5 Buah-buahan yang Bagus untuk Penderita Diabetes

5 buah-buahan yang bagus untuk penderita diabetes

Buah beri adalah salah satu buah yang bagus untuk penderita diabetes. Buah-buahan ini tidak hanya memberikan gula alami, tetapi sumber serat, vitamin, dan mineral bermanfaat.

KOMPAS.com – Orang yang menderita diabetes masih bisa makan buah-buahan, meski mengandung gula alami.

Mengutip Diabetes UK, gula alami dalam buah-buahan bukan jenis gula yang perlu penderita diabetes kurangi. Ini tidak seperti pemanis buatan.

Buah-buahan meski memiliki kandungan gula, juga menyediakan serat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Jumlah karbohidrat yang Anda makan memiliki pengaruh terbesar terhadap kadar gula darah Anda.

Begini contoh perbandingan kandungan buah dengan makanan manis yang mengandung pemanis buatan:

  • Satu porsi buah, seperti apel berukuran sedang, umumnya mengandung sekitar 15 hingga 20 gram karbohidrat.
  • Muffin coklat mengandung 55 gram karbohidrat, dan minuman bersoda biasa berukuran 500 ml mengandung 54 gram karbohidrat.

Jadi, lebih baik mengurangi asupan cokelat, minuman manis, kue, dan makanan ringan lainnya daripada buah utuh, jika Anda mencoba membatasi asupan karbohidrat untuk membantu mengatur kadar gula darah Anda.

Selanjutnya, artikel ini akan menunjukkan buah-buahan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Daftar buah pilihan untuk penderita diabetes

Dikutip dari Health, buah-buahan yang bagus untuk penderita diabetes meliputi berikut:

  • Buah beri

Buah beri, seperti blueberry, raspberry, dan blackberry, adalah beberapa buah terbaik yang bisa Anda pilih, jika Anda menderita diabetes.

Buah ini kaya serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa (seperti flavonoid) dengan efek antiinflamasi.

Penelitian juga menghubungkan konsumsi buah beri dengan peningkatan kontrol glikemik.

Buah beri memiliki efek positif pada diabetes karena kaya akan serat, yang membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

  • Alpukat

Alpukat adalah buah yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

Lemak buah ini telah terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes.

Alpukat juga kaya serat, yang dapat mengontrol kadar gula darah setelah makan.

Pola makan kaya serat telah dikaitkan dengan peningkatan kontrol terhadap glikemik, berat badan, kadar lipid darah, dan penanda peradangan pada penderita diabetes tipe 2.

  • Buah sitrus

Buah-buahan yang bagus untuk penderita diabetes lainnya adalah buah sitrus, seperti jeruk dan jeruk bali.

Buah-buahan tidak hanya memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah, tetapi juga kaya akan nutrisi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung kontrol glikemik yang sehat.

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa lambat atau cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah.

Penelitian lama menunjukkan bahwa mengonsumsi buah rendah GI secara teratur dapat membantu penderita diabetes menurunkan HbA1c, tekanan darah, dan risiko penyakit jantung.

Buah jeruk juga kaya akan senyawa tanaman antioksidan, termasuk naringenin, sejenis polifenol yang memiliki sifat antidiabetes yang kuat.

  • Apel

Apel adalah buah rendah GI lainnya yang kaya nutrisi penting untuk pengendalian diabetes.

Sebuah apel berukuran sedang menyediakan sekitar 5 gram serat, termasuk serat larut, yang memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Memilih makanan yang kaya serat larut dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan lipid darah yang sehat, yang penting bagi penderita diabetes tipe 2.

Studi menunjukkan bahwa makan apel dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan gangguan kontrol gula darah.

  • Delima

Makan buah delima telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mengurangi tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol serta memperbaiki resistensi insulin.

Biji atau biji buah delima dan jus buah delima merupakan sumber senyawa bioaktif yang sangat baik, seperti ellagitannin, antosianin, dan asam organik.

Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Buah delima juga kaya akan serat, yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Kebanyakan penderita diabetes tipe 2 tidak perlu menghindari buah segar. Buah-buahan segar dapat dinikmati sebagai bagian dari pola makan sehat dan ramah bagi penderita diabetes.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World