2 Langkah Balasan yang Diambil Jokowi Setelah Kalah Gugatan Nikel di WTO

2 langkah balasan yang diambil jokowi setelah kalah gugatan nikel di wto

2 Langkah Balasan yang Diambil Jokowi Setelah Kalah Gugatan Nikel di WTO

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Indonesia kalah dalam gugatan terkait larangan ekspor nikel dalam bentuk bahan mentah (raw material) di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Terkait hal tersebut,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyiapkan dua langkah balasan untuk menghadapinya.

Pertama, Indonesia akan mengajukan banding usai kalah di WTO.

“Meskipun kita kalah di WTO, kita kalah urusan nikel ini digugat Uni Eropa. Enggak apa-apa, saya sudah sampaikan ke Menteri (ESDM) (ajukan) banding,” katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Jokowi menegaskan tidak boleh ada ekspor bijih nikel ke negara lain. Pasalnya, sejak keputusan menghentikan ekspor bahan mentah nikel, Indonesia mengantongi pendapatan hingga Rp 300 triliun dari sebelumnya hanya Rp 20 triliun.

“Usahakan kita jangan ekspor dalam bentuk bahan mentah, raw material. Sudah beratus tahun kita mengekspor itu, setop. Cari investor, investasi agar masuk ke sana sehingga nilai tambahnya ada,” ucapnya.

“Seperti nikel, (nilai tambahnya setelah setop ekspor bahan mentah) dari Rp 20 triliun meloncat jadi Rp 300 triliun sehingga neraca perdagangan kita sudah 29 bulan selalu surplus yang sebelumnya selalu negatif berpuluh-puluh tahun,” sambung Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini kembali menegaskan, Indonesia tidak akan melemah untuk mengajukan banding kembali atas kebijakan penyetopan ekspor bijih nikel. Karena kata Jokowi, Indonesia ingin menjadi negara maju serta menciptakan lapangan kerja yang banyak.

Kedua, ada kemungkinan pemerintah menaikkan pajak ekspor bijih nikel sebagai cara untuk melanjutkan hilirisasi salah satu mineral logam tersebut.

Melansir Kompas.com, hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Bahlil mengatakan kenaikan pajak ekspor nikel dimungkinkan sebagai cara lain di luar upaya banding yang akan diajukan Pemerintah Indonesia dalam sengketa dengan Uni Eropa (UE) di Badan Penyelesaian Sengketa (DSB) WTO terkait kebijakan larangan ekspor nikel.

“Ini kan main di instrumen. Salah satu di antaranya bisa pajak ekspor mungkin kita naikkan, dan itu kewenangan kita,” kata Bahlil di Istana Kepresidenan dikutip dari Antara, Rabu (30/11/2022).

Bahlil enggan merincikan cara lain tersebut karena hal itu merupakan strategi pemerintah yang perlu dirahasiakan.

“Perintah Presiden hadapi dan lawan. Caranya, pertama adalah dengan banding, yang kedua adalah dengan cara-cara lain,” tegasnya.

Eropa terkena dampaknya

Saat ini, lanjut Jokowi, industri pengolahan nikel banyak terdapat di Eropa. Oleh karena itu, saat Indonesia melarang ekspor nikel, negara-negara Eropa terkena dampaknya. Mulai dari banyak pabrik yang tutup hingga naiknya angka pengangguran.

“Kalau ada negara lain yang menggugat, itu haknya negara lain untuk menggugat karena terganggu. Setelah saya cek, kenapa sih Uni Eropa ini menggugat? Ya benar, karena industrinya ternyata banyak di sana,” kata Jokowi.

“Kalau kerjakan di sini, artinya di sana (Eropa) pasti banyak pengangguran, di sana banyak pabrik yang tutup, di sana banyak industrial yang tutup. Tapi kan kita ingin jadi negara maju, kita ingin membuka lapangan kerja. Kalau digugat saja kita takut, mundur, enggak jadi, ya kita nggak jadi negara maju,” sambung dia.

