5 Kios Pupuk Subsidi di Situbondo Ditutup Permanen Akibat Jualan di Atas HET

5 kios pupuk subsidi di situbondo ditutup permanen akibat jualan di atas het

5 Kios Pupuk Subsidi di Situbondo Ditutup Permanen Akibat Jualan di Atas HET

jatim.jpnn.com, SITUBONDO – Sebanyak 17 kios pupuk subsidi mendapatkan surat peringatan atau SP1 dan SP2 dan lima kios terpaksa dinonaktifkan atau ditutup karena melanggar ketentuan.

Ketua Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan mengatakan penutupan lima kios itu ditutup karena menjual pupuk subsidi di atas harga eceran tertinggi (HET).

“KP3 juga sudah memberikan SP1 dan 2 hingga SP3, kemudian ditutup. Penutupan kios pupuk merupakan hasil evaluasi dan verifikasi kami di lapangan berdasarkan pengaduan dari masyarakat,” kata Wawan, Kamis (7/12).

Adapun lima kios pupuk subsidi yang dinonaktifkan KP3, yaitu Kios Aidil Mubarok Desa Kalianget wilayah kerja Desa Kalisari (Kecamatan Banyuglugur), Kios UD Bintang Terang Desa Tambak Ukir (Kecamatan Kendit).

Kemudian Kios UD Tunas Abadi Desa Sumberanyar (Kecamatan Banyuputih), Kios Sri Rejeki Desa Wringin Anom wilayah kerja Desa Peleyan (Kecamatan Panarukan), dan Kios Gadingan Mas Desa Gadingan (Kecamatan Jangkar).

Selain menutup lima kios nakal itu, pihaknya juga melayangkan SP1 dan SP2 kepada 17 pemilik kios pupuk lainnya sesuai dengan pengaduan masyarakat karena kios tersebut diduga menjual pupuk di atas HET dan melanggar ketentuan lainnya.

“Pengaduan masyarakat terkait dengan pupuk subsidi kami tampung dan verifikasi hingga kami turun ke lapangan untuk membuktikan kebenarannya. Ini menjadi bukti bahwa KP3 bekerja,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo itu.

Wawan menegaskan KP3 berkomitmen terus memantau pupuk bersubsidi diterima oleh petani yang berhak sesuai dengan data yang tercatat dalam e-RDKK dan kios pupuk yang tersebar di 136 desa/kelurahan.

“Kios maupun distributor yang merugikan petani akan kami tertibkan. Kami tidak ingin penyaluran pupuk subsidi di lapangan tidak terganggu sehingga muncul isu kekurangan pupuk, padahal kebutuhan pupuk sudah dialokasikan sebagaimana mestinya, sesuai e-RDKK,” ucapnya.

Sesuai Keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) Nomor 734 Tahun 2022, HET pupuk subsidi jenis urea Rp2.250 per kilogram dan pupuk subsidi NPK Rp2.300 per kilogram. (antara/mcr12/jpnn)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World