3 Alasan PBNU Undang RSS, Kompok Sayap Kanan Hindu India yang Gelorakan "Anti-Muslim" ke Forum G20 Bali

Juru Bicara R20, Muhammad Najib Azca [Foto: Dok]

SuaraJatim.id – Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS) mengonfirmasi bakal hadir dalam Forum Agama (R20) di Nusa Dua Bali pada 2 hingga 3 November 2022.

Organisasi kelompok basionali sayap kanan India yang beberapa kali sempat bikin geram umat Islam India itu memang sengaja diundang oleh PBNU untuk ikut andil dalam dialog keagamaan di sana.

Hal demikian disampaikan oleh Juru Bicara R20, Muhammad Najib Azca, Rabu (28/9/2022). Lalu kenapa PBNU mengundang RSS yang banyak diprotes umat Islam dunia itu?

Najib menjelaskan tiga alasan. Pertama, R20 merupakan agenda yang menempel pada forum G20. Karena itu, peserta yang diundang sebagian besar mewakili negara-negara yang termasuk dalam Forum G20. India merupakan salah satu peserta G20.

“R20 ini event yang menempel ke G20. Karena R20 [adalah] engagement group dari G20, maka undangan di R20 mengikuti struktur keanggotaan G20. Representasi tokoh-tokoh agama anggota G20 akan diundang. Kita mengikuti pola dan pakem G20,” ujarnya, dalam siaran pers PBNU, Kamis (29/09/2022).

Meskipun demikian, ada pula peserta R20 yang bukan representasi dari anggota G20. Najib mencontohkan kehadiran tokoh agama dari Vatikan yang bukan merupakan anggota G20.

Begitu pula tokoh agama dari Uni Emirat Arab. Walaupun bukan anggota G20, tokoh dari kedua negara ini sangat penting.

Kedua, perwakilan RSS diundang karena organisasi itulah yang direkomendasikan oleh Pemerintah India. Sebab, RSS merupakan akar kekuatan dari Partai Bharatiya Janata (BJP) yang saat ini berkuasa di negara itu.

“Kita berkoordinasi dan mengundang tokoh yang direkomendasikan dari pemerintah India dalam R20. Rekomendasi untuk R20 salah satunya [tokoh] dari RSS,” kata Najib.

Apalagi, Presidensi G20 di tahun 2023 akan dipegang India. Karenanya, NU sebagai penyelenggara berkoordinasi dengan Pemerintah India dan mendapatkan rekomendasi dari mereka. “Untuk India, kita mengikuti rekomendasi, [yaitu] dari RSS,” katanya.

Pada intinya, tokoh yang dipilih tidak memusuhi pemerintah. Hal ini tidak lain guna menjaga hubungan baik antarnegara, dalam hal ini adalah hubungan Indonesia sebagai tuan rumah dengan negara lainnya.

Ketiga, jika memang RSS dianggap bermasalah karena rekam jejaknya, terutama dalam memperlakukan minoritas, justru R20 merupakan forum yang tepat untuk membicarakan itu.

“Selama ini, [jika] tidak senang dan tidak setuju, hanya koar-koar dari jauh. Forum ini memang mengundang tokoh-tokoh agama untuk membicarakan isu sensitif itu,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Luka-luka sejarah yang terjadi di masa lalu dibicarakan secara jujur guna membangun rekonsiliasi. R20 memang digelar salah satunya untuk membicarakan hal itu.

“Kita ingin agama menjadi bagian dari solusi dalam peradaban. Selama ini, agama justru jadi masalah seperti di India. Kalau mau mencari solusi, diajak bicara pemimpinnya,” ujar pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Karena itu, agenda pembahasan dalam forum R20 ditujukan untuk mencari solusi bersama, yakni: Kepedihan Sejarah, Pengungkapan Kebenaran, Rekonsiliasi, dan Pengampunan; Mengidentifikasi dan Merangkul Nilai-nilai Mulia yang Bersumber dari Agama dan Peradaban Besar Dunia; Rekontekstualisasi Ajaran Agama yang Usang dan Bermasalah; Mengidentifikasi Nilai-nilai yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan dan Menjamin Koeksistensi Damai; serta Ekologi Spiritual.