Pada 2021, Uni Eropa telah mengajukan gugatan ke WTO terkait kebijakan larangan ekspor bijih nikel Indonesia.

Gugatan Uni Eropa ini berawal dari terbitnya kebijakan pemerintah Indonesia melarang ekspor nikel dalam bentuk bahan mentah sejak 2020. Kebijakan itu dianggap melanggar Artikel XI GATT tentang komitmen untuk tidak menghambat perdagangan.

Pemerintah pun memutuskan untuk melawan gugatan Uni Eropa atas sengketa DS 592-Measures Relating to Raw Materials tersebut. Namun, dalam upaya melawan Uni Eropa, pemerintah perlu memperkuat dan melengkapi argumen yang akan dibawa ke WTO.

2 langkah balasan yang diambil jokowi setelah kalah gugatan nikel di wto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “RI Kalah Gugatan Nikel di WTO, Jokowi: Kita Ajukan Banding”

Penulis : Ade Miranti Karunia

Editor : Yoga Sukmana

News Related

OTHER NEWS

Petugas Evakuasi Warga yang Terjebak Banjir di Manado

Penanganan dilakukan dengan menerjunkan personel gabungan dilengkapi peralatan SAR kepolisian, di beberapa lokasi yang terdampak banjir. Manado: Personel Polda Sulawesi Utara mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Kota Manado. Penanganan dilakukan ... Read more »

Cara Seru Liburan ke Tempat Wisata Puncak Bogor, Cobain Sensasi Kemping di Tengah Perkebunan Teh

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Ada cara seru yang bisa kamu lakukan jika liburan ke tempat wisata Puncak Bogor. Jalan-jalan ke tempat wisata Puncak Bogor tak melulu harus tea walk atau foto-foto dengan ... Read more »

Mengenal Kakeibo, Cara Menabung Ala Orang Jepang yang Bisa Bikin Lebih Irit!

Menabung bukan hanya tentang menyimpan uang tapi juga bisa jadi cara untuk mengatur pengeluaran secara seksama lho Beauties. Bahkan ada metode khusus yang dilakukan yakni Kakeibo. Kakeibo adalah metode pengelola ... Read more »

PermenPAN-RB 1 Tahun 2023: Karier PNS Lebih Berkembang, Usia Maksimal 63 Tahun

PermenPAN-RB 1 Tahun 2023: Karier PNS Lebih Berkembang, Usia Maksimal 63 Tahun jpnn.com, JAKARTA – PermenPAN-RB 1 Tahun 2023 telah ditetapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah ... Read more »

Siapa Orang yang Beruntung Menurut Islam, Apakah Hanya Mereka yang Kaya?

Ilustrasi orang yang beruntung. Orang yang beruntung menurut Islam bukan ditentukan banyaknya kekayaan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Islam mengajarkan berbagai kriteria orang-orang yang beruntung. Misalnya, mereka yang menyeru pada kebajikan sekaligus mencegah kemungkaran (amar ... Read more »

Beli Mobil Bekas Bergaransi Otospector, Apa Istimewanya?

?Terkadang, membeli mobil bekas memang tidak selamanya mudah. Namun beberapa hal ini bisa jadi solusi untuk memperkecil kesulitan Anda memilih mobil bekas berkualitas. Terkadang, membeli mobil bekas memang tidak selamanya ... Read more »

Soal Isu Reshuflle Kabinet di Balik Pertemuan Surya Paloh dan Jokowi, Ini Respons NasDem

Soal Isu Reshuflle Kabinet di Balik Pertemuan Surya Paloh dan Jokowi, Ini Respons NasDem RADARSOLO.ID – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Joko Widodo ... Read more »

Usai Gadaikan Motor Demi Urai Kemacetan, Serda Azmiadi Dapat Hadiah Honda BeAT Baru

Usai Gadaikan Motor Demi Urai Kemacetan, Serda Azmiadi Dapat Hadiah Honda BeAT Baru Usai Gadaikan Motor Demi Urai Kemacetan, Serda Azmiadi Dapat Hadiah Honda BeAT Baru Serda Azmiadi mendapat hadiah ... Read more »

