5 Dampak Mengerikan jika Gunung Berapi Bawah Laut Sampai Meletus

Selain keagungannya, berbicara mengenai gunung berapi tentunya juga berpotensi menjadi hal yang mengerikan. Hal ini karena gunung berapi memiliki kemungkinan untuk dapat meletus sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi kapan waktu pastinya. Banyak orang mungkin akan mewaspadai gunung-gunung berapi yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Nyatanya, tak semua gunung berapi terlihat oleh mata, lho!

Ada juga gunung-gunung berapi yang justru terletak di bawah laut yang membuatnya sekilas tak tampak dari daratan. Jelas saja hal ini mungkin akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri, apalagi jika gunung-gunung berapi bawah laut tersebut dalam kondisi yang aktif.

Untuk memahami apa saja dampak yang mungkin terjadi apabila gunung berapi bawah laut sampai meletus, intip sederet potensinya lewat ulasan berikut ini, ya!

1. Kerusakan masif pada terumbu karang

5 dampak mengerikan jika gunung berapi bawah laut sampai meletus
© Disediakan oleh IDN Times 5 Dampak Mengerikan jika Gunung Berapi Bawah Laut Sampai Meletus

Selayaknya di daratan, kawasan bawah laut juga menyimpan banyak kehidupan alami. Bukan hanya ikan-ikan saja yang jadi penduduk asli di bawah laut, ada juga terumbu karang yang kemudian menjadi rumah bagi jutaan hingga miliaran populasi makhluk hidup di bawah laut.

Melansir Reuters, salah satu bencana hebat pernah terjadi di gunung berapi bawah laut di kawasan Tonga yang dampaknya menyebabkan kerusakan masif terhadap terumbu karang. Hal ini jelas membuat banyak sekali ikan-ikan yang kehilangan tempat tinggalnya. Jelas butuh waktu yang tak sebentar untuk  memulihkan kerusakan terumbu karang tersebut.

2. Kemungkinan terjadinya tsunami

5 dampak mengerikan jika gunung berapi bawah laut sampai meletus
© Disediakan oleh IDN Times 5 Dampak Mengerikan jika Gunung Berapi Bawah Laut Sampai Meletus

Sering kali banyak orang yang tak menyadari bahwa gunung berapi bawah laut sebetulnya tak kalah berbahaya dari gunung berapi di daratan. Dampaknya bahkan bisa lebih serius apabila letusannya memiliki daya yang sangat kuat.

Mengutip Volcano World, erupsi yang terjadi pada gunung berapi bawah laut berpotensi menyebabkan tsunami. Skala tsunami yang terjadi ditentukan dari kuatnya erupsi dari gunung berapi tersebut.

3. Ekosistem perikanan yang terganggu

5 dampak mengerikan jika gunung berapi bawah laut sampai meletus
© Disediakan oleh IDN Times 5 Dampak Mengerikan jika Gunung Berapi Bawah Laut Sampai Meletus

Jika erupsi yang terjadi pada gunung berapi di darat saja sudah mampu memberikan dampak yang luar biasa bagi manusia, maka hal ini juga senada dengan gunung berapi yang ada di bawah laut. Akan ada banyak hal yang mungkin berubah dalam ekosistem yang secara alami terbentuk di laut.

Mengutip Pets Mom, letusan gunung api bawah laut akan membawa tiga hal ke dalam laut, yaitu air yang sangat panas, mineral, hingga bakteri. Hal ini jelas tidak akan membuat ekosistem di lautan berjalan dengan baik sekaligus mengantarkan sederet dampak buruk bagi keberlangsungan kehidupan di sana.

4. Hujan asam

5 dampak mengerikan jika gunung berapi bawah laut sampai meletus
© Disediakan oleh IDN Times 5 Dampak Mengerikan jika Gunung Berapi Bawah Laut Sampai Meletus

Hujan asam memang identik dengan letusan gunung berapi. Hal ini bisa memicu kerusakan ekosistem di beberapa wilayah yang terdampak. Beberapa dampak dari hujan asam antara lain adalah gangguan kesehatan bagi manusia, kerusakan tumbuhan, korosif, dan masih banyak lagi.

Ternyata, hujan asam tidak hanya dapat terjadi pada letusan gunung di darat saja. Melansir News Week, erupsi vulkanik yang terjadi di gunung bawah laut kawasan Tonga menyebabkan hujan asam di beberapa area yang di Pasifik Selatan. Jelas saja hal ini membuat erupsi gunung berapi bawah laut sama-sama menyimpan bahaya yang berkaitan dengan hujan asam.

5. Memakan banyak korban jiwa

5 dampak mengerikan jika gunung berapi bawah laut sampai meletus
© Disediakan oleh IDN Times 5 Dampak Mengerikan jika Gunung Berapi Bawah Laut Sampai Meletus

Perlu dipahami bahwa letusan gunung berapi di darat dan laut sama berbahayanya. Namun, letusan gunung berapi bawah laut bisa dikatakan lebih kompleks.

