4 Tahun Anies Urus Ibu Kota, Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E pada 4 Juni 2022

Asia's Tech News Daily

© Tribunnews/Irwan Rismawan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/9/2021). Anies Baswedan diperiksa KPK selama 5 jam sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur pada tahun 2019 dengan tersangka Yorry Corneles Pinontoan. Tribunnews/Irwan Rismawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tepat di empat tahun Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI, Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E.

Pemprov DKI telah resmi mengumumkan ibu kota jadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang.

Keputusan ini pun telah ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Baca juga: DKI Jakarta Sandang Predikat Tuan Rumah Formula E 2022, Co-Founder Singgung Jokowi & Anies

Dalam video yang dishare khusus untuk penggemar olah raga otomotif di Indonesia, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo memberikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia.

Longo, sapaannya turut menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Dalam video tersebut, Longo juga memberikan apresi atas upaya Presiden RI Joko Widodo dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, serta beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

“Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari trend mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil,” kata Longo yang dikutip TribunJakarta.com, Sabtu (16/10/2021).

Dalam menit berikutnya, Longo turut memberikan apresiasinya untuk Anies.

Ia memaparkan soal pesan Anies yang mengaitkan ajang ini dengan program Jakarta Langit Biru guna mewujudkan udara bersih.

“Gubernur Anies mengirimkan pesan bahwa menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh. Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial,” jelasnya.

Baca juga: Muncul Mural Tumpul ke Atas Tajam ke Bawah di Serpong, Warga Tak Merasa Terganggu

Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto mengatakan bahwa trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta.

“Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor” katanya.

Selanjutnya di tahun 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP.

Tentunya, kata Widi, kian memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia.

Untuk memaksimalkan manfaat ekonomi, Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022.

Acara ini tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk UMKM.

“Kami berharap, balapan ini akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak” kata Gunung Kartiko, Ketua OC Jakarta E-Prix, yang juga Direktur Pengelolaan Aset Jakpro.

Baca juga: Jakarta Tuan Rumah Balap Mobil Listrik Formula E 2022, Catat Tanggalnya

Selain itu, Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota ikonic dunia, termasuk Diriyah (Saudi Arabia), Rome, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London and Seoul.

Bukan di Monas, Ini 5 Alternatif Sirkuit Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan lima alternatif sirkuit Formula E.

Hal itu mencuat setelah gelaran balap mobil listrik itu batal digelar di kawasan Monas Jakarta Pusat.

Rencananya lima alternatif sirkuit Formula E itu termasuk di Pulau Reklamasi dan kawasan Senayan.

“Ada lima alternatif, di antaranya di kawasan Senayan dan di Pantai Maju Bersama,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Rabu (6/10/2021).

Penyelenggara Formula E (FEO) bersama Pemprov DKI Jakarta akan memilih satu di antara lima lokasi alternatif tersebut.

“Nanti akan dipilih lokasi terbaik,” ujarnya di Balai Kota.

© Tribunnews.com/Danang Triarmojo Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/9/2021). (Tribunnews.com/Danang Triarmojo)

Baca juga: Wagub DKI Enggan Campuri Kasus Rachel Vennya Kabur Karantina, Kodam Jaya dan Polda Metro Koordinasi

Diketahui, Pantai Kita Maju Bersama terletak di Pulau Reklamasi yang dibangun semasa kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Pantai tersebut sebelumnya dikenal sebagai Pulau Reklamasi C, D, dan G.

Namun, Anies mengubah nama ketiga pulau hasil reklamasi itu menjadi Pantai Kita (Pulau C), Pantai Maju (Pulai D), dan Pantai Bersama (Pulau G).

Hal ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 1.744 Tahun 2018 tentang Penamaan Kawasan Pantai Kita, Kawasan Pantai Maju dan Kawasan Pantai Bersama Kota Administrasi Jakarta Utara.

Sementara itu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkap alasan Formula E batal digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Direktur Perkembangan Bisnis Jakpro, Gunung Kartiko buka suara mengenai alasan membatalkan rencana menyulap kawasan Monas menjadi sirkuit Formula E.

Hal ini disampaikan Gunung usai rapat Komis B DPRD DKI di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat.

“Venue yang jelas bukan di Monas, itu aja cluenya, karena Monas kayaknya agak berat dari sisi perizinan. Jadi kita cari lokasi ikon Jakarta yang memang menunjukkan Jakarta,” jelasnya di lokasi, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Bamsoet Surati FIM, Balapan World Superbike dan MotoGP Tetap Digelar

Meski rencana menggelar balap mobil listrik di kawasan ring satu itu sudah digodok sejak 2020 lalu, lokasi pasti untuk Formula E masih belum ditentukan.