Pelecehan seksual saat haji dan umrah semakin banyak terungkap, dilecehkan di depan Ka'bah hingga di pasar

Ilustrasi perempuan di depan Ka’bah. Peringatan: Artikel ini memuat penuturan kekerasan seksual yang dapat mengganggu kenyamanan Anda. Berita soal WNI yang dihukum penjara di Arab Saudi karena melakukan pelecehan seksual ... Read more »

5 Drama Korea Rating Tertinggi pada Januari 2023

The Red Balloon Drama Korea banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Jalan cerita dan kualitas akting para aktor dan aktris, turut mendongkrak reputasi drama Korea di Indonesia. Tak heran apabila banyak ... Read more »

7 Hal Menarik di Valentino Haute Couture Spring/Summer 2023

Selama enam tahun berkarier sebagai satu-satunya creative director rumah mode Valentino, Pierpaolo Piccioli telah mendobrak tampilan klasik label tersebut melalui ide-ide out of the box yang mendefinisikan kembali seperti apa ... Read more »

Alasan Polisi soal AKBP (Purn) Eko Tak Jadi Tersangka Kecelakaan Mahasiswa UI

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Senin (28/11/2022). Foto: Ananta Erlangga/kumparan Polda Metro Jaya telah menghentikan kasus kecelakaan yang melibatkan mahasiswa UI, Muhammad ... Read more »

Tiket Konser Raisa di GBK Masih Tersedia, Sebegini Harganya

Tiket Konser Raisa di GBK Masih Tersedia, Sebegini Harganya jpnn.com, JAKARTA – Penyanyi Raisa akan menggelar konser tunggal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 25 Februari 2023. Pertunjukan ... Read more »

Polisi Tangkap Otak Perampokan Rumah Walkot Blitar: Eks Walkot Blitar

Otak pelaku perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar yakni mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar (tengah) saat digiring menuju gedung Ditreskrimum Polda Jatim, Jumat (27/1/2023). Foto: Farusma Okta Verdian/kumparan Polisi ... Read more »

Oknum Polres Lombok Tengah Minta Tebusan? Simak Penjelasan Kasat Lantas

Oknum Polres Lombok Tengah Minta Tebusan? Simak Penjelasan Kasat Lantas ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH – Kasat Lantas Polres Lombok Tengah AKP Putu Gede Caka Pratama membantah adanya permintaan uang tebusan motor ... Read more »

Ditinggal Sebentar, Motor Petani Probolinggo Raib Digondol Maling

Ditinggal Sebentar, Motor Petani Probolinggo Raib Digondol Maling jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO – Marsudi (47), petani di Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, bernasib sial. Dia tak menyangka kendaraannya, yang baru ditinggal sebentar untuk ... Read more »

Anies Baswedan, Nasdem, PKS, dan Demokrat Berkumpul di Lebak Bulus

Anies Baswedan, Nasdem, PKS, dan Demokrat Berkumpul di Lebak Bulus KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar pertemuan dengan tim kecil bakal Koalisi Perubahan di Lebak Bulus, Jakarta ... Read more »

Mak-Mak di Mataram Minta Firli Bongkar Mafia Beras

Mak-Mak di Mataram Minta Firli Bongkar Mafia Beras jpnn.com, JAKARTA – Sejumlah mak-mak di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat melakukan protes atas kenaikan harga beras. Mereka mengaku resah harga beras ... Read more »

10 Pilihan Tempat Makan Siang Enak di Medan, Alamat Lengkap Soto Sinar Pagi

TRIBUNKALTIM.CO – Ada 10 pilihan tempat makan siang enak di Medan. Selain rasanya yang enak, tempat makan siang di Medan ini juga dikenal murah. Dirangkum TribunTravel dari berbagai sumber, Rabu ... Read more »