Melansir MBARI, erupsi vulkanik di laut sangat sulit terlihat dari daratan. Hal ini pun membuat pergerakannya juga sulit untuk diprediksi sehingga risiko tsunami besar juga mungkin terjadi sewaktu-waktu.

Memahami dampak tersebut, tentu banyak masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir pantai atau di kawasan kepulauan, harus ekstra waspada. Hal ini menjelaskan bahwa gunung berapi di bawah laut juga menyimpan potensi memakan banyak korban jiwa apabila tanda-tanda erupsinya tak dapat terdeteksi dengan baik.

Berkaca dari sederet potensi dampak tersebut, tentu ada kekhawatiran tersendiri bahwa mungkin saja sesungguhnya di dasar lautan sana masih banyak tersebar gunung berapi aktif yang belum terekspos. Potensi gunung-gunung tersebut aktif hingga erupsi sewaktu-waktu tentu ada. Tetap berhati-hati dan selalu pahami rambu bahaya, ya!

News Related

OTHER NEWS

Kominfo minta 2.569 PSE lingkup privat segera mendaftar ulang

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan. (ANTARA/HO-Kominfo) (ANTARA/HO-Kominfo) Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta 2.569 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat, baik domestik maupun ... Read more »

Gus Nabil: Pagar Nusa bagian penting diplomasi Indonesia

Pelantikan Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Pagar Nusa Korea Selatan pada Selasa 28 Juni 2022. ANTARA/HO-Dokumen Pribadi Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama Muchamad Nabil Haroen ... Read more »

Mendagri: Keluarga sumber pembangunan bangsa berkualitas

Tangkapan layar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian (28/6/2022). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti) Jakarta (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan bahwa seluruh keluarga yang terbentuk dan ... Read more »

Jakarta perkuat regulasi hingga mitigasi cegah dampak sesar Baribis

Peta jalur Sesar Baribis di selatan Jakarta. ANTARA/HO-BNPB kita terus mengupayakan berbagai dukungan regulasi terkait antisipasi pencegahan dan pengendaliannya, termasuk penguatan mitigasi bencanaJakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan ... Read more »

Wakapolri harapkan Masjid Al Kastoeri ciptakan generasi berimtaq

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono didampingi Pejabat Pemerintah Provinsi Riau, menandatangani prasasti pembangunan Masjid Al Kastoeri, Rumbai, Kota Pekanbaru Riau, Selasa (28/6/2022). (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri) Jakarta (ANTARA) – Wakapolri Komjen ... Read more »

Sering Diabaikan, 5 Kebiasan Buruk di Rumah Ini Harus Segera Ditinggalkan Demi Kesehatan!

Beauties, saat berbicara tentang menjaga kesehatan, kebanyakan orang mungkin hanya akan berpikir mengenai mengurangi aktivitas merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, dan memperbanyak olahraga. Namun, tahukah Beauties jika ada beberapa kebiasaan sederhana ... Read more »

Mustahil Liverpool Tukar Guling Naby Keita dengan Adrien Rabiot

© EPA-EFE/Peter Powell Gelandang Liverpool, Naby Keita. REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE — Gelandang tengah Liverpool Naby Keita dikaitkan masuk dalam kesepakatan pertukaran dengan Adrien Rabiot dari Juventus pada bursa transfer musim panas ... Read more »

KPU Kabupaten Jepara Ajak NU Sukseskan Pemilu 2024

© Rhobi Shani Ketua KPU Kabupaten Jepara, Subchan Zuhri, mengatakan silaturahmi ke PCNU Jepara ini penting karena sebagian besar warga Jepara adalah kalangan Nahdliyin Jepara: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa ... Read more »

Pria Lansia Loncat dari Jembatan Kahuripan, Mayatnya Ditemukan di Belakang Balai Kota Malang

© JPNN.COM Pria Lansia Loncat dari Jembatan Kahuripan, Mayatnya Ditemukan di Belakang Balai Kota Malang jatim.jpnn.com, MALANG – Seorang pria lansia yang masih belum diketahui identitasnya diduga bunuh diri dengan ... Read more »

Pemprov Bali Ungkap Penyebab Banyak Galian Tambang Ilegal: Perubahan Regulasi

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi tambang semen. Foto: Getty Images Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Bali mengakui temuan KPK terkait keberadaan tambang galian C ilegal yang tersebar di sejumlah Kabupaten. Sub ... Read more »

Catatan Demokrat-PKS soal RUU Pemekaran 3 Provinsi Papua

Jakarta, IDN Times – Komisi II DPR RI baru saja menyelesaikan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, dan Provinsi Papua Pegunungan. RUU ini disepakati Komisi ... Read more »

