III. Penguasa yang baru naik takhta tersebut turut menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada ... Read more »

KPK Mulai Beda Sikap soal Buka Penyelidikan Formula E ke Publik

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (kanan) dan Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi Karyoto (kedua kiri) bersiap menyampaikan keterangan pers terkait penahanan empat tersangka baru kasus korupsi pemeriksaan laporan keuangan pada ... Read more »

Persija Suarakan Pesan Perdamaian seusai Tragedi Kanjuruhan, Persib Bandung Balas dengan Tagar

TRIBUNWOW.COM – Sisi positif setelah tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu, mayoritas klub Liga 1 kompak menyuarakan perdamaian. Dilansir oleh TribunWow.com, Persija Jakarta adalah satu di antara kontestan Liga 1 musim ini ... Read more »

Cara Ganti Nickname Valorant

Cara ganti nickname Valorant bisa dilakukan dengan megubah Riot ID. Foto: Game PC Valorant. (Riot Games) Suara.com – Cara ganti nickname Valorant bisa kamu coba jika bosan dengan nama akun ... Read more »

Proses Hukum Rizky Billar terhadap Lesti Kejora tetap Berjalan Meski Minta Maaf

Tribunlampung.co.id, Jakarta � Polres Metro Jakarta Selatan menyatakan meski Rizky Billar minta maaf kepada Lesti Kejora tapi proses hukum tetap berjalan. Lesti Kejora telah melaporkan Rizky Billar atas tindakan kekerasan ... Read more »

RAPOR Pemain AC Milan usai Dibantai Chelsea: Rafael Leao Istimewa, Tapi Sergino Dest Jadi Sorotan

TRIBUNKALTIM.CO – Hasil mengecewakan didapatkan AC Milan pada matchday ketiga babak penyisihan Grup E Liga Champions, kontra Chelsea, Kamis (6/10/2022) dinihari tadi dan berikut ini rapor pemain Rossoneri. Dari hasil ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network