Heran Mengapa Gigi Berubah Warna? Ini Penjelasan Dokter

Penyebab gigi berubah warna menurut dokter. (ilustrasi). REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gigi terkadang terlihat lebih gelap atau justru lebih putih dari biasanya. Ahli ortodonik di Impress, dr Khaled Kasem, mengatakan warna gigi ... Read more »

Kawasan GOR Saburai Mulai Dibongkar untuk Dialihfungsikan Jadi Masjid Raya

Kondisi bangunan GOR Saburai, Enggal, Bandar Lampung mulai dibongkar, rencananya akan dibangun Masjid Raya Provinsi Lampung. | Foto: Galih Prihantoro/ Lampung Geh Lampung Geh, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) ... Read more »

Hendra Kurniawan Dituntut 3 Tahun Penjara dan Denda Rp 20 Juta

Terdakwa kasus ‘obstruction of justice’ pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua, Hendra Kurniawan bersiap untuk menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2022). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO Eks Karo ... Read more »

Mengenal Fujio Mitarai, Sosok yang Bikin Perusahaan Canon Makin Melejit

Canon ME20F-SH di Homeland Security Indonesia 2020. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan Perusahaan Canon didirikan oleh Takeshi Mitarai, Goro Yoshida, Saburo Uchida dan Takeo Maeda. Sedangkan Fujio Mitarai merupakan keponakan dari pemimpin ... Read more »

Lagi-Lagi, Buaya di Taman Wisata Akar Seribu Jepara Lepas

Pengelola objek wisata Akar Seribu, Priyatin, mengatakan buaya lepas lantaran kandang rusak Jepara: Seekor buaya koleksi objek wisata Akar Seribu di Desa Plajan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kembali ... Read more »

Segini Biaya Memiliki dan Membesarkan Anak di Indonesia

Resesi seks tengah menghantui Jepang. Populasi Negeri Sakura tersebut berpotensi menurun karena masyarakat di sana enggan memiliki anak karena biaya yang mahal. Tak hanya menghantui Jepang, resesi seks juga berpotensi dialami ... Read more »

Kendaraan Tanpa Nomor Polisi Lolos Tilang Elektronik

Kendaraan Tanpa Nomor Polisi Lolos Tilang Elektronik BADEAN, Radar Jember – Pelaksanaan tilang elektronik lalu lintas di Bondowoso berlaku sejak bulan Juli tahun lalu, menggunakan mobil integrated node captured attitude ... Read more »

4 Tips yang Bisa Kamu Lakukan saat Kena PHK, Paling Terakhir Penting Sekali!

Bagi seseorang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tentu sangat menyakitkan. Jakarta: Bagi seseorang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tentu sangat menyakitkan. Bahkan, akan ada banyak sekali tekanan emosional ... Read more »

Innalillahi, Rekan Duet Raisa Berduka, Ayah Sam Kim Tewas Ditembak Perampok, Begini Kejadiannya

Innalillahi, Rekan Duet Raisa Berduka, Ayah Sam Kim Tewas Ditembak Perampok, Begini Kejadiannya Rekan duet penyanyi Raisa, Sam Kim sedang berduka karena kehilangan sosok yang sangat dicintainya. kolase CBID Innalillahi, ... Read more »

Pemerintahan Baru Fiji Akan Akhiri Kerja Sama Keamanan dengan China

Seorang polisi berpatroli di sebuah jalan setelah pemilu di ibu kota Fiji, Suva, pada Kamis (22/12/2022). Foto: Leon Lord/AFP Pemerintahan baru Fiji yang dipimpin Perdana Menteri Sitiveni Rabuka menangguhkan kepala ... Read more »

Jalan Licin, Mobil Terjun ke Jurang di Bener Meriah

Mobil pikap BL 8436 GB terjun ke jurang di Jalan Pondok Baru-Samar Kilang, Kecamatan Mesidah, Bener Meriah, Aceh, Jumat (27/1/2023) dini hari. Foto: Polres Bener Meriah Sebuah mobil pikap BL ... Read more »