Gunung memaparkan ada lima lokasi alternatif untuk penyelenggaraan Formula E dan akan disurvei pada bulan ini.

“Banyak, ada 5 alternatif. Nggak perlu disebutin. Intinya gini, dari alternatif itu nanti FEO akan datang untuk survei oktober ini, mapping semua. Jadi maksimal kita akan usahakan, kalau menggunakan jalan, maksimal 3 hari. kalau Monas dulu tau kan, di aspal kletek-kletek,” katanya.

Jakpro Beberkan Rahasia di Balik Turunnya Commitmen Fee

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bersama Formula E Operation (FEO) menyepakati kewajiban pembayaran commitment fee penyelenggaraan Formula E turun dari Rp 2,3 triliun untuk 5 musim menjadi Rp 560 miliar untuk 3 musim balapan.

Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto kesepakatan itu terjadi karena pihaknya menerapkan taktik dalam negosisasi dengan FEO.

“Penurunan harga commitment fee. Ya karena kondisi covid, kami kan pakai taktik-taktik dalam negosiasi. Sekarang dalam kondisi kami begini itu gimana? kita turunkan juga, karena gak mungkin terlaksana sesuai business plan awal yang kita bikin. Berat sekali untuk kami laksanakan. Itu dua malam lanjut terus,” jelasnya usai rapat Komisi B DPRD DKI, Rabu (6/10/2021).

Sementara itu, Direktur Perkembangan Bisnis Jakpro, Gunung Kartiko menuturkan commitment fee atau uang komitmen ini disesuaikan dengan tuan rumah penyelenggara masing-masing.

Untuk di Jakarta, kata Gunung, uang komitmen yang dibayarkan akan digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti pengiriman kru, pengiriman atlet, mobil hingga grand stand atau panggung.

“Sebenarnya commitment fee ini balik ke lokasi penyelenggara dalam bentuk biaya biaya yang akan dikeluarkan oleh FEO, salah satunya pengiriman kru, pengiriman atlet, pengiriman mobil, kemudian ratusan box yang akan dikirim juga disini termasuk grand stand, panggung dan lain-lain, hadiah juga, itu akan kembali ke sini,” katanya.

Baca juga: Bantu Rachel Vennya Kabur, Oknum TNI Tak Dapat Imbalan, Apa Motifnya ?

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan, uang komitmen yang dikeluarkan pihaknya untuk menggelar Formula E sebesar Rp560 miliar.

Ia pun membantah kabar yang menyebut uang komitmen Formula E mencapai Rp2,3 triliun.

“Tidak pernah kita membayar commitment fee (Rp2,3 triliun), yang ada adalah Rp560 miliar untuk tiga tahun ke depan, bukan satu tahun,” ucapnya, Jumat (1/10/2021).

Politisi Gerindra ini pun menegaskan, biaya penyelenggaraan Formula E selama tiga tahun ke depan tidak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pasalnya, pembiayaan tersebut bakal dibebankan kepada pihak sponsor penyelenggaraan Formula E.

“Sekarang kita memang harus siap-siap membangun partisipasi publik, termasuk untuk kegiatan Formula E,” ujarnya di Balai Kota.

Baca juga: Kronologi Ledakan di Plumpang, Listrik Sempat Padam, 2 Korban Alami Luka Bakar 40 Persen

Sebagai informasi, klarifikasi terhadap sejumlah isu yang beredar soal Formula E sebelumnya juga disampaikan Pemprov DKI lewat keterangan tertulis.

Namun, banyak masyarakat tak puas dan mempertanyakan kenapa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memberikan klarifikasi secara langsung kepada masyarakat.

Ariza pun membela Anies, dia bilang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tak mungkin menjelaskan satu per satu isu soal Formula E yang belakangan merebak.

“Memang harus diluruskan, informasi disampaikan supaya tidak simpang siur antara informasi dan beritanya,” tuturnya.