“Setelah membicarakan luka masa lalu, apa yang akan disumbangkan agama? Termasuk dari India, dari RSS, apa sumbangannya? Kita membangun bersama, apa yang ingin dibangun, apa kontribusinya? Apakah merawat luka masa lalu itu akan diteruskan?” lanjut Najib.

Mengatasi Ancaman terhadap Umat Islam di India

Sementara itu, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menyampaikan bahwa pihaknya memang tengah membangun dialog dengan Pemerintah India dan RSS.

Dialog ini dibangun guna mendorong proses keterlibatan yang konstruktif dalam mengatasi ancaman terhadap umat Islam dan kaum minoritas di negara tersebut.

“Nahdlatul Ulama menyadari adanya berbagai pelanggaran dan ancaman terhadap umat Muslim, Kristen, dan populasi minoritas lain di India,” ujarnya.

“Diskusi Nahdlatul Ulama yang sedang berlangsung dengan Pemerintah India dan RSS dimaksudkan untuk mengatasi berbagai pelanggaran dan ancaman tersebut melalui proses keterlibatan yang konstruktif,” tutur Gus Yahya dalam keterangannya, Jumat (23/9/2022).

NU meyakini bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi kepedihan sejarah yang mengakar dan mempromosikan hidup berdampingan secara damai adalah dengan merangkul semua pihak untuk menolak terlibat dalam sentimen kebencian dan permusuhan.

“Nahdlatul Ulama mendorong setiap orang yang beriktikad baik, dari setiap agama dan bangsa, untuk menolak penggunaan identitas sebagai senjata politik dan ikut serta mendorong solidaritas dan rasa hormat di tengah keberagaman masyarakat, budaya, dan bangsa di dunia,” kata Gus Yahya.

News Related

OTHER NEWS

Presiden Jokowi Ingatkan Tahun 2023 Harus Hati-hati dan Waspada

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan Indonesia harus berhati-hati dan waspada terhadap ancaman resesi tahun 2023. Hal itu dikatakannya saat menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022. ... Read more »

Tebar Inspirasi Ganjar, Ribuan Srikandi di Jatim Gelar Festival Aksi Go Green

Ribuan perempuan yang tergabung dalam jaringan relawan Srikandi Ganjar Jatim menggelar Festival Aksi Go Green. Foto: Dok. Istimewa Ribuan perempuan milenial, influencer, dan aktivis muda yang tergabung dalam jaringan relawan ... Read more »

Tak Cuma Aceh, Safari Politik Anies Juga Sempat Terkendala di Tasik-Ciamis

Bakal capres NasDem Anies Baswedan membagikan momen cukur rambut. Foto: Instagram/@aniesbaswedan Safari bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan ke daerah-daerah tak berjalan mulus. Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ... Read more »

Anak Usia 9 Tahun Sudah Bikin dan Terbitin Novelnya Sendiri

Celine (kiri) menyumbangkan buku novel pertamanya kepada Mr. Michael R. Singh (kanan) selaku Kepala Sekolah SIS Kelapa Gading. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Semua orang bisa menulis, namun tidak semua bisa menuangkannya ... Read more »

Lupa Matikan Kompor Gas, Warung Makan di Pangkalan Bun Nyaris Terbakar

warung makan milik Haji Sutamin (50), di Jalan Malijo RT. 17 Kelurahan Madurejo. Rabu (30/11) malam, nyaris terbakar. Foto: PMI InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT-Diduga lupa mematikan kompor, warung makan milik Haji ... Read more »

SUPER IRIT, Promo Alfamart 1 Desember 2022, Superpell Rp14.900 Sunlight Rp10.400 Beras 5kg Rp53.500

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – SUPER IRIT, Promo Alfamart 1 Desember 2022, Superpell Rp14.900 Sunlight Rp10.400 Beras 5kg Rp53.500 Berikut katalog Promo Alfamart periode Desember 2022 Jangan sampai kehabisan dan ketinggalan produk ... Read more »

Doa Kamis Lengkap dengan Keutamaannya Seperti yang Dikatakan oleh Rasulullah SAW

TRIBUNMANADO.CO.ID -�Kamis adalah hari kelima dalam satu pekan. Kata kamis atau khamis diambil dari bahasa Arab dan bahasa Ibrani yang berarti lima. Nama lain lagi untuk hari ini adalah Wrehaspati, ... Read more »