Viral Video Keributan di Kiaracondong, Polisi Tangkap Sejumlah Pemuda

Viral Video Keributan di Kiaracondong, Polisi Tangkap Sejumlah Pemuda jabar.jpnn.com, BANDUNG – Unit Reskrim Polsek Kiaracondong menangkap tiga orang pelaku penganiayaan yang terjadi di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung pada ... Read more »

SYOK! Tamara Bleszynski Digugat Saudara Kandung Senilai Rp 34 Miliar Buat Berobat Sang Ayah, Reaksi Janda Mike Lewis Justru di Luar Dugaan

SYOK! Tamara Bleszynski Digugat Saudara Kandung Senilai Rp 34 Miliar Buat Berobat Sang Ayah, Reaksi Janda Mike Lewis Justru di Luar Dugaan SYOK! Tamara Bleszynski Digugat Saudara Kandung Senilai Rp ... Read more »

Waspada! Sudah Masuk ke Indonesia, Ini 7 Gejala Covid-19 Varian Kraken

Virus corona penyebab Covid-19 subvarian Omicron Kraken atau XBB 1.5 telah ditemukan di Indonesia, Beauties. Subvarian satu ini dibawa oleh warga negara Polandia yang tiba di Indonesia pada awal Januari 2023. ... Read more »

Jaksa Tanggapi Pembelaan Ferdy Sambo Cs di Sidang Replik Hari Ini

Jaksa Tanggapi Pembelaan Ferdy Sambo Cs di Sidang Replik Hari Ini Jaksa penuntut umum (JPU) akan membacakan replik atau balasan jawaban atas pembelaan yang disampaikan tiga terdakwa pembunuhan Nofriansyah Yosua ... Read more »

Kota Manado Dikepung Banjir, Landas Pacu Bandara Sam Ratulangi Ikut Tergenang

Pemantauan di lapangan, hampir semua jalan protokol di Kota Manado terendam air dengan ketinggian sekitar 2 meter Manado: Curah hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Manado dan sekitarnya, Jumat pagi tadi ... Read more »

Ternyata Ini Alasan Tidak Boleh Cuci Mobil Terjemur Matahari Langsung

Ternyata Ini Alasan Tidak Boleh Cuci Mobil Terjemur Matahari Langsung Ilustrasi mencuci mobil(dok.Coversuper) Ternyata Ini Alasan Tidak Boleh Cuci Mobil Terjemur Matahari Langsung Pada tempat cuci mobil juga biasanya dilengkapi ... Read more »

Selongsong Kabel Sumbat Drainase di Magetan

Selongsong Kabel Sumbat Drainase di Magetan KOTA, Jawa Pos Radar Magetan – Drainase di Magetan kota menjadi tempat beranak-pinak selongsong kabel. Buktinya, pemkab setempat mendapatkan sepikap meterial telekomunikasi itu dari ... Read more »

Asia Hingga Bule, Ini 6 Laki-Laki yang Pernah Dekat dengan Bunda Corla

Akhir-akhir ini, selebgram Bunda Corla banyak diperbincangkan, terutama terkait perselisihannya dengan Nikita Mirzani. Bahkan, hai ini sampai menguatkan isu bahwa pemilik nama asli Cynthia Corla Pricillia itu merupakan seorang transgender. ... Read more »

Ada Tekanan Suku Bunga, Pemerintah Dorong Masuknya Investasi Asing

Presiden Joko Widodo (kanan) menyimak penjelasan tentang proses pembuatan baterai sel saat meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) yang menandai pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021) ... Read more »

Yamaha Nouvo Sejarah Awal Skutik Pabrikan Jepang di Indonesia, Ini Harga Jualnya Pertama Kali Diluncurkan

Yamaha Nouvo Sejarah Awal Skutik Pabrikan Jepang di Indonesia, Ini Harga Jualnya Pertama Kali Diluncurkan Yamaha Nouvo, dengan brand ambassador Michael Owen Dok Otomotif Yamaha Nouvo Sejarah Awal Skutik Pabrikan ... Read more »
Kênh kiến thức kỹ năng, phát triển bản thân, hướng nghiệp, blog nhân sự