“Kalau tidak diluruskan, diklarifikasi nanti masyarakat jadi bingung. Ini tugas kita bersama untuk memberikan informasi yang baik dan benar,” sambungnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul 4 Tahun Anies Pimpin Ibu Kota, Jakarta Bakal Gelar Balap Formula E pada 4 Juni 2022, 

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Ahsan/Hendra Buntuti Minions, Axelsen Salib Momota, Prediksi Ranking BWF Pasca Indonesia Open 2021

TRIBUNKALTIM.CO – Simak ranking BWF terbaru pasca gelaran Indonesia Open 2021. Pasangan ganda putra Indonesia Marcus/Kevin digdaya, sementara pebulutangkis Jepang meroket. Disisi lain Axelsen berhasil kudeta Momota dalam perebutan ranking ... Read more »

Aki Ajo Puji Kinerja Pedro Acosta di Atas Motor Moto2

© Ajo Motorsport Pedro Acosta, Red Bull KTM Ajo Red Bull KTM Ajo akan berjuang dengan dua pembalap baru di Moto2 2022, bersama Acosta dan Augusto Fernandez. KTM Ajo tak ... Read more »

Analisis Telemetri dan Video Ungkap Penyebab Kecelakaan Sean Gelael dan Bamsoet

© Disediakan oleh Kompas.com Melalui bantuan data telemetri, Sean Gelael menjelaskan penyebab kecelakaan yang menimpa dirinya bersama Bamsoet dalam Kejurnas Sprint Rally di Meikarta, Cikarang, Sabtu (27/11/2021). KOMPAS.com – Setelah ... Read more »

Kaka Slank dkk Tanyakan Nasib Lumba-lumba yang Diselamatkan di Sanur ke KLHK

© Disediakan oleh Kumparan Lucinta Luna. Foto: YouTube/Lucintaluna Manjalita Koalisi Anak Negeri untuk Lumba-lumba yang diinisiasi sejumlah pesohor seperti Kaka Slank dan Nadine Chandrawinata mempertanyakan nasib lumba-lumba yang sempat jadi ... Read more »

Edhy Prabowo Ajukan Kasasi, KPK Yakin MA Independen

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Kasasi ini diajukan dalam kasus ... Read more »

9 Potret Keluarga Anthony Ginting Selalu Kompak, Jarang di Sorot

© Disediakan oleh IDN Times Menjadi seorang atlet yang kerap mengharumkan nama tanah air membuat kehidupan Anthony Ginting tidak terlepas dari sorotan publik. Namun, rupanya banyak warganet yang belum terlalu ... Read more »

Kabar Duka, Bens Leo Meninggal Dunia

© JPNN.COM Kabar Duka, Bens Leo Meninggal Dunia jpnn.com, JAKARTA – Pengamat musik sekaligus wartawan senior, Bens Leo meninggal dunia pada Senin (29/11) pagi. Kabar kepergian pria bernama asli Benedictus ... Read more »

Cegah Omicron, Singapura Wajibkan Turis dari Malaysia Tes Antigen

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah Singapura mewajibkan semua pendatang yang tiba dari Malaysia melalui jalur perjalanan bagi orang yang sudah divaksin (VTL) via darat untuk ... Read more »

Lee Yoo Mi & Jung Woo Dilirik Main Drama Olahraga, Ini Fakta Perannya

© Disediakan oleh IntipSeleb.com IntipSeleb – Jung Woo dan Lee Yoo Mi mendapat tawaran untuk beradu akting, lewat drama bertajuk Mental Coach Je Gal Gil. Selain bertema olahraga, drama ini juga akan mengangkat ... Read more »

Seluruh Tempat Wisata Bandar Lampung Tutup saat Natal dan Tahun Baru

© Antara Tak cuma tempat wisata, kafe dan angkringan pun dilarang beroperasi selama Natal dan Tahun Baru. Bandar Lampung: Pemerintah Kota Bandar Lampung, Lampung, akan menutup sementara semua tempat wisata ... Read more »

BWF World Tour Finals 2021: Cek Daftar Wakil Indonesia dan Total Hadiahnya

© JPNN.COM BWF World Tour Finals 2021: Cek Daftar Wakil Indonesia dan Total Hadiahnya jpnn.com, BALI – Gelaran Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021 tinggal menyisakan satu turnamen lagi, yakni BWF ... Read more »

Bens Leo Meninggal, Sahabat Ucapkan Selamat Jalan

© JPNN.COM Bens Leo Meninggal, Sahabat Ucapkan Selamat Jalan jpnn.com, JAKARTA – Pengamat musik Indonesia, Bens Leo meninggal dunia pada Senin (29/11). Bens Leo menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 08.24 ... Read more »

Erick Thohir jadi Anggota Kehormatan Banser, Ketua GP Ansor: Tak Ada Kaitan dengan 2024

