2024, Bayar Tol Tak Perlu Antre dan Berhenti

2024, bayar tol tak perlu antre dan berhenti

2024, Bayar Tol Tak Perlu Antre dan Berhenti

JAKARTA, METRODAILY – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berhasil melakukan simulasi penerapan sistem transaksi tol non tunai nir-sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF). Simulasi ini dilakukan pada pembayaran tol di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu (22/11) lalu.

Dengan diterapkannya sistem ini, pengguna tidak perlu lagi menghentikan kendaraan di gerbang tol atau antre untuk melakukan pembayaran.

MLFF yang merupakan metode pembayaran tol tanpa membuka kaca/tapping ini, memungkinkan pengguna jalan tol untuk melintasi gerbang tol tanpa perlu menghentikan kendaraan.

Teknologi yang digunakan dalam MLFF adalah Global Navigation Satellite System (GNSS), sebuah sistem yang memungkinkan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Dengan teknologi ini, alat pembaca tidak perlu dipasang di setiap gerbang tol, berbeda dengan radio frequency identification atau RFID.

GNSS menggunakan alat yang terpasang di dalam mobil, dan ketika kendaraan melintasi gerbang tol, alat tersebut akan terbaca melalui sistem di satelit.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol KemenPUPR pada Minggu (3/12), Basuki memberikan pesan agar pada awal penerapan MLFF, dilakukan sosialisasi yang jelas bagi masyarakat yang ingin mencoba teknologi pembayaran tol tanpa henti tersebut.

“Pastikan diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat sudah siap sejak sebelum memasuki Jalan Tol Bali-Mandara,” ungkapnya.

Ia menyatakan uji coba MLFF ini adalah tahap transisi, mirip dengan peralihan dari transaksi tunai ke non-tunai dengan tapping e-money.

Peralihan tersebut dipastikan membutuhkan waktu, karena harus mengubah kebiasaan masyarakat.

“Teknologinya sudah pasti siap, tantangannya adalah bagaimana implementasinya kepada masyarakat,” ucapnya.

“Saya yakin proses ini akan berjalan lancar. Ini adalah langkah untuk kemajuan dengan memanfaatkan teknologi,” pungkasnya.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyatakan bahwa uji coba transisi MLFF pada tahap awal akan terbatas hanya pada lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai.

Rencananya akan diterapkan secara menyeluruh pada semua lajur gerbang tol pada bulan Maret 2024.

Uji coba dimulai sejak Minggu kedua November 2023 dan akan terus diperbaiki seiring persiapan alat dan simulasi.

Peluncuran uji coba terbatas, terutama untuk kendaraan pegawai pemerintah, dijadwalkan akan dimulai pada 12 Desember 2023 hingga Januari 2024. (jp)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World