Sepi, Begini Situasi Holywings Senayan Pasca Izin Dicabut dan Disegel Satpol PP DKI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti  TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Situasi dan kondisi di Holywings di kawasan Senayan, Jakarta Pusat sepi pasca-izin usaha dicabut dan dilakukan penyegelan oleh Satpol PP DKI ... Read more »

Divonis 4 Tahun Penjara, Adam Deni Gercep Ajukan Banding

© Disediakan oleh InsertLive Adam Deni divonis 4 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, pada Selasa (28/6) atas kasus pelanggaran UU ITE yang dilaporkan Ketua Komisi III ... Read more »

Foto: Demo Mahasiswa Tuntut Keterbukaan Penyusunan RKUHP di Gedung DPR

1 dari 6 © Disediakan oleh Kumparan Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi melakukan aksi penolakan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) di depan Gedung DPR, Jakarta pada ... Read more »

Banjir, 350 Warga di Morowali Mengungsi

© MetroTV Hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan akan terus mengguyur sejumlah wilayah di Sulteng. Morowali: Banjir melanda Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Akibatnya, sebanyak 350 warga terpaksa mengungsi di ... Read more »

Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi, Pedagang Pasar: Ribet dan Rempong

© RAISAN AL FARISI Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi, Pedagang Pasar: Ribet dan Rempong KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pedagang pasar mengkritik pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Cara ini ... Read more »

Tandon Air Proyek LRT di Setiabudi Jebol, Hantam Lima Pengendara yang Melintas

© tangkap layar akun Twitter Jalur5 Tandon penampungan air di Proyek LRT jebol dan menimbulkan kecelakaan lalu lintas di Jalan Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022). Laporan Wartawan Tribunnews.com, ... Read more »

10.782 Siswa Bakal Diterima PPDB Jenjang SMPN di Kota Tangerang

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi siswa SMP. Inilah jadwal PPDB SMP Negeri di Kota Surabaya 2022. TANGERANG, KOMPAS.com – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang menyatakan, sebanyak 10.782 siswa akan diterima ... Read more »

Akting Bareng, 9 Potret Citra dan Rezky Aditya di Sinetron Terbaru

Setelah menikah, Rezky Aditya dan Citra Kirana sama-sama hiatus dari dunia hiburan Tanah Air. Keduanya memutuskan untuk fokus terlebih dahulu mengurus urusan rumah tangganya. Di usia sang anak, Athar, yang ... Read more »

Pekan Depan, Beli Minyak Goreng Curah di Semarang Pakai PeduliLindungi

© JPNN.COM Pekan Depan, Beli Minyak Goreng Curah di Semarang Pakai PeduliLindungi jateng.jpnn.com, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang akan menetapkan aplikasi PeduliLindungi dan KTP sebagai syarat pembelian dan penjualan minyak ... Read more »

Beijing, Shanghai nol kasus lokal COVID, pertama dalam beberapa bulan

Warga mengantre di tempat tes asam nukleat pada Selasa (28/06/2022), saat penyebaran COVID-19 kembali meningkat di Beijing, China. (REUTERS/Thomas Peter/UYU) (REUTERS/THOMAS PETER) Beijing/Shanghai (ANTARA) – Ibu kota China, Beijing, serta ... Read more »

Ketua MPR terima surat pergantian Zulhas

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (kanan) menerima kunjungan Yandri Susanto di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa. ANTARA/HO-MPR RI Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa Fraksi PAN MPR ... Read more »

Polisi uji balistik proyektil penembakan juragan barang bekas

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro. ANTARA/HO-Polresta Sidoarjo Sidoarjo (ANTARA) – Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, uji balistik proyektil terkait dengan dugaan kasus penembakan yang menimpa seorang ... Read more »

BI: Fitch miliki keyakinan kuat terjaganya stabilitas makroekonomi RI

Gubernur BI Perry Warjiyo . ( ANTARA/Agatha Olivia/aa. ) Jakarta (ANTARA) – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan lembaga pemeringkat Fitch tetap memiliki keyakinan kuat atas terjaganya stabilitas makroekonomi ... Read more »

Wagub: Holywings masih mungkin buka kembali setelah izinnya dicabut

Satpol PP memasang stiker penyegelan outlet Holywings di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (28/6/2022). Pemprov DKI Jakarta melakukan penyegelan terhadap 12 outlet Holywings di Ibu Kota usai pencabutan izin usahanya ... Read more »

Kemenperin sebut baru 5,3 persen pengecer cetak QR Code PeduliLindungi

Emil Satria saat menjadi narasumber webinar (Dok.ANTARA/Dedi) Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut baru ada 1.857 penyalur/pengecer dari total 34.900 pengecer minyak goreng curah, atau sekitar 5,3 persen yang ... Read more »

Daftar Pemenang Super Esports Series Season 2: DNS Hammersonic Romeo Juara Mobile Legends

© Disediakan oleh Kompas.com Rekt (EVOS Esports) dan Udil (Alter Ego) ketika sesi interview bersama caster Super Esports Series Season 2 sebelum mereka bertanding di Super Match cabang game Mobile ... Read more »

Siapa Pemilik Persik Kediri?