© Disediakan oleh Kompas.com Anggota DPR RI Fraksi PKB Luqman Hakim JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Luqman Hakim mengatakan, pengangkatan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai anggota kehormatan ... Read more »

KSAL Siapkan Alutsista Dukung Pengamanan KTT G20 di Bali

© ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana  Yudo Margono mengatakan, pihaknya siap mendukung pengamanan jelang Konferensi ... Read more »

Ameer Azzkira Meninggal, Syakir Daulay Unggah Foto Cium Kening Jenazah Sahabatnya: Jasadnya Harum

© Instagram @syakirdaulay Syakir juga membagikan momen kala dirinya mencium kening jenazah sahabatnya itu. Ia menyebut jasad Ameer harum ketika meninggal. TRIBUNNEWS.COM – Kepergian putra kedua Ustaz Arifin Ilham, Ameer ... Read more »

Buruh dari Bekasi dan Bogor Ikut Demo Anies Agar Revisi UMP 2022

© Disediakan oleh Kumparan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui buruh di depan Balai Kota, Jakarta, Kamis (18/11). Foto: Dok. Istimewa Massa buruh dari Serikat Pekerja Indonesia kembali menggelar aksi ... Read more »

Kenangan Bens Leo di Mata Para Musisi dan Pengamat Musik Indonesia

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Kabar meninggalnya Benedictus Benny Hadi Utomo atau yang dikenal dengan Bens Leo, ramai dibicarakan di media sosial. Bens meninggal Senin pagi, ... Read more »

Bens Leo Meninggal Dunia, Istri Masih Dirawat di RS

© Disediakan oleh InsertLive Pengamat musik senior Bens Leo meninggal dunia pada hari ini, Senin (29/11). Bens Leo mengembuskan napas terakhirnya setelah dinyatakan positif COVID-19. Bens Leo meninggal dunia di ... Read more »

Sergio Ramos Kini Dukung Messi Raih Ballon d'Or 2021

© EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON Jersey pemain Paris Saint-Germain (PSG) Sergio Ramos dan Lionel Messi dipajang untuk dijual di toko resmi PSG di Champs Elysee avenue di Paris, Prancis, beberapa waktu ... Read more »

Inkonstitusi bersyarat, Jokowi tegaskan seluruh pasal UU Cipta Kerja masih berlaku

© BPMI Setpres Inkonstitusi bersyarat, Jokowi tegaskan seluruh pasal UU Cipta Kerja masih berlaku KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa seluruh pasal Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang ... Read more »

Hormati Putusan MK, Jokowi Pastikan UU Cipta Kerja Masih Berlaku

© capture youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi). Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sebagai negara demokrasi yang berdasarkan hukum, pemerintah menghormati dan segera ... Read more »

Jokowi: Pemerintah Hormati dan Secepatnya Laksanakan Putusan MK soal UU Cipta Kerja

© Disediakan oleh Kompas.com Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada wisuda ke-78 Universitas Tarumanagara (Untar) pada 27-28 November 2021 yang diikuti 1.340 wisudawan. JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo ... Read more »

Sebelum Meninggal, Ameer Azzikra Sempat Bilang Ini ke Sahabatnya Lewat Rekaman Video

© JPNN.COM Sebelum Meninggal, Ameer Azzikra Sempat Bilang Ini ke Sahabatnya Lewat Rekaman Video jpnn.com, BOGOR – Putra mendiang Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (29/11) ... Read more »

Prancis Deteksi Delapan Kasus Covid-19 yang Diduga Varian Omicron

© Disediakan oleh Tempo.co foto TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Kesehatan Prancis mengatakan pada Ahad telah mendeteksi delapan kemungkinan kasus varian Omicron di seluruh negeri setelah pemerintah mengumumkan akan memperketat pembatasan ... Read more »

WHO: Orang Kena Corona Omicron Tak Tunjukkan Gejala Berbeda, Cenderung Ringan

© Disediakan oleh Kumparan Kantor WHO di Jenewa, Swiss. Foto: Shutter Stock World Health Organization (WHO) memberikan keterangan terkait situasi dan hasil penelitian terkini dari COVID-19 varian Omicron. Para ahli ... Read more »

Sering Sindir Raja Thailand, Warga Negara Prancis Ditolak Masuk

© Disediakan oleh Tempo.co foto TEMPO.CO, Jakarta – Seorang warga negara Prancis ditolak masuk ke Thailand karena disebut membahayakan masyarakat. Pria bernama Yan Marchal itu dikenal gemar mengkritik pemerintah dan ... Read more »

