10 Pemain Naturalisasi di Bawah Era Pelatih Shin Tae-yong, Terbaru Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

10 pemain naturalisasi di bawah era pelatih shin tae-yong, terbaru jay idzes dan nathan tjoe-a-on

foto

TEMPO.CO, Jakarta – Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong (STY), kembali mendapat amunisi pemain naturalisasi setelah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Jay dan Nathan menjadi pemain kesekian yang dinaturalisasi di era kepemimpinan Shin Tae-yong. Berikut sederet daftar pemain naturalisasi di era pelatih asal Korea Selatan tersebut.

1. Marc Klok

Marc Klok adalah pemain asli belanda yang kini bermain untuk klub Persib Bandung. Minat Klok untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) telah ada sejak ia memperkuat PSM Makassar. Namun, baru pada 2022 status naturalisasi Klok disetujui. Setelah itu, Klok menjadi gelandang penting di bawah asuhan STY.

2. Elkan Baggot

Elkan William Tio Baggott itu lahir di Bangkok, Thailand, pada 23 Oktober 2002. Ia merupakan pemain blasteran Inggris dan Indonesia. Ibu kandungnya berasal dari Indonesia, sementara ayahnya dari Inggris. Saat ini, pemain berposisi bek tengah itu terdaftar sebagai pemain klub kasta kedua liga Inggris, Ipswich Town. Elkan resmi menjadi WNI pada 9 November 2021.

3. Sandy Walsh

Sandy Walsh merupakan pemain kelahiran Belgia yang memiliki status keluarga multinegara. Ibunya orang Indonesia. Sandy Walsh baru resmi menjadi WNI pada November 2022. Ia pun ikut membela Indonesia dalam pertandingan Piala AFF 2022.

4. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah. Melihat rekam jejaknya sebagai pesepak bola, Pattynama pernah bergabung dengan sejumlah klub asal Belanda pada 2017–2021. Hingga kini, pemain berposisi bek sayap kiri tersebut memperkuat klub Viking FK asal Norwegia.

5. Jordi Amat

Jordi Amat adalah pesepak bola berusia 30 tahun dari Spanyol yang memiliki darah keturunan Indonesia. Ia merupakan cucu dari Raja Siau M. D. Kansil di Sulawesi Utara. Amat mendapat status WNI sejak November 2022. Kini, Amat bermain untuk klub Malaysia, Johor Darul Tazim.

6. Ivar Jenner

Ivar Jenner lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Ivar mendapatkan status WNI pada 22 Mei 2023. Sebelumnya, pada 17 November 2022, Ivar diberi kesempatan untuk membela Timnas Indonesia U-20 dalam pertandingan melawan Timnas Prancis U-20.

7. Rafael Struick

Rafael William Struick lahir di Zoetermeer pada 27 Maret 2003. Ayahnya, Brian Struick, adalah orang Belanda dengan keturunan Indonesia. Sedangkan ibunya, Soraya Noraly Soedito, juga warga negara Belanda, namun memiliki keturunan Suriname dan Jawa. Status WNI Rafael didapatkan bebarengan dengar Ivar. Saat ini, Rafael membela klub Belanda, ADO Den Haag.

8. Justin Hubner

Justin Quincy Hubner adalah keturunan Belanda-Indonesia. Darah Belanda itu didapatnya dari sang ibu. Sementara darah Belanda dari sang ayah merupakan keturunan Jakarta, Makassar, dan Bandung. Justin lahir di Den Bosch, Belanda pada 14 September 2003. Pemain asal Wolverhampton Wanderers ini telah resmi menjadi WNI pada 6 Desember 2023.

9. Jay Idzes

Permintaan status kewarganegaraan WNI Jay Idzes bersama dengan Nathan Tjoe-A-On telah disetujui oleh DPR. Selanjutnya, mereka tinggal menunggu Keputusan Presiden. Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Ia saat ini membela klub Serie B Italia, Venezia.

10. Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On adalah pemain naturalisasi kesepuluh di era STY. Pria kelahiran Belanda 22 Desember 2001 ini sekarang membela klub Wales, Swansea City. Sebelumnya, Nathan menunjukkan performa apik ketika membela Excelsior, klub Belanda.

ANANDA BINTANG PURWARAMDHONA | ANTARA | HENDRIK KHOIRUL MAHMUD | KHUMAR MAHENDRA | HAN REVANDA PUTRA | ANDIKA DWI

Pilihan Editor: PSSI Optimistis Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Akan Angkat Prestasi Timnas Indonesia

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World