Reuni Akbar 212 Bisa Digelar di Monas, Syaratnya Dapat Persetujuan Pj Gubernur Heru Budi Hartono

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Reuni akbar 212 bisa digelar di Monas, Jakarta Pusat, asal dapat persetujuan dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi ... Read more »

Jadwal Pemberangkatan Kapal Ferry Expres Pelabuhan Merak-Bakauheni Hari Ini 1 Desember 2022

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON – Berikut ini jadwal keberangkatan Kapal Ferry Expres lintasan Merak-Bakauheni pada Kamis 1 Desember 2022 Bagi para penumpang yang ingin menggunakan jasa ... Read more »

Gempa Terkini Magnitudo 4.0 SR Kamis 1 Desember 2022, Baru Saja Guncang di Laut, Ini Lokasinya

TRIBUNMANADO.CO.ID – Gempa terkini guncang Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis 1 Desember 2022. Berdasarkan laporan BMKG gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 09.15 WIB. Magnitudo gempa bumi yang melanda daerah tersebut ... Read more »

Sebulan Sebelum Serangan Jantung, Dua Keluhan Kesehatan Ini Paling Sering Muncul

Nyeri dada (ilustrasi). Pada pria, nyeri dada merupakan salah satu gejala serangan jantung. Sementara itu, wanita lebih sering merasakan kelelahan dan gangguan tidur. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mayoritas penyintas serangan jantung ... Read more »

Respons ALVA Terkait Wacana Subsidi Rp 6,5 Juta Pembelian Motor Listrik

Motor Listrik ALVA One di ALVA Experience Center Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan Chief Business Officer PT Ilectra Motor Group, Putu Swaditya Yudha merespons positif wacana pemerintah memberikan insentif berupa potongan ... Read more »

Cerita Supriyadi, Petugas UPK Badan Air Jakarta: Temukan Tubuh Korban Mutilasi hingga Pocong Wanita

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas TRIBUNJAKARTA.COM, KALIDERES – Membersihkan kali yang mengalir membelah kota Jakarta merupakan tugas sehari-hari Supriyadi (37). Dia adalah salah satu ujung tombak kebersihan kali di ... Read more »

Presiden tak Harus dari Jawa, Prof Alfitri Tegaskan Tokoh Sumatera Juga Punya Peluang Besar

SRIPOKU.COM- Stigma Presiden harus dari Jawa terus jadi perbincangan jelan Pilpres 2024. Namun demikian, hal itu bukan menutup kemungkinan bahwa tokoh asal Sumatera bakal muncul untuk bersaing. Dekan FISIP Universitas ... Read more »

Jangan Terlewat Promo J.CO 1-4 Desember 2022, Nikmati 2 Lusin JPops dan 1 JCool To Go Rp 107.000

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR � Tribunners, mari kita lihat promo J.CO hari ini. Apa Anda menyukai donat? Mungkin banyak orang yang suka dengan donat. Donat merupakan camilan yang sangat pas disantap bersama ... Read more »

Tersedak Makanan Pedas Selang Beberapa Jam Keluar Riak Berupa Darah? Ini Kata Dokter

TRIBUNHEALTH.COM – Tentunya kita pernah mengalami tersedak ketika mengonsumsi makanan pedas. Setelah tersedak yang terjadi ialah keluar cairan dari hidung dan terasa panas. dr. Andi Khomeini menyampaikan, apabila mengalami tersedak ... Read more »

2 Anggota Propam Kembali Dipanggil Jadi Saksi Sidang Hendra Kurniawan Dkk

Terdakwa kasus perintangan penyidikan pembunuhan berencana Brigadir Yoshua, Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria tiba untuk menjalani sidang dengan agenda pemeriksaan saksi di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022). ... Read more »

Kakek 60 Tahun Ditemukan Meninggal di Trotoar Jalan Purwokerto Banyumas, Ini Hasil Pemeriksaan

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO – Seorang kakek 60 tahun ditemukan di trotoar Jalan Jenderal Sudirman Timur, Purwokerto Kidul, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (30/11/2022). Kakek tua tersebut ditemukan pejalan kaki ... Read more »

Rekaman CCTV Tunjukkan Kondisi Brigadir J Saat Ferdy Sambo Tiba, Hakim Minta Suami Putri Dizoom

TRIBUN-MEDAN.com – Persidangan pekan ketujuh kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J memutar video rekaman CCTV yang berada di depan rumah dinas mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo di Kompleks ... Read more »

Terobos Ruang Sidang, Penggemar Wanita Ferdy Sambo Rela Habiskan Rp600 Ribu untuk Bikin Marchandise

TRIBUNBANTEN.COM – Seorang wanita nekat menerobos ruang sidang untuk menghampiri terdakwa pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo. Peristiwa itu terjadi ketika sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada ... Read more »

Pemda Aceh Cabut Izin Safari Politik Anies bersama NasDem

Bakal Calon Presiden Partai NasDem Anies Baswedan tiba di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (22/11/2022). Foto: Zamachsyari/kumparan Pemerintah daerah (Pemda) Aceh telah mencabut izin safari politik bakal calon presiden Partai NasDem ... Read more »

5 Fakta Orang Tenggelam di Selat Lembeh Bitung Sulawesi Utara, Teriak Tolong Tapi, Ini Kronologinya

TRIBUNMANADO.CO.ID -�Peristiwa orang tenggelam dan ditemukan meninggal dunia, di Selat Lembeh Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menghebohkan warga. Kasus orang tenggelam di Selat Lembeh, Bitung Sulut ini ditangani�oleh Dit ... Read more »

Singgung Soal Racun, Unggahan Tiktok Dhea Chairunnisa Sebelum Diracuni Dhio Adiknya Jadi Sorotan

TRIBUNSUMSEL.COM – Dhea Chairunnisa (25) bersama ibu dan ayahnya tewas ditangan adiknya sendiri, Dhio Daffa (22) dengan cara diracun. Jauh sebelum peristiwa itu terjadi, rupanya Dhea pernah mengunggah video yang ... Read more »

Rilis Album Masih Harus Di Sini, Ifan: Impian Saya dan Seventeen

Ifan ‘Seventeen’. Foto: Instagram/@ifanseventeen Musisi Ifan Seventeen merilis album solo perdananya yang bertajuk Masih Harus Di Sini. Ifan Seventeen memasukkan banyak lagu hits dari Seventeen dalam album itu. Ifan merupakan ... Read more »

Sosok Deden Apriansyah, Warga Sumbawa Peraih Juara 1 Putra Kesenian Indonesia 2022

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR – Sosok Deden Apriansyah (24) telah mengharumkan nama Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di kancah nasional. Warga asal Sumbawa Barat ini ... Read more »

2.470 Personel Gabungan Disiagakan dalam Tour de Siak 2022 di Riau

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi, memimpin Gelar Pasukan Tour de Siak 2022. (Dok. Polresta Pekanbaru) SELASAR RIAU, PEKANBARU – Sebanyak 2.470 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, serta ... Read more »

Jumlah Kalori Susu Kental Manis di 5 Menu Sarapan Keluarga

Ilustrasi roti panggang Korea sebagai menu sarapan keluarga. Foto: Shutterstock Sebagai pelengkap sarapan, kental manis dapat dikreasikan menjadi berbagai menu makanan keluarga. Dalam satu sachet kental manis mengandung 130 kkal. ... Read more »

Taskya Namya Tegaskan Percaya ada Makhluk Halus, Namun tak ingin Mata Batinnya Dibuka karena Takut

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA – Sebagai pemain film, Taskya Namya pernah merasakan terlibat dalam project bergenre horor. Tentu saja adegan yang dilakoni Taskya Namya pun bersinggungan dengan dunia mistis atau tak kasat ... Read more »

Pupuk Indonesia Group Gotong Royong Bantu Logistik untuk Korban Gempa Cianjur

Pupuk Indonesia Group telah menyalurkan bantuan logistik kepada para korban gempa di Cianjur, Jawa Barat (Jabar). REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Pupuk Indonesia Group telah menyalurkan bantuan logistik kepada para korban gempa di ... Read more »

Nathalie Holscher Ternyata Selama Ini Ditipu Pacar Barunya

Tribunlampung.co.id, Jakarta – Artis Nathalie Holscher ternyata selama ini ditipu oleh kekasih barunya, Fariz Utama. Momen ibunda Adzam mengaku ditipu Fariz Utama terungkap dalam kanal YouTube miliknya, Nathalie Holscher. Dikatakan ... Read more »

Perajin Tahu di Kudus Cemas Harga Kedelai Terus Alami Kenaikan

TRIBUNPANTURA.COM, KUDUS – Harga Kedelai terus meroket hingga sekarang, pada bulan September saja harga kedelai per kilonya menyentuh Rp 12 ribu. Harga tersebut juga dirasakan para pengrajin tahu di Kudus ... Read more »

Lestarikan Satwa Langka, PLN Berhasil Tetaskan 9 Telur Burung Maleo

SRIPOKU.COM, BITUNG – PT PLN (Persero) menjalin kolaborasi dalam upaya pemeliharaan satwa langka burung maleo di Cagar Alam Dua Saudara. PLN bersama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Tangkoko, Dua ... Read more »

Kecelakaan Maut di Minut, Karyawan Minimarket Meninggal, Sebelumnya Mahasiswi Akper Juga Jadi Korban

TRIBUNMANADO.CO.ID – Kecelakaan merupakan hal buruk yang selalu ingin dihindari setiap orang. Mau itu dalam berkendara bekerja ataupun aktifitas lainnya. Namun walaupun kita sudah berhati-hati kecelakaan bisa tetap terjadi. Karena ... Read more »

Diluncurkan Bulan Depan, Apa Itu Papan Ekonomi Baru?

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan proses persiapan Papan Ekonomi Baru dapat dilaksanakan tepat waktu, yaitu pada Desember 2022. Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan proses persiapan Papan Ekonomi ... Read more »

Ada 9 Shio Tidak Mujur Hari Ini 1 Desember 2022, Bagaimana Nasib Anda? Apakah Anda Juga Ciong?

TRIBUNJOGJA.COM – Ramalan shio di awal bulan, 1 Desember 2022 mengatakan ada 9 shio yang justru tidak mujur hari ini. Permasalahan datang silih berganti, membuat Anda seperti tidak habis mendapatkan ... Read more »

Mengenal Tradisi Pingitan Jelang Pernikahan Adat Jawa yang kini Dilakoni Erina Gudono dan Kaesang

TRIBUNKALTARA.COM- Erina Gudono dan Kaesang kini menjalani tradisi pingitan sebelum melangsungkan pernikahan pada 10 Desember 2022 mendatang. Melalui akun Instagram, Kaesang dan Erina Gudono menyampaikan salam perpisahan. “Sampai ketemu lagi ... Read more »

Video: Hakim Bertanya, Kenapa Sambo Lebih Banyak Pisah Rumah dengan Putri Candrawathi

SRIPOKU.COM — Ferdy Sambo lebih sering tinggal di rumah yang berada di Jl Bangka dibandingkan dengan tinggal di Jl Saguling. Hal ini diungkap Richard Eliezer dalam persidangan yang digelar di ... Read more »

Ternyata Fans Berat, Dulu Cuma Nonton Filmnya, Suami Baru Kiki Amalia: Sudah 12 Tahun Lalu

TRIBUN-MEDAN.com – Nampaknya Kiki Amalia kini sedang diselimuti kebahagiaan. Bagaimana tidak,�Kiki Amalia�akhirnya melepas status jandanya usai dinikahi sang suami,�Agung Nugraha. Agung Nugraha�ini pun blak-blakan ungkap perjalanan cintanya untuk dapatkan cinta ... Read more »

Pasokan Pangan Aman, Inflasi November 2022 Diyakini Terjaga

Pasokan Pangan Aman, Inflasi November 2022 Diyakini Terjaga KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Setelah mencatat deflasi pada bulan Oktober 2022 sebesar 0,11% secara bulanan alias month on month (MoM), Indeks Harga Konsumen (IHK) ... Read more »

Alasan Shin Tae-yong Akhirnya Panggil Ilija Spasojevic ke Timnas, Ini Reaksi Pemain Bali United

TRIBUNSUMSEL.COM�- Inilah alasan Shin Tae-yong akhirnya memanggil Ilija Spasojevic ke Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2022. Padahal Ilija Spasojevic sebenarnya tidak termasuk dalam 28 nama pemain yang ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network