Menteri ESDM: 5 Tahun Terakhir, Investasi Energi Baru Terbarukan Global Naik 8 Kali Lipat

© Disediakan oleh Kompas.com Menteri ESDM RI Arifin Tasrif saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu (15/7/2020). DENPASAR, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan, ... Read more »

4 Rancangan Skenario Protokol Perjalanan Internasional untuk Antisipasi Omicron

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 hari ini, Senin, 29 November 2021, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan ... Read more »

Rupiah Dibuka Melemah ke Level Rp14.359 Pagi Ini

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada pembukaan perdagangan pagi ini, Senin (29/11/2021). Dikutip dari Bloomberg, rupiah ... Read more »

Cegah Omicron, Ini Aturan Lengkap Perjalanan Internasional yang Baru

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Aturan perjalanan internasional diperketat kembali setelah munculnya varian baru COVID-19, yakni Omicron. Pemerintah telah merilis aturan baru, salah satunya melarang warga ... Read more »

4 Alasan Mengapa Anak Perlu Mengalami Kegagalan

LIFESTYLE 4 Alasan Mengapa Anak Perlu Mengalami Kegagalan Sikap orangtua yang terlalu melindungi membuat anak tidak pernah menghadapi kesulitan. November 29th, 10:56 AM November 29th, 10:56 AM Ryan Sara Pratiwi ... Read more »

Indonesia Tak Ikut Kompetisi Miss Universe di Israel, Ini Alasannya

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia memutuskan tidak mengirimkan wakil ke pemilihan Miss Universe yang akan diselenggarakan pada 12 Desember 2021 di Kota Eliat, Israel. Keputusan ... Read more »

Awal Pekan, Harga Buyback Emas Antam Naik Tipis

© Arif Wicaksono Gerak emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun pada perdagangan hari ini. Harga emas Antam ke posisi Rp930 ribu per gram. Sementara harga buyback emas Antam ... Read more »

PT LIB Liburkan Kompetisi saat Piala AFF dan PPKM Level 3

© Ahmad Mustaqim Selain itu, libur kompetisi juga saat pemerintah memberlakukan PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Kompetisi akan kembali berlanjut tahun depan. Yogyakarta: PT ... Read more »

Penerima beasiswa dari Papua, 'Kalau tanpa dana otsus tak mungkin saya studi sampai ke luar negeri'

Seorang putri asli Papua merasa beruntung menjadi salah satu dari belasan orang pertama yang dikirim ke Australia untuk menempuh kuliah S1 dengan biaya ditanggung pemerintah daerah. Asna Kristina Krebu dilahirkan ... Read more »

Komunitas Mobil VW, Volkswagen Van Club Touring Menjelajah Sumatera

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Komunitas pencinta mobil antik volkswagen, Volkswagen Van Club melakukan touring ke sejumlah daerah di Sumatera. Dari Jakarta, mereka singgah ke Bengkulu, ... Read more »

Han So Hee dan Park Hyung Sik Resmi Bintangi Drama Roman Soundtrack #1

© Disediakan oleh IntipSeleb.com IntipSeleb – Rumor beberapa hari yang lalu terkait Park Hyung Sik dan Han So Hee, terlibat dalam drama baru memang benar. Hal ini diketahui ketika berbagai media ... Read more »

10 WhatsApp Status saat Hujan Ini Banyol Pol, Gagal Sendu!

© Disediakan oleh IDN Times Belakangan ini, beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Nah, bagi sebagian orang, momen hujan adalah waktu yang tepat untuk bergalau ria sambil mengingat ... Read more »

Romantis dan Haru, Vidi Aldiano Lamar Sheila Dara

© Disediakan oleh InsertLive Penyanyi ternama Vidi Aldiano akhirnya resmi melamar sang kekasih Sheila Dara Aisha. Momen romantis itu dibagikan Vidi lewat unggahan video di laman Instagram pribadinya. Ia memperlihatkan ... Read more »

Eks Persib Minta Maaf Telah Gunakan Tragedi Genosida untuk Komentari Sepak Bola

© Disediakan oleh Kumparan Pemain baru Persib, Cole di Graha Persib Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan Mantan pemain Chelsea dan Persib Bandung, Carlton Cole, menyampaikan permintaan maaf. Hal itu karena ia menggunakan ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic