5 Kuliner Khas yang Wajib Dicicipi saat Berkunjung ke Doha Qatar

5 kuliner khas yang wajib dicicipi saat berkunjung ke doha qatar

foto

TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu aktivitas yang dilakukan saat berkunjung ke suatu negara adalah mencicipi kuliner khas di negara tersebut. Makanan suatu negara akan berbeda dengan negala lainnya karena dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan masyarakatnya.

Berikut beberapa makanan khas dari Doha, Qatar, yang direkomendasikan oleh pihak Qatar Museum, Salma Sadek.

1. Madrouba

Madrouba adalah bubur Qatar dengan bermacam rempah di dalamnya dan biasanya dilengkapi dengan ayam. Terbuat dari nasi matang yang ditumbuk hingga menjadi bubur, dan memakai banyak bumbu seperti kunyit, jintan, kapulaga, jahe, cengkeh, kayu manis, bawang putih, dan lada hitam.

Nama madrouba berasal dari kata “Darb”, kata Arab yang berarti “memukul”. Dinamakan demikian karena makanan dipukul dengan sendok kayu agar tercampur dan empuk.

Saat dimakan, rasanya akan mirip dengan nasi kari khas India. Hidangan ini cocok dimakan saat masih panas sehingga terasa nyaman di perut. Biasanya orang Qatar memakan Madrouba sebagai hidangan makan siang.

Turis bisa mencoba mencicipi Madrouba di restoran yang ada di Qatar Museum.

Luqaimat, salah satu makanan khas Qatar (Antara)

2. Luqaimat

Sajian manis yang patut dicoba di Qatar adalah luqaimat, yakni adonan berbentuk bulat yang digoreng lalu disiram dengan sirup atau madu. Hidangan ini sangat diminati saat bulan Ramadan. Selain berbentuk bulat, luqaimat juga bisa disajikan dengan bentuk lonjong seperti churros

3. Ragag

Selain India, Qatar juga memiliki beberapa makanan seperti roti tipis atau crepes. Salah satunya adalah ragag. Ragag merupakan sajian camilan manis berupa roti tipis yang bisa dipadukan dengan berbagai macam toping, seperti selai coklat, keju, telur, madu, rempah arab dan lainnya.

4. Kunafa atau knafeh

Makanan ini merupakan camilan berbahan dasar adonan filo yang biasa digunakan di hidangan pastri Timur Tengah. Hidangan ini disajikan dengan taburan kacang pistachio, keju akawi (terbuat dari susu sapi atau susu kambing) dan diberi madu.

Salma mengatakan warga Arab biasanya memakan kunafa setiap Ramadan dan menjadi makanan wajib pada saat berbuka. Kunafa bisa dinikmati dengan secangkir Turkish coffee yang pahit sebagai penyeimbang.

5. Chapati

Chapati hampir sama dengan ragag, namun sedikit lebih tebal. Chapati biasanya di makan dengan taburan gula, namun juga bisa diberi topping keju dan cokelat. Chapati sangat cocok dimakan dengan teh Karak dan menjadi camilan favorit masyarakat Qatar.

Itulah ragam kuliner khas Qatar yang bisa ditemukan di Doha. Jika berkesempatan ke negara tersebut, jangan lupa mencicipi makanan-makanan tersebut.

ANTARA

Pilihan Editor: Asal-usul Roti Maryam, Benarkah Makanan Khas Arab?

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World