© Disediakan oleh Kompas.com Legenda sepak bola Ronaldinho menyerahkan trofi ke kapten Persik Kediri Arthur Irawan sebagai juara Trofeo Meet The Star di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (26/6/2022) ... Read more »

HT Madura United Vs Persija 1-0, Tandukan Beto Kejutkan Macan Kemayoran

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi Piala Presiden 2022. KOMPAS.com – Madura United untuk sementara unggul 1-0 atas Persija Jakarta pada babak pertama laga matchday pamungkas Grup B Piala Presiden 2022. Pertandingan ... Read more »

RD Tepis Pemain Rans Nusantara Lelah Usai Jalani Laga Trofeo

© ANTARA/Fikri Yusuf Pelatih Rans Nusantara FC Rahmad Darmawan. REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA — Pelatih Rans Nusantara FC, Rahmad Darmawan, menepis para pemainnya mengalami kelelahan fisik usai melakoni laga trofeo. Kelelahan dianggap ... Read more »

Garut Dinoland, Tempat Wisata Baru dengan Wahana Beri Makan Dinosaurus

© Disediakan oleh Kompas.com Garut Dinoland, tempat wisata bertema dinosaurus di Garut Jawa Barat KOMPAS.com – Kabupaten Garut, Jawa Barat mempunyai wisata edukasi baru yakni Garut Dinoland. Sesuai namanya, obyek ... Read more »

PSSI Ajukan Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

© ANTARA/Humas PSSI Pesepak bola Timnas Indonesia (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PSSI resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Ini setelah PSSI mendapatkan restu dari pemerintah Indonesia. “Setelah berkoordinasi ... Read more »

Reinier Jesus Dilaporkan Tertarik Merapat ke Benfica

© EPA/MARCELO SAYÃO Pemain Real Madrid Reinier Jesus. REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Pemain Real Madrid Reinier Jesus dilaporkan tertarik menyelesaikan peminjaman ke Benfica pada jendela transfer musim panas ini. Menurut laporan ... Read more »

Shell Rancang Skenario Transisi Energi Indonesia untuk Net Zero Emission 2060

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Shell International saat ini mengembangkan permodelan skenario (Shell Scenarios) untuk mengeksplorasi peta jalan transisi energi untuk beberapa negara, termasuk Indonesia. Chief ... Read more »

Penjelasan Sri Mulyani Soal Bedanya Gaji ke-13 PNS Tahun Ini Dibanding di 2021

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mencairkan gaji ke-13 untuk para Aparatur Sipi Negara (ASN) dan pensiunan yang juga meliputi tambahan 50 ... Read more »

Harga Minyak Tinggi, Begini Rekomendasi Saham MEDC dari Para Analis

© MEDC Harga Minyak Tinggi, Begini Rekomendasi Saham MEDC dari Para Analis KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dinilai memiliki prospek positif sepanjang tahun ini. Analis Ciptadana Sekuritas ... Read more »

Fitch Kembali Pertahankan Peringkat Layak Investasi RI

© Disediakan oleh Katadata Lembaga pemeringkat internasional, Fitch kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB (investment grade) dengan outlook stabil, pada 28 Juni 2022. Fitch sebelumnya mempertahankan Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB dengan outlook stabil pada 22 November ... Read more »

Setelah Restrukturisasi, Utang Garuda Indonesia Berkurang jadi Rp 75,67 Triliun

© Disediakan oleh Kompas.com (dari tengah ke kanan) Wakil Menteri BUMN kartika wirjoatmodjo dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat konferensi pers virtual pada Selasa (28/6/2022). JAKARTA, KOMPAS.com – ... Read more »

Marshanda Sempat Dinyatakan Hilang, Begini Respons Ibunda

© JPNN.COM Marshanda Sempat Dinyatakan Hilang, Begini Respons Ibunda jpnn.com, JAKARTA – Ibunda Marshanda, Riyanti Sofyan mengaku baru mengetahui kabar putrinya hilang dari media sosial. Riyanti pun langsung mengonfirmasi kabar ... Read more »

Sri Mulyani Harap Anggaran Gaji ke-13 PNS Rp 35 T Dongkrak Ekonomi

© Disediakan oleh Katadata Pemerintah menggelontorkan anggaran hingga Rp 35,5 triliun untuk pencairan gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan pada tahun ini. Anggaran jumbo ini diharap bisa membantu